in

Ketahui Akibat Mandi Malam Bagi Kesehatan

Akibat mandi malam – Untuk mandi di malam hari banyak orang tidak menyarankan kebiasaan ini karena dianggap tidak baik untuk kesehatan.  Meskipun mandi malam memberikan sensasi yang menyegarkan, namun pada kondisi tertentu mandi di malam hari dapat menyebabkan berbagai macam efek yang kurang baik untuk kesehatan, lho grameds. Beberapa penyakit yang ada sering dikaitkan dengan bahaya saat mandi malam hari.

Faktor lain beberapa orang melakukan mandi malam hari karena adanya aktivitas seharian yang tidak bisa ditinggal begitu saja, misalnya bekerja pulang larut malam, sehingga harus dipaksakan untuk mandi di malam hari.

Kemudian, apakah ada efek mandi malam untuk kesehatan? Pasti ada ya grameds. Yuk simak penjelasan berikut ini!

Bahaya Mandi Malam Hari

Manfaat mandi sehari dua kali sangatlah banyak, salah satunya yaitu membuat tubuh menjadi bersih ketika seharian beraktivitas. Akan tetapi, ada kondisi tertentu di mana harus melakukan mandi di malam hari karena padatnya aktivitas yang sudah dijalani. Padahal, bahaya atau akibat mandi malam hari cukup banyak. Lantas, penyakit apa saja yang menghampiri ketika sering mandi malam hari?

1. Adanya peradangan pada sendi

Radang sendi atau rematik penyakit terkenal saat kita mandi malam hari. Penyakit ini menyebabkan grameds merasa nyeri di beberapa bagian tubuh. Penyebab dari adanya rematik sendiri belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, menurut para ahli kesehatan penyakit tersebut disebabkan karena adanya kelainan genetic yang menyerang kepada orang-orang produktif atau banyak kegiatan.

Beberapa gejala penyakit rematik sebagai berikut :

  • Penurunan fungsi sendi
  • Sendi menjadi kaku di pagi hari
  • Adanya memar atau kemerahan di bagian sendi
  • Saat disentuh area persendeian terasa hangat
  • Nyeri dibagian persendian

Meskipun penyakit ini tidak berbahaya, tetapi grameds juga merasa tidak nyaman ‘kan? Apabila tidak ingin mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya jangan mandi malam atau apabila akan mandi menggunakan air yang hangat. Karena hal ini dapat membuat grameds tidur lebih lelap dan menyembuhkan rematik.

2. Adanya penuaan dini lebih cepat

Apakah grameds sering mandi malam? Hati-hati, mandi malam juga dapat mempercepat penuaan dini lho. Dari beberapa sumber menjelaskan, kondisi tubuh setiap orang berbeda sehingga tidak semua akan kuat atau tahan saat mandi malam dengan air dingin.

Apabila grameds sering mandi malam dengan air dingin, hal ini akan mengakibatkan peningkatan metabolisme. Oleh sebab itu, tubuh juga membutuhkan suplai kalori serta oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. Jadi, sebaiknya, grameds menggunakan air hangat ya, sehingga tidak merasakan imbas dari bahaya mandi malam hari.

3. Terjadinya asam urat

Mandi malam juga dapat menyebabkan serangan asam urat, lho. Penyakit asam urat akan terjadi jika grames banyak mengkonsumsi zat purin dalam tubuh, sehingga menyebabkan asam urat dalam tubuh meningkat. Selain banyaknya mengonsumsi zat purin, hal ini juga dapat menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuat zat tersebut.

Asam urat juga disebabkan karena konsumsi makanan tertentu. Jadi, apabila grameds tidak ingin terkena asam urat, mulai sekarang kurangi kebiasaan mandi malam dengan air dingin dan meminimalisir makanan yang mengandung purin, ya grameds.

4. Adanya gangguan metabolisme tubuh

Sering mandi malam juga menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Mengapa bisa terjadi? Hal ini karena suhu tubuh akan cenderung melemah dan membutuhkan istirahat yang cukup. Apabila grameds mandi dan pori-pori terbuka, maka air akan masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan adanya gangguan pada hormon tubuh. Cara mengatasinya yaitu dengan cara mandi malam hari menggunakan air hangat.

5. Hidung menjadi meler

Grameds mungkin pernah mengalami kondisi hidung meler ya? Atau lendir yang keluar secara terus menerus di malam hari. Nah, hal ini bisa disebabkan karena sering mandi di malam hari.

Tubuh yang seharusnya istirahat, malah harus disiram dengan air dingin. Adanya kenaikan suhu tubuh yang menyebabkan demam. Apabila hal ini tidak ingin terjadi, maka sebaiknya grameds mandi menggunakan air hangat ya, jangan air dingin.

6. Menyebabkan demam

Selain menyebabkan hidung meler, mandi malam juga akan menyebabkan demam. Kondisi ini terjadi karena pori-pori tubuh dan panas dalam tubuh yang meningkat di malam sehingga rentan mengalami demam.

Kondisi tubuh yang sedang panas kemudian disiram air dingin dapat meningkatkan suhu tubuh hingga demam. Kondisi seperti ini justru akan mengganggu aktivitas ya, grameds;

7. Adanya nyeri otot

Nyeri otot juga sering dihubungkan dengan bahaya mandi di malam hari. Hal ini terjadi karena air dingin yang masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori sehingga dapat menyebabkan nyeri otot.

8. Bisa menyebabkan asma kambuh

Efek dari mandi malam selain menyebabkan rematik, nyeri otot, hidung menjadi meler juga bisa menyebabkan asma kambuh. Dengan perubahan suhu yang mendadak bisa memicu terjadinya gangguan pada pernapasan.

Tidak hanya asma saja ya grameds, sering mandi di malam hari juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan lain. Misalnya, sinusitis menjadi kambuh, sehingga apabila grameds mempunyai riwayat penyakit pernapasan sebaiknya untuk menghindari mandi di malam hari.

9. Menyebabkan penyakit bronchitis akut

Bronchitis akut sebagai kondisi dimana saluran pernapasan yang menuju ke paru-paru mengalami peradangan. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa infeksi virus. Akan tetapi, ada juga faktor lain yang menyebabkan penyakit bronchitis akut.

Salah satu faktor yang menyebabkan yaitu suhu lingkungan yang terlalu kering dan dingin. Kondisi yang dingin ini terjadi ketika grameds sering mandi di malam hari. Sehingga, untuk menghindari adanya penyakit bronchitis aku sebaiknya grameds jangan terlalu sering mandi di malam hari, ya.

10. Otot menjadi kaku

Apabila grameds sering mandi malam menggunakan air dingin, salah satu penyakit yang dirasakan yaitu otot menjadi kaku walaupun tidak mempunyai riwayat penyakit rematik. Hal ini dapat terjadi karena suhu udara yang dingin ditambah mandi dengan air dingin membuat suhu inti tubuh menurun. Lalu, sirkulasi udara akan menjadi turun serta menyebabkan otot tegang dan kaku. Apabila grameds mengalami kondisi ini sebelum tidur, tentu akan mengganggu waktu istirahat.

11. Pada penderita epilepsi akan menyebabkan kejang

Penderita epilepsi akan memicu kejang jika sering mandi malam hari. Jadi, mandi malam menyebabkan suhu menjadi terlalu dingin, sehingga risiko kejang juga akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, bagi penderita epilepsi, sebaikya jangan terlalu sering untuk mandi di malam hari, ya.

12. Peningkatan risiko hipotermia

Hipotermia merupakan kondisi saat suhu tubuh menurun hingga di bawah 35o C yang disebabkan oleh kondisi basah, dingin atau berangin. Secara umum, suhu udara di malam hari akan lebih dingin dan lembap dibandingkan suhu di siang hari. Oleh sebab itu, efek yang didapatkan ketika sering mandi malam menggunakan air dingin adalah hipotermia.

Ciri-ciri kondisi hipotermia dapat ditandai dengan tubuh yang menggigil, bibir gemetar dan membiru, kulit menjadi pucat serta detak jantung yang meningkat. Kondisi seperti ini rentan dialami bayi, anak kecil dan orang lanjut usia. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka bisa mengakibatkan tubuh kehilangan banyak energi, menjadi pingsan dan terjadinya kematian.

13. Menyebabkan terjadinya paru-paru basah

Apabila grameds sering mandi di malam hari hati hati ya, salah satu penyakit yang terjadi ketika kita sering mandi di malam hari adalah menyebabkan terjadinya paru-paru basah. Namun hal ini masih menjadi pro dan kontra ya.

Paru-paru basah sendiri disebabkan oleh beberapa infeksi virus dan bakteri. Pasien yang mengalami gejala paru-paru basah awalnya akan mengalami batuk berdahak, tubuh menggigil hingga kesulitan saat bernafas. Efek serangan virus biasanya tidak terasa dalam waktu dekat. Namun, jika hal ini terlalu sering melakukan mandi malam, biasanya berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit pernafasan. Lebih hati-hati ya grameds!

14. Dapat menyebabkan masuk angin

Ketika grameds sering melakukan mandi malam hari, apalagi menggunakan air dingin akan menyebabkan salah satu penyakit yaitu masuk angin. Hal ini dapat terjadi karena mandi di malam hari dengan air dingin akan membuat suhu tubuh meningkat.

Jika grameds tidak ingin merasakan efek mandi malam hari ini, grameds bisa mandi dengan menggunakan air hangat agar peningkatan suhu tubuh tidak terlalu naik drastis, ya.

Manfaat Mandi Malam 

Tidak hanya mempunyai bahaya atau akibat dari mandi malam saja, mandi malam hari menggunakan air hangat juga memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Adanya peningkatan kesehatan jantung

Mandi air hangat ternyata dapat meningkatkan aliran darah pada orang dengan gagal jantung kronis. Ini dapat terjadi karena adanya pelebaran alami pembuluh darah saat terkena suhu tinggi.

 

2. Kesehatan otot dan sendi menjadi meningkat

Mandi dengan air panas atau hangat dapat meningkatkan aliran darah, membantu menenangkan sendi yang kaku dan otot yang lelah. Sementara itu, mandi dengan air dingin dapat mengurangi peradangan serta membantu menghilangkan rasa sakit.

Tahun 2017, pada satu studi, meneliti efek terapi panas dan dingin pada osteoartritis lutut. Peneliti tersebut membagi ke 96 orang yang menjadi 3 kelompok. Dalam prosesnya, satu kelompok hanya dapat menerima pengobatan osteoarthritis standar sedangkan dua kelompok yang lain dapat menerima pengobatan osteoarthritis standar serta terapi panas atau terapi dingin.

Pada kelompok panas menerapkan panas di lutut selama dua kali sehari selama 3 minggu, untuk kelompok dingin menerapkan dingin di lutut selama dua kali sehari selama 3 minggu.

Jadi, hasil yang didapatkan yaitu dua kelompok menunjukkan adanya pengurangan rasa sakit dan adanya peningkatan fungsi lutut meskipun sedikit. Namun, efek ini tidak secara signifikan lebih kuat dibandingkan yang dialami kelompok kontrol.

3. Adanya peningkatan kesehatan pada otak

Pada studi tahun 2018, meneliti tentang efek perendaman air panas pada faktor neurotropic yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF sebagai protein yang mempunyai beberapa fungsi penting di otak dan sumsum tulang belakang. Fungsi tersebut antara lain untuk mempromosikan pertumbuhan, pematangan, kelangsungan hidup sel-sel saraf, pemeliharaan sel-sel saraf dan mempromosikan pembelajaran serta memori.

Dalam studi ini hanya melibatkan 8 pria dan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu mandi selama 20 menit dengan suhu air panas 107,6oF (42oC). Sedangkan untuk kelompok lain mandi selama 20 menit dalam air hangat dengan suhu 95oF (35oC).

Hasil yang sudah diteliti bahwa peserta yang mandi dengan air panas mempunyai tingkat BDNF jauh lebih tinggi.

Cara-Cara Agar Terhindar dari Efek Mandi Malam

Tidak ada peraturan secara khusus dalam aktivitas mandi malam. Akan tetapi, bagi sebagian orang juga perlu mewaspadai beberapa efek dari mandi malam. Meskipun begitu, grameds dapat melakukan mandi di malam hari dengan beberapa catatan sebagai berikut :

  1. Sebelum mandi di malam hari, pastikan tubuh dalam kondisi sehat tidak sakit.
  2. Pastikan juga bahwa suhu udara tidak terlalu dingin.
  3. Sebelum mandi, gunakan suhu air yang tepat agar tidak terjadi efek-efek yang lain.

Suhu air yang aman untuk mandi malam hari berbeda 5oC dengan suhu tubuh. Jika suhu tubuh grameds sekitar 36 oC, maka suhu air dingin ketika mandi malam hari sekitar 29- 30 oC. Apabila grameds akan menggunakan air hanya, pastikan juga untuk tidak berendam atau berada di bawah shower terlalu lama. Karena hal ini dapat menghilangkan beberapa jumlah minyak alami di kulit. Jika jumlah minyak berkurang maka kulit grameds akan menjadi kering.

Waktu yang Baik Untuk Mandi 

Mandi sebaiknya dilakukan sehari dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Sebagai aktivitas membersihkan tubuh dari kotoran, sebaiknya untuk mandi sore dapat dilakukan sekitar pukul 16.00 hingga 19.00 malam setelah seharian beraktivitas.

Selain itu, mandi di pagi hari juga dapat meningkatkan semangat untuk menjalani aktivitas lho, grameds. Tidak hanya itu saja, mandi pagi juga bisa menjadi faktor pendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel imun, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

Sedangkan untuk mandi di sore hari, ada beberapa manfaatnya. Salah satunya yaitu dapat membantu tubuh merasa segar kembali setelah seharian penuh melakukan berbagai aktivitas yang ada. Mandi juga akan membantu menghilangkan kuman serta kotoran lain yang menempel pada tubuh. Maka, lakukan mandi minimal sehari dua kali ya, grameds. Demi menjaga tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Penutup

Pada dasarnya, mandi malam ini memiliki efek samping dan juga manfaat. Oleh sebab itu, supaya ketika memang harus mandi malam, sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan air dingin. Dengan begitu, kehangatan tubuh pun akan tetap terjaga.

Nah, itulah akibat dan manfaat mandi malam hari bagi kesehatan ya grameds. Jadi, sebaiknya jangan sering-sering melakukan mandi malam hari ya, karena ada beberapa penyakit yang akan menghampiri.

Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang kesehatan, maka bisa mencarinya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Mengalami sakit sendi bisa dibilang sangat mengganggu yang di mana aktivitas sehari-hari tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa mengetahuinya melalui buku Mencegah & Mengatasi Berbagai Penyakit Sendi.

ara untuk menjaga jantung agar tetap sehat melalui makanan. Buku Agar Jantung Sehat Tip dan Trik Memilih Makanan Agar Jantung Sehat bisa dijadikan sebagai panduan agar bisa memilih makanan yang baik untuk kesehatan.

Asam urat memang penyakit yang tidak bisa dihilangkan begitu saja. Namun, untuk meredakan asam urat, bisa dilakukan tanpa menggunakan obat. Buku Meredam Penyakit Asam Urat Tanpa Obat ini bisa dijadikan panduan untuk kamu yang ingin menjaga agar asam urat tidak semakin parah.

Rujukan:

  • https://health.kompas.com/read/22L28220000668/mengenal-3-efek-mandi-malam-hari-untuk-kesehatan?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20Healthline%2C%20salah%20satu,setelah%20mandi%20di%20malam%20hari.
  • https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/bahaya-mandi-malam-hari/
  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/627e7c9f24979/7-efek-mandi-malam-yang-patut-diwaspadai
  • https://www.halodoc.com/artikel/sering-mandi-malam-apakah-berbahaya
  • https://www.orami.co.id/magazine/bahaya-mandi-malam-hari
  • https://www.bola.com/ragam/read/5101268/macam-macam-dampak-buruk-mandi-malam-hari-yang-perlu-diwaspadai
  • https://www.idntimes.com/health/fitness/patricia-firscha/dampak-buruk-mandi-malam-bagi-kesehatanmu

 

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy