in

Review Buku Nonversation Karya Valerie Patkar

Nonversation – Dunia digital kini semakin meluas dan juga berkembang, dunia digital membuat suatu kemudahan untuk siapapun yang ingin mengembangkan potensi dan bakat yang ada di dalam diri. Dunia digital kini menyediakan banyak platform atau wadah untuk menampung dan menyebarluaskan bakat-bakat yang ada di dalam diri.

Salah satu perkembangan teknologi yang semakin tinggi ialah menulis, menulis menjadi salah satu hal yang dimudahkan oleh perkembangan dunia teknologi dan informasi, dikarenakan untuk sekarang menjadi seorang penulis sudah tidak perlu menggunakan kertas lagi karena banyaknya platform menulis yang ada di internet saat ini.

Hadirnya berbagai platform menulis seperti Wattpad, Storial, dan lainnya dapat memudahkan akses setiap orang untuk menulis dan mempublikasikan karya mereka secara mudah dan praktis. Salah satu wadah atau platform yang akan kita bicarakan adalah Wattpad, dalam platform Wattpad banyak sekali penulis yang menuangkan ceritanya di dalam narasi platform Wattpad ini. Di dalam aplikasi Wattpad ini juga tidak hanya bisa menulis namun bisa membaca karya-karya tulisan orang lain.

Dari aplikasi Wattpad ini sudah banyak diluncurkan buku-buku yang best seller seperti Dear Nathan, Mariposa, Lukacita, dan masih banyak lainnya. Platform ini sukses membawa tulisan-tulisan indah yang hanya diupload di aplikasi menjadi sebuah buku fisik yang sukses dan menyabet gelar best seller.

Salah satu novel yang diadaptasi dari Wattpad adalah novel Nonversation karya Valerie Patkar ini. Novel ini diadaptasi dari Wattpad setelah berhasil dibaca sebanyak 3.2 juta kali dan 226 ribu voting dengan 30 bagian yang masih tersisa di aplikasi Wattpad.

Novel ini sukses melambungkan nama Valerie Patkar menjadi semakin tinggi. Novel ini menceritakan kisah cinta segitiga antara Theala, Dirga, dan Trian, yang dimana novel ini menggunakan sudut pandang ketiga orang tersebut. Tidak hanya membawa tema cinta segitiga, namun novel ini juga mengusung tema friendzone antara Dirga dan Theala.

Meski terdengar ringan, novel Nonversation yang memiliki genre romantis ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan seru. Dalam novel ini, para pembaca akan diajak masuk ke dalam cinta segitiga tersebut, dan bagaimana menyikapi masalah percintaan tersebut. Lantas, apa ya yang akan dilakukan Theala dan Dirga untuk status pertemanannya?

Apakah Theala dan Dirga akan saling mengutarakan perasaannya satu sama lain? Lalu, bagaimana dengan Trian? Jika Grameds yang penasaran tentang novel bergenre romantis ini, Grameds bisa membaca buku berjudul Nonversation karya Valerie Patkar ini untuk menemukan jawabannya. Yuk kita simak penjelasan dan review singkatnya tentang buku Nonversation karya Valerie Patkar ini.

Sinopsis Buku Nonversation Karya Valerie Patkar

 

Nonversation, sebuah novel yang menerjemahkan kata kehilangan dari perspektif seorang sahabat, pengagum, anak, dan orang tua. Bercerita tentang mereka yang sederhana namun berarti segalanya, tentang mereka yang punya kesempatan namun tak punya keberanian, dan tentang mereka yang dibutuhkan namun diam-diam juga membutuhkan.

Nonversation adalah cerita sederhana.

Sederhana yang menjadi segalanya.

Tertanda,

Audirga dan Theala.

Review Buku Nonversation

Bagaimana jadinya jika kamu terjebak dalam friendzone? Pastinya akan membuat kamu bingung untuk bersikap seperti apa terhadap teman yang kau sayangi tersebut. Hal tersebut dialami oleh Dirga dalam novel Nonversation ini.

Novel Nonversation ini menceritakan kisah friendzone antara Dirga si playboy dan Theala si cewek dingin. Novel Nonversation ini adalah novel kedua yang ditulis oleh Valerie Patkar, lagi-lagi Valerie Patkar menghadirkan novel dengan genre romantis yang dapat dibaca oleh segala kalangan.

Theala Radista Queens atau yang lebih dikenal dengan nama panggilannya, Thea. Thea merupakan seorang mahasiswi jurusan Teknik Perminyakan Fakultas Teknologi Mineral Institut Teknologi Frathur. Thea merupakan perempuan yang memiliki image dingin, judes, cuek, dan berhasil mendapatkan perhatian dari seorang seniornya yaitu Dirga.

Pada awalnya, Dirga hanya penasaran dengan sosok Thea karena cewek tersebut sangat dingin dan cuek. Hingga pada akhirnya, Dirga tidak sengaja memergoki Thea yang sedang melamun di Starbucks Cik Ditiro hampir setengah jam lamanya dengan mata yang sembab setelah ditinggal oleh seorang bapak-bapak paruh baya, yang Dirga duga adalah ayahnya. Pada saat itu, Dirga tersadar, bahwa sebenarnya, Thea tidak baik-baik saja. Thea hancur.

Perilaku Thea kembali menyebalkan ketika Thea dan Dirga berpapasan secara tidak sengaja. Dirga sudah berulang kali mengingatkan dirinya untuk tidak peduli terhadap Thea, namun tampaknya hati Dirga berkata lain dan langsung mengajak Thea untuk pergi ke Pasar Kue Subuh dengan spontan.

Malam itu di tangga Pasar Kue Subuh, Gamaliel Audirga Danuandra dan Theala Radista Queensy akhirnya mulai mengenal satu sama lain. Bahkan, Dirga mencurahkan seluruh hati dan perasaannya tentang kelemahannya dan masalah keluarga yang sedang ia alami kepada Thea.

Dimulai dari status pertemanan hingga perasaan Dirga berubah kepada Thea, perasaan yang sulit untuk dideskripsikan melalui kata-kata. Dirga dan Thea berjanji untuk bisa menyembuhkan luka bersama-sama layaknya membantu seorang teman. Tanpa disadari, salah satu dari mereka menambah lukanya sendiri karena status mereka yang hanya sebatas sahabat.

Dirga merupakan salah satu pihak yang sudah jatuh hati kepada Thea. Namun, takdir berkata lain karena Thea jatuh cinta dengan teman dekat Dirga yang bernama Trian sejak SMA. Dirga menganggap Theala segalanya saat segalanya dimata Theala hanyalah seorang Detrian Bhadrika.

Novel Nonversation ini merupakan novel bergenre romantis, novel ini tidak hanya membahas tentang kisah cinta segitiga, namun juga membahas tentang sebuah kesederhanaan, kehilangan, konflik keluarga, dan masih banyak lainnya yang mampu memberikan kesan dan pesan untuk pembacanya. Selain itu, novel ini cocok bagi para pembaca yang masih remaja karena ceritanya yang ringan dan membuat pembaca tertawa  tiap-tiap halamannya.

Lantas bagaimanakah kelanjutan cerita ini? Apa yang dilakukan oleh Dirga dan Thea? Apakah Dirga akan mengutarakan perasaannya? Apakah Thea juga merasakan hal yang sama pada Dirga? Dan bagaimana nasib Trian sebagai sosok yang dicintai oleh Thea?

Jika Grameds penasaran, Grameds bisa membaca buku Nonversation ini dan dapatkan cerita kisah tentang friendzone dan cinta segitiga yang rumit ini dari karya Valerie Patkar di Gramedia.com.

 

Profil Valerie Patkar

Valerie Patkar lahir pada tanggal 4 Februari tahun 1995 dan merupakan seorang penulis asal Indonesia. Valerie Patkar aktif menulis sejak tahun 2016. Novel pertamanya berjudul Claires adalah debutnya, dirilis pada 2018 dan berhasil meraih gelar best seller. Nonversation, karya keduanya dirilis pada 2019 dan merupakan mega best seller.

Game Over adalah bukunya yang diterbitkan pada tahun 2020. Pada tahun 2021, ia menerbitkan karya terbarunya berjudul Serangkai yang berkisah tentang penerimaan duka sebagai kekasih dan anggota keluarga. Tiga tahun berturut-turut, Valerie mendapat penghargaan khusus dari Penerbit Bhuana Ilmu Populer Kategori Buku Terlaris.

Valerie yang merupakan sarjana teknik pertambangan ini memiliki pekerjaan yang jungkir balik dari latar belakang pendidikannya. Valerie mendapatkan inspirasi dalam menulis cerita yang ia tulis dari karakter orang-orang serta lingkungan di sekitarnya.

Terkadang, Valerie juga membawa sebuah catatan kecil untuk memperhatikan dan menulis keadaan di sekelilingnya. Melalui tulisannya, Valerie percaya hal-hal kecil dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya akan menciptakan kebaikan, suara yang menenangkan, dan rumah yang nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Buku Nonversation Karya Valerie Patkar

Pros & Cons

Pros
  • Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami remaja
  • Alur ceritanya yang menarik, sehingga membuat semakin penasaran
  • Setiap bab diawali dengan quotes-quotes yang menambah kesan emosional
  • Cerita di dalam buku ini dirangkum dengan singkat dan jelas.
Cons
  • Beberapa karakter yang dihadirkan sulit untuk dipahami.

 

Novel Nonversation ini merupakan novel yang ringan dibaca bagi segala kalangan. Novel Nonversation ini juga memiliki banyak pesan yang dapat diambil bagi para pembaca. Ada banyak sekali pesan  di dalam cerita ini.

Beberapa di iantaranya adalah tentang bagaimana kita harus bisa merelakan sebuah kehilangan, bagaimana untuk bisa berdamai dengan masa lalu, dan juga tentang bagaimana untuk mendengarkan orang lain walaupun hal yang mereka bicarakan terkesan sangat sederhana.

Cerita di dalam novel ini dikemas dengan sangat baik dan juga rapi. Selain itu, karena novel ini bergenre romantis tapi ada permasalahan-permasalahan keluarganya, jadi novel ini cocok untuk bacaan young adult.

Novel yang mengusung tema friendzone dan cinta segitiga ini merupakan salah satu novel yang wajib masuk ke daftar keinginan buku kamu lho, Grameds! Buku ini juga cocok bagi Grameds yang mungkin menyukai novel bertemakan friendzone dan cinta segitiga yang didalamnya penuh dengan perasaan dan konflik yang rumit. Jika Grameds belum membaca karya dari Valerie Patkar. Novel Nonversation ini cocok sebagai awalan Grameds untuk menekuni karya-karya Valerie Patkar.

Penutup

Secara keseluruhan, novel Nonversation ini merupakan novel romantis yang ringan namun memiliki banyak pelajaran tentang percintaan dan kehidupan di dalamnya. Novel yang diadaptasi dari cerita yang dipublikasikan di Wattpad ini dan berhasil dibaca sebanyak 3.2 juta kali dan 226 ribu voting dengan 30 bagian yang masih tersisa sukses menyabet gelar best seller.

Selain itu, sang penulis yaitu Valerie Patkar berhasil mengemas cerita yang ringan ini dengan gaya bahasa yang mudah dipahami serta berbagai quotes-quotes yang dapat membuat novel ini semakin lebih menarik.

Itulah sedikit penjelasan dan review singkat tentang buku Nonversation Karya Valerie Patkar. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman lebih dalam terkait buku-buku bergenre romantis dan young adult. Apabila Grameds tertarik untuk membaca dan membeli buku ini, Grameds bisa membeli bukunya di gramedia.com.

Karena sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan beragam buku menarik dan berkualitas untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

Penulis: Sabrina Gasella Ghaisani

Sumber Artikel:

  • https://www.goodreads.com/book/show/44279859-nonversation?from_search=true&from_srp=true&qid=T7GsHW1eDq&rank=1
  • https://www.kompasiana.com/auliafauziah/5e2c68bfd541df75f81bd373/resensi-novel-nonversation?page=all&page_images=1
  • https://ilhaamramadhan22.blogspot.com/2019/12/resensi-novel-noversation.html
  • https://youneedsomebreaks.blogspot.com/2022/02/cinta-segitiga-friendzone-di.html

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy dan website saya luvne.com