in

Review Novel Karavansara Karya Rio Johan

Siapa penggemar Rio Johan sang pengarang buku hebat yang berasal dari Indonesia ini? Yap, kali ini Rio Johan kembali mengeluarkan buku barunya yang berjudul Karavansara. Buku ini sangatlah diinginkan dan diharapkan oleh para pembaca setia Rio Johan.

Dengan buku barunya yang berjudul Karavansara ini, pastinya kamu akan kembali terpukau dengan gaya penulisan yang luar biasa dari Rio Johan. Buku ini juga sangatlah spesial. Pasalnya, buku Karavansara agak sedikit berbeda dibandingkan dengan buku Rio Johan yang lainnya. 

Buku ini memiliki ketebalan halaman hanya sekitar 50-an halaman loh. Namun, tak perlu diragukan lagi, pastinya kamu akan bertepuk tangan saat sudah selesai membaca bukunya.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita bahas buku Karavansara karya Rio Johan ini. Selamat membaca, Grameds!

Tentang Buku

Judul: Karasanvara

Penulis: Rio Johan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: 01 Mei 2022

Jumlah Halaman: 51 halaman

ISBN: 9786020660691

Sinopsis

Duhai Perangkap Kebijaksanaanku, sudah habislah aroma susu pada kuncup bibirnya, dan saat ini hanya engkaulah, Bahadur Aku, yang mampu membuat malu bulan serta bintang di langit sana.

Dua bersaudara, Surin dan Shirin bertemu Tuan Babak, seorang saudagar kaya di Shiraz. Surin dan Shirin pun lantas diadopsi oleh Tuan Babak. Dua bersaudara ini selalu turut serta dalam setiap perjalanan si Tuan Babak. 

Dari sana lah petualangan dan perjalanan dari satu karavansara ke karavansara lainnya telah dimulai. Kondisi saat ini membuat kehidupan dari Surin dan Shirin mulai berubah, tak sekadar sebagai karavansara—penginapan ataupun sebuah tempat peristirahatan bagi para pelancong karavan.

Pros & Cons

Pros
  • Halaman yang sedikit membuat para pembaca dengan mudah menyelesaikan buku Karavansara ini.
  • Rio Johan mengemas cerita tentang kehidupan dewasa dengan sangat unik dan autentik.
  • Cover dengan ilustrasi yang menawan dari buku Karavansara juga menjadi poin positif dari buku ini.
  • Tokoh dan karakter yang dibuat oleh Rio Johan sangat kuat dan sesuai dengan porsinya, sehingga dapat mendukung satu sama lain dalam ceritanya.
  • Tema yang diangkat oleh Rio Johan sangat menarik dan baru.
  • Memiliki alur yang sangat bagus dan mengalir tanpa terkesan terburu-buru.
Cons
  • Halamannya sedikit dan langsung masuk inti cerita, jadi akan terasa sedikit berat di awal cerita.
  • Ceritanya mengandung tema yang sedikit tabu, sehingga beberapa orang sering kali masih merasa kurang nyaman dengan tema seperti ini.
  • Karena memiliki jumlah halaman yang sedikit, buku ini agak berat untuk dibaca saat pertama kali memulai kisahnya.

Review Buku Karavansara

Setelah membaca sinopsisnya, pastinya Grameds semua sudah tidak sabar dengan review dari buku ini, bukan? Yap, review buku Karavansara karya dari Rio Johan ini sangatlah ditunggu-tunggu oleh para penggemar karya-nya. 

Pasalnya, buku yang berjudul Karavansara ini agak sedikit berbeda dengan buku karya Rio Johan lainnya. Buku Karavansara kali ini sedikit lebih tipis dibandingkan dengan buku lainnya. Namun, janganlah kamu melihat dari kondisi fisik bukunya saja ya.

Buku Karavansara ini juga sangat menarik. Buku ini menceritakan tentang kehidupan dua bersaudara yang harus mengikuti Tuan Babak. Kata demi kata dalam buku ini seolah-olah sengaja dipilih untuk mewakili pesan dari Rio yang ditujukan kepada pembacanya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meskipun buku Karavansara ini cukup tipis, tetapi isinya mengusung tema yang dapat terbilang berat. Karavansara dari Rio Johan ini menceritakan tentang hal-hal tabu yang juga dilatarbelakangi oleh sekte syiah-sunni. 

Kisah ini lah yang mewarnai keseluruhan kehidupan seorang saudagar yang sangat kaya. Namun, hal ini juga cukup bertabrakan dengan keinginan dari seorang gadis yatim piatu. Gadis ini bermimpi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan juga lebih baik bagi dirinya dan juga adiknya kesayangannya. 

Konfliknya berkelindan atau saling erat menjadi satu dalam sebuah kesunyian. Kesunyian yang diceritakan berada di balik sebuah tenda di peristirahatan karavansara dan juga di dalam sebuah harem yang tersembunyi.

Saat kamu membaca buku ini, tentunya tak butuh waktu lama untuk menyelesaikan menyelesaikannya. Buku Rio Johan dengan tebal sekitar 50-an halaman ini secara singkat akan menjelaskan kisah tentang perjalanan hidup dan juga kisah ganjil yang dialami oleh 2 kakak beradik, Surin dan Shirin.

Kisah dimulai ketika kedua kakak beradik ini bertemu dengan Tuan Babak si saudagar yang kaya raya dan juga si Shahzad pengikut setia dari Tuan Babak. Saking bagusnya Rio Johan mengemas cerita dalam buku Karavansara ini. 

Setiap kisah yang diceritakan seakan-akan mengalir dengan lugas dan tidak berbelit sedikitpun. Namun, meskipun terasa mengalir dan tidak ada konflik yang membingungkan, Rio Johan juga membuat alur dari buku ini tidak tergesa-gesa. 

Kamu akan sangat menikmatinya. Semua tokoh utama yang ada dalam buku Karavansara ini, seperti Surin, Shirin, Tuan Babak dan juga Shahzad diberikan porsi yang sangat seimbang dan saling mendukung, sehingga peran antar tokoh saling melengkapi satu sama lain.

Karavansara ini diceritakan oleh Rio Johan di sebuah negeri padang pasir. Kamu akan diajak oleh Rio Johan dalam alur ceritanya kepada petualangan seru dan mendebarkan semua pedagang saat melintasi gurun pasir yang sangat gersang dan juga berangin itu.

Saat membaca buku ini, kamu akan sedikit membayangkan kalau Tuan Babak adalah seorang saudagar yang biasa saja kehidupannya. Saat berada di dalam rumah Tuan Babak akan dengan pakaiannya yang santai dan seperti masyarakat pada umumnya, tetapi berbeda saat ia mengunjungi tempat lain. 

Namun, saat kamu membayangkan hal tersebut, kamu akan dikejutkan dengan hal yang dikisahkan oleh Rio Johan tentang Tuan Babak dan tokoh lainnya. Karakter dari Tuan Babak dibuat oleh Rio Johan dengan sangat kompleks dan hebat.

Sedangkan tokoh Shahzad, seorang pengikut Tuan Babak digambarkan sebagai orang yang penurut. Menerima apa saja yang sudah ditakdirkan dalam hidupnya. Secara singkat Shahzad adalah orang yang nerimo. 

Masuk pada peranan dari dua saudara, Shirin dan Surin. Shirin dikisahkan sebagai tokoh yang sering kali merasa gelisah dan Surin sebagai tokoh utama yang berperan sebagai “Aku” dalam buku ini. Ia adalah seorang yang senang mengamati dan mengikuti. 

Shirin dilukiskan juga sebagai seorang gadis yang plin plan dan sedikit menjengkelkan. Namun, kegelisahan yang selalu dialami oleh dirinya juga banyak menimbulkan riak dan konflik. Sehingga buku ini semakin menarik.

Kira-kira bagaimana akhir kisah dari konflik hebat yang terjadi dalam buku Karavansara dari Rio Johan ini? Yuk, beli dan dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com!

 

Meskipun buku Karavansara ini sangatlah tipis dan juga ringan, tetapi tidak dengan tema yang diangkat oleh Rio Johan dalam buku ini. Buku ini sudah jelas dalam cover depannya ditujukan untuk pembaca yang berusia 21 tahun ke atas. 

Rio Johan mengangkat isu yang sangat bagus dan masih sangat jarang dibahas oleh penulis yang ada di Indonesia. Dengan isu yang sangat jarang dibahas di Indonesia, tetapi Rio Johan berhasil membuat buku Karavansara ini menjadi buku best seller yang diminati oleh para pembaca.

Dalam bagian catatan penulis di akhir buku, Rio Johan juga menyebutkan, bahwa buku ini terinspirasi dari “Arabian Nights”. Dengan catatan penulis seperti ini juga melengkapi praduga dari pembaca alasan mengapa cerita dalam buku Karavansara ini di bawa ke arah yang seperti ini.

Sungguh sebuah kisah yang berkelas, keren, dan complicated

Kisah akhir dari para tokoh yang telah disebutkan sebelumnya, Shirin, Surin, Shahzad, dan Tuan Babak sangatlah memuaskan bagi para pembacanya. Rio Johan berhasil membuat para pembacanya merasa sangat senang saat membaca akhir dari kisah buku Karavansara ini.

Nasib akhir para tokohnya dilukiskan dengan sangat tragis, pilu, dan memuaskan. Saat pertama kali kamu menyelesaikan buku ini, kamu juga akan memiliki kesan akhir, apakah buku dengan cerita yang dewasa yang dikemas dengan begitu elegan ini ada di dalam buku karya Rio Johan dan penulis lainnya?

Jangan lupa, kamu juga bisa baca review berbagai buku menarik lainnya di Gramedia.com loh ya!

Selain kisah dari buku Karavansara yang begitu bagus dan mengagumkan, tampak fisik dari buku ini juga sangat dipuji oleh para pembaca. Pasalnya, ilustrasi yang ditawarkan oleh Rio Johan dalam cover bukunya sangat menarik perhatian para pembaca.

Sampul dari setiap buku tentunya berhubungan dengan apa yang ada dan diceritakan dalam bukunya, bukan? Begitupun yang dilakukan oleh Rio Johan. Ilustrasinya sangat mencerminkan kisah yang ada dalam buku Karavansara. 

Meskipun lagi-lagi buku ini memiliki tebal yang sangat tipis, tetapi tetap bisa membuat kamu terkagum dengan penulisan dari Rio Johan.

Apakah kamu tertarik untuk membaca kisah lengkap kedua saudara yang diadopsi oleh Tuan Babak ini? Simak dan saksikan kisah lengkapnya di bukunya.

Kelebihan dan Kekurangan

Saat membaca buku ini, Grameds akan menemukan keunikan dan ciri khas dari tulisan Rio Johan. Buat kamu penggemar setiap karyanya, tentunya kamu sudah tidak akan kaget dengan karyanya yang satu ini.

Buku Karavansara juga menjadi salah satu karya dari Rio Johan yang sangat luar biasa. Buku ini memiliki halaman yang sangat tipis, sehingga mudah sekali untuk dibaca. Dalam sekali jalan, buku Karavansara karya Rio Johan ini bisa kamu baca sampai habis loh. Bukankah ini sebuah hal yang paling banyak kamu tunggu?

Kelebihan pertama dari buku ini adalah bukunya yang hanya memiliki 51 halaman. Seperti cerita pendek, tetapi ini adalah sebuah novel kompleks yang penuh dengan alur yang mengagumkan. Dengan tebal buku yang setipis ini, ternyata kisah cerita dari Karavansara karya Rio Johan ini cukup berat loh.

Nah, dengan kesan berat saat membaca buku inilah yang menjadi kekurangan dari buku Karavansara. Walaupun terkesan berat, tetapi buku Karavansara ini dibuat oleh Rio Johan dengan penuh pertimbangan. 

Setiap alur yang disajikan dalam buku ini tersusun secara rapi dan tidak memiliki kesan terburu-buru. Semua tokoh, latar, dan alur telah ditetapkan sebagaimana posisi dan porsinya. Jadi, buku ini sangatlah mengagumkan. Dengan halaman yang sedikit, tetapi kisahnya sangat bagus.

Pada cover buku ini, sudah diberikan tanda bahwa buku Karavansara ini disarankan untuk pembaca yang sudah berusia 21 tahun ke atas. Namun, pembaca harus benar-benar teliti dan cermati dengan baik saat mengambil buku ini. 

Jika sudah ada tanda 21 tahun ke atas ini, meskipun kamu sudah memenuhi syarat umur untuk membaca, pastikan bahwa kamu menyukai genre buku yang seperti ini ya. Agar kamu bisa menikmatinya saat membaca.

Kelebihan lain yang bisa kamu temukan dari buku ini adalah covernya yang sangat mempesona. Ilustrasinya sangatlah mempesona bagi siapa pun yang melihatnya pertama kali. Covernya sangat mencerminkan kisah yang digambarkan dan dituliskan oleh sinopsis yang ada dalam halaman akhir buku ini.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki buku Karavansara ini adalah kisah dan alur ceritanya yang sangat menarik. Rio Johan sangatlah lihai dan pandai dalam membuat karya seperti ini. Sama seperti saat kamu membaca bukunya yang berjudul Rekayasa Buah. 

Dapatkan buku Rekayasa Buah dengan mengklik tombol di bawah ini ya.

Rio Johan membuat buku Rekayasa Buah dengan fantasi yang begitu dahsyat. Ia memainkan ide dan juga diksi penulisan yang membuat para pembaca sangat mengagumi karyanya. Begitupun ia lakukan pada karyanya yang satu ini, Karavansara. 

Meskipun buku Karavansara ini hanya memiliki kurang lebih 50 halaman, tetapi Rio Johan menyajikan buku ini dengan sangat amat kompleks. Walaupun kompleks, saat dibaca, buku ini tidak memiliki kesan yang membuat pembaca merasa alurnya sangat terburu-buru. 

Melainkan, mereka yang membaca akan melihat bahwa permainan alur yang dibuat oleh Rio Johan ini sangat mulus dan rapi. Oleh karena itu, buku ini menjadi salah satu buku best seller yang dihasilkan oleh Rio Johan.

Kisah yang diangkat Rio Johan ini dapat dikatakan sebagai salah satu tema yang sangat jarang untuk dipublikasi. Ini adalah salah satu hal yang menonjol dari buku Karavansara. Kisah tabu dewasa yang sangat jarang dikemas oleh para penulis di Indonesia menjadikan buku ini salah satu pendobrak tema seperti ini.

Namun, dibalik sisi positifnya, adapun sisi negatif dari tema yang dibawakan ini. Tema ini masih terlalu tabu yang membuat para pembaca kadang merasa tidak nyaman dengan alur cerita yang tidak biasa dibawakan.

Namun, buku ini masih sangat direkomendasikan. Karena Rio Johan mengemasnya dengan sangat baik dan mengagumkan. Jadi, pastikan kamu membaca buku ini ya, Grameds.

Rating

4,14

Kesimpulan

Demikianlah review dari buku Karavansara karya dari Rio Johan, semoga Grameds terbantu dengan review yang diberikan di atas ya.

Jangan lupa juga untuk selalu kunjungi laman dari Gramedia.com untuk informasi terbaru tentang buku best seller lainnya. Selamat membaca, Grameds!

Written by Mega