in

Profil Jusuf Hamka: Pengusaha Muslim Tionghoa yang Sangat Dermawan

Jusuf Hamka adalah seorang pengusaha di bidang konstruksi, terutamanya pada pembangunan jalan tol. Dirinya merupakan pemegang saham mayoritas di PT Citra Marga Nusaphala Persada yang mengoperasikan sejumlah jalan tol besar di Indonesia. Nama Jusuf Hamka kerap kali disebut warganet sebagai sosok crazy rich sejatinya.

Kekayaan Jusuf Hamka yang banyak, tetapi tetap tidak membuat dirinya suka pamer di sosial media. Dengan kekayaan yang cukup banyak, Jusuf Hamka selalu menampilkan kesederhanaan. Dirinya memiliki motto yang ditulisnya di media sosial, yakni banyak duit jangan sombong, gak banyak duit jangan bohong, gak punya duit jangan nyolong.

Profil Jusuf Hamka

Jusuf Hamka memiliki nama lengkap bernama Mohammad Jusuf Hamka atau dikenal juga dengan nama Babah Alun. Jusuf Hamka adalah pria kelahiran 5 Desember 1957 di Jakarta. Dirinya merupakan seorang pengusaha muslim Tionghoa di Indonesia.

Jusuf Hamka juga pernah menjadi bendahara tim kampanye nasional Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada Pemilu tahun 2019. Jusuf juga pernah menjadi staf khusus menteri sosial Gumiwang Kartasasmita.

Dirinya memeluk agama Islam ketika bertemu Buya Hamka di umur 23 tahun, pada tahun 1981. Waktu itu, Jusuf melihat ada orang Islam dan disyahadatkan di Masjid Al-Azhar. Lalu, alun langsung kesana bertemu dengan ustaz Zaini, merupakan sekretaris Masjid Agung Al-Azhar dan menyatakan niatnya untuk masuk Islam.

Kemudian, dia dibawa kerumah Buya Hamka di Jalan Raden Fatah. Di bawah bimbingan Buya, dirinya pun mengungkapkan dua kalimat syahadat dan namanya diganti oleh Buya Hamka menjadi Jusuf Hamka.

Jusuf menjadi seorang mualaf tanpa penolakan keluarga. Dia tumbuh dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa yang cukup terpelajar. Orang tua Jusuf Hamka termasuk golongan moderat. Di mana, ayahnya bernama Dr. Joseph Suhaimi, S.H atau dikenal juga dengan nama Jauw To Tjiang merupakan seorang dosen Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, dan ibunya bernama Suwanti Suhaimi atau dikenal juga dengan nama Siaw Po Swan, merupakan seorang guru.

Masa Kecil dan Pendidikan Dari Jusuf Hamka

kompas.com

Jauh sebelum menjadi pengusaha sukses seperti saat ini, Babah Alun atau akrab disapa Jusuf Hamka sudah menjalani hidup yang keras sejak kecilnya. Dirinya menghabiskan masa kecilnya di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Sepulang sekolah, dia juga seringkali menghabiskan waktunya untuk berjualan keliling seiring hidup pas-pasan.

Semua jenis makanan, mulai es Mambo sampai dengan kacang-kacangan yang dibungkus menggunakan plastik pernah dijualnya di sekitar Masjid Istiqlal. Pendapatannya dari jualan keliling ini berkisar dari Rp 100.000.

Ketika mulai beranjak dewasa, pria keturunan dari Tionghoa ini melanjutkan pendidikannya di sejumlah perguruan tinggi, akan tetapi tidak diselesaikan. Jusuf Hamka mengakui tidak menyelesaikan kuliah sebab tidak suka dengan formalitas.

Jusuf Hamka merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945. Tidak hanya di situ, ia juga menyelesaikan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Bisnis Administrasi Columbia College, Kanada, hingga Administrasi Negara Fisip Universitas Jayabaya.

Perusahaan Jusuf Hamka

Jusuf Hamka adalah seseorang yang dikenal sebagai raja jalan tol. Sebab sebagian besar usahanya bergerak dibidang jalan tol lewat PT Citra Marga Nusaphala Persada.

Di mana, jabatan Jusuf Hamka ada di beberapa perusahaan. Dengan diantaranya, yaitu Komisaris Utama PT Mandiri Permai, Komisaris Independen PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, Komisaris PT Citra Margatama Surabaya, dan komisaris PT Mitra Kaltim Resource Indonesia.

Berikut ini merupakan beberapa ruas jalan tol yang dikelola oleh perusahaan Jusuf Hamka, antara lain:

1. Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang Tanjung Priok

Jusuf Hamka merupakan seorang pemilik konsesi yang membentang mulai dari ruas Tol Cawang – Tanjung Priok atau jalan tol Ir. Wiyoto Wiyono. Ruas Tol Ir. Wiyoto Wiyono ini yaitu ruas tol pertama yang memakai sistem layak dengan teknik Sosrobahu di Indonesia. Jalan tol ini mempunyai panjang hampir mencapai 25 km yang melintang dan melewati wilayah Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Pusat.

2. Ruas Tol Pelabuhan

Ruas tol pelabuhan dari Jusuf Hamka ini meliputi mulai dari ruas tol lanjutan tol Ir. Wiyoto Wiyono dengan panjangnya yaitu 13 km yang dapat melintasi Jakarta Utara. Ruas tol pelabuhan yang telah beroperasi ini rencananya akan disambung dengan tol pelabuhan II yang dibangun oleh Jusuf Hamka. Ruas Tol Pelabuhan ini juga seringkali disebut dengan sebutan yakni Tol Ancol atau Tol Pluit.

3. Ruas Tol Depok – Antasari 

Ruas tol Depok – Antasari juga menjadi bagian dari kepemilikan Jusuf Hamka lewat entitasnya di PT Citra Waspphutowa. Jalan tol satu ini kerap kali dikenal dengan sebutan jalan tol Andara. Dimana, jalan tol ini sendiri mempunyai panjang kurang lebih 21 km dan menjadi salah satu ruas yang nantinya akan tersambung secara langsung sampai ke kabupaten Bogor atau ruas JORR II yang sedang dalam tahap konstruksi.

4. Ruas Jalan Tol Bogor Outer Ring Road

Tak hanya yang telah disebutkan diatas saja, Jusuf Hamka juga mempunyai konsesi ruas tol Bogor Outer Ring Road yang mempunyai panjang kurang lebih 11 km. Dengan jumlah investasi dari ruas tol Bogor Outer yang mencapai 1,6 triliun dan sudah selesai pada tahun 2009.

5.  Ruas Tol Soreang – PasirKoja

Jalan tol terpanjang yang dipunyai Jusuf Hamka mempunyai panjang dengan jumlah 10,55 km dan berkelanjutan menuju ke kota Bandung dengan kabupaten Bandung. Ruas tol Soreang ini sudah beroperasi mulai tahun 2017 dan mempunyai akses yang sangat luar biasa mudah.

6. Ruas Tol Waru – Juanda

Seperti tak ada habisnya, Jusuf Hamka juga mempunyai ruas jalan tol di daerah Jawa Timur. Dirinya mempunyai konsesi jalan tol Waru-Juanda sebesar 96.83% yang menjadi akses utama dari Bandar Udara Juanda, Surabaya. Selain Bandar Udara, ruas tol satu ini juga menghubungkan kawasan Industri Rungkut dan mempunyai panjang sekitar 12 km.

7. Ruas Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan

Melalui PT Citra Karya Jabar, Jusuf Hamka menguasai konsesi lahan sebanyak 52% di ruas tol sepanjang hampir 60 km. Jalan tol Cisumdawu ini akan segera selesai pada awal Tahun 2022 sebab masih mengalami kendala pembebasan lahan.

Kekayaan Jusuf Hamka

Nama Jusuf Hamka banyak dikenal warganet sebagai susu crazy rich sejatinya. Kekayaan Jusuf Hamka yang sangat melimpah tak menjadikan dirinya suka kamu di media sosial dengan membeli barang-barang mewah. Namun, justru dia dikenal sebagai sosok rendah hati.

Pada tahun 2008, dia juga sempat menjadi sorotan sebab menjual nasi kuning beserta lauk pauknya dengan harga berkisar 3000 per porsinya. Nasi kuning tersebut dijualnya di sebuah tenda bernama warung nasi kuning podjok halal. Dia juga menyerahkan 10 hektar tanah miliknya sebagai lokasi pemakaman jenazah pasien covid.

Kekayaan Jusuf Hamka tersebut berasal dari bisnisnya di bidang jalan tol. Jusuf Hamka adalah pemegang saham mayoritas di PT Citra Marga Nusaphala Persada yang mengoperasikan sejumlah jalan terbesar di Indonesia.

Jusuf Hamka mampu mengatasi berbagai proyek pekerjaan sampai menelan biaya 25 triliun. Dia juga dikenal sebagai pemilik jalan tol swasta terpercaya, yaitu PT CMNP. Sekarang ini, PT CMNP sedang mengerjakan proyek Barbour Road 2 di Jakarta senilai 16 triliun dan NS LINK di Bandung senilai 9 triliun dengan jumlah keseluruhan sebanyak 25 triliun.

Jusuf Hamka mengatakan bahwa bisnis jalan tol wajib mempunyai modal yang sangat banyak. Hal itu karena, 1 km jalan tol biayanya dapat mencapai 700 miliar.

Kekayaannya tersebut juga dipakai Jusuf Hamka guna mengoleksi mobil mewah. Seperti, mobil SUV Premium Audi Q7 yang dibeli oleh Jusuf Hamka dengan harga bernilai 2 miliar di tahun 2015. Selain itu, Jusuf Hamka juga mengoleksi mobil SUV Premium Audi E4 dengan harga bernilai 1,25 miliar.

Tak hanya sampai di situ saja, Jusuf Hamka juga memiliki Rolls Royce Phantom dengan harga berkisar 7,5 miliar dan Hummer H3 dengan harga mencapai 1,5 miliar. Serta Range Rover 5000 cc yang dibeli dengan harga berkisar 3 miliar.

Silsilah Keluarga Jusuf Hamka

Adapun silsilah keluarga Jusuf Hamka, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berdarah Tionghoa

Sebagai seorang yang berasal dari keluarga tionghoa yang cukup terpelajar, Jusuf Hamka tumbuh dan besar dengan cukup mengesankan. Nama asli dari Jusuf Hamka saat lahir bernama Alun Joseph. Ayahnya bernama Dr. Joseph Suhaimi atau dipanggil dengan nama Jauw To Tjiang, adalah seorang dosen dari Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan Ibunya bernama Suwanti Suhaimi atau dipanggil juga dengan nama Siaw Po Swan. Dia adalah seorang guru.

2. Diangkat Menjadi Anak Ulama Besar Indonesia Buya Hamka

Jusuf Hamka mulai memeluk agama Islam ketika bertemu Buya Hamka di umurnya yang menginjak 23 tahun pada tahun 1981. Saat mualaf Jusuf Hamka pun langsung diangkat sebagai anak oleh ulama besar Indonesia yaitu Buya Hamka.

Orang tuanya yang moderat tidak pernah melarang Jusuf Hamka untuk memeluk agama Islam. Bahkan, orang tuanya berujar supaya Jusuf Hamka menjadi muslim yang baik. Dimana, Jusuf Hamka tidak secara langsung pemeluk agama Islam ketika meminta izin kepada orang tuanya. Barulah satu tahun kemudian dirinya melaksanakan niat tersebut untuk menjadi muslim.

3. Menikahi Lena Burhanudin

Jusuf Hamka mempunyai seorang istri bernama Lena Burhanudin. Menurutnya, sang istri merupakan malaikat dalam hidupnya sebab sosoknya yang paling pengertian dan mampu menerima Jusuf Hamka apa adanya.

Saat terjadinya krisis di tahun 1998, Jusuf Hamka mengalami kerugian jutaan dolar hingga dirinya melamun sampai meneteskan air liur. Namun istrinya datang memeluknya dan menenangkannya.

4. Memiliki 3 (tiga) Anak

Dari pernikahannya dengan Lena Burhanudin, Jusuf Hamka dikaruniai tiga orang anak bernama Fitria Yusuf, Feisal Hamka, dan Farid Hamka. Menariknya Jusuf Hamka mengamanahkan anaknya guna membangun 1.000 masjid.

Dengan salah satu masjid yang didirikannya yaitu Masjid Babah halun yang berada di bawah jalan tol Ir Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tentang Istri Jusuf Hamka

Lena Burhanudin adalah istri dari Jusuf Hamka. Suaminya adalah seorang pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). Dimana, perusahaan ini diketahui berperan di bidang pembangunan jalan tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km. Sosoknya merupakan salah satu pengusaha terkaya di Indonesia yang berbisnis di bidang jalan tol.

Jusuf Hamka juga menjadi pendiri warung nasi kuning untuk kaum duafa. Pria yang akrab disapa dengan nama Alun Josef ini juga mendirikan masjid Babah Alun dibawah jalan tol Ir. Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Lena Burhanudin dan Jusuf Hamka dikaruniai tiga orang anak bernama Fitria Yusuf, Feisal Hamka, dan juga Farid Hamka. Menjadi seorang istri dari bos jalan tol ini tidak membuat Lena hidup dengan bermegahan, dirinya tetap mempunyai kebiasaan hidup yang dapat dikategorikan sederhana. Berikut sekilas profil dari Lena Burhanudin, merupakan istri dari Jusuf Hamka.

Istri Jusuf Hamka ini mempunyai nama lengkap bernama Lena Burhanudin. Lena Burhanudin memiliki penampilan yang santai, dengan bergaya seperti anak muda. Walau, Lena Burhanuddin merupakan seorang istri dari pengusaha dan salah satu konglomerat di Indonesia.

Lena Burhanuddin justru tetap tampil berbeda dari kesan perempuan lainnya yang memiliki penampilan glamor. Selain itu, istri Jusuf Hamka ini juga memiliki kegemaran traveling atau berpergian jauh.

Lena Burhanudin juga memiliki peran sentral, terutamanya di PT Citra Margatama Nusaphala Persada (CMNP) Tbk. Lalu, di tanggal 22 Juli 2021, dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) menunjuk Lena Burhanudin sebagai komisaris Independen.

Fakta Tentang Anak Jusuf Hamka Fitria Yusuf

Nama Fitria Yusuf mungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Wajar saja sebab Fitria Yusuf memang bukanlah seorang yang berkarier di dunia hiburan tanah air. Akan tetapi, dirinya merupakan seorang pengusaha sukses.

Selain dikenal sebagai seorang pengusaha sukses, Fitria Yusuf adalah putri dari pengusaha Jusuf Hamka atau yang akrab dipanggil Babah Alun. Sosoknya merupakan seorang muslim Tionghoa yang dikenal dermawan.

Fitria Yusuf sebelumnya adalah seorang non muslim dan memutuskan menjadi seorang mualaf. Dia kemudian menikah dengan seorang pria keturunan Iran. Nah, penasaran bagaimana fakta selengkapnya? Yuk ketahui penjelasannya dibawah ini.

1. Putri Jusuf Hamka

Bagi yang masih asing dengan nama Fitria Yusuf, dia adalah salah satu putri dari pengusaha sukses bernama Muhammad Jusuf Hamka atau disebut juga Babah Alun. Dimana, Jusuf Hamka adalah seorang Tionghoa yang memilih menjadi mualaf di umurnya yang baru menginjak 23 tahun.

2. Mualaf Sejak Tahun 2020

Fitria Yusuf mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang mualaf. Dimana, Fitria Yusuf menjadi mualaf di tahun 2020 lalu. Fitria Yusuf mengucapkan dua kalimat syahadat tepat di Masjid Lautze dengan dibimbing oleh ustadz bernama Zaitun Rasmin dari Majelis Ulama Indonesia.

3. Model dan Pengusaha

Tak cuma menjadi putri dari pengusaha sukses saja, Fitria Yusuf juga menjadi seorang pengusaha sukses pula. Usahanya yang bergerak di bidang pembangunan infrastruktur publik, yakni jalan tol. Tak cuma sampai disitu saja, Fitria Yusuf juga dikenal menjadi seorang model. Dia seringkali melakukan pemotretan dan mengunggah ke akun sosial media Instagram.

4. Asmara

Selain memiliki penampilan cantik dan sukses dalam hal karir, hubungan asmara Fitria Yusuf juga terbilang sukses. Dia kini sudah menikah dan melalui mahligai rumah tangga yang bahagia dengan seorang pria keturunan Iran yang memiliki nama Wakid Khalid. Suaminya tersebut bukanlah orang biasa melainkan seorang pengusaha sukses. Keduanya resmi menikah pada Mei tahun 2020.

Demikian informasi mengenai Jusuf Hamka yang sosoknya sangat sederhana, rendah hati, meski memiliki kekayaan berlimpah. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi pembacanya. Serta diharapkan para pembaca bisa menerapkan sifat baik dari Jusuf Hamka.

Jika ingin mencari buku tentang biografi dari seorang tokoh, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Umam

Sumber: 

https://katadata.co.id/redaksi/ekonopedia/62b53e2f93d2d/jusuf-hamka-si-crazy-rich-raja-jalan-tol-yang-dermawan

https://artikel.rumah123.com/7-kompilasi-daftar-jalan-tol-milik-jusuf-hamka-total-asetnya-capai-rp15-triliun-118155

https://www.rctiplus.com/news/detail/seleb/2919826/silsilah-keluarga-jusuf-hamka-bos-jalan-tol-keturunan-china-yang-amanahkan-sang-anak-bangun-1000-masjid

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy