in

5 Manfaat Senam Kegel dan Cara Melakukannya dengan Benar dan Tepat

Deon Black, Pexels

Senam Kegel – Senam Kegel atau yang kerap disebut juga sebagai senam pelatihan otot panggul bawah memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu untuk memperbaiki kondisi yang bisa menurunkan kekuatan serta fungsi dari otot panggul bagian bawah.

Melemahnya otot panggung bawah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari persalinan, kelebihan berat badan, usia, hingga efek sampung operasi. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa pun baik pria maupun wanita.

Sudah tahu manfaat hingga cara melakukan senam kegel? Yuk cari tahu informasinya lewat ulasan ini, ya.

Beragam Manfaat Senam Kegel

senam kegel
Vera Arsic, Pexels

Secara umum, terdapat beberapa manfaat senam kegel yang bisa Grameds dapatkan, di antaranya:

1. Memperbaiki Fungsi Kandung Kemih

Seiring dengan pertambahan berat badan atau usia, otot-otot dasar panggul yang berfungsi untuk menopang kandung kemih bisa melemah.

Kondisi tersebut dapat membuat Grameds tak sengaja mengeluarkan urine ketika batu, tertawa, atau bersin. Salah satu cara untuk menguatkan kembali otot-otot tersebut ialah dengan melakukan senam kegel.

2. Meningkatkan Performa Seksual Pada Pria

Senam kegel juga dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan libido dan performa seksual pada pria. Olahraga ini akan memberikan efek mengencangkan otot panggul pada sekitar penis, sehingga dapat mengatasi ejakulasi dini dan disfungsi ereksi.

3. Melancarkan Proses Persalinan

Apabila selama masa kehamilan ibu rutin untuk melakukan senam kegel, maka bisa memperlentur sekaligus memperkuat otot panggul, sehingga bisa membuka jalan lahir untuk memperlancar proses persalinan. Di samping itu, senam kegel juga bisa mencegah prolaps uteri atau rahim turun.

4. Mengatasi Keluhan Pada Ibu Hamil

Melakukan senam kegel dengan teratur juga bisa mencegah atau meredakan berbagai masalah yang kerap muncul selama masa kehamilan, seperti:

  • Nyeri punggung bawah
  • Sulit buang air besar atau sembelit
  • Nyeri ketika berhubungan seksual, buang air kecil, dan buang air besar
  • Sulit mengendalikan keluarnya tinja atau inkontinensia tinja

5. Mengencangkan Vagina

Pertambahan usia atau persalinan bisa menjadikan ukuran vagina sedikit lebih longgar. Meski demikian, kondisi itu bukanlah kondisi permanen. Dengan rutin melakukan senam kegel, telah terbukti ampuh bisa mempercepat pengencangan vagina karena senam kegel akan menguatkan otot dasar panggul yang berada di area sekitar vagina.

Selain itu, senam kegel juga memberikan manfaat untuk mencegah maupun mengatasi kentut vagina yang kerap kali membuat malu ketika berolahraga maupun melakukan kegiatan tertentu, termasuk saat melakukan hubungan seksual.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Peringatan Sebelum Melakukan Senam Kegel

Sebelum melakukan senam kegel, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan. Berikut ini, beberapa peringatannya:

  • Jangan lakukan gerakan ini sambik menahan kencing, karena berisiko meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi saluran kencing.
  • Jangan lakukan senam kegel ketika buang air kecil, karena bisa memperlemah otot-otot dasar panggul serta memicu kerusakan pada ginjal dan kandung kemih.
  • Jangan lakukan senam kegel dengan terlalu bersemangat atau menggunakan tenaga penuh, karena bisa membuat otot-otot di sekitar vagina menjadi terlalu kencang yang akan memicu rasa sakit ketika berhubungan seksual.
  • Jika senam kegel dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi gejala inkontinensia urine, lakukan dengan rutin selama beberapa bulan, ya! Bila penyakit ini kembali muncul setelah Grameds berhenti melakukan senam kegel, rasanya Grameds harus melakukannya lagi.

Cara Melakukan Senam Kegel

Senam kegel sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Senam ini juga tidak memerlukan pakaian khusus serta bisa dilakukan dengan posisi berdiri maupun duduk. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk senam kegel:

  1. Identifikasi otot panggul bawah, hal ini dilakukan dengan cara menghentikan saluran keluarnya air seni ketika Grameds buang air kecil. Otot yang menahan urine tersebut yang disebut sebagai otot panggul bawah.
  2. Apabila Grameds telah bisa merasakan otot panggul, kencangkan otot serta tahan hingga 5 detik, lalu kembali lemaskan otot.
  3. Tetaplah bernapas dengan santai ketika memperkencang otot serta hindari mengencangkan otot bokong, paha, dan perut.
  4. Bila telah terbiasa, Grameds dapat meningkatkan durasi hingga 5–10 detik.
  5. Lakukan senam kegel saat keadaan rileks dengan mengatur pernapasan.

Senam kegel dapat dilakukan setidaknya 4–6 kali sehari. Walau demikian, hindari melakukan gerakan ini dengan tujuan unutk untuk menahan kencing karena akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kencing.

Grameds tak membutuhkan waktu dan ruangan khusus untuk melakukan senam Kegel. Olahraga ini bahkan bisa dilakukan saat Grameds sedang duduk sembari menonton televisi, melakukan pekerjaan di kantor, dan bahkan berdiri. Bagi wanita, Grameds juga dapat mencoba memakai bola kegel.

Manfaat dari senam kegel bisa dirasakan dalam kurun waktu 3–6 minggu jika dilakukan dengan rutin. Meski begitu, bila kondisi yang Grameds alami tak kunjung membaik dalam kurun waktu 4 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya bisa dilakukan penanganan yang sesuai.

Demikian pembahasan tentang senam kegel. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kalian, Grameds. Jika ingin mencari buku tentang senam atau juga olahraga, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait Senam Kegel

1. Learning Through Movement

senam kegel

Deskripsi Buku

Kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Badan yang sehat dapat mendukung kegiatan seseorang untuk melaksanakan tugasnya. Dalam menjaga badan supaya tetap sehat, seseorang wajib melakukan pola hidup yang baik dan mempunyai kepedulian atas kesehatan dan kebugarannya. Salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut ialah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Kepedulian perihal olahraga sudah seharusnya diajakan sejak dini, karena hal tersebut akan memberikan efek pada kehidupan anak di masa depan. Oleh sebab itulah, pengenalan dan pengembangan kegiatan jasmani, bermain, dan berolahraga, serta permainan yang menarik merupakan bagian yang penting untuk tumbuh kembang anak dengan menyeluruh.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak supaya mau dan berminat untuk melakukan kegiatan jasmani ialah dengan melakukan senam di sekolah maupun senam pagi yang disesuaikan dengan tahap tumbuh kembang anak.

Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memperkenalkan senam jenis baru, yakni Senam Bugar Cerdas Ceria Berkarakter atau yang disingkat BCCB pada seluruh pelaku kesehatan. Termasuk masyarakat umum dan para pengajar yang mempedulikan kebugaran dan kesehatan sejak dini. Senam Bugar Cerdas Ceria Berkarakter atau BCCB adalah senam yang telah dirancang secara khusus dengan menyesuaikan pada keperluan dan kemampuan dari anak-anak usia dini, baik dari durasi waktu, gerakan, intensitas, serta ritme atau jenis lagu.

Dengan pilihan dan rancangan yang telag disesuaikan dengan kebutuhan anak, senam ini diharapkan dapat mendorong anak-anak tertarik dan berminat untuk melakukan kegiatan jasmani.

2. Sehat Dan Bugar Di Usia Emas, Ragam Olahraga Di Usia 50-An

Deskripsi Buku

Siapa yang tidak mau menjadi lansia yang bahagia dan sehat? Buku ini berisi pembahasan mengenai kesehatan lansia, baik dari latihan fisik yang mudah dan ringan untuk dilakukan pada mulanya yang memiliki untuk untuk memperbaiki penyebaran nutrisi, peredaran darah, jantung, pernapasan, serta fungsi organ lain; dengan membuat tubuh menjadi lebih terasa bugar dan sehat, otot kekar dan kencang, dan memudarnya seluruh kerutan yang ada pada kulit.

Gejala susulan yang akan muncul ialah perbaikan fungsi otak serta meningkatnya rangsangan kebutuhan untuk membaca dan berpikir. Berikutnya akan dibahas mengenai fitness otak dan berbagai artikel pengetahuan realistis yang bertujuan untuk memilih dan memilah cara bertinfak dan berpikir yang unggul dan sesuai.

Pembahasan fitness yang menyeluruh menjadikan buku ini sebagai pedoman latihan berpikir dan gerak yang tepat dengan tujuan untuk mendapatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik rohani/jiwa (pikiran) maupun jasmani.

Buku ini tak sekadar ditujukan untuk pembaca yang berusia 50-an, tetapi penting juga bagi pembaca yang masih berusia muda dan yakin akan mencapai pada usia 50 tahun. Hal yang paling utama ialah mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan kasih sayang-Nya serta bimbingan-Nya, penulis dapat menyelesaikan buku ini.

Segala keterbatasan yang terdapat pada diri penulis saat menuliskan buku ini semoga tak menjadi gangguan bagi Grameds hendak memahami bebagai makna kebenaran yang sebenarnya. Kombinasi antara logika ilmiah induktif-deduktif yang diramu dengan logika humor segar bertujuan supaya pemahaman suatu kebenaran dapat diperoleh dari berbagai sudut pandang

3. Sehat Sampai Tua: Tetap Sehat Dan Bugar Di Usia 40 Tahun

senam kegel

Deskripsi Buku

Semua orang pasti memiliki keinginan untuk tetap sehat selama-lamanya. Banyak sekali usaha yang dilakukan supaya dirinya tetap sehat hingga lanjut usia. Ada yang memperbanyak olahraga, menjaga pola makan, istirahat dengan teratur, mendaftar asuransi kesehatan, dan usaha lain sebagainya. Buku ini membahas mengenai banyak hal yang bisa dilakukan supaya tetap sehat hingga di usia lanjut. Saat memasuki usia 40 tahun tentunya kondisi tubuh sudah tak sama lagi layaknya di usia muda. Oleh sebab itu, menjaga tubuh supaya tetap bugar dan sehat menjadi salah satu usaha yang sering dilakukan.

Banyak pertanyaan yang akan muncul di benak Grameds perihal cara menjaga kesehatan hingga hari tua. Melalui buku ini Grameds akan diajak untuk mengungkap satu per satu pertanyaan itu. Pertanyaan yang kerap kali muncul secara umum perihal menjaga kesehatan organ tubuh, makanan yang harus dikonsumsi supaya memperoleh tubuh yang tetap sehat, dan juga berbagai penyebab penyakit yang sering muncul.

Berbagai pertanyaan tersebut akan dijawab dengan jelas dan tuntas di dalam buku yang satu ini. Di dalam buku ini akan banyak mengupas berbagai tips kesehatan lainnya dan akan sangat bermanfaat bagi orang dengan usia lanjut.

Buku ini hadir sebagai jawaban bagi Grameds yang hendak memiliki tubuh bugar dan sehat di usia lanjut. Buku ini juga bisa dibaca oleh seluruh kalangan yang hendak menjaga kesehatan dan kesegaran tubuhnya.

4. Panduan Materi Kesehatan Reproduksi & Keluarga Berencana

senam kegel

Deskripsi Buku

Kesehatan reproduksi merupakan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh tak sekadar terbebas dari kecacatan atau penyakit, dalam segala aspek yang ada hubungannya dengan sistem reproduksi, proses, dan fungsinya. Baik laki-laki dan perempuan membutuhkan landasan psikis yang sesuai supaya perkembangan emosinya dapat berlangsung dengan baik.

Berbagai aktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi ialah:

  1. Faktor sosial-ekonomi dan demografi: kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, ketidaktahuan akan pengetahuan tentang perkembangan seksual dan reproduksi, dan bertempat tinggal di daerah terpencil.
  2. Faktor budaya dan lingkungan: praktek tradisional dan kepercayaan banyak anak banyak rejeki.
  3. Faktor psikologis: akibat dari keretakan orang tua, kehilangan rasa kebebasan, dan depresi
  4. Faktor biologis: cacat pada saluran reproduksi pasca penyakit menular seksual dan cacat sejak lahir.

Kesehatan reproduksi adalaha hal yang sangat penting dalam masa kehamilan serta proses persalinan supaya ibu dan bayi dapat selamat hingga masa kelahiran.

Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu pelayanan kesehatan preventif yang paling utama dan mendasar bagi keluarga, walaupun tak selalu diakui demikian. Perluasan dan peningkatan pelayanan keluarga berencana menjadi salah satu usaha yang dilakukan untuk menurunkan angka kesakitan serta kematian daro ibu yang sedemikian tinggi akibat kehamilan yang hanya dialami oleh para wanita.

Buku ini berisi berbagai pokok penjelasan kesehatan reproduksi serta segala usaha yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaganya.

5. Smart Eating – 1000 Jurus Makan Pintar dan Hidup Bugar

Deskripsi Buku

Apakah Grameds meyakini bahwa pola makan Grameds sudah benar? Buku Smart Eating: 1.000 Jurus Makan Pintar & Hidup Bugar mengajak Grameds untuk menilik kembali atas gaya hidup yang dianjurkan dengan cara yang sangat mudah untuk dilakukan, yakni 5S dan 4J.

  • 5S meliputi Sehat berpikir, Sehat makan, Sehat aktivitas, Sehat istirahat, dan Sehat lingkungan
  • 4J meliputi: Jadwal makan, Jenis makanan, Jumlah makanan yang dikonsumsi, dan Jurus memasak.
  1. Samuel Oetoro, MS, SpGK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan FKUI yang melakukan praktik di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, menjelaskan dengan detail mengenai konsep 5S dan 4J.

Erwin Parengkuan adalah seorang enterptreneur dan public speaker, telah menjalani gaya hidup sehat sedari dini serta di dalam buku ini membagikan berbagi resep pilihan keluarga yang nikmat dan sehat.

Jana Parengkuan merupakan seorang ibu 4 anak sekaligus model, dan pemilik toko kue, membagikan tips untuk tetap memiliki badan yang indah serta berbagai cara untuk memperkenalkan makanan sehat kepada anak.

Buku ini juga dilengkapi dengan banyak contoh menu makan dalam seminggu, termasuk tips sehat jajan di luar rumah, serta menu bekal yang sehat dan praktis unutk dibuat oleh siapa pun. Hidup bugar dan sehat merupakan pilihan hidup yang tak sulit untuk dijalankan dengan mengikuti segala hal yang sampaikan di dalam buku ini. Yuk, hidup sehat sebelum terlambat!

Rujukan:

  • https://www.halodoc.com/artikel/beginilah-cara-melakukan-senam-kegel-yang-benar
  • https://www.alodokter.com/manfaat-dan-cara-melakukan-senam-kegel

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien