in

Mudah! Ketahui Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh

Cara mengobati sakit gigi – Sakit gigi tentu akan menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman. Dalam mengobatinya, Grameds dapat melakukan pertolongan pertama di rumah untuk meredakan nyeri dengan menggunakan berbagai bahan alami yang tersedia di rumah.

Ada beberapa penyebab terjadinya sakit gigi dan penanganannya juga berbeda-beda. Penyebab utama sakit gigi karena adanya sensasi nyeri terhadap panas dingin, nyeri hebat yang menular ke leher, pundak hingga kepala terjadi pembengkakan di area pipi serta adanya peradangan dan pendarahan di gusi.

Namun, bagi sebagian orang mungkin saja belum mengetahui cara mengobati sakit gigi, apakah kamu salah satu dari orang itu?

Di kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara mengobati sakit gig, tetapi sebelum membahasnya, ada baiknya kalau kita juga membahas tentang penyebab sakit gigi terlebih dahulu.

 

Penyebab Sakit Gigi 

pixabay

Apakah kamu sudah mengetahui penyebab sakit gigi? Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit gigi yang perlu kamu ketahui.

1. Adanya nyeri saat minum panas dan dingin 

Nyeri ini akibat lapisan dentin gigi yang terekspos karena terkena zat panas maupun dingin.

2. Peradangan dan pendarahan pada gusi 

Saat menggosok gigi tanpa disadari sering mengalami pendarahan gusi. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan karang gigi, terjadinya perubahan hormon saat kehamilan, peradangan jaringan penyangga gigi (periodontitis) maupun penyakit sistemik misalnya diabetes yang tidak terkontrol.

3. Penumpukan karang dan lubang pada gigi

Penumpukan plak yang banyak saat menggosok gigi juga akan menimbulkan koloni bakteri, sehingga dapat menyebabkan karang dan lubang pada gigi.

4. Terjadinya pembengkakan atau abses

Dikarenakan adanya gigi yang berlubang dan tidak segera ditangani, maka terjadi pembengkakan. Bakteri ini dari rongga mulut masuk ke dalam lubang gigi atau jaringan gusi yang meradang, kemudian akan menimbulkan infeksi di dalam jaringan. Ciri-cirinya ditandai dengan adanya bisul berisi nanah di gusi hingga mengalami pembengkakan yang meluas ke area pipi. Jika Grameds mengalami hal seperti ini, maka akan merasakan nyeri yang sangat hebat.

 

5. Fraktur gigi

Patah gigi atau fraktur terjadi karena adanya keretakan gigi akibat cedera atau trauma, hal ini bisa dikarenakan terjauh maupun menggigit sesuatu yang keras.

6. Gigi bungsu yang tumbuh tidak sempurna

Ciri-ciri tumbuhnya gigi bungsu yang tidak sempurna sebagian gigi masih tertutup oleh gusi. Sehingga daerah gusi yang masih menutupi gigi ini dapat membentuk kantung yang menyebabkan plak terjebak serta menyebabkan peradangan serta nyeri. Hal ini dikenal dengan istilah pericoronitis, yaitu kantung yang terbentuk menjadi sela yang sulit dibersihkan, ketika bersinggungan dengan gigi yang ada didepan dapat menimbulkan gigi tersebut dan gigi yang didepan akan berlubang.

7. Temporomandibular Joint Disorder (TMD)

Adalah gangguan pada sendi rahang. Hal ini karena adanya nyeri di daerah sendi rahang, munculnya bunyi ‘klik’ di rahang, mengalami kesulitan saat mengunyah, sakit di area wajah, rahang terkunci, mulut membuka dengan terbatas serta telinga mengalami denging.

Ada beberapa penyebab terjadinya TMD antara lain karena maloklusi gigi atau posisi susunan gigi dan rahang yang tidak normal. Antara rahang atas dan rahang bawah hubungannya tidak baik, kehilangan gigi geligi yang tidak diganti, adanya gigi tiruan yang tidak tepat, trauma kecelakaan, mengatupnya rahang atas dan rahang bawah atau clenching, serta kebiasaan buruk bruxism atau menggertakan gigi.

Cara Mengobati Sakit Gigi

pixabay

1. Kompres menggunakan es batu

Secara umum, sakit gigi berlubang biasanya disertai dengan pipi bengkak. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Grameds bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es baru. Cara ini merupakan hal yang paling mudah dan sederhana. Selain itu, kompres dingin juga tidak hanya untuk meredakan bengkak, tetapi dapat membantu untuk mengurangi nyeri serta pendarahan ke dalam jaringan gusi.

Cara melakukannya yaitu dengan membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Kemudian, tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami sakit atau pembengkakan. Grameds dapat membiarkan selama 15-20 menit. Jika belum mereda maka ulangi hingga 3 kali dalam sehari ya.

2. Berkumur dengan air garam

Air garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling popular. Air garam ini terbukti membantu meredakan peradangan serta sakit di gusi dan gigi. Grameds sebelum berkumur dengan air garam, sebaiknya melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi.

Kemudian, siapkan 1 hingga 2 sendok makan garam dapur, larutkan ke dalam segelas air hangat. Grameds dapat menggunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu langsung di buang. Perlu di ingat ya Grameds, larutan ini tidak perlu ditelan. Jadi, pastikan Grameds membuang langsung air larutan garam setelah berkumur ya.

3. Konsumsi obat pereda nyeri

Cara lain mengobati sakit gigi yaitu dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Berbagai macam obat pereda nyeri yang dijual secara bebas di apotek tanpa adanya resep dokter. Selain itu, pastikan juga Grameds membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti ya, khususnya ketika Grameds mengalami sakit gigi saat hamil.

Hal ini sangat dibutuhkan petunjuk dokter untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu. Apabila nyeri di gigi belum membaik, pastikan langsung mencari pertolongan medis ke dokter ya. Hal ini agar Grameds mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Mengunyah permen karet tanpa gula

Gigi yang berlubang bisa menyebabkan sisa-sisa makanan sulit untuk dihilangkan, bahkan dengan menyikat gigi sekalipun. Nah, dengan mengonsumsi permen karet bisa menjadi salah satu kegiatan yang membantu menghilangkan sisa makanan pada gigi berlubang lho. Akan tetapi, permen yang dimakan harus bebas tanpa gula ya.

5. Sikat gigi secara rutin

Menyikat gigi dengan rutin dapat dilakukan agar gigi yang berlubang tidak menambah besar ya, Grameds. Selain itu, sikat gigi juga bisa mengatasi bau mulut akibat dari gigi berlubang dan efektif untuk membersihkan sisa makanan serta plak pada gigi.

Pastikan untuk menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride ya Grameds. Disarankan juga sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menyikat gigi, ya.

6. Memperbanyak minum air putih

Air putih merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Karena kandungan air putih bebas dari gula, namun juga dapat membantu menghilangkan zat yang berbahaya dari dalam tubuh, lho.

Perbanyak minum air putih setelah mengonsumsi makanan yang asam atau manis. karena peran air putih juga dapat mencegah tubuh dari kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan.

7. Mengangkat kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala efektif sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh. Biasanya cara ini diterapkan saat sakit gigi mulai menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

Grameds dapat menggunakan bantal tambahan saat hendak istirahat di malam hari. Kepala yang terangkat dapat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala.

Dengan begitu, rasa sakit akan terasa lebih ringan, sirkulasi darah akan meningkat serta mengurangi pembengkakan. Jika rasa nyeri telah berkurang, pastikan Grameds segera ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan, ya.

8. Berkumur dengan hidrogen peroksida 

Hidrogen peroksida mempunyai kandungan 3 persen yang akan membantu meminimalisir inflamasi serta rasa sakit. Campuran air dan hidrogen peroksida dengan perbandingan yang sama dapat digunakan untuk berkumur menghilangkan rasa sakit yang dirasakan.

9. Menggunakan obat salep

Beberapa obat salep dinilai dapat membantu mengurangi nyeri sakit gigi. Gel dan salep yang mengandung bahan-bahan seperti benzokain dapat membuat area tersebut tidak lagi terasa sakit. Akan tetapi, benzokain tidak cocok untuk digunakan oleh anak kecil.

Cara mengobatinya yaitu Grameds menyiapkan satu siung bawah putih yang sudah dikupas kemudian potong menjadi dua bagian. Setelah itu, letakkan potongan bawang mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Grameds juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan mengunyah langsung bawang putih tersebut selama beberapa menit.

Bahan Alami Untuk Mengobati Sakit Gigi

1. Daun jambu biji

Daun jambu biji mempunyai sifat anti radang yang berfungsi menyembuhkan luka. Namun, tidak hanya itu saja daun biji juga mempunyai sifat antimikroba yang dapat memantu melindungi kesehatan gigi serta mulut Grameds. Cara mengobatinya sangat mudah, dengan mengunyah daun biji segara secara langsung.

Sebelum Grameds mengonsumsinya, pastikan di cuci bersih daun jambu bijinya ya. Apabila tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, Grameds bisa menambahkan daun biji jambu yang sudah dihancurkan ke dalam air yang mendidih. Setelah cukup hangat, Grameds bisa menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur.

2. Mengunyah bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu cara untuk mengobati sakit gigi yang bisa Grameds lakukan. Sifat bawang putih sebagai antibiotik alami dan antiseptik yang dapat membantu melawan infeksi. Selain itu, bawang putih juga mempunyai kandungan yang disebut senyawa allicin, berperan mengurangi rasa nyeri di gigi.

3. Minyak cengkih

Dalam meredakan rasa sakit serta mengurangi peradangan pada gigi, Grameds dapat menggunakan minyak cengkih. Kandungan di dalam minyak cengkih ada senyawa eugenol, yang berperan sebagai antiseptik alami.

Di sisi lain, Grameds bisa memanfaatkan cengkih tersebut ke bagian gigi yang sakit. Kemudian langkah selanjutnya yaitu Grameds bisa mencampurkan setetes minyak cegkih ke dalam segelas air hangat. Grameds dapat menggunakan sebagai obat kumur. Lakukan cara-cara ini beberapa kali sehari ya!

4. Kantong teh peppermint

Menurut studi, bahwa peppermint mengandung senyawa mentol yang berperan sebagai antioksidan dan antibakteri. Mentol mempunyai peran sebagai pemberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga jika Grameds mengalami sakit gigi ini menjadi salah satu cara untuk mengobatinya.

Jika Grameds akan mencobanya bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sudah digunakan. Pada pengaplikasiannya, suhu kantong teh jangan terlalu panas. Namun, ada juga cara lain yaitu gunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Sebelum berkonsultasi dengan dokter, suhu dingin sebagai salah satu dalam membantu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi.

5. Menggunakan bawang merah

pixabay

Selain untuk meredakan panas di badan, bawang merah juga menjadi solusi saat sedang sakit gigi, meskipun bagi beberapa orang tidak menyukai aroma bawang merah. Senyawa yang ada di dalam bawang merang, antiseptik dan antimikroba dapat membantu mengendalikan  rasa nyeri.

Cara mengobatinya, Grameds bisa langsung memakan bawang tersebut untuk meredakan rasa sakit. Namun, ada juga cara lain yaitu dengan menghaluskan bawang merah kemudian ditempelkan ke bagian yang sakit.

Akan tetapi, sebaiknya, segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut lanjut saat sakit gigi sudah reda.

6. Cuka apel

Cuka apel menjadi salah satu disinfektan alami yang dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kandungan asam dari cuka apel mampu mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Jadi, bagi beberapa orang cuka apel menjadi alternatif untuk mengobati sakit gigi.

Jika Grameds akan mencobanya maka cukup dengan melarutkan dalam segelas air dan di kumur- kumur. Namun, ketika Grameds mengalami kesulitan dalam berkumur-kumur bisa menggunakan cara lain yaitu dengan meneteskannya dalam gulungan kapas kecil dan tempelkan di bagian yang sakit. Cara ini tidak bisa dilakukan dalam satu kali, maka Grameds bisa menggunakan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit terasa menjadi lebih ringan.

7. Jahe 

Ternyata rempah jahe memiliki kandungan antibiotik alami yang berfungsi meredakan rasa sakit nyeri. Jahe tidak hanya digunakan untuk perut ketika terasa tidak nyaman, namun  bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi.

Cara pengaplikasiannya adalah jahe digeprek terlebih dahulu dan ditempelkan ke bagian yang nyeri. Grameds bisa menggunakan cara ini untuk beberapa kali hingga kondisi terasa lebih aman.

8. Thyme 

Apakah Grameds mengetahui tumbuhan thyme?  Thyme merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari mint family. Kandungan dari thyme adanya minyak esensial yaitu efek anti jamur dan antiseptic  yang dapat meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Selain digunakan untuk meredakan gigi, daun thyme juga kerap untuk membantu penyembuhan penyakit infeksi yang menyerang paru misalnya bronkitis.

Jika Grameds ingin mengobati nyeri pada gigi, minyak thyme dapat dilarutkan ke dalam segelas air kemudian di kumur-kumur. Adapun cara lainnya yaitu dengan meneteskan minyak thyme ke dalam kapas, kemudian diaplikasikan pada bagian yang sakit. Setelah diulang beberapa kali, nyeri akibat sakit gigi akan berkurang.

9. Lidah buaya

Gel lidah buaya ternyata tidak hanya untuk menyembuhkan luka terbakar atau terpotong yang ringan saja. Namun, ada manfaat lain yaitu mengobati sakit gigi yang ampuh dan alami. Lidah buaya memiliki efek anti bakteri alami yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.

Cara menggunakan gel lidah buaya ini langsung diaplikasikan pada gigi yang sakit serta dipijat perlahan hingga berkurangnya rasa sakit. Kemudian, Grameds bisa pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

10. Menggunakan lemon

Selain untuk membantu sistem imun, buah lemon juga cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon mempunyai antiseptic dan antibakteri yang tinggi. Untuk meredakan sakit gigi menggunakan lemon cukup dengan perasan lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Grameds juga bisa mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan air menggunakan kapan, kemudian lakukan pada gigi yang sakit.

11. Mengoleskan belimbing wuluh

Selain menggunakan daun jambu biji, Grameds juga bisa menggunakan buah-buahan lain yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Misalnya seperti belimbing wuluh, buah ini mempunyai rasa asam yang berfungsi sebagai pereda sakit gigi juga, lho.

Caranya cukup mudah Grameds, yaitu dengan mengoleskan tumbukan belimbing wuluh ke bagian gigi yang sakit.

Nah itulah cara mengobati sakit gigi yang ampuh, ya Grameds. Jika Grameds mengalami nyeri gigi, maka dapat melakukan beberapa cara di atas. Namun, jika sakit gigi dirasa tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter gigi.

Jika ingin mencari buku tentang kesehatan gigi, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

 

Rujukan artikel :

  • https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/sakit-gigi-dan-kerusakan-gigi/cara-mengobati-sakit-gigi-yang-terbukti-dan-ampuh.html
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4982388/12-cara-mengobati-sakit-gigi-alami-dan-ampuh-sebelum-ke-dokter
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mudah-redakan-sakit-gigi-dengan-obat-dan-bahan-alami
  • https://www.halodoc.com/artikel/7-bahan-alami-yang-membantu-redakan-sakit-gigi
  • https://health.kompas.com/read/2022/09/23/133100068/5-cara-menghilangkan-sakit-gigi-berlubang-agar-tidak-kambuh-lagi?page=all
  • https://health.kompas.com/read/2021/07/26/193100368/11-cara-mengatasi-sakit-gigi-di-malam-hari?page=all
  • https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengatasi-sakit-gigi-berlubang-tanpa-obat


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy