in

Kenali Penyebab, Gejala, Obat dan 9 Cara Menghilangkan Cegukan

Cara menghilangkan cegukan – Ketika mendengar kata cegukan, umumnya hampir setiap orang pernah mengalaminya, apakah kamu salah satu orang yang pernah cegukan? Cegukan merupakan suatu kondisi yang disebabkan karena adanya kejang otot pada area diafragma. Cegukan sendiri pada umumnya terjadi selama beberapa menit saja, tetapi ada juga cegukan yang terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Ketika sedang mengalami cegukan, rasanya akan ada yang mengganjal. Bahkan, bisa mengganggu aktivitas kita. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha mencari cara untuk menghilangkan cegukan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan cegukan agar aktivitas menjadi lebih nyaman dilakukan?

Penyebab Cegukan 

kompas.com

Otot yang memisahkan antara perut dan juga dada atau area (diafragma) mempunyai peran yang cukup penting dalam sistem pernapasan manusia. Selain itu, otot diafragma akan turun atau mengalami kontraksi saat bernapas, dan kemudian naik kembali atau mengalami relaksasi saat kamu menghembuskan napas.

Sementara itu, cegukan dapat terjadi ketika otot diafragma berkontraksi tanpa disengaja dan terjadi secara tiba-tiba. Kondisi tersebut mengakibatkan udara masuk masuk dengan cepat, yang kemudian masuk ke dalam paru-paru, sehingga katup saluran pernapasan tertutup dan menghasilkan suara “hik”.

Selain pada orang orang dewasa, cegukan bisa saja terjadi pada bayi. Namun, cegukan juga kerap terjadi pada bayi lebih cepat hilang dengan sendirinya.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa cegukan pada bayi merupakan suatu hal yang normal dan menjadi bagian dari tumbuh kembangnya. Cegukan yang bersifat sementara ini sendiri umumnya dipicu oleh beberapa kondisi, antara lain:

  1. Makan dengan terlalu banyak ataupun terlalu cepat
  2. Mengonsumsi makanan yang pedas dan panas
  3. Mengonsumsi minuman beralkohol atau bersoda
  4. Menelan udara saat menghisap permen
  5. Kondisi aerophagia atau menelan terlalu banyak udara
  6. Terjadinya perubahan suhu secara tiba-tiba
  7. Merasa terlalu bersemangat, gugup, atau stres

Sementara itu, cegukan yang berlangsung dalam waktu lebih dari 2 hari bisa saja disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

  1. Gangguan pada sistem pencernaan, diantaranya tukak lambung, pankreatitis, gastritis, kanker pankreas, kanker lambung, penyakit radang usus, penyumbatan usus, serta hepatitis
  2. Gangguan metabolik, diantaranya kecanduan alkohol, diabetes, serta berbagai gangguan elektrolit
  3. Gangguan ginjal, diantaranya gagal ginjal kronis
  4. Gangguan saraf, yang umumnya diakibatkan oleh peradangan di saluran napas, serta karena tumor atau kista pada area leher
  5. Gangguan pada otak, seperti diantaranya stroke hemoragik, radang serta infeksi otak, tumor otak, multiple sclerosis, serta hidrosefalus
  6. Gangguan di rongga dada, seperti pada beberapa kondisi yang bisa disebabkan oleh pneumonia, bronkitis, tuberkulosis, asma, cedera pada area dada, dan emboli paru
  7. Gangguan pada jantung, contohnya pada serangan jantung serta peradangan pada selaput jantung
  8. Gangguan mental, misalnya pada gangguan kepribadian, kecemasan, serta stres
  9. Riwayat operasi pada dada atau pada perut.

Selain kondisi medis di atas, ternyata cegukan berkepanjangan bisa juga disebabkan oleh beberapa efek samping dari penggunaan obat-obatan, antara lain:

  1. Steroid Obat bius
  2. Obat penenang, seperti diantaranya diazepam serta lorazepam
  3. Efek Obat kemoterapi
  4. Efek Obat Methyldopa
  5. Efek Obat Dexamethasone

Diagnosis Cegukan 

lifestyle.kompas.com

Cegukan yang terjadi pada seseorang biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut. Sementara itu, cegukan yang berkepanjangan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mencari tahu penyebab utama dari cegukan yang berkepanjangan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Pertama-tama, dokter akan melakukan tanya jawab seputar gejala, riwayat penyakit dan riwayat penggunaan obat-obatan. Selain itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik, terutama pemeriksaan pada saraf yang berhubungan dengan keseimbangan dan koordinasi, kekuatan otot, refleks, dan saraf sensorik.

Selanjutnya, dokter melakukan beberapa pemeriksaan penunjang dalam mencari tahu beberapa penyebab cegukan. Adapun pemeriksaan penunjang yang dilakukan oleh dokter ketika ada pasien mengalami cegukan dalam waktu lama, antara lain:

  1. Melakukan tes darah untuk melihat berbagai tanda infeksi, serta fungsi hati, dan fungsi ginjal
  2. Pemindaian, dalam mendeteksi berbagai kelainan yang kemudian mempengaruhi saraf, diantaranya adalah Foto Rontgen, CT scan, serta MRI
  3. Endoskopi merupakan pemeriksaan yang dilakukan dalam melihat kondisi kerongkongan serta pada saluran pernapasan
  4. Elektrokardiografi (EKG) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi jantung

Komplikasi Cegukan 

Cegukan yang berkepanjangan ternyata bisa memunculkan berbagai macam komplikasi, diantaranya:

  1. Kelelahan
  2. Kurang tidur
  3. Gangguan dalam hal kenyamanan
  4. Kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti diantaranya makan dan minum
  5. Dehidrasi serta Kekurangan nutrisi
  6. Penurunan berat badan
  7. Penyembuhan luka operasi yang terhambat
  8. Penyakit refluks asam lambung atau lebih kita kenal dengan GERD
  9. Alkalosis

Pencegahan Cegukan 

Tidak ada cara khusus untuk mencegah cegukan. Namun, ada beberapa cara agar kita bisa mencegah terjadinya cegukan, antara lain:

  1. Hindari makan serta minum secara berlebihan atau makan terlalu cepat.
  2. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak minuman bersoda.
  3. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minum-minuman yang beralkohol.
  4. Lindungilah diri dari berbagai perubahan suhu yang umumnya terjadi secara tiba-tiba.
  5. Tetaplah tenang serta hindari kondisi yang kemudian akan memicu reaksi emosional serta reaksi fisik.
  6. Lakukan berbagai pemeriksaan kesehatan rutin agar kemudian segera mendapat penanganan dapat terdeteksi menderita suatu penyakit.

Obat Cegukan

lifestyle.kompas.com

Jika cegukan tidak bisa dihilangkan dengan cara mandiri, maka terdapat beberapa obat medis yang bisa digunakan untuk mengobati cegukan. Obat cegukan yang biasa digunakan oleh dokter untuk dapat menghilangkan cegukan, antara lain:

  1. Chlorpromazine (Thorazine)
  2. Metoclopramide (Reglan)
  3. Baclofen Gabapentin (Neurontin)
  4. Haloperidol

Obat-obatan di atas bisa membantu untuk mengurangi serta menghilangkan cegukan. Pemberian obat ini juga, sebaiknya disesuaikan dengan resep dokter. Jika obat-obatan ini tak berhasil, terdapat cara lain yang dapat dilakukan seperti diantaranya melakukan operasi. Operasi yang dilakukan, sendiri mulai dari memasang perangkat yang secara elektrik merangsang saraf vagus serta pemberian suntikan anestesi pada area saraf frenik di leher.

Buku-Buku Terkait

Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh 

“Isi Piringku” adalah panduan porsi gizi seimbang yang telah dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 50% porsi piring diisi sayur segar dan buah. Lalu, bagaimana memadukan racikan sayur segar (yang bukan “salad”) bersama lauk yang sehat? Bagaimana juga dengan keterampilan memilih, meracik dan mengolah makanan yang bagi generasi masa kini terasa membebani? Buku inilah jawabannya. Uraian edukasi yang ringkas, ringan, dengan referensi yang dapat dipercaya sehingga memberi bobot tentang mengapa bahan makanan tertentu dipilih, bagaimana meracik yang benar, dan cara olah seperti apa yang tetap mempertahankan kualitas gizi makanan. Dijamin menyiapkan makanan sehat bagi keluarga terasa mudah dan menyenangkan, tanpa menghilangkan rasa enak yang memanjakan lidah. Buku Resep Panjang Umur, Sehat & Sembuh—yang pernah terbit sepuluh tahun yang lalu, dan mengalami cetak ulang berkali-kali—ini telah mengalami banyak perubahan dan disertai informasi ilmu gizi terkini. Sederhana namun bukan miskin rasa, mudah tapi tidak hanyut dalam kepraktisan, buku ini hadir dengan 32 resep racikan sayur segar dan 40 resep lauk berbumbu asli tanpa harus diberi gula dan minyak goreng apalagi produk rafinasi.

 

Di Sini dan Saat Ini: Pendekatan Sehat Mental untuk Menikmati Setiap Momen di Masa Kini

Menurut Kabat-Zinn, mindfulness adalah kesadaran yang muncul dengan mengarahkan perhatian pada satu tujuan di momen saat ini. Perhatian dapat diarahkan ke satu objek yang ada di momen saat ini. Objek tersebut dapat berupa nafas, tubuh, suara, aroma, atau apapun aktivitas yang sedang dilakukan dalam bentuk single tasking. Dengan berlatih mindfulness kita dapat berfokus pada satu objek tertentu. Menyadari dan mengamati berbagai dinamika pengalaman yang terjadi. Berlatih untuk hadir sepenuhnya dan menikmati setiap momen yang terjadi dalam kehidupan. Terlihat mudah bukan. Namun pada kenyataannya, berlatih mindfulness nampaknya tidak semudah perkiraan kita. Apalagi mencoba melakukannya di setiap aktivitas kita. Buku ini akan mengulas secara mendalam terkait mindfulness disertai dengan panduan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan membaca buku ini, tidak ada lagi kata sulit berlatih mindfulness.

 

Bakul Kuliner Populer : Lauk Sehat

Perkembangan dan kemajuan teknologi pangan yang pesat sangat mempengaruhi pola makan kita.Contohnya adalah serbuan makanan instan yang merambah hamper di setiap pasar tradisional,semi hingga modern.Sementara itu banyak yang tidak menyadari adanya bahaya yang mengintip di balik berbagai makanan instan tersebut.Makanan instan banyak mengandung gula,garam dan lemak yang tinggi.Bukan saja makanan instan yang berbahaya dan harus dihindari.Makanan keseharian pun harus dibatasi asupan gula,garam,dan lemaknya.Memasak sendiri makanan yang mengandung sedikit gula,garam,dan lemak (GGL),serta tinggi serat akan menghindarkan kita dari kegemukan serta penyakit degeneratif yang banyak dialami masyarakat modern.

 

Jus Sehat Kaya Manfaat

Salah satu pola hidup sehat yang paling mudah untuk dijalankan adalah meminum segelas jus buah setiap hari. Selain bermanfaat sebagai detoksifikasi, buah juga dikenal sebagai penyedia gula alami yang baik bagi tubuh manusia. Buku ini mengemas 29 resep jus lengkap dengan inspirasi dalam memilih kombinasi buah yang tepat agar jus terasa lebih enak dan tidak membosankan. Khasiat buah yang ada di setiap resepnya, bisa menjadi informasi tambahan untuk Anda dalam memilih buah yang akan diolah menjadi jus. Yuk, mulai hidup sehat.

 

Resep Hidup Sehat

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala sampai bumi terasa berputar-putar? Atau, pernahkah tiba-tiba sekujur tubuh Anda gatal-gatal dan bentol-bentol setelah menyantap udang? Seberapa sering Anda menjadi emosional, sensitif, dan marah-marah tanpa sebab? Tahukah Anda bahwa ada cara yang aman untuk tampil cantik dan menawan? Buku ini menyajikan berbagai tulisan seputar kesehatan, serta tips dan trik untuk memilih obat. Semua tulisan dalam buku ini sangat berguna bagi Anda yang mendambakan kesehatan sejati.

 

Cara Hilangkan Cegukan

kompas.com

Cegukan bukanlah hal yang berbahaya serta dapat sembuh dengan sendirinya. Lantas bagaimana caranya mengatasi cegukan yang terjadi secara terus-menerus? Cara menghilangkan cegukan secara mandiri sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cegukan sewajarnya hanya bertahan dalam waktu beberapa menit saja. Jika ingin menghilangkan cegukan dalam beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Latih serta Tahan Nafasmu 

Lakukan latihan pernapasan yang teratur, yaitu dengan cara menarik napas dalam 5 hitungan serta hembuskanlah setelah 5 hitungan. Namun, jika tak kunjung mereda, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan kemudian tahan dalam waktu 10-20 detik, lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi hal ini hingga cegukan berhenti.

2. Konsumsilah Kacang 

Pola menelan serta bernapas akan terganggu ketika kamu sedang mengunyah melepaskan kacang yang menempel pada gigi dan lidah. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi 1 sdm kacang sebagai langkah dalam mengatasi cegukan agar kemudian cepat mereda.

3. Konsumsi Madu 

Madu juga dapat menjadi cara mengatasi cegukan pada orang dewasa secara alami. Bahan alami yang satu ini bisa memberikan pengaruh terhadap sistem saraf, sehingga cegukan akan berhenti. Ketika ingin menggunakan madu, caranya sangat mudah, pertama-tama campur 1 sdt madu dalam segelas air hangat, lalu minumlah air madu ini.

4. Mengatasi Cegukan Lewat Titik Tekanan 

Titik tekanan ini sendiri berada di sekujur tubuh yang kemudian disebut juga sebagai titik yang sangat sensitif serta akan membantu membuat diafragma rileks. Kamu bisa menekan area diafragma dengan dengan menggunakan telapak tangan atau dengan menggunakan ibu jari. Selain itu, kamu juga dapat menekan pada area titik arteri karotis di kedua sisi leher, pijat titik ini untuk dapat menyembuhkan cegukan.

5. Duduk serta Peluklah Lututmu 

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan duduk dan memeluk lutut. Pilih tempat duduk yang nyaman pada d lantai, kemudian peluk lutut ke dada serta tahan dalam waktu dua menit.

6. Tarik Lidahmu Kemudian Tahan 

Pegang ujung lidah dengan jari kemudian kamu tarik. Lalu, tahan dalam beberapa detik hingga cegukan hilang. Menarik lidah sendiri bisa menstimulasi saraf vagus serta meredakan kejang diafragma. Hal ini juga akan merangsang saraf serta otot di tenggorokan yang kadang dapat menghentikan cegukan.

7. Lakukan maneuver Valsalva 

Mungkin, kamu kurang familiar dengan istilah manuver Valsava. Hal ini sendiri dapat dilakukan dengan menutup mulut, mencubit hidung serta mengeluarkan udara hingga pada area pipi sampai menggelembung seperti balon. Sebenarnya, manuver Valsava merupakan pemeriksaan medis yang akan mengetes fungsi jantung, saraf otonom jantung, kemudian membersihkan area telinga dan sinus. Namun, terkadang juga bekerja dengan baik saat mengatasi cegukan.

8. Pijat Area Karotis 

Selanjutnya, kamu juga dapat memijat arteri karotis. Letaknya sendiri berada di kedua sisi leher serta kamu dapat merasakan denyut nadi saat menyentuhnya. Arteri karotis akan berfungsi dalam memasok darah dan oksigen ke kepala serta leher. Lantas, bagaimana cara memijatnya? Pertama, berbaringlah dan kemudian putar kepala ke arah kiri serta pijat area arteri di sisi kanan. Pijatlah dengan gerakan memutar dalam waktu 5-10 detik, kemudian ganti posisi.

9. Gosok atau Pijat Bagian Belakang 

Langkah terakhir yang dapat kamu coba ialah dengan menggosok atau memijat pada bagian belakang leher. Tujuannya adalah menstimulasi saraf frenikus. Terdapat pula cara yang sedikit lebih ekstrem, yaitu dengan cara diusap pada bagian dalam tenggorokan hingga muntah atau batuk. Reflek muntah sendiri dapat merangsang saraf vagus serta meredakan cegukan.

Penutup

Pada dasarnya, cegukan merupakan suatu hal yang wajar untuk terjadi. Oleh karena itu, ketika kamu sedang cegukan tak perlu bingung. Namun, cegukan yang terjadi secara terus-menerus dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit lain yang tidak diinginkan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cegukan bisa dihilangkan oleh banyak cara, tetapi umumnya cara menghilangkan cegukan dilakukan dengan minum air putih atau menahan napas. Demikian pembahasan tentan cegukan hingga cara menghilangkan cegukan. Semoga semua pembahasan dalam artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku yang berkaitan dengan kesehatan, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy