in ,

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat: Agar Ibadah Makin Khusyuk!

unsplash.com

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat – Ibadah menurut para ulama fiqih merupakan suatu bentuk pekerjaan yang bertujuan untuk mendapatkan ridha dari Allah SWT dan mendambakan pahala dari Allah SWT di akhirat. Pengertian ibadah dalam Islam bukan semata-mata karena Allah SWT, tetapi manusia dan jin lah yang membutuhkan ibadah kepada Tuhannya. Mereka yang menolak atau tidak berupaya menjalankan ibadah memiliki sebutan orang-orang sombong.

Dalam ajaran Islam, ada jenis ibadah yang sangat utama di mata Allah SWT. Rasulullah menjelaskan ibadah ini dalam hadits yang diceritakan oleh sahabatnya Abdullah Ibnu Mas’ud RA, yang berbunyi:

Artinya: “Aku bertanya kepada Nabi SAW , ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah?’ Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku (Abdullah bin Mas’ud) mengatakan, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, ‘Lalu apa lagi?’ Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allâh.” (HR Bukhari).

Ibadah shalat adalah ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Islam dan tidak boleh ditinggalkan. Shalat menurut bahasa disebut dengan ‘az-zikr’ yang berarti mengingat. Makna shalat secara istilah yang dijelaskan oleh para ulama adalah sebuah perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Shalat merupakan bagian dari rukun Islam yang wajib umat muslim penuhi setelah syahadat. Karena termasuk ke dalam rukun Islam, maka umat muslim wajib mengetahui tuntunan shalat yang tepat. Ibadah shalat menunjukkan bahwa kita sebagai umat muslim taat kepada Allah SWT. Di dalam shalat juga terdapat zikir serta doa yang dipanjatkan ketika menghadap Allah SWT, agar zikir serta doa yang dipanjatkan tepat, kamu bisa membacanya di buku-buku tuntunan shalat.

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

1. Tuntunan Lengkap Shalat Wajib, Sunah, Doa, dan Dzikir

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Shalat tepat pada waktunya memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, penjelasan mengenai keistimewaan shalat ini dibahas dalam buku Tuntunan Lengkap Shalat Wajib, Sunah, Doa, Dan Dzikir. Buku ini menjadi rekomendasi buku tuntunan shalat yang harus kamu baca karena buku ini juga menjelaskan cara menjalankan ibadah yang sunah dan berzikir yang khusyuk.

Buku ini juga berisi bacaan shalat yang sangat bervariasi. Selain penjelasan detail tuntunan shalat, buku tuntunan shalat ini juga memberitahukan kesalahan-kesalahan yang bisa terjadi dalam shalat. Buku tuntunan shalat ini juga menyediakan gambar gerakan shalat dalam bentuk video yang bisa kamu lihat melalui handphone. Jadi setiap gerakan shalatnya menjadi lebih detail.

2. Belajar Menunaikan Salat Lima Waktu Sesuai Tuntunan Rasulullah

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Penjelasan mengenai keutamaan serta tuntunan shalat sesuai dengan tuntunan shalat Rasulullah dibahas lengkap dengan pemaparan yang sederhana dan mudah dicerna terdapat dalam buku Belajar Menunaikan Salat Lima Waktu Sesuai Tuntunan Rasulullah.

Buku ini berisi panduan shalat 5 waktu sesuai dengan hadits sahih. Buku ini menjadi rekomendasi buku tuntunan shalat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin memantapkan ibadah shalat wajib yang akan mengisi hari-hari, sampai akhirnya kita nantinya menemukan hakikat dari keindahan jalinan komunikasi batin kepada Allah SWT.

3. Sifat Wudu Dan Shalat Nabi Ala Mazhab Syafi`I

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Penjelasan mengenai rukun shalat, dijabarkan secara lengkap dalam buku Sifat Wudu Dan Shalat Nabi Ala Mazhab Syafi`I. Buku ini hadir sebagai fiqih shalat yang berdasarkan pada mazhab Syafi’i yang sudah ditulis oleh para ulama Syafi’i dalam kitab-kitab fiqih mereka.

Di Indonesia, tata cara dalam shalat memang mayoritas mengacu pada mazhab Syafi’i. Imam Syafi’i sendiri memiliki kedudukan yang sangat mulia di hati kamu muslim di Indonesia.

Di dalamnya juga memuat tata cara wudhu dan tayamum, tata cara shalat, dan kesalahan yang biasa dilakukan dalam shalat. Juga terdapat dalil, penjelasan, serta praktik shalat, baik fardhu maupun sunah.

Buku ini juga menyajikan Musnad Syafi’i (kitab hasits Imam Syafi’i) bab shalat, serta matan taqrib karya dari Imam Abu Syuja’ bab shalat. Buku ini menjadi rekomendasi buku tuntunan shalat yang lengkap untuk kamu yang ingin membetulkan ibadah shalatmu.

4. Tuntunan Shalat Lengkap + Terjemah Perkata Bacaan Shalat

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Dalam buku Tuntunan Shalat Lengkap +Terjemah Perkata Bacaan Shalat dijabarkan secara lengkap tentang tata cara bersuci sebelum ibadah, tata cara shalat wajib maupun shalat sunah, doa dan zikir setelah shalat, sampai persoalan seputar shalat yang mungkin masih jadi tanda tanya untuk kamu, berupa:

  1. Bagaimana cara menunaikan shalat dalam keadaan mengemudi di jalan dan kondisi jalanan yang macet total, sedangkan waktu shalat sebentar lagi akan berakhir.
  2. Bagaimana cara menunaikan ibadah shalat kalau kita sedang berada di sutu tempat, lalu kita tidak mengetahui arah kiblatnya dan tidak ada tanda atau alat untuk mengetahui arah kiblat.
  3. Bagaimana cara kita menunaikan shalat, apabila kita sedang berada di suatu tempat yang tidak memiliki toleransi untuk kita mengerjakan shalat
  4. Apa yang seharusnya kita lakukan jika saat shalat kita merasa ragu, apakah kita masih suci atau sudah batal?
  5. Apakah diperbolehkan kita shalat sambil menggendong anak?

Nah, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab dan dibahas secara tuntas di buku ini. Oleh karena itu, buku ini menjadi salah satu rekomendasi buku tuntunan shalat untuk kamu.

5. Tuntunan Mudah Menghafal Bacaan Shalat Plus Juz Amma

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Menghafalkan bacaan shalat, serta doa-doa zikir bagi sebagian umat muslim bukanlah perkara yang mudah karena banyak sekali yang harus dihafalkan. Penggunaan bahasa Arab mungkin menjadi salah satu kendala yang membuat sebagian atau lebih dari kita kaum muslim yang enggan menyempurnakan shalatnya.

Nah, buku ini hadir untuk memudahkan kita dalam menghafal bacaan shalat untuk menyempurnakan ibadah bagi kaum muslimin. Buku ini berfokus pada ejaan lafaz dalam bentuk latin, sehingga buku ini mudah untuk dipahami. Dengan begitu dapat membantu pembaca untuk menghafal shalat, zikir, doa, shalawat, serta juz amma secara cepat dan mudah.

Dalam buku ini juga terdapat shalawat dan berbagai doa pendek yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, agar ibadah yang dilakukan menjadi sempurna dan mendapat ridha dari Allah SWT. Rekomendasi buku tuntunan shalat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menyempurnakan ibadah shalat dan memperoleh ridha dari Allah SWT.

6. Tuntunan Lengkap Salat untuk Anak

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Rekomendasi buku tuntunan shalat yang selanjutnya adalah untuk anak. Buku tuntunan shalat ini berisi tuntunan lengkap shalat 5 waktu untuk anak. Mulai dari tata cara berwudhu, urutan shalat, sampai hal-hal yang bisa membatalkan shalat. Dilengkap dengan ilustrasi adegan shalat yang memudahkan anak untuk mencontohnya.

Selain dilengkapi dengan ilustrasi adegan shalat, terdapat juga cerita hikmah, permainan ular tangga, dan kalender praktik selama 30 hari. Dengan begitu, anak tidak hanya sebatas membaca atau memahami isi dari bukunya saja, tetapi bisa langsung mempraktikannya juga di rumah.

7. Tuntunan Shalat Lengkap For Kids 13 In 1

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Masih rekomendasi buku tuntunan shalat untuk anak, sesuai judulnya, buku Tuntunan Shalat Anak Lengkap 13 in 1 berisi panduan praktis shalat secara lengkap untuk anak-anak. Buku ini dapat membantu para orangtua dalam mengajarkan anak shalat dengan cara yang lebih menyenangkan, mudah, dan tidak membosankan. Materi di dalam buku ini juga berisi tentang pengetahuan Islam berupa rukun Islam, rukun iman, asmaul husna, serta kumpulan doa-doa dalam al-Quran.

8. Tuntunan Shalat Lengkap Disertai Juz ‘Amma

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat

Rekomendasi buku tuntunan shalat ini sangat lengkap. Diawali dengan pembahasan mengenai rukun Islam, rukun iman, dan hukum Islam. Kemudian pada bab selanjutnya membahas tentang bersuci, mulai dari makna bersuci, macam-macam najis, lalu cara bersuci yang benar.

Buku ini dilengkapi juga bacaan adzan dan iqomah. Lalu materi utamanya yaitu semua yang berkaitan tentang shalat, mulai dari definisi shalat, bacaan dalam shalat, semua gerakan shalat. Tidak ketinggalan juga dilengkap dengan bacaan shalat sunah, juga shalat lainnya seperti shalat jenazah. Buku ini sangat lengkap dan sangat cocok untuk dijadikan rekomendasi buku tuntunan shalat.

Keutamaan Menjalankan Shalat

Rekomendasi Buku Tuntunan Shalat
unsplash.com

Tuntunan shalat memang perlu diketahui oleh setiap umat muslim agar dapat menjalankan ibadah shalat wajib dengan baik dimulai dari niat hingga tahiyat terakhir. Shalat wajib merupakan ibadah yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim yang sudah balig dan berakal. Shalat wajib juga sudah ditentukan waktunya.

Shalat adalah sebuah bentuk permohonan atas perkara-perkara penting dan pencegahan dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar. Shalat juga penyebab dihapuskannya kesalahan dan penolakan dari segala keburukan. Berikut keutamaan menjalankan ibadah sholat:

1. Allah mencintai perbuatan shalat tepat waktu

Allah sangat menyukai hamba-Nya yang menyegerakan shalat. Shalat tepat waktu juga menjadi pertanda kecintaan umatnya terhadap Allah SWT. Karena, itu berarti kita akan terus mengingat dan mengutamakan panggilan Allah SWT.

2. Mendapat tempat di surga

Bagi umat muslim yang senantiasa shalat tepat waktu akan mendapatkan surga sebagai ganjarannya. Allah SWT tidak akan pernah mengingkarinya. Untuk itu, sebagai seorang muslim sudah sepatutnya melaksanakan shalat dengan tepat waktu.

3. Diampuni segala dosa-dosanya seperti daun yang berguguran

Rasulullah pernah bersabda bahwa orang yang menjalankan shalat tepat waktu, maka segala dosanya akan diampuni oleh Allah SWT seperti daun-daun yang berguguran dari pohonnya. Begitu mulianya keutamaan melaksanakan ibadah shalat tepat waktu. Betapa Allah SWT sangat amat mencintai hamba-Nya yang senantiasa menyegerakan shalat, salah satunya dengan diampuni dosa hamba-Nya layaknya daun yang berguguran.

4. Hati menjadi tenang

Shalat merupakan penyejuk hati, penghibur, serta penenang jiwa. Shalat adalah zikir, dan dengan berzikir kepada Allah SWT, hati pun akan menjadi lebih tenang. Shalat adalah sebuah interaksi antara seorang hamba dengan Tuhannya. Seorang hamba yang berdiri di hadapan Tuhannya dengan penuh ketundukan, perendahan diri, bertasbih dengan memuji-Nya, mengagungkan Allah baik dengan perkataan ataupun perbuatan.

5. Mendapat sembilan macam kemuliaan

Mengerjakan shalat tepat waktu akan mendapatkan 9 macam kemuliaan, yaitu dicintai oleh Allah SWT, badannya selalu diberi kesehatan, keberadaannya yang selalu dijaga oleh malaikat, rumahnya akan diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang yang shaleh, hatinya dilembutkan oleh Allah SWT, dipermudah saat ia akan menyeberang jembatan di atas neraka, juga akan diselamatkan dari api neraka dan Allah akan menempatkannya di surga.

Shalat bukan hanya dijadikan sebagai sebuah ritual keagamaan saja, tetapi juga menjadi kebutuhan. Suatu kebutuhan yang mampu membuat orang-orang yang melaksanakannya secara rutin dan konsisten akan merasa hampa jika kehilangan satu waktu saja dari shalatnya.

Sebelum melaksanakan shalat lima waktu, umat muslim juga perlu mengetahui syarat dan rukun shalat. Berikut tuntunan shalat mulai dari syarat shalat dan rukun shalat.

Syarat sah shalat:

  1. Beragama Islam.
  2. Sudah baligh dan memiliki akal.
  3. Suci dari hadast kecil maupun besar.
  4. Suci seluruh anggota badan, pakaian, serta tempat.
  5. Menutup aurat (aurat perempuan seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, dan aurat laki-laki dari pusat sampai lutut.
  6. Sudah memasuki waktu shalat
  7. Menghadap kiblat
  8. Mengetahui perbedaan rukun dan sunah

Rukun shalat:

  1. Berdiri bagi yang mampu
  2. Mengucapkan niat di dalam hati
  3. Mengucapkan takbiratul ihram (pada takbir pertama)
  4. Membaca surat Al-Fatihah di setiap rakaat
  5. Rukuk dan tumaninah
  6. Membaca i’tidal setelah rukuk dan tumaninah
  7. Sujud dua kali
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Duduk tasyahud akhir
  10. Membaca doa tasyahun akhir
  11. Membaca shalawat Nabi di tasyahud akhir
  12. Salam

Ketepatan waktu serta bersuci sebelum menjalankan ibadah shalat menjadi hal penting. Dalam suatu hadist, Rasulullah berkata “kunci shalat itu adalah bersuci…” (HR. Tirmidzi, Ibn Majah, al-Darimi, dari Ali bin Abi Thalib). Islam telah mewajibkan umatnya untuk bersuci agar terhindar dari segala kotoran.

Waktu Mengerjakan Shalat

1. Shalat subuh

Shalat subuh adalah shalat yang dimulai saat munculnya matahari di ufuk timur. Shalat subuh berjumlah 2 rakaat.

2. Shalat dzuhur

Shalat dzuhur berjumlah 4 rakaat. Shalat dzuhur dilaksanakan saat matahari di tengah-tengah langit sampai bayangan sebuah benda sama panjangnya dengan benda tersebut.

3. Shalat ashar

Shalat asar dilakukan setelah shalat dzuhur dan berakhir sampai tenggelamnya matahari. Jumlah shalat dzuhur terdiri dari 4 rakaat.

4. Shalat magrib

Salat magrib dilakukan setelah shalat ashar, byaitu saat matahari terbenam sampai hilangnya awan senja merah. Shalat maghrib berjumlah 3 rakaat.

5. Shalat Isya

Shalat isya menjadi shalat terakhir dalam satu hari. Shalat ini dilaksanakan mulai dari terbenamnya syafaq sampai terbitnya matahari. Shalat isya berjumlah 4 rakaat.

Tata Cara Bersuci

1. Mandi junub

Mandi junub atau mandi wajib adalah syarat mutlak ketika bersuci. Dalam thaharah yaitu mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ini merupakan cara untuk membersihkan tubuh dari segala jenis kotoran di tubuh.

2. Berwudhu

Berwudhu adalah cara bersuci yang wajib dilakukan oleh seorang muslim ketika hendak melaksanakan ibadah shalat. Sebab, berwudhu adalah syarat sah atau tidaknya shalat seseorang.

3. Tayamum

Tayamum merupakan cara bersuci yang menggantikan mandi dan wudhu, apabila kita berada dalam kondisi tidak ada air.

Itulah beberapa rekomendasi buku tuntunan shalat yang bisa #SahabatTanpaBatas pelajari untuk memperbaiki ibadah shalat. Semua rekomendasi buku tuntunan shalat ini bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com. Bersama Gramedia, kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca agar semakin tahu banyak mengenai ibadah wajib dan sunah yang bisa kamu kerjakan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

BACA JUGA:

  1. 13 Rukun Shalat Sesuai Tuntunan Rasulullah
  2. Rukun Wudhu: Syarat Wajib dan Fakta Unik Wudhu
  3. Tata Cara Berwudhu Beserta Niat dan Doanya
  4. Tata Cara Sholat Dhuha: Keutamaan dan Doa Setelah Sholat Dhuha
  5. Memahami Keutamaan dan Hikmah Shalat Jumat
  6. Rekomendasi Buku Islami untuk Panduan Hijrah Menuju Lebih Baik
  7. 10 Rekomendasi Buku Ceramah Islami Spesial 2022
  8. Rekomendasi Novel Islami Romantis Terbaik

Written by Ananda