in

Tips Memberi Nama Toko Online Terbaik

Tips memberi nama toko online – Sebuah nama untuk sebuah toko dapat dikatakan sebagai cerminan atau wajah yang dilihat pertama kali oleh pembeli. Hal ini yang menjadi pemilihan nama untuk sebuah toko online memiliki pengaruh yang amat sangat penting, terutama bagi Kamu yang ingin membangun sebuah toko online.

Memiliki nama yang bagus untuk toko online bisa menjadi salah satu cara untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang. Nama yang bagus juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan branding ketika mengawali sebuah bisnis. Selain itu, toko online yang memiliki nama unik cenderung lebih memberikan kesan positif kepada pembeli, sehingga lebih mudah diingat dan dikenal. Pada akhirnya, nama toko online sangat mempengaruhi kualitas promosi dari sebuah bisnis.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan nama yang bagus pada toko online merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Menjadi pekerjaan yang gampang karena mencari nama toko merupakan bagian hal kecil dari proses membangun bisnis online. Namun, bisa menjadi perkara yang cukup merepotkan karena Kamu perlu menciptakan nama dengan kesan yang kuat dan selalu relevan digunakan di berbagai zaman.

Meskipun demikian, di era digital sekarang ini membuat seseorang harus memberi nama yang bagus untuk toko onlinenya, Pemilihan nama ini merupakan hal yang perlu digarap dengan serius. Pasalnya, pemilihan nama toko online turut memberikan pengaruh pada desain bisnis yang akan dibangun, dan juga memengaruhi kesan yang ditangkap oleh pembeli.

Salah satu contoh pemberian nama toko bisa menjadi masalah terjadi pada ecommerce SaleStock. Setelah lebih dari lima tahun terjun di dunia ecommerce, SaleStock pada akhirnya memutuskan untuk melakukan pergantian nama menjadi Sorabel. Nama Sorabel dipilih lantaran nama SaleStcok dianggap kurang mampu mewakili target pasar dan impresi yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan perkembangan yang sudah sebesar itu, Salestock pada akhirnya harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk penggantian dan branding nama yang baru.

toko online keren bermodal 300 ribuan

toko online keren bermodal 300 ribuan

Nah, artikel dari Gramedia ini hadir agar Kamu dapat terhindari dari masalah seperti di atas. Artikel ini menyajikan berbagai tips memberi nama toko online supaya Kamu mampu menciptakan nama yang bagus untuk bisnis yang ingin dibangun. Berikut ini adalah sembilan tips memberi nama toko online yang dapat membuatmu lebih mudah dalam memberi nama untuk sebuah toko online.

1. Singkat Dan Sederhana

Tips memberi nama toko online pertama yang dapat Kamu lakukan adalah memilih nama toko online dengan singkat dan sederhana. Pemilihan nama yang singkat dan juga sederhana ini dapat memberikan dampak positif kepada pembeli. Pembeli dapat lebih memiliki kesan dan dapat dengan mudah mengingat nama dari tokomu. Selain itu, nama yang singkat dan sederhana bisa membuat toko Kamu lebih menonjol dibandingkan toko yang lain.
Agar Kamu bisa lebih mudah menyusun nama toko online, Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini. Cara ini biasanya digunakan banyak orang yang ingin menemukan nama yang bagus dan tepat untuk toko onlinenya.

1. Tuliskan semua kata kunci yang memiliki hubungan dengan niche bisnis yang Kamu ingin bangun.

2. Carilah kata kunci yang dapat dengan mudah dimodifikasi atau diplesetkan menjadi nama tokomu. Misalnya saja seperti, goggle menjadi Google.

3. Mencari nama yang mengandung 1-2 suku kata saja. Misalnya saja seperti, Tees yang dibaca “tis”, Shopee yang bisa dibaca “sho-pi”, bahkan juga BliBli yang dibaca bli-bli saja.

4. Apabila Kamu ingin membuat nama yang berirama, Kamu bisa mencoba menjadi inspirasi seperti Krusty Krab, Chum Bucket, Dunkin’ Donuts, dan lain sebagainya.

Selain keempat cara tersebut, Kamu juga bisa mencoba untuk mendapatkan inspirasi melalui situs NameLix. Dengan menggunakan artificial intelligence, Kamu dapat menggunakan NameLix untuk membantu Kamu lebih mudah menemukan nama toko online yang diinginkan. Terlebih lagi bagi Kamu yang ingin membuat brand dengan bahasa Inggris, NameLix akan sangat membantu pekerjaanmu.

2. Unik Dan Berbeda

Tips memberi nama toko online kedua yang bisa Kamu lakukan dalam menentukan nama yang tepat untuk toko online adalah memilih nama toko yang unik dan berbeda. Nama yang digunakan toko online tidak hanya harus sederhana, namun juga harus mengandung unsur yang unik dan berbeda dengan yang lain.

Untuk menentukan nama yang unik dan berbeda, Kamu dapat mencoba dua langkah berikut ini. Pilihlah nama toko yang paling relevan dengan kesan yang ingin Kamu muncul dari bisnismu.

Pertama, Menggunakan nama yang tidak memiliki hubungan dengan produk yang ingin Kamu jual. Misalnya saja seperti Tanamera Coffee. Tanamera sendiri pada dasarnya berasal dari kata “tanah merah”, kata tersebut dimaksudkan bisa mencerminkan kesuburan tanah yang dimiliki negara Indonesia. Pemilihan nama ini juga bisa menjadikan seseorang lebih penasaran dengan toko yang ingin Kamu bangun.

Kedua, Kamu dapat mencoba menggunakan nama sendiri. Sebagian orang mungkin menganggap cara ini merupakan salah satu metode yang cukup narsis. Namun, hal ini patut dicoba apabila Kamu sudah memiliki personal branding yang kuat. Penggunaan nama Kamu sebagai nama toko tentu akan cukup memberikan dampak yang signifikan ketika menyusun strategi branding.

tombol beli buku

Yoast SEO bisa jadi salah satu contoh produk yang berhasil menggunakan nama pemiliknya sendiri yakni Joost de Valk. Walaupun nama tersebut apabila dieja tidak sama, namun Kamu dapat membacanya dengan sama, yakni yos.

3. Otentik Dan Original

Tips memberi nama toko online selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk menyusun nama dari sebuah toko online adalah menggunakan nama yang otentik dan original. Hal ini menjadi sangat penting karena dalam proses membuat nama toko online, Kamu sangat tidak disarankan untuk melakukan langkah meniru atau memodifikasi nama toko yang sudah terkenal.

Apabila Kamu menggunakan nama yang tidak otentik atau original, hal itu bisa jadi sangat berisiko karena dapat mempengaruhi reputasi dan branding dari bisnismu menjadi buruk di mata pembeli. Meniru sebuah brand yang sudah bisa dikenal oleh masyarakat luas menjadikan toko online yang Kamu miliki mendapatkan kesan sebagai toko abal-abal.

Hal inilah yang menjadikan pembuatan dan pemilihan nama toko online menjadi sangat penting. Dalam membuat nama toko online yang otentik dan original sebenarnya tidak ada resep khusus. Oleh karena itu, sebelum Kamu menentukan nama toko online, Kamu bisa mengecek terlebih dahulu supaya nama tokomu menjadi otentik dan original.

Kamu dapat melakukan pengecekan melalui mesin pencari atau media sosial, Kamu juga dapat melakukan tes otentikasi dan originalitas melalui situs Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI. Nah, untuk lebih memantapkan pilihan nama toko onlinemu, Kamu bisa melakukan pengecekan di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual bagi skala nasional dan Global Brand Database untuk skala internasional.

4. Bersifat Deskriptif

Tips memberi nama toko online selanjutnya perlu Kamu coba lakukan yakni memilih nama toko online yang bersifat deskriptif. Dengan kata lain, nama toko yang Kamu pilih harus mampu menjelaskan produk atau layanan yang tersedia dari bisnismu. Hal ini tentu akan memberikan kesan menarik dari pembeli. Selain itu, tips ini cukup meringankanmu pada saat promosi, karena nama toko sudah sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh toko.

Membuat nama toko online yang deskriptif bisa dikatakan itu lebih mudah, apabila dibandingkan dengan tips yang sudah dijelaskan di atas. Kamu hanya tinggal mengumpulkan berbagai kata kunci yang memiliki hubungan dengan bisnis. Selanjutnya, Kamu dapat memilih salah satu kata kunci untuk dikembangkan menjadi nama toko yang bagus dan sesuai, sehingga dapat dengan mudah diingat oleh para pembeli.

Contoh penggunaan nama toko yang deskriptif di antaranya adalah brand terkenal seperti General Motors hingga General Electrics.

5. Mudah Dieja

Tips memberi nama toko online selanjutnya yang bisa dilakukan dalam membuat nama untuk sebuah toko online adalah memilih nama toko yang mudah dieja. Tips ini sangat perlu Kamu ingat dan dan praktikkan, pasalnya nama toko yang bagus adalah nama yang memudahkan pembeli dalam mengeja. Beberapa pembeli sering mengalami kebingungan apabila menemukan nama toko yang sulit dieja. Hal ini dikarenakan nama yang rumit dan sulit dieja sangat berpotensi untuk terjadi kesalahan dalam mengetik.

Di era digital marketing seperti sekarang ini, hal yang wajib dihindari adalah adanya kesalahan dalam mengetik. Kesalahan dalam mengetik bisa jadi membuat pembeli yang berniat mengunjungi toko online milikmu malah tidak bisa menemukannya. Selain itu, hal ini juga akan semakin membuat toko online milikmu sulit terlihat di hasil pencarian Google. Apabila terjadi hal semacam ini, kesan yang dimiliki toko online malah menjadi buruk dan berpotensi tidak dikunjungi pembeli.

Kamu bisa melihat dua contoh nama toko online berikut ini, yakni penggunaan nama toko online pada Bola Bola Benang dan Threadgedy. Dari kedua contoh nama toko online tersebut, tentu kamu tahu, toko online mana yang lebih mudah untuk ditulis. Pada akhirnya, nama toko online Bola Bola Benang lebih mudah untuk dieja dan ditulis. Walaupun nama toko Bola Bola Benang berjumlah 14 huruf, lebih panjang dibandingkan Threadgedy, tetapi nama itu tentu saja lebih mudah untuk dieja maupun ditulis.

6. Hindari Tanda Penghubung Atau Hyphen (-)

Tips memberi nama toko online dalam memberi nama toko online yang perlu Kamu ketahui selanjutnya adalah menghindari tanda penghubung. Pada dasarnya, penggunaan tanda penghubung atau hyphen untuk toko online dapat memungkinkan terjadi kesalahan ketika diakses melalui web browser. Selain itu, penggunaan hyphen bisa juga menyebabkan toko yang Kamu miliki sulit dimengerti oleh beberapa orang. Oleh karena itu, pemilihan nama untuk toko online sebaiknya menghindari tanda penghubung atau strip.

7. Memiliki Nilai Cerita

Tips memberi nama toko online selanjutnya untuk memberi nama toko online adalah memiliki nilai cerita. Secara teknis, pemilihan nama toko online berdasarkan nilai cerita tidak memiliki hubungan langsung dengan kemudahan dalam berbisnis. Namun, pemilihan nama berdasarkan nilai cerita dapat menjadi salah satu cara promosi yang bagus untuk membangun kepercayaan dan minat dari pembeli. Terlebih lagi, cerita dari sebuah nama memberikan kesan yang secara tidak langsung membuat pembeli berpotensi menjadi pelanggan setia tokomu.

Sekarang ini, alasan seseorang berbelanja bukanlah hanya semata karena kualitas dari produk. Dalam beberapa peristiwa, kerap ditemui seseorang melakukan pembelian sebuah produk yang berhasil mewakili identitas dari dirinya. Hal itulah yang menjadi brand memiliki nilai lebih dari sekedar nama dan logo. Sebuah brand adalah bentuk dari pelanggan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum menentukan nama toko online, Kamu perlu memikirkan juga nilai cerita yang ingin dimuat dalam nama tokomu sehingga bisa mewakili identitas dari pelanggan.

Sebagai contoh, pada saat toko online milikmu menjual berbagai jenis produk kosmetik ramah lingkungan. Bisa dipastikan nilai cerita yang akan disuguhkan kepada pembeli adalah tentang bagaimana sebuah produk dapat membantu pembeli merawat diri sekaligus berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

tombol beli buku

Berikut ini adalah dua cara yang bisa Kamu lakukan agar bisa menciptakan cerita untuk toko onlinemu. Dua cara ini bisa jadi diterapkan sekaligus, namun juga bisa diterapkan dengan satu cara.

1. Ceritakan dengan gamblang tujuan bisnis Anda.

Pada saat Kamu memulai sebuah bisnis, hal yang perlu diketahui adalah konsumen yang dituju agar menggunakan produk atau layanan. Nama yang dipilih harus mampu membuat konsumen menjadi merasa lebih dekat, sehingga menjadikan konsumen menjadi lebih loyal.

2. Ceritakan secara tidak langsung lewat nama brand.

Cara kedua ini adalah cara promosi sebuah dengan bercerita melalui nama atau brand dari toko onlinemu. Cara ini biasanya menggunakan istilah asing sehingga dapat lebih menunjukkan kesan berkualitas bagi para konsumen. Brand yang menggunakan cara ini, yaitu seperti J-Co, Bata, Wakai, hingga Holland Bakery.

8. Pastikan Konsisten di Berbagai Channel

Pada tips memberi nama toko online ini, Kamu mungkin telah menentukan sebuah nama untuk toko online. Tetapi, Kamu bisa mencoba memastikan terlebih dahulu tidak dimiliki oleh orang lain. Untuk menghindari nama atau brand yang sama, Kamu bisa melakukan cek di semua platform digital.

Kamu bisa memulai melakukan pemeriksaan dari media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter. Apabila bisnis yang akan Kamu buat ditujukan untuk anak muda, Kamu bisa memeriksa di beberapa media seperti Tiktok dan Youtube. Tak lupa juga, Kamu perlu mengecek semua marketplace yang beroperasi di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, BliBli, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Pastikan bahwa nama yang telah Kamu tentukan tidak digunakan oleh brand lain. Setelah itu, Kamu bisa memulai dengan menggunakan nama toko online yang sudah dipilih pada platform yang diinginkan. Di sini, Kamu perlu untuk konsisten menggunakan nama tersebut di berbagai platform yang digunakan untuk promosi dan berjualan. Hal ini lah yang memberikan pengaruh besar karena membuat para pembeli lebih percaya dengan produk yang Kamu miliki.

9. Pastikan Nama Toko Tersedia sebagai Domain

Tips memberi nama toko online terakhir yang mesti Kamu lakukan pada saat memilih nama toko online adalah memastikan nama toko tersedia sebagai domain. Pemeriksaan domain akan sangat penting apabila Kamu memiliki proyeksi masa depan bagi bisnismu. Penggunaan domain di era digital seperti sekarang ini adalah salah satu cara sebuah brand atau bisnis bisa mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari para konsumen.

Demikian adalah beberapa tips memberi nama toko online yang bisa kamu gunakan sehingga menjadi lebih terpercaya dan mampu menarik perhatian banyak konsumen. Mulai dari memilih nama yang singkat dan sederhana, unik, original, deskriptif, mudah dieja, tidak menggunakan tanda penghubung, memiliki nilai cerita, hingga memiliki sebuah domain atau halaman.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Tips Memberi Nama Toko Online



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam