in

Ketahui 12 Tanda-tanda Orang Mau Meninggal 

Tanda-tanda orang mau meninggal – Kematian adalah sebuah rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan. Tapi, ketika seseorang mulai mendekati ajalnya, ia akan menunjukkan beberapa tanda. Kira-kira, apa saja tanda-tanda orang yang mau meninggal?

Percaya atau tidak, saat ajal mulai mendekat, seseorang bisa mengalami perubahan kondisi yang mungkin tidak wajar dan belum pernah dirasakan sebelumnya dalam hidupnya, yang bisa menjadi tanda datangnya ajal.

Tapi perlu diingat, hal seperti ini tentunya bisa saja berbeda kondisi pada setiap orang, dan berlangsung begitu saja, baik secara sadar atau tidak.

Jika Grameds atau teman yang kamu kenal, takut pada kematian, ingin tahu tentang surga, atau ingin menjalani hidup sepenuhnya. Buku  Hari Itu Ketika Saya Meninggal ini bisa membangkitkan semangat dan mengubah cara pandang kamu terhadap kehidupan dan kematian.

Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal

pexels.com/Ivan Oboleninov

Di akhir usia seseorang, fungsi psikis dan organ tubuh akan menurun secara bertahap. Tak jarang seseorang tersebut menunjukkan perubahan kondisi dan sifat yang tidak seperti biasanya. Lalu, apa saja perubahan atau tanda-tanda itu?

Tanda-tanda orang mau meninggal bahkan sejatinya telah tampak sejak beberapa bulan sebelumnya, dan 40 hari, 7 hari, sampai sesaat sebelum ajal menjemput. Berikut merupakan ulasannya yang dirangkum dari beberapa sumber, terkait tanda-tanda orang mau meninggal dari berbagai sumber :

1. Lebih Sering Tidur

Tanda orang mau meninggal yaitu punya energi lebih sedikit sehingga menyebabkan rasa lelah cepat menyerang dan akan lebih sering istirahat atau tidur. Jika tanda ini muncul, sebaiknya siapkan tempat tidur yang nyaman dan atur posisi tidur yang nyaman.

2. Adanya Perubahan Suhu Tubuh Ketika Ashar

Dalam Islam, waktu ashar adalah penghujung waktu ditutupnya semua amalan harian. Oleh sebab itu, tanda seseorang mau meninggal bisa terlihat ketika waktu ashar. Hal ini bisa terlihat sejak 100 hari sebelum tibanya ajal.

Pada waktu sore hari atau ashar ini, orang yang mau meninggal tubuhnya akan terasa dingin. Hal yang umum terjadi, ditandai dengan kondisi tubuh bergetar atau menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.

3. Nafsu Makan Menurun

Biasanya seminggu sebelum ajal tiba, keanehan akan terjadi, akan ada perubahan yang tampak salah satunya yaitu perubahan nafsu makan seseorang. Umumnya, cenderung mengalami penurunan nafsu makan.

Tapi, hal ini tentu tidak akan pernah disadari oleh siapapun. Kebanyakan merasa sakit dibagian perut atas atau dada, sehingga nafsu makan mereka menjadi tidak menentu. Ada yang sesekali nafsu makannya melebihi biasanya, ada juga yang tidak mau makan sama sekali.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Denyut di Pusar

Di hari ke-40 sebelum ajal tiba, bagian-bagian tubuh seseorang juga akan terus berdenyut ketika memasuki waktu ashar. Dalam Islam, hal ini merupakan tanda bahwa ‘daun’ dalam Arsy Allah telah gugur, daun tersebut bertuliskan nama orang yang akan meninggal. Hal itu juga pertanda bahwa malaikat telah bersiap untuk menjemputnya.

5. Perubahan Fisik

Pandangan mata orang mau meninggal dalam waktu dekat juga sangat layu atau tidak memancarkan sinar lagi. Selain itu, telapak kakinya akan terasa sulit digerakkan. Jika ada perubahan kondisi fisik dan hal lain yang disadari, maka sangat dianjurkan untuk segera bertaubat dan melakukan puasa, hal ini agar dalam perut nantinya tidak lagi mengandung banyak najis.

6. Aktivitas Sosial Menurun

Tanda orang mau meninggal juga menurunnya tingkat energi atau orang dalam kondisi akan meninggal pasti lemah atau energi berkurang. Hal ini akan mempengaruhi interaksi sosialnya dengan orang sekitar.

Mungkin yang dulunya banyak menghabiskan waktu dengan orang lain, kini akan cenderung menyendiri. Dan orang-orang yang mungkin sakit keras, perlahan-lahan akan menarik diri dari lingkungan dan aktivitas sosialnya.

7. Mengalami Delirium

Agitasi atau kebingungan bisa terjadi pada beberapa kondisi seseorang yang akan meninggal. Hal ini bisa disebabkan karena adanya perkembangan penyakit, konsumsi obat-obatan, atau kurangnya oksigen ke otak.

Selain itu, kesulitan buang air besar atau sembelit, hingga dehidrasi sering dirasakan orang yang mau meninggal. Perubahan tersebut bisa memicu delirium, yakni gangguan mental serius yang mengakibatkan kebingungan atau linglung dan kurangnya kesadaran.

8. Kecemasan dan Gelisah

Selain mengalami delirium, tanda orang mau meninggal juga akan merasa cemas dan gelisah, bahkan terhadap hal-hal kecil. Hal ini karena seseorang akan merasa sesuatu menakutkan akan terjadi. Kondisi tersebut akan bertambah parah, meningkatnya penyakit dan memicu sesak napas. Hal ini juga merupakan tanda-tanda orang mau meninggal dalam waktu dekat.

9. Jarang Buang Air Kecil dan Besar

Penurunan nafsu makan yang drastis, membuat seseorang kekurangan asupan nutrisi dalam tubuhnya. Hal ini akan berdampak pada frekuensi buang air. Seseorang akan jarang buang air kecil maupun besar, karena pergerakan dan fungsi organ pencernaan tak lagi berjalan dengan baik.

10. Sakit Yang Luar Biasa

Kematian yang merenggut nyawa seseorang, akan membuat seseorang merasa sakit yang luar biasa. Apalagi, jika orang tersebut sedang mengidap penyakit berat, maka rasa sakit dan tidak nyaman akan semakin dirasakannya.

Meskipun hanya sedikit dari mereka yang dapat menjelaskan bagaimana rasanya, tapi kondisi ini bisa dilihat, bagaimana ekspresi wajah atau suara yang merintih kesakitan. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk memberikan bantuan medis kepadanya.

11. Berhalusinasi

Berhalusinasi sering dialami seseorang di hari-hari terakhir menjelang kepergiannya. Halusinasi atau penglihatan tak realita atau penglihatan yang tak normal adalah hal umum yang terjadi sebelum ajal tiba, oleh karena itu bisa menjadi tanda orang yang mau meninggal dunia.

Beberapa tanda ini meliputi hal yang tak normal atau mungkin tak masuk akal. Berbicara ngelantur atau sulit dipahami, mengatakan hal-hal aneh dan tak masuk akal untuk kebanyakan orang, hingga membicarakan nama-nama yang tak dikenal.

12. Tubuh Terasa Lebih Sejuk

Sebelum ajal tiba, seseorang akan merasa sejuk di bagian pusar. Rasa sejuk itu akan turun sampai pinggang, dan akan kembali naik hingga pangkal leher. Jika rasa seperti ini disadari, sebaiknya untuk sering mengucapkan kalimat tauhid dan istighfar memohon ampunan, atau memperbanyak dzikir.

Hal ini mungkin tak banyak orang memahaminya, bahkan banyak orang mengabaikan hal seperti ini, namun dengan memahaminya bisa membantu orang terkasih hidup senyaman mungkin sampai ia menghadapi tahap akhir kehidupannya.

Itulah sedikit tanda-tanda orang yang mau meninggal dunia. Tapi, sejatinya kematian tetap akan menjadi rahasia Yang Maha Kuasa, sekalipun sudah ada tanda-tandanya.

Jika Grameds punya keluarga atau orang terkasih yang telah meninggal dunia, ada baiknya melakukan amalan-amalan untuk mereka, agar mereka bahagia di akhirat. Apa saja amalan yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa mencari tahu seputar amalan-amalan tersebut melalui buku Amalan-amalan untuk Meraih Tingkatan Tertinggi Surga.

Tanda-Tanda Orang Mau Meninggal Secara Medis

pexels.com/SHVETS production

Menerima kenyataan bahwa keluarga atau orang yang kita kasihi akan meninggalkan kita, sebenarnya sampai kapan pun kita tidak akan pernah siap. Tapi, sebagai keluarga kamu bisa melakukan perawatan sebagai tanda kasih sayang sekaligus meringankan beban orang yang kita kasihi ketika akan menghadapi ajalnya.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda perubahan fisik seseorang yang mau meninggal secara medis. Apa saja? Simak penjelasan berikut ya.

1. Aliran Darah ke Otak Mengalami Penurunan 

Aliran darah menuju otak mengalami penurunan adalah salah satu tanda orang mau meninggal secara medis. Penurunan aliran darah ini menyebabkan seseorang mengalami kehilangan kesadaran hingga koma. Kondisi ini juga bisa membuat orang yang mau meninggal merasa mengantuk sepanjang hari dan terkadang mengalami disorientasi.

2. Peredaran Darah Melambat

Bintik hitam, seperti lebam, atau kebiruan pada kulit orang yang mau meninggal disebabkan karena peredaran darah mulai melambat menjelang kematian. Biasanya tanda ini akan muncul pada bagian tubuh seperti pinggul dan kepala. Hal ini menandakan kematian semakin dekat.

Untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri, kamu bisa memberikannya pelembab kulit di bagian kulit yang kebiruan atau lebam. Jika dirasa tak memungkinkan, kamu bisa memberikan perawatan dengan membawanya ke rumah sakit terdekat.

3. Kesulitan Saat Makan

Biasanya tanda orang yang mau meninggal akan mengalami kesulitan ketika makan. Mungkin ia tidak bisa menelan makanan, batuk-batuk, atau tersedak ketika makan. Kamu bisa mencoba memberikan makanan yang lunak atau makanan yang telah dihaluskan, hal ini agar ia mudah menelan, dan mudah dicerna oleh tubuhnya.

4. Tekanan Darah Sangat Rendah 

Tekanan darah yang sangat rendah bisa menjadi tanda seseorang mau meninggal dunia. Terkadang juga mengalami peningkatan detak jantung yang tidak normal. Orang yang mau meninggal juga akan menunjukkan tanda-tanda seperti hipotensi yang sangat parah. Tekanan darah yang sangat rendah ini beresiko menyebabkan kegagalan fungsi organ.

5. Penurunan Nafsu Makan 

Salah satu tanda-tanda orang mau meninggal dunia secara medis, pasien tidak mau makan dan minum. Apalagi jika ia sedang sakit berat, maka ia tidak akan ada selera untuk makan. Hal ini pasien akan mengalami dehidrasi hingga penurunan berat badan yang drastis. Jika seseorang mengalami hal seperti ini, sebaiknya pantau terus asupan makanan dan kebutuhan cairannya.

6. Mengalami Inkontinensia Urine

Beberapa orang yang mau meninggal mungkin akan mengalami inkontinensia urine, yaitu sulit mengendalikan kandung kemih, hal ini membuat seseorang mudah mengompol. Kamu perlu menjaga seseorang dengan kondisi ini agar tetap bersih dan kering. Gunakanlah popok agar ia tidak sering bergonta-ganti celana.

7. Munculnya Luka Dekubitus

Tanda orang yang mau meninggal secara medis yang lain yaitu munculnya luka dekubitus. Orang yang berbaring dengan waktu yang lama karena sakit, ia bisa mengalami bedsores atau luka baring, atau juga disebut luka dekubitus.

Luka dekubitus bisa muncul karena tekanan yang besar dan ditandai adanya bintik-bintik merah pada bagian tonjolan tulang. Untuk mengurangi rasa nyeri, kamu bisa memiring pasien sebagai solusinya.

8. Sesak Nafas 

Sebagian orang mungkin akan merasakan sesak napas menjelang kematiannya. Tapi, tanda-tanda ini juga bisa muncul pada hari atau jam terakhir menjelang kematian.

Jika keluargamu mengalami kondisi ini, sebaiknya berikan alat bantu pernapasan seperti memberikan oksigen untuk meringankan sesak napas. Dalam kondisi ini, biasanya pasien juga akan merasa cemas, maka keluarga harus bisa mencoba menenangkannya.

9. Pernafasan Yang Sangat Tidak Teratur

Tanda orang mau meninggal secara medis yaitu akan mengalami Respirasi Cheyne-Stokes atau pernafasan yang tidak teratur. Dalam kondisi ini, nafas bisa sangat dangkal dan lambat, atau bahkan sebaliknya, dalam dan cepat.

Dalam kondisi tertentu, seseorang bahkan bisa mengalami henti nafas dalam beberapa waktu. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa berlangsung selama 30 detik hingga 2 menit. Keluarga juga perlu memahami bahwa hal ini normal terjadi pada masa-masa kritis sebelum ajal tiba.

10. Nafas Terdengar Nyaring

Suara nafas yang terdengar nyaring juga bisa menjadi tanda seseorang mau meninggal, hal ini disebabkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan bagian atas atau tenggorokan. Solusi untuk kondisi ini bisa dengan memiringkan kepala atau memberinya bantal kecil dan empuk untuk mengganjal belakang leher dan kepalanya.

Secara keseluruhan, penurunan kondisi fisik dan psikis yang membuat seseorang sangat lemah dan tak berdaya bisa menjadi tanda-tanda orang mau meninggal. Tapi, keluarga perlu mengetahui, bahwa semua kondisi tersebut memang normal terjadi pada seseorang yang mau meninggal.

Untuk Grameds yang beragama Islam, tentunya kematian Husnul Khatimah adalah kematian yang didambakan dan diharapkan. Bagaimana cara menggapai kematian Husnul Khatimah? Grameds bisa mencari tahunya melalui buku Agar Meninggal Husnul Khotimah.

Kesimpulan 

Kematian memang suatu rahasia Illahi yang tidak akan seorang pun mengetahuinya kecuali Allah Ta’ala. Hal itu sebagaimana firman Allah Azza Wa Jalla dalam Al-Qur’an [QS.Luqman:34], artinya :

Artinya : “Tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengetahui dengan detail.

[QS.Luqman:34].

Meski begitu, orang yang mau meninggal akan memiliki tanda-tanda yang bisa kita lihat, sebagai bentuk untuk bersiap dan berserah diri kepada Allah Ta’ala. Hal ini juga sebagaimana sabda Rasulullah Shallallaahu’alaihi wassallam dalam riwayat hadits berikut :

Artinya : “Sesungguhnya setiap hamba yang mukmin apabila akan berpisah dengan dunia untuk menghadap akhirat maka turun malaikat dari langit, wajahnya putih seperti matahari, mereka membawa kafan surga dan pewangi surga, mereka duduk sejauh pandangan mata….” [HR. An-Nasa’i].

Jadi, apapun yang terjadi dalam hidup kita, persiapkan bekal sebaik mungkin ya Grameds, tetap berbuat baik, bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah Ta’ala, Tuhan semesta alam.

Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika sobat grameds membutuhkan buku-buku, maka Gramedia.com siap menemani dan mengisi bacaan kalian dengan buku-buku yang tersedia di Gramedia. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan :

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/sumut/berita/d-6568505/11-tanda-tanda-orang-mau-meninggal-jadi-sering-tidur/amp

https://www.google.com/amp/s/health.detik.com/berita-detikhealth/d-6484518/10-tanda-tanda-orang-mau-meninggal-menurut-medis-termasuk-nggak-nafsu-makan/amp

https://www.liputan6.com/hot/read/5108895/13-ciri-ciri-orang-mau-meninggal-dalam-waktu-dekat-banyak-tidur-dan-halusinasi

https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221106160138-33-385509/terungkap-11-tanda-ajal-manusia-sudah-dekat-ini-kata-ahli/amp

https://www.google.com/amp/s/www.viva.co.id/amp/gaya-hidup/inspirasi-unik/1568012-10-tanda-seseorang-akan-meninggal-nomor-satu-gak-nyangka

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/ciri-fisik-menjelang-kematian/%3famp=1

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni dunia SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap dunia parenting, kuliner, dan gaya hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait berbagai jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.