in

Review Novel Midnight Restaurant

Hal-hal yang berbau mistis sangat melekat sekali pada masyarakat kita. Seperti contohnya ketika sedang sendirian berada di tempat yang sepi atau sebuah bangunan yang sudah lama tidak ditempati, kita merasa seperti ada yang mengawasi atau memperhatikan. 

Seakan kita seperti mendapatkan sugesti untuk merasakan ketakutan ketika berada di tempat  seperti itu. Ada beberapa faktor sehingga kondisi ini bisa terjadi, salah satunya mungkin dari cerita dari orang-orang sekitar bahwa tempat-tempat seperti itu ditinggali oleh makhluk yang tak kasat mata.

Penyebab rumor ini beredar pun  beragam, biasanya apabila ada kasus-kasus yang terjadi dalam lokasi tersebut. Contohnya apabila ada suatu rumah atau lokasi bangunan yang pernah ada kasus bunuh diri, pembunuhan, atau ada yang menyebabkan meninggal massal di dalamnya, banyak orang yang akan menyebar rumor bahwa arwah dari yang meninggal itu tinggal disana dan sekali-kali menampakkan dirinya.

Salah satu contohnya mungkin adalah kisah mistis di rumah elit yang berada di kawasan Pondok Indah. Tidak ada yang tidak mungkin tahu cerita urban legend pada tempat ini. 

Ketika anda bermain-main ke wilayah Pondok Indah akan mudah mencarinya, karena akan ada satu penampakan kondisi rumah yang berbeda dibandingkan kondisi rumah elit lainnya. Kondisi rumah yang tidak terurus dan terbengkalai, banyak rumput ilalang dan banyaknya coretan-coretan vandalisme seakan menambah suasana cukup mistis di tempat ini. 

Dari cerita yang beredar, rumah elit ini dulunya pernah dihuni oleh  keluarga yang kaya. Pada  suatu hari, ada kasus pembunuhan, dimana seluruh penghuni nya meninggal dibunuh. 

Cerita mistis yang berkembang adalah  ada beberapa orang yang mengalami peristiwa mistis dengan melihat penampakan dan mendengar suara-suara dari dalam rumah tersebut, seakan-akan di dalamnya terdapat penghuni nya.

Ada juga beberapa penuturan dari tukang nasi goreng keliling, ketika waktu malam melintas tempat itu, tiba-tiba  ada  yang memesan makanan dari dalam rumah itu. Ketika mau diantarkan, ternyata rumah itu kosong.

Mungkin di setiap daerah memiliki cerita mistis atau urban legend nya masing-masing, entah itu di sebuah rumah kosong, sebuah bangunan yang terbengkalai, sebuah hutan yang jarang dikunjungi, hingga sampai dengan kuburan-kuburan yang mereka anggap tempat itu terdapat makhluk kasat mata yang bisa saja tiba-tiba menampakkan wujudnya. 

Atau mungkin malahan yang seperti itu berada di dekat dan sekitar kita. Tidak ada yang tahu akan hal itu?

Pastinya kita harus selalu berdoa dimanapun kita berada, meminta perlindungan dari sang pencipta yang maha kuasa, agar selalu diberikan keselamatan dan dijauhi dari segala hal yang buruk.  Selalu  bersikap  sopan dimana saja serta tidak melakukan hal-hal yang aneh dan buruk. 

Membicarakan tentang tema cerita horor, dalam artikel  ini akan membahas tentang sebuah buku yang bertemakan horor. Buku dengan judul Midnight Restaurant karya dari penulis Daniel Ahmad akan memberikan sebuah pengalaman horor yang penuh misteri. 

Mari kita simak dan lihat penjelasan di bawah ini. Selamat membaca! 

Tentang Buku

Penulis: Daniel Ahmad

Tanggal Terbit: 2019

Penerbit: Gagas Media

Jumlah Halaman: 304 Halaman

ISBN: 9789797809409

Pros & Cons

Pros
  • Premis cerita yang menarik
  • Sudut pandang multi karakter
  • Buku yang diangkat dari thread Story From The Hearts kaskus
Cons
  • Chemistry antar tokoh kurang terbangun
  • Jalan cerita yang terlalu cepat
  • Terdapat banyak salah pengetikan

Karakter yang Ada Dalam Buku

Ada beberapa karakter yang menghiasi cerita buku Midnight Restaurant

Yang pertama, Sandi seorang  mahasiswa yang beruntung mendapatkan kontrakan bagus dengan harga murah. Tapi hal-hal mengerikan terus dialami Sandi, diawali dengan insiden Hanggareksa, restoran di samping kontrakannya.

Yang kedua, Lukman adalah seorang single parents yang akan melakukan apapun demi putri kecilnya. Ia bekerja sebagai seorang kurir yang mengantar pesanan ke restoran-restoran, termasuk Hanggareksa. Pada suatu hari, Lukman menemukan sesuatu yang sangat menjijikkan di gudang Hanggareksa. Sejak itulah sering terjadi peristiwa mistis yang mengancam keselamatan Lukman dan juga anaknya.

Yang ketiga, Nova adalah seorang gadis ceroboh yang sering dibully di kampusnya. Sejak bekerja di Hanggareksa, yang semua pegawainya dan pemiliknya perempuan, Nova merasa menemukan keluarga baru. Akan  tetapi, Nova mulai melihat penampakan-penampakan yang tidak masuk akal yang sering mengganggu kesadaran dan kesehatannya.

Yang keempat, Rama seorang peserta seminar, yang menumpang di kontrakan temannya, karena panitia seminar hanya  menyediakan ruang kelas sebagai akomodasinya. Malam pertama di rumah kontrakan temannya itu, sudah harus berurusan dengan kemunculan makhluk pocong di dapur rumah kontrakan temannya.

Itulah pengenalan beberapa karakter yang terdapat dalam buku Midnight Restaurant, membantu pembaca untuk memahami dan mengerti jalan cerita dalam buku tersebut.

Sinopsis

Saat jam antik di restoran bernama Hanggareksa berdentang dua belas kali, satu per satu dari mereka yang sedang menyantap makanan tiba-tiba tersungkur dan meregang nyawa. Sandi yang beberapa menit baru masuk di restoran, segera berlari keluar untuk meminta bantuan. 

Namun, saat dia menoleh kebelakang, yang didapati hanya restoran sepi yang dengan tulisan “Tutup”.

Sepulang mengantar pesanan untuk restoran itu. Lukman sering dihantui sosok hantu perempuan tua berwajah beringas, saat mengendaraii mobil tua milik bosnya. Beberapa kali sosok itu menjadi penyebab kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya.

Baru beberapa hari bekerja di restoran itu, kesehatan Nova tiba-tiba menurun. Dia sering pingsan, juga kadang tidak sadarkan diri. Dia pun sering mengalami kerasukan. Yang paling parah, dia terkadang ingin mengakhiri hidupnya dengan loncat dari ketinggian.

Review Buku

Buku ini memiliki tiga tokoh utama yang membuat cerita didalamnya terasa hidup, walaupun masih ada dua tokoh lainnya yang juga berperan cukup penting dan mewarnai cerita dengan sudut pandang lain. 

Tiga tokoh tersebut memiliki cerita yang sangat berbeda namun memiliki korelasi dengan tempat makan bernama Hanggareksa. 

Walaupun mereka ditempatkan di situasi dan keadaan berbeda, pada bagian pertengahan cerita mereka dipertemukan karena perkembangan konflik yang meruncing dan menuntut penyesalan.

Kisah bermula dari pengalaman aneh yang dialami oleh Sandi, seorang mahasiswa yang mendapati dirinya sedang kelaparan di tengah malam. 

Entah bagaimana, waktu malam itu Sandi memutuskan untuk memesan makanan di sebuah restoran yang bernama Hanggareksa yang letaknya persis di samping rumah kontrakannya. 

Semula, Sandi tidak merasa ada yang aneh, hingga Sandi yang membayar pesanannya mendadak diusir dan diminta segera pergi oleh salah satu pelayan wanita di sana tanpa sempat membayar. Tentu saja hal itu membuat Sandi merasa sangat kebingungan.

Belum selesai atas kebingungannya, tiba-tiba saja terdengar denting suara jam antik yang menggema. Tepat jam 12 malam, pelanggan restoran yang semula asyik dengan menu makanan di hadapan mereka, seketika satu persatu mendadak tersungkur dan meregang nyawa. 

Sandi pun panik, terkejut dan bingung langsung berlari keluar untuk mencari bantuan. Anehnya, saat dia menoleh kembali ke restoran itu, restoran yang baru saja dia datangi dalam keadaan sepi dan ada tulisan “Tutup” terpampang di pintu masuknya.

Setelah kejadian itu, Sandi pun penasaran dan mencari informasi terkait dengan restoran tersebut. Akhirnya Sandi diberitahukan oleh bapak tukang  becak yang mangkal di sekitaran situ. Bahwa sering terjadi kejadian-kejadian aneh dari restoran. 

Bapak itu menceritakan bahwa apa yang  Sandi rasakan pernah dirasakan juga oleh seorang pemuda berkunjung kesana, yang membedakan nya pemuda itu keluar dari tempat itu tampak ketakutan, sementara Sandi keluar dari sana kelihatan panik dan bingung.

Beberapa hari kemudian, di suatu malam, Sandi mengalami kejadian sama yang membuatnya trauma, yaitu kelaparan di tengah malam. Perlu diketahui di dapur kontrakan Sandi terdapat lubang ventilasi yang terkoneksi dengan bangunan sebelahnya yaitu restoran Hanggareksa. 

Karena lapar dan di luar sedang hujan juga, dengan sedikit keberanian akhirnya dia mencoba untuk memasak mie instan di dapur. Tepat mendekati tengah malam, dia melihat cahaya dari lubang ventilasi itu, dan mengarahkan handycamnya untuk melihat apa yang terjadi didalam sana.

Tampak ada beberapa orang memakai pakaian aneh sedang melakukan sebuah ritual. Tampak ada beberapa orang yang mengangkat daging berlumuran warna merah, berjalan mendekati arah Sandi sedang mengintip. Tanpa pikir panjang, Sandi pun lari tidak karuan ke kamar, panci masak mie instan dan handycamnya jatuh tergeletak di lantai.

Sandi bukan satu-satunya yang mengalami kejadian aneh di restoran Hanggareksa. 

Ada Lukman, seorang pemasok bahan makanan untuk restoran tersebut, seseorang yang begitu sayang dengan anak perempuan semata wayangnya merasa curiga ketika anaknya yang biasa ditinggal sendirian di rumahnya, mengaku bahwa ada seorang bibi yang menjaganya, lalu mobil  yang biasa dikendarainya untuk operasionalnya belakangan ini selalu membuatnya hampir celaka.

Lalu ada Nova, pelayan wanita di sana yang juga sering mengalami kejadian aneh terkait Hanggareksa, ia sering bercerita lewat buku hariannya yang merasa menjadi aneh semenjak bekerja di Hanggareksa. Orang-orang terdekatnya berpendapat, bahwa itu bukan Nova yang mereka kenal.

Sandi dan Nova pun, ketiganya punya kisah yang sama, mengalami nasib buruk saat bersinggungan dengan Hanggareksa, restoran dari bangunan peninggalan zaman Belanda. Apa sebenarnya yang tersembunyi di sana? 

Bagaimanakah cerita lengkap serial yang menegangkan dan penuh misteri ini? Anda bisa mendapatkannya bukunya di Gramedia.com.

Kelebihan dan Kekurangan

Dalam pembahasan ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam buku midnight restaurant karya Daniel Ahmad, untuk membantu agar pembaca semakin penasaran dengan buku tersebut.

Untuk kelebihannya alur cerita yang menarik karena ada perkembangan konflik dalam ceritanya. Suasana horor dalam cerita juga terasa nyata dan membuat merinding. Selain menghadirkan sosok-sosok makhluk tak kasat mata, cerita ini juga menghantui para pembaca dengan pikiran-pikiran kusut menghadapi suatu peristiwa menakutkan.

Selanjutnya, dalam buku ini cerita memiliki sudut pandang multi karakter, jadi kita bisa melihat banyak variasi cerita dalam satu suasana. Perpindahan cerita antar karakter nya pun dieksekusi dengan baik. 

Pemilihan sudut pandang ini berpengaruh sangat besar terhadap jalan ceritanya. Ada petunjuk di balik kisah setiap karakter yang jika dirangkai akan menjadi suatu kesimpulan dan menjadi jawaban misteri di akhir ceritanya.

Untuk kekuranganya dimana hubungan antar tokoh tidak terjalin dan terbangun, bisa terlihat karena tampak tidak natural dan pertemuan antar tokoh yang terdapat di dalam buku terkesan dipaksakan. 

Selain itu, banyak sekali ditemukan kesalahan pengetikan, dan ada beberapa ungkapan yang tak dapat dipahami. Butuh bolak-balik halaman berkali-kali hingga dapat paham sepenuhnya.

Meskipun ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam isi buku ini, namun buku ini tetap direkomendasikan untuk dibaca karena ceritanya yang sangat menarik. Saran bagi yang penakut, untuk tidak membacanya saat sendiri, karena bisa memunculkan mimpi buruk.

Buku ini mendapatkan rating 3,88 di Goodreads, hal ini berarti buku dengan judul Midnight Restaurant karya Daniel Ahmad direkomendasikan dan layak untuk dibaca.

Kesimpulan

Midnight Restaurant merupakan buku novel yang diangkat dari platform Kaskus dan Wattpad yang menarik perhatian pembaca, dan ini adalah karya pertama yang dibukukan. Novel ini menceritakan sebuah pengalaman mistis dari tiga tokoh sentral dan juga kejadian tragis yang ada dibalik megahnya sebuah restoran bernama Hanggareksa.

Ide cerita novel ini menarik, tergolong menyeramkan, menegangkan dan ada plot komedinya juga untuk meredakan nuansa mistisnya. Sebuah restoran yang menyimpan banyak misteri, tentang sebuah kasus keracunan massal yang menewaskan banyak orang. 

Dan akhirnya memunculkan sosok-sosok misterius yang selalu menghantui beberapa tokoh utama, juga membahas tentang sekte terlarang, mengingatkan terhadap film pengabdi setan.

Bangunan ceritanya juga kuat. Nuansa yang dibangun memang tak sepenuhnya menginginkan pembaca ketakutan, tapi bagaimana pembaca larut dalam cerita yang penuh tekanan akan rasa takut. 

Selain berusaha menyelesaikan masalah dan menemukan jawaban atas misteri yang sudah dibuka di awal halaman. Lika-liku kehidupan tokoh yang mengenaskan, mengalami kecelakaan berkali-kali dan tetap hidup, lalu kesurupan dan sedetik kemudian lupa akan hal itu, sungguh di luar nalar pemikiran.

Bagi pencinta film-film horor tahun 90-an, pasti tidak asing dengan tipe-tipe cerita seperti ini. menurutku bagus, di saat yang lain mencoba mengangkat klenik dengan bumbu-bumbu fantasi. Penulis tetap mempertahankan pakem film lama, bahwa setan itu bisa dilawan dengan cara yang mungkin tidak masuk akal. Tapi, justru ini yang menariknya karena mudah diterima.

Novel ini mengambil tiga sudut pandang yang mungkin akan membuat bingung pembaca yang kurang fokus untuk memahami kisah novel ini, namun justru ini menjadi menarik karena akan ada beberapa cerita yang di setiap cerita itu memiliki petunjuk, dimana petunjuk-petunjuk itu akan memecahkan misteri di akhir ceritanya. 

Tiga karakter tersebut secara berurutan menceritakan pengalaman mistis mereka dengan restoran yang aneh dan menyeramkan itu.

Buku novel ini cocok bagi yang menyukai cerita bertemakan horor, selain itu ada juga misteri yang sangat menarik, sehingga mungkin para pembaca yang tidak menyukai horor pun akan menyukai buku ini. Antagonis utama dalam buku ini orang yang tidak disangka-sangka sama sekali, ini yang menjadi salah satu kekuatan isi cerita dalam buku ini.

Demikianlah review dari buku Midnight Restaurant karya Daniel Ahmad. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menumbuhkan ketertarikan sebelum kamu membaca bukunya. Diharapkan artikel ini bisa membantu untuk lebih mengerti alur dalam cerita tersebut.

Jika kamu ingin mencari buku dan informasi seputar buku lainnya yang menarik dan luar biasa. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengakses Gramedia.com.

Selalu galakkan budaya membaca buku, untuk memperkaya literasi-literasi pada diri kita. Mulai membaca buku dengan tema yang kamu senangi atau membaca buku Midnight Restaurant karya Daniel Ahmad ini. Selamat membaca!

Written by Mega