in

Review Buku Self Improvement 101 Karya John C. Maxwell

Review Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin adalah sebuah buku pengembangan diri yang ditulis oleh John Maxwell. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2009 dalam Bahasa Inggris. Buku Self Improvement 101 telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa lain, termasuk Bahasa Indonesia. Versi terjemahan buku ini diterbitkan oleh Mic Publishing pada tanggal 7 September 2015.

Pada buku dengan total 160 halaman ini, John C. Maxwell menggunakan pengalamannya selama puluhan tahun untuk mengajari pembaca, bagaimana cara mencapai potensi penuh Anda melalui komitmen terhadap pertumbuhan pribadi. Melalui buku ini, pakar kepemimpinan, John C. Maxwell memberikan tips dan alat penting untuk membantu setiap pemimpin terus berjuang untuk keunggulan, apa pun industri, bisnis, atau tingkat kepemimpinannya.

Buku ini dinobatkan sebagai buku paling laris versi New York Times. Berkaitan dengan buku ini, John C. Maxwell menekankan bahwa mayoritas orang tak menyadari bahwa mereka yang sukses atau yang belum sukses sebetulnya memiliki potensi yang sama. Cara mencapai potensi itu, yakni dengan membuat komitmen untuk mengembangkan diri. Buku Self Improvement 101 akan memaparkan hal-hal penting yang perlu diketahui oleh semua pemimpin supaya tetap mencapai kesempurnaan di mana pun mereka berada atau dalam melakukan apa pun.

Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin akan mencakup beberapa hal, antara lain:

  • Rahasia agar dapat menjadi pembelajar seumur hidup,
  • Memfokuskan waktu yang Anda miliki untuk mencapai pertumbuhan maksimum.
  • Pengorbanan seperti apa yang perlu dilakukan untuk bisa terus menjadi lebih baik.
  • Cara mengatasi hambatan untuk memperbaiki diri.
  • Kunci untuk mengubah pengalaman sehingga menjadi pengetahuan dan kebijaksanaan.
  • Mengapa para pemimpin harus menjadi pembelajar, di antara banyak pelajaran penting lain.
  • Seseorang tak pernah mencapai potensi mereka secara kebetulan. Kerap kali, mereka yang mencapai kesuksesan besar mempunyai keinginan paling besar juga untuk tumbuh dan belajar.

    review buku self improvement 101

Buku Self Improvement 101 ini akan memandu Anda dalam perjalanan penting dalam mengungkap keinginan, tekad, dan komitmen Anda yang teguh, demi meningkatkan diri anda sendiri sekaligus kehidupan Anda.

Profil John Maxwell – Penulis Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin

review buku self improvement 101
maxwellleadership.com

John Calvin Maxwell adalah pria yang lahir di Garden City, Michigan, pada 20 Februari 1947. John Calvin Maxwell adalah seorang penulis, pembicara, dan pendeta Amerika yang sudah menulis banyak buku, yang mayoritas fokus pada kepemimpinan. Berbagai buku karyanya sudah terjual hingga jutaan eksemplar, dan beberapa di antaranya berhasil menjadi Buku Terlaris versi New York Times.

John C. Maxwell adalah seorang Kristen evangelis. Ia mengikuti jejak sang ayah untuk aktif dalam pelayanan. Ia mendapatkan gelar sarjana di Circleville Bible College pada tahun 1969, yakni gelar Master of Divinity di Azusa Pacific University, dan gelar Doctor of Ministry di Fuller Theological Seminary. John Maxwell menetap di Florida Selatan bersama istrinya yang bernama Margaret.

Sejak sekitar tahun 1970-an, John Maxwell sudah memimpin beberapa gereja di Indiana, Florida, Ohio, dan California. Setelah melayani sebagai pendeta senior selama 14 tahun, John Maxwell meninggalkan Gereja Skyline pada tahun 1995. Pada tahun 2004, John Maxwell kembali ke pelayanan jemaat di Christ Fellowship yang berlokasi di Palm Beach Gardens, Florida, di mana saat ini dia menjadi pendeta pengajar. Pada 16 November 2008, ia mulai melayani sebagai pendeta tamu di Crystal Cathedral di Orange County, California.

Selain menjadi penulis dan pendeta, John C. Maxwell juga dikenal sebagai pakar kepemimpinan dan pembicara. Ia adalah pendiri dari INJOY, The John Maxwell Team, Maximum Impact, ISS dan EQUIP. John C. Maxwell akan menjadi pembicara setiap tahun untuk perusahaan Fortune 500, pemimpin pemerintah internasional, dan organisasi lain, seperti Akademi Militer Amerika Serikat di West Point dan National Football League. Pada Mei 2014, Maxwell dinobatkan sebagai pakar kepemimpinan dan manajemen No. 1 di dunia oleh Majalah Inc.

John C. Maxwell juga merupakan pembicara utama di National Agents Alliance NAA Leadership Conference beberapa. Selain itu, ia juga merupakan pembicara utama untuk Konferensi Nasional Symmetry Financial Group pada Februari 2018. Pada tahun 2012 ia dianugerahi Golden Gavel oleh Toastmasters International.

Sebagai penulis buku paling laris versi New York Times, Wall Street Journal, dan Business Week, John Maxwell adalah salah satu dari 25 penulis yang masuk dalam 10th Anniversary Hall of Fame Amazon.com. Tiga buku karyanya, yakni The 21 Irrefutable Laws of Leadership, Developing the Leader Within You, dan 21 Indispensable Qualities of a Leader, masing-masing telah terjual lebih dari satu juta eksemplar. Pada tahun 2007 Maxwell dilantik menjadi Omicron Delta Kappa di Concordia University Irvine.

John C. Maxwell memiliki sebuah gedung yang dinamai menurut namanya dan keluarganya di Universitas Indiana Wesleyan, yakni Pusat Bisnis dan Kepemimpinan Maxwell. Ini adalah sebuah hasil pengaruhnya terhadap Gereja Wesleyan, yang merupakan pemilik universitas tersebut. Pada tahun 2015, John Maxwell dilantik ke dalam IWU Society of World Changers, di mana ia dianugerahi gelar doktor kehormatan.

Sinopsis dan Review Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin

review buku self improvement 101

Pros & Cons
Pros Cons
  • Materi pembelajaran yang disampaikan penulis dalam buku ini dituliskan secara indah dan jelas, sehingga mudah untuk dimengerti.
  • Buku ini bersifat inspiratif dan motivasional.
  • Materi dalam buku ini singkat, tetapi memiliki makna yang sangat mendalam.
  • Sebagian besar materi yang ditulis sudah tercakup dalam beberapa buku karya John C. Maxwell yang lain.

Saya telah bersemangat jika membicarakan tentang pertumbuhan pribadi sejak lama, hampir selama saya hidup. Sebenarnya, saya sudah menciptakan dan mengejar rencana pertumbuhan setiap tahun selama empat puluh tahun terakhir! Banyak orang yang mengatakan bahwa kebijaksanaan datang bersamaan dengan usia. Namun, saya tidak percaya bahwa itu benar. Terkadang, usia datang sendirian.

Saya tidak akan mencapai impian saya jika saya tidak melakukan hal yang didedikasikan untuk membuat perbaikan terus-menerus. Jika Anda ingin tumbuh dan menjadi yang orang yang paling baik yang Anda bisa, Anda harus melakukan hal itu dengan sengaja. Pada saat yang sama, hidup berjalan secara sangat sibuk dan kompleks. Kebanyakan orang bahkan merasa kehabisan waktu sebelum daftar kegiatan mereka selesai.

Dan jika Anda mencoba untuk sampai ke garis bawah dalam setiap bidang kehidupan, itu dapat menjadi sebuah tantangan. Tahukah Anda bahwa lebih banyak informasi baru telah diproduksi dalam tiga puluh tahun terakhir daripada lima ribu tahun sebelumnya? Sebuah edisi hari kerja tunggal dari New York Times berisi lebih banyak informasi daripada informasi yang didapatkan kebanyakan orang di Inggris yang hidup abad ketujuh belas seumur hidup mereka.

Itu sebabnya, kami mengembangkan seri 101 buku ini. Kami telah memilih unsur penting dalam mata pelajaran, seperti kepemimpinan, sikap, hubungan, kerja tim, dan mentoring. Kemudian, semua itu dimasukkan ke dalam format yang kemungkinan besar dapat Anda baca dalam satu kali duduk. Atau Anda dapat dengan mudah memasukkan buku Self Improvement 101 ini ke dalam tas kerja atau clutch, dan membacanya di mana pun dan kapan pun Anda memiliki kesempatan.

Dalam banyak buku karya saya yang lebih besar, saya membahas subjek saya secara mendalam. Saya melakukannya karena saya percaya bahwa hal ini kerap kali merupakan cara terbaik untuk menambah nilai bagi orang-orang. Buku Self Improvement 101 ini berbeda. Ini adalah pengantar untuk suatu subjek, bukan sebuah “kursus lanjutan.” Namun, saya percaya buku ini akan membantu Anda dalam perjalanan menuju signifikan pertumbuhan di area kehidupan Anda ini.

Kelebihan Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin

review buku self improvement 101

Sebagai salah satu buku paling laris versi New York Times, kualitas buku Self Improvement ini tak perlu diragukan lagi. John C. Maxwell dianggap berhasil dalam menyampaikan seluruh pesan dan pembelajaran berharga melalui tulisan yang indah dan penjelasan yang baik. Ini adalah sebuah buku yang memuat begitu banyak inspirasi dan motivasi bagi para pemimpin yang perlu mengetahui bagaimana cara memahami dan menjaga sikap perbaikan diri yang berkelanjutan.

Materi dalam buku ini dinilai cukup singkat, tetapi sangat berharga. John C. Maxwell telah merangkum poin-poin penting yang diperlukan untuk secara sengaja memfokuskan pertumbuhan diri di area yang akan memberikan hasil terbaik. Buku Self Improvement 101 ini dapat membuat pembaca memahami tentang bagaimana cara mengelola pertumbuhan pribadi.

John C. Maxwel juga banyak menuliskan kutipan bermakna sebagai sebuah contoh dan inspirasi. Secara keseluruhan, buku Self Improvement 101 ini adalah salah satu buku pegangan wajib yang perlu dimiliki oleh para pemimpin. Buku ini akan memandu dan membantu Anda dalam mengembangkan diri dan mencapai potensi diri secara maksimal.

Kekurangan Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin

Selain kelebihan, buku Self Improvement 101 ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan pada buku ini ditemukan pada sebagian besar materi yang ditulis sudah tercakup dalam beberapa buku karya John C. Maxwell yang lain. Hal ini membuat kesan seperti tidak banyak menemukan hal yang baru bagi mereka pembaca setia karya John Maxwell.

Pesan Moral Buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin

Melalui buku ini, John C. Maxwell banyak menyampaikan pesan yang dapat menjadi pembelajaran bagi para pembaca. Pelajaran pertama, yakni pengalaman tidak akan menjadi guru terbaik jika pengalaman itu tak ditambah dengan evaluasi pribadi yang jujur, yang akhirnya pada akan memberikan kebijaksanaan. Pembelajaran tidak datang secara otomatis dari sebuah pengalaman, tetapi bisa didapatkan jika kita memiliki keinginan untuk menjadikan pengalaman itu sebagai sebuah pembelajaran.

Pelajaran kedua, yakni kegagalan merupakan sebuah bagian penting dari kesuksesan. Kegagalan merupakan sebuah kesempatan untuk belajar. Jadi, jangan memandang kegagalan sebagai sebuah hal yang negatif, tetapi jadikan itu sebagai pacuan supaya dapat belajar lebih giat dan mencoba lebih keras.

Pelajaran ketiga, yakni untuk memperoleh semua yang Anda inginkan, Anda harus mengorbankan sesuatu. Seperti sistem transaksional, Anda harus membayar harga untuk dapat bertumbuh. Contohnya, Anda harus rela meninggalkan zona nyaman dan bersedia meluangkan waktu untuk terus belajar. Anda harus mengorbankan sesuatu untuk benar-benar tumbuh, karena Anda tak bisa melakukan segala hal.

Pelajaran keempat, yakni pertumbuhan adalah sebuah pilihan. Bertumbuh adalah sebuah keputusan yang benar-benar bisa membuat perbedaan dalam kehidupan seseorang. Untuk bisa tumbuh, Anda memerlukan perubahan, dan kebanyakan orang tidak ingin untuk berubah. Namun, kenyataannya, tanpa perubahan, pertumbuhan tidak mungkin terjadi.

Itu dia Grameds ulasan buku Self Improvement 101: Hal-Hal Yang Harus Diketahui Oleh Para Pemimpin karya John C. Maxwell. Bagi Anda para pemimpin dan calon pemimpin yang ingin belajar mengembangkan diri secara maksimal, Anda bisa mendapatkan buku ini hanya di Gramedia.com.

Rating: 4.18

Written by Gabriel