in

Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan bibir hitam – Kecantikan wajah sebagai hal yang paling didambakan oleh para wanita. Mempunyai kulit putih dan bibir merah berseri dianggap menjadi bagian dari kecantikan tersebut. Meskipun saat ini standar kecantikan perempuan mulai berubah seiring berkembangnya zaman.

Mengenai tentang bibir, secara umum kaum hawa ingin mempunyai bibir yang terlihat merah. Akan tetapi, akibat gaya hidup yang kurang baik serta faktor lain bisa saja membuat bibir terlihat menghitam dan tampak kusam.

Apakah Grameds kurang percaya diri karena bibir hitam? Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara mengatasi bibir hitam yang menggelap dengan menggunakan beberapa cara alami..

Mempunyai bibir lembut dan berwarna merah muda tentu menjadi impian bagi banyak orang. Oleh sebab itu, Grameds perlu sedikit usaha lebih untuk mempunyai bibir yang sehat ini. Tidak hanya dari perawatan, Grameds juga perlu mengubahnya dari gaya hidup yang kurang sehat.

Nah, berikut ini cara mengatasi bibir hitam dengan cepat dari menggunakan bahan-bahan alami. Mudah dan praktis lho!

 

Penyebab Bibir Hitam 

pixabay

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi bibir yang menghitam, tidak ada salahnya jika Grameds mencari tahu penyebab dari kondisi ini. Kemudian, apa saja penyebab yang membuat bibir gelap?

Pertama, jika Grameds sering menjilat bibir kemungkinan ini bisa menjadi penyebab bibir hitam. Hal ini karena kebiasaan menjilat bibir akan membuat bibir tambah kering yang membuat Grameds ingin terus menjilatinya.

Kedua, jika Grameds mempunyai kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat membuat bibir menjadi hitam. Bibir menggelap bisa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya karena berkurangnya aliran darah pada area bibir. Kandungan yang terdapat pada rokok seperti tembakau dan nikotin dapat menggelapkan bibir dan lapisan dalam mulut yang akhirnya membuat warna bibir berubah.

Selain itu, ada beberapa penyebab bibir hitam seperti, banyak mengkonsumsi kafein, alergi, menggunakan produk kecantikan yang tidak cocok, kurangnya nutrisi, terlalu sering menggunakan lipstik, mengkonsumsi obat tertentu serta faktor keturunan.

Setiap penyebab bibir hitam antara individu yang satu dengan individu lainnya berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui secara pasti penyebab bibir hitam. Dengan begitu, kamu bisa fokus cara mengatasi bibir hitam.

Cara Mengatasi Bibir Hitam

 

Bibir yang hitam sering terjadi karena hiperpigmentasi yaitu adanya perubahan warna pada kulit. Adapun hal ini bisa diatasi dengan perawatan kosmetik, seperti dengan perawatan laser dan bantuan bahan kimia yaitu hidrokuinon dan asam kojic.

Selain itu, Grameds dapat menggunakan bahan-bahan alami lainnya sebagai cara mengatasi bibir yang gelap. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi bibir hitam, antara lain:

  • Manfaatkan jus dan air lemon

Dalam studi jurnal menunjukkan bahwa jeruk lemon dapat berperan sebagai inhibitor melanin untuk membantu atasi bibir yang hitam. Dengan minum jus lemon dicampur air hangat dan madu menjadi campuran herbal yang baik ya Grameds. Hal ini berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh, sehingga kulit bibir menjadi bersinar dan tampak lebih sehat.

Selain itu, dikarenakan buah ini juga mempunyai sifat pemutih, maka Grameds dapat mengoleskan lemon pada bibir sebagai cara mengatasi bibir hitam.

Setiap malam sebelum tidur, potong lemon dan gosok bagian berairnya dengan lembut ke area bibir. Keesokan paginya, bilas bibir dengan air dingin. Grameds juga dapat mencampurkan lemon dengan gula untuk digunakan sebagai scrub bibir ya.

Tujuannya yaitu untuk mengelupas kulit mati yang menempel dan menumpuk sehingga memicu kehitaman pada bibir. Grameds dapat mengulangi secara rutin setiap malam hingga melihat hasilnya.

  • Buah beri dan madu

Buah beri mengandung mineral dan vitamin penting untuk menjaga bibir tetap sehat dan bernutrisi. Baik raspberry maupun stroberi, buah ini dapat dimanfaatkan untuk cara mengatasi bibir hitam. Beri-berian ini dapat membantu mencerahkan bibir yang gelap.

Dengan mencampurkan madu dalam ramuan ini bisa dibilang cukup membantu untuk mencerahkan bibir. Selain mencerahkan, buah beri dan madu dapat membantu untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan iritasi. Khasiatnya juga merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membantu mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

Oleskan bahan-bahan alami ini untuk membantu bibir berwarna merah muda secara alami. Campurkan bahan-bahan tersebut dalam sebuah mangkuk, kemudian oleskan sebagai scrub pada bibir. Pijat lembut dalam 10 menit, lalu biarkan hingga mongering dan bilas hingga bersih.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis sebagai buah jeruk jenis lain yang dipercayai mempunyai sifat produksi anti melanin, sehingga cocok menjadi bahan untuk mengatasi bibir hitam dengan cepat. Dalam mangkuk kecil, campur bahan-bahan alami berikut ini:

  • 1 ½ sdt perasan jeruk nipis segar
  • 1 sdt madu
  • 1 sdt gliserin

Aduk semua bahan hingga rata, oleskan dengan lembut campuran tersebut ke bibir sebelum tidur. Setelah itu, bilas bibir keesokan paginya dengan air hangat. Karena rasanya sangat asam, sebaiknya usahakan agar mengurangi perasan jeruk yang masuk ke mulut ya Grameds.

  • Kunyit

Kunyit sebagai salah satu bahan alami yang dapat mengatasi bibir hitam. Dalam mangkuk kecil, campurkan bahan-bahan berikut ini:

  • 1 sdm susu cair
  • Bubuk kunyit secukupnya untuk membuat pasta

Aduk hingga membentuk pasta dan tambahkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu padat. Dengan menggunakan ujung jari yang basah, gosokkan pasta tersebut di bibir. Kemudian, biarkan sekitar 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah bibir kering, oleskan dengan pelembab favorit ya Grameds.

  • Lidah buaya

Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa kandungan dalam lidah buaya bisa menghambat produksi melanin. Oleh sebab itu, ini dapat membuat warna bibir tampak lebih cerah. Aloe vera berkhasiat untuk menghilangkan pigmentasi kulit secara alami.

Cara mengatasi bibir hitam ini dapat dengan mengoleskan tipis-tipis gel lidah buaya segar ke area bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat secukupnya. Kemudian, tambahkan minyak kelapa agar bibir terasa lebih lembab dan bernutrisi. Ini sebagai salah satu tips terbaik cara mengatasi bibir hitam dengan cepat.

  • Buah delima

Sebuah studi di tahun 2005, menemukan bahwa ekstrak buah delima dapat meringankan hiperpigmentasi pada kulit. Ini sebagai cara dalam mengatasi bibir hitam dengan cepat dan alami. Grameds dapat mencampurkan bahan-bahan berikut ini untuk mendapatkan bibir tampak lebih sehat, yaitu :

  • 1 sdt biji delima
  • 1 sdt air mawar
  • 1 sdm krim susu segar

Pijat lembut adonan tersebut ke bibir sekitar 3 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi setiap hari untuk cara mengatasi bibir hitam dengan optimal.

  • Minyak almond

 

Minyak almond cukup berkhasiat untuk menghilangkan pigmentasi kulit secara alami. Memijat bibir dengan minyak almond dapat membantu melembabkan dan meningkatkan sirkulasi pada daerah bibir. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut dan membuat warna bibir lebih cerah.

Gunakan minyak almond atau minyak kelapa berkualitas tinggi sebagai cara mengatasi bibir hitam dan kering. Gosokkan minyak dengan lembut ke bibir dalam beberapa kali sehari. Efeknya akan terlihat dalam 1 atau 2 hari ke depan ya Grameds. Minyak almond dapat dengan mudah ditemukan di supermarket maupun secara online.

 

  • Minum air yang cukup 

Bibir sebagai salah satu area tubuh pertama yang terlihat kering dan gelap. Minum air yang cukup merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat kulit. Nah, tubuh yang terhidrasi dengan baik juga menjadi cara mengatasi bibir hitam dengan cepat. Grameds bisa menambahkan irisan mentimun atau lemon ke dalam segelas air untuk rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan.

 

  • Buah bit

Buah bit, buah yang mirip dengan buah naga bisa dijadikan pilihan dalam mengatasi bibir hitam berikutnya. Buah bit dipercaya dapat memberikan warna merah muda pada bibir secara alami.

Cara menggunakannya yaitu dengan memblender buah bit menjadi adonan halus, kemudian oleskan pada area bibir seminggu 3 kali. Biarkan selama 5 hingga 10 menit lalu dibilas. Setelah bibir bersih dan kering, oleskan petroleum jelly tipis-tipis ya Grameds.

  • Air mawar dan minyak zaitun

Campurkan 2 tetes air mawar dan minyak zaitun untuk cara mengatasi bibir hitam. Oleskan campuran ini ke bibir 3 hingga 4 kali sehari. Grameds juga bisa mengoleskan ramuan ini sebelum tidur di malam hari.

Meski rasa berminyak cukup terasa pada area bibir, jangan dilap ya Grameds. Hal ini juga dapat membuat bibir terasa lebih lembab dan mencegahnya kekeringan.

  • Mentimun

Grameds bisa menggunakan mentimun untuk cara mengatasi bibir hitam berikutnya. Selain biasa digunakan untuk masker wajah, ternyata buah ini juga bermanfaat untuk bibir lho. Berikut cara mengolah timun untuk masker bibir dengan mudah di rumah :

  • Blender dan buah sebagai puree mentimun.
  • Dinginkan puree mentimun di kulkas.
  • Setelah ramuan mentimun telah dingin, celupkan bola kapas ke dalamnya.
  • Kemudian, gunakan bola kapas untuk mengoleskan puree dengan lembut ke area bibir yang gelap.
  • Birkan puree mentimun di bibir sekitar 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Minyak wijen

Dalam sebuah studi, minyak wijen mengandung lignin aktif yang disebut dengan sesamol. Menurut penelitian, senyawa ini ditemukan dapat menghambat biosintesis melanin pada penelitian hewan. Hal ini karena minyak wijen juga membantu dalam mengatasi bibir gelap pada manusia.

Adapun cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak wijen di bibir dan biarkan hingga mongering. Grameds dapat mengoleskan hingga berlapis-lapis untuk bibir terasa lebih lembab. Lakukan hal ini 2-3 kali dalam sehari. Sebagai catatan, minyak wijen dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh sebab itu, lakukan uji tempel pada kulit terlebih dahulu ya Grameds.

 

  • Mengeksfoliasi bibir

Mengeksfoliasi bibir juga merupakan langkah yang penting sebagai cara mengatasi bibir hitam dengan cepat. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Apabila tidak rajin dilakukan dengan rutin, maka dapat membuat bibir menghitam kembali. Setidaknya lakukan eksfoliasi bibir sebanyak 2-3 kali dalam seminggu ya, Grameds.

 

  • Gula dan mentega

Bahan-bahan alami berikut ini pasti ada di dapur kita ya. Yuk, manfaatkan untuk mengatasi bibir hitam dengan cepat, Grameds. Gula dan mentega dipercaya cukup membantu dalam membuat bibir lebih cerah dan lembap.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Berikut ini cara praktis membuat ramuan gula dan mentega:

  • Campurkan 3 sdt gula dan 2 sdt mentega.
  • Pijatkan campuran ramuan ini ke bibir selama 3 hingga 4 menit.

Jika Grameds ingin mencoba, mentega dapat diganti dengan minyak zaitun. Minyak zaitun. Minyak zaitun akan membuat kelembaban lebih tinggi pada area bibir.

  • Pasta gigi 

Pasta gigi yang kaya akan magnesium, selenium, kalsium, kalium dan berbagai mineral lainnya baik untuk mempercepat proses regenerasi kulit. Aplikasikan pasti gigi pada bibir, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

 

  • Kentang

Kentang mempunyai vitamin dan mineral yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam menjadi cerah merona. Grameds dapat melakukan perawatan dengan menghaluskan kentang kemudian oleskan pada bibir.

 

  • Es batu 

Es batu akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah pada bibir akan menjadi besar dan tampak merah. Gosok-gosokkan es batu pada bibir selama 15 menit setiap hari.

 

  • Minyak kelapa

Mengaplikasikan minyak kelapa di bibir selain dapat menghaluskan kulit bibir juga dapat mengembalikan warna bibir menjadi lebih cerah. Grameds dapat mencampurkan gula dan minyak kelapa kemudian menggosoknya dengan halus. Jangan lupa bilas dengan air bersih ya Grameds!

 

  • Susu murni

Cara mengatasi bibir hitam dengan mengoleskan susu murni selama 10-15 menit pada bibir untuk membantu mengangkat kulit mati. Kandungan asam laktatnya dapat menghilangkan noda hitam di bibir dan kembali membuatnya lebih cerah.

 

  • Lip balm

Selain menggunakan bahan alami, Grameds juga bisa menambahkan langkah lain sebagai upaya untuk mengatasi bibir hitam dengan menggunakan lip balm. Fungsi ini untuk memberikan kelembaban pada bibir, lip balm juga dapat membantu mencerahkan dan mengurangi bibir kusam. Pastikan produk lip balm yang Grameds gunakan mempunyai SPF agar melindungi bibirmu dari sinar matahari dan tidak semakin gelap ya Grameds.

  • Daun mint 

Daun mint akan memberikan sensasi dingin pada bibir yang kaya akan vitamin serta mineral. Kandungan ini dapat memerahkan bibir secara alami, Grameds. Cara membuat adonan daun mint yaitu:

  • Haluskan terlebih dahulu 2 lembar daun mint.
  • Kemudian oleskan pada bibir.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.

 

  • Buah alpukat

Dalam buah alpukat ada antioksidan dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Apalagi alpukat tersebut mengandung lebih dari 25 nutrisi yang penting bagi tubuh. Cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat dan permanen bisa dengan buah alpukat. Caranya yaitu dengan menghaluskan daging buah alpukat kemudian oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

Nah, itulah berbagai cara menghilangkan bibir hitam dengan bahan alami yang mudah dilakukan ya, Grameds. Semoga artikel ini menginspirasimu ya! Selamat mencoba!

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait cara untuk mengatasi bibir hitam dengan bahan alami secara lengkap atau mencari buku kecantikan, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy