in

19 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Manfaat minum air putih sebelum tidur – Air merupakan elemen terbesar yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, mengkonsumsi air putih setiap hari merupakan hal penting untuk dilakukan

Air selain memiliki peran sebagai penghilang rasa haus, air merupakan pelarut yang universal. Sebagian besar senyawa kimia dapat larut dalam air. Begitupun dengan tubuh manusia sendiri terdiri dari sekitar 70 persen air dan setidaknya memerlukan asupan hingga 2 liter atau 8-10 gelas air per hari.

Di dalam tubuh manusia, air memiliki banyak peran penting, yaitu:

  • Mengangkut nutrisi ke seluruh jaringan-jaringan yang ada di dalam tubuh
  • Mengangkut sampah sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh, melalui keringat, pernapasan, urine, hingga feses
  • Sebagai media untuk berbagai reaksi kimia yang ada di dalam tubuh

Banyak ahli yang  telah membuktikan betapa pentingnya mengkonsumsi air putih untuk tubuh. Namun, banyak orang yang masih sering lupa atau mengabaikan untuk minum air putih secara teratur karena berbagai alasan. Padahal dari segelas air putih, memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Artikel ini akan memberikan penjelasan semua yang perlu diketahui terkait dengan minum air putih. Dimana akan dijelaskan banyak manfaat minum air putih sebelum tidur. Selamat membaca!

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

pixabay.com/congerdesign

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi air putih sebelum tidur:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Minum air putih pada malam hari sebelum tidur memiliki manfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh, sehingga tidak mudah untuk terserang berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan, hidrasi memiliki peran penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan memastikan semua fungsi pada organ tetap berjalan dengan semestinya.

2. Membantu Kelancaran Proses Regenerasi Sel 

Manfaat lain yang dapat diperoleh dengan minum air putih pada dasarnya adalah untuk memastikan darah membawa banyak oksigen yang kemudian didistribusikan ke sel-sel yang ada di seluruh tubuh.

3. Membantu Proses Pembersihan Racun 

Minum air putih sebelum tidur akan membuat terhidrasi sepanjang malam dan dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari racun yang tidak diinginkan. Hal itu dikarenakan, air hangat terutama, dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah, dan meningkatkan keluarnya keringat. Berkeringat memang akan menyebabkan tubuh kehilangan beberapa cairan sepanjang malam, akan tetapi dapat  menghilangkan kelebihan garam dan racun serta membersihkan sel-sel kulit.

4. Membantu Menjaga Berat Badan 

Minum air putih sebelum tidur memiliki manfaat yaitu menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan. Karena dengan mengkonsumsi minum air putih yang bebas kalori dapat membuat perut menjadi terisi yang pada akhirnya  akan menekan keinginan untuk mengkonsumsi makanan atau cemilan pada saat malam hari yang dapat membuat kenaikan pada berat badan.

5. Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur 

Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur sangat dianjurkan karena ketika sedang tidur sebenarnya darah mengental, sehingga bila kekurangan cairan dapat menyebabkan pasokan darah ke otak menjadi terhambat. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya pusing pada pagi hari atau setelah tidur dalam waktu yang lama.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Membantu Proses Pencernaan 

Manfaat minum air putih sebelum tidur selanjutnya, yaitu dapat membantu proses pencernaan yang akan menyerap vitamin serta nutrisi yang berasal dari makanan. Makanan yang mengandung serat tidak akan memiliki manfaat jika tidak dibantu dengan air putih. Hal ini dikarenakan, jika mengonsumsi air putih tidak memadai, maka serat akan menjadi zat jahat bagi tubuh yang dapat menyebabkan sembelit.

7. Menghindari Gangguan Ginjal 

Manfaat lain yang bisa didapat dapat membantu untuk melarutkan kalsium yang terdapat di dalam urine sehingga meminimalkan terjadinya batu ginjal. Selain itu, racun yang ada di dalam tubuh menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan dengan memperbanyak konsumsi air putih.

8. Memperbaiki Suasana Hati 

Apabila kekurangan cairan di dalam tubuh dapat mempengaruhi suasana hati menjadi lebih negatif, dan dapat memengaruhi siklus tidur. Dalam sebuah studi yang meneliti total sekitar 52 subjek yang dibagi menjadi dua kelompok, dimana satu kelompok terdiri dari 22 orang yang mendapatkan asupan cairan dengan volume yang tinggi, sementara kelompok lainnya yang terdiri dari 30 orang mendapatkan asupan cairan dengan volume yang rendah.

Orang yang memiliki kebiasaan minum banyak air, tidak akan memiliki ketenangan dan tidak merasakan banyak emosi positif ketika mereka tidak dapat minum air sebanyak yang biasa dilakukan. Sebaliknya orang yang memiliki asupan cairan yang rendah menunjukkan peningkatan kepuasan dan ketenangan yang positif ketika mereka meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

9. Menjaga Tubuh Terhidrasi 

Minum air sebelum tidur memiliki manfaat untuk membantu menjaga kadar cairan yang ada di dalam tubuh. Dimana tubuh akan tetap terhidrasi walaupun pada saat beristirahat di malam hari. Meskipun terkesan tidak ada kegiatan, tetapi pada saat tidur juga membutuhkan cairan yang tercukupi.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur

Kekurangan cairan selama tidur dapat memicu rasa haus dan membuat rentan terbangun di malam hari, sehingga waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar ketika bangun di keesokan harinya

11. Mencegah Kram Otot

Kekurangan cairan selama tidur dapat memicu rasa haus dan membuat rentan terbangun di malam hari, sehingga waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. Dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar ketika bangun di keesokan harinya.

Manfaat lainnya dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur adalah agar dapat menjaga otot tetap rileks supaya tidur tetap nyaman. Apabila kekurangan cairan pada saat tidur dapat menyebabkan kemungkinan kram pada otot.

12. Mencegah Sakit Perut

Manfaat minum air putih sebelum tidur ini juga perlu diketahui selanjutnya adalah dengan minum air hangat sebelum tidur akan mencegah mengalami rasa sakit atau kram perut. Hal ini dikarenakan pada saat tidur secara otomatis tubuh membuang racun yang dapat menyerang sistem pencernaan. Tidak jarang, sejumlah orang akan terbangun di malam hari karena mengalami sakit perut yang tak tertahankan.

13. Mengurangi Sakit Kepala

Dikutip dari European Journal of Neurology yang menyatakan bahwa dengan asupan air sekitar 1,5 liter per hari dapat mencegah sakit kepala akibat migrain. Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang memiliki gejala kepala berdenyut. Ini dapat terjadi berulang kali dan dapat menyerang siapapun, tidak hanya orang dewasa.

Sakit kepala sering kali terjadi ketika bangun tidur. Ini dapat diakibatkan karena kurangnya waktu untuk tidur atau cairan tubuh yang berkurang pada saat tidur. Untuk mencegah timbulnya sakit kepala, bisa dengan mengkonsumsi air putih sebelum tidur atau tidur lebih awal agar waktu tidur ideal dapat tercukupi.

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi merupakan cara yang mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Dimana jantung memiliki fungsi yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh, jadi ketika tubuh terhidrasi, jantung akan memompa darah dengan lebih mudah.

Ini sekaligus dapat mengurangi risiko pada jantung untuk terkena berbagai masalah atau mengalami ‘stres’. Selain itu harus diiringi dengan pola makan yang sehat agar jantung dapat berfungsi dengan baik sebagai organ yang vital.

15. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Stabil

Minum segelas air sebelum tidur dapat membantu seseorang yang memiliki masalah tidur yang mudah gelisah seperti berguling-guling karena kepanasan atau kedinginan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), manfaat minum air putih sebelum tidur yaitu dapat menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Sebaliknya, jika mengalami dehidrasi, tubuh akan lebih cepat untuk merasakan kedinginan atau kepanasan. Cobalah untuk menyeruput air hangat atau teh tanpa kafein pada malam hari sebelum tidur.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup sebelum tidur juga dapat mendinginkan tubuh dan menjaga suhu tubuh agar  tetap normal. Hal ini dapat membuat tubuh akan lebih rileks dan dapat memicu rasa kantuk yang pada akhirnya akan mudah untuk tertidur

Selain itu, bila tidur di tempat yang panas atau tanpa pendingin udara, tentu akan banyak mengeluarkan keringat. Ini merupakan mekanisme alami dari tubuh untuk mengatasi rasa kepanasan dimana kondisi tersebut juga dapat mengurangi cairan yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, tentunya perlu minum air putih untuk menjaga kadar cairan selama beristirahat pada malam hari.

16. Wajah Menjadi Glowing

Manfaat minum air putih sebelum tidur selanjutnya yaitu dapat membantu kulit agar terhindar dari kusam dan keriput. Hal ini karena ketika tubuh terhidrasi, sehingga kulit pun akan lebih sehat dan memiliki nutrisi. Pada saat bangun tidur pun kulit akan tampak lebih bercahaya.

17. Menjaga Tekanan Darah

Jika kekurangan cairan tubuh, darah akan lebih kental dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan pada elektrolit, seperti natrium dan kalium, yang terdapat di dalam darah. Kurangnya cairan tubuh dapat berdampak pada menurunnya tekanan dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih sebelum  dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal.

18. Mencegah Penyakit Kardiovaskular 

Dengan mengonsumsi air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi yang dapat berdampak pada terganggunya fungsi yang ada di organ tubuh salah satunya jantung, dan memberikan efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun akan tetap terjaga.

19. Mengurangi Gejala Flu

Minum air putih sebelum tidur, terutama air putih hangat, dapat meredakan demam dan hidung tersumbat akibat flu yang sering kali akan mengganggu waktu tidur. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur bagi penderita flu dan membantu untuk pemulihan.

Tidak Semua Orang Dianjurkan Minum Air Putih Sebelum Tidur 

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, minum air putih sebelum tidur pada kenyataannya bisa saja kurang cocok untuk sebagian orang. Untuk orang-orang yang belum terbiasa dengan mengonsumsi air putih sebelum tidur atau sedang mencoba untuk melakukan kebiasaan ini, pada awalnya mungkin akan mengalami gangguan dalam tidur. Minum air sebelum tidur sebenarnya dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk buang air kecil pada malam hari.

Dengan begitu, minum air putih sebelum tidur untuk yang tidak terbiasa dapat menyebabkan buang air kecil di celana. Pada dasarnya, pengeluaran urine akan berkurang di malam hari sehingga memungkinkan orang-orang untuk dapat tidur selama kurang lebih 6-8 jam tanpa gangguan. Namun, dengan  minum satu atau dua gelas air sebelum tidur akan mengubah siklus itu.

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan pada jantung. Selain itu dengan Kurang tidur dapat mempengaruhi potensi seseorang untuk mengembangkan yaitu:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Pertambahan berat badan

Dikutip dari National Sleep Foundation yang menyatakan bahwa dalam sebuah penelitian menemukan orang dewasa berusia 45 tahun dan lebih tua yang tidur kurang dari 6 jam pada malam hari akan memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami stroke atau serangan jantung.

Usia juga memiliki pengaruh terhadap dalam siklus tidur dan dorongan untuk buang air kecil. Semakin tua usia  yang dimiliki semakin besar kemungkinan akan mengalami kandung kemih yang terlalu aktif.

Ini dapat terkait dengan kondisi medis yang dapat mempengaruhi fungsi dari kandung kemih, seperti dengan menurunnya fungsi kognitif karena efek demensia atau penyakit stroke yang akan menyulitkan kinerja otak untuk menyampaikan sinyal ke kandung kemih. Selain itu, Diabetes mellitus dan hipertrofi prostat yang jinak dapat mempengaruhi fungsi dari kandung kemih.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan manfaat minum air putih sebelum tidur. Mulai dari menjaga kesehatan tubuh dan kulit, meningkatkan suhu pada tubuh, dapat membantu sistem pencernaan, membantu untuk menaikkan mood pada saat bangun, hingga dapat mengatasi berbagai penyakit. Dengan minum air sebelum tidur juga menjaga kadar cairan yang ada didalam tubuh, agar tidak dehidrasi dan mencegah penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung dan penyakit stroke.

Jadi, jangan malas untuk minum air putih secara rutin, ya!

Air putih merupakan minuman yang sering dikonsumsi sehari-hari sangat penting dan memiliki kegunaan atau manfaat yang bagus untuk tubuh. Penjelasan secara lengkap untuk mengetahui tentang manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin minum air putih bisa Grameds baca pada buku “Keajaiban Terapi Air Putih”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Air merupakan komponen yang cukup besar yang ada di dalam tubuh, sehingga tentunya sangat diperlukan oleh manusia agar dapat menjaga kesehatan pada tubuhnya. Penjelasan secara lengkap untuk mengetahui terapi air putih yang bermanfaat untuk kesehatan bisa Grameds baca pada buku “Terapi Air Putih Untuk Kesehatan”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh manusia. Penjelasan secara lengkap untuk mengetahui dengan air putih dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit bisa Grameds baca pada buku “Terapi Air Putih : Mengobati Berbagai Macam Penyakit ”. Buku tersebut bisa Grameds dapatkan dengan cara mengakses link yang ada di bawah ini.

Demikian artikel  yang menjelaskan terkait manfaat minum air putih sebelum tidur. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kalian. Grameds bisa membaca buku-buku secara lengkap mengenai tips tentang kesehatan lainnya dengan mengakses gramedia.com untuk mendapatkannya. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Mochamad Harris

Sumber :

  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-minum-air-putih-sebelum-tidur
  • https://health.kompas.com/read/2020/07/18/193200768/8-manfaat-minum-air-putih-sebelum-tidur-untuk-kesehatan?page=all
  • https://mediaindonesia.com/humaniora/565588/manfaat-minum-air-putih-sebelum-dan-setelah-tidur

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni dunia SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap dunia parenting, kuliner, dan gaya hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait berbagai jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.