in

9 Arti Mimpi Dikejar Hantu, Menjadi Pertanda Baik atau Buruk?

Sumber: Pixabay

Mimpi Dikejar Hantu – Mimpi sebagai suatu gambaran, pikiran, serta emosi yang kemudian dialami oleh seseorang selama tidur. Biasanya, mimpi ini kemudian terjadi di tahap tidur REM (rapid eye movement), yaitu pada sebuah tahapan tidur yang akan membuat nafas menjadi lebih cepat atau tidak teratur, sedangkan mata mulai bergerak ke segala arah dengan cepat. Tahapan tidur ini kemudian pertama-tama terjadi kurang lebih satu setengah jam setelah seseorang tidur.

Terkadang, mimpi yang kamu rasakan juga akan terasa sangat emosional, samar, singkat, membingungkan, menyenangkan, atau bahkan sangat menakutkan. Tak hanya itu, mimpi biasanya juga ada yang memiliki alur cerita yang dapat dipahami atau juga memiliki alur yang absurd serta tidak masuk akal sama sekali.

Fenomena mimpi yang terjadi seperti ini kemudian disebabkan oleh pikiran-pikiran yang diatur oleh pusat emosional otak, bukan hanya pada wilayah otak yang berhubungan dengan sesuatu yang logis.

Selain itu, terdapat pula model aktivasi-sintesis mimpi yang merupakan teori dari J. Allan Hobson serta Robert McCarley. Menurut mereka, sirkuit otak aktif selama tidur REM, sehingga dapat memicu amigdala serta hipokampus untuk membuat serangkaian impuls listrik. Kombinasi tersebut akan menghasilkan pikiran, gambar, dan ingatan acak yang muncul saat seseorang sedang tidur.

Salah satu mimpi buruk adalah bermimpi dikejar hantu. Benar sekali, ketika mimpi seperti ini, pastinya kita akan merasa takut. Namun, terkadang mimpi dikejar hantu tak selamanya berarti buruk. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang arti mimpi dikejar hantu, tetapi sebelum itu kita akan membahas lebih dulu tentang mimpi buruk.

Tentang Mimpi Buruk

mimpi dikejar hantu
Sumber: Pixabay

Mimpi buruk merupakan suatu mimpi yang menyebabkan seseorang merasa cemas ataupun takut. Selain itu, mimpi buruk juga sering kali membuat penderitanya terbangun dari tidur. Bahkan, kondisi ini juga dapat dialami oleh semua kelompok usia, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Tidur terbagi dalam dua fase, yaitu fase non-REM (non-rapid eye movement) serta fase REM (rapid eye movement). Siklus tidur ini kemudian diawali dengan fase non-REM dan diikuti dengan fase REM, dimana masing-masing fase berlangsung selama 90–100 menit.

Mimpi buruk biasanya terjadi pada fase REM, yaitu antara tengah malam hingga menjelang pagi hari. Mimpi buruk, atau biasa disebut juga sebagai nightmares atau parasomnia adalah kondisi yang yang bisa dibilang umum terjadi dan bisa dialami oleh hampir semua orang. Namun, dalam beberapa kasus, mimpi buruk juga bisa menjadi pemicu terjadinya gangguan kesehatan atau bahkan bisa menyebabkan seseorang sulit tidur dan menjadi stres.

Penyebab Mimpi Buruk

Penyebab mimpi buruk belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat dugaan mimpi buruk terkait dengan faktor genetik, faktor psikologis, faktor kelainan fisik, gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, serta gangguan pada area otak. Meskipun penyebabnya belum dapat dipastikan, tetapi ada beberapa kondisi yang diketahui menjadi pemicu mimpi buruk, antara lain:

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

  • Stres dan cemas, misalnya diakibatkan oleh kegiatan di sekolah atau pekerjaan yang tidak berjalan dengan lancar.
  • Merasa Sedih akibat kematian orang terdekat, atau merasa takut jika ditinggalkan oleh seseorang.
  • Trauma, seperti akibat cedera, kecelakaan, perundungan, serta pelecehan fisik atau seksual
    Gangguan tidur, seperti diantaranya pada narkolepsi, susah tidur (insomnia), sleep apnea, serta sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome).
  • Efek samping obat, seperti diantaranya apda antidepresan, penghambat beta, obat hipertensi, obat Parkinson, atau pada konsumsi obat tidur.
  • Kebiasaan dalam membaca buku atau menonton film yang bertemakan horor sebelum tidur
    Kebiasaan dalam mengkonsumsi cemilan sebelum tidur.
  • Nyeri kronis yang disebabkan oleh kanker, rheumatoid arthritis, lupus, juga nyeri pasca operasi.
  • Penyakit lain, seperti di antaranya depresi, gangguan stres pasca trauma (PTSD), serta penyakit jantung.
  • Konsumsi minuman beralkohol serta penyalahgunaan NAPZA.

Mimpi buruk dapat dialami oleh siapa saja, tetapi biasanya lebih sering dialami pada anak dengan usia 3–6 tahun. Hal ini karena pada usia ini imajinasi seorang masih sangat aktif. Selain itu, mimpi buruk juga kerap terjadi pada orang yang keluarganya juga sering mengalami mimpi buruk.

Arti Mimpi Dikejar Hantu

mimpi dikejar hantu
Sumber: Pixabay

Memang faktanya mimpi adalah pengalaman manusiawi yang misterius dan mistis. Akan tetapi, ketika melihat isi mimpi yang unik serta aneh, tentunya kita seketika bertanya apakah mimpi ini kemudian disebabkan oleh kedatangan makhluk gaib.

Theresa Cheung, yang merupakan seorang ahli mimpi dan juga penulis dari buku Night Vision: A Field Guide to Your Dreams, kemudian menjelaskan pada Bustle bahwa mimpi hantu cenderung menandakan masalah yang belum terselesaikan.

Pada akhirnya, masalah ini menjadi seolah menghantui kamu. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu coba pikirkan segala masalah yang mungkin tengah menghambat alam bawah sadar kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menemukan solusi untuk menghentikan mimpi tentang hantu.
Lalu, kira-kira apa makna di baliknya? Pertanda baik atau buruk? Simak ulasannya di bawah ini.

Mimpi Dikejar Hantu

Jika kamu mengalami mimpi dikejar hantu, berarti ini menandakan bahwa kamu sedang mengalami kesiapan dalam menghadapi ketakutan terburuk. Mungkin akhirnya kamu merasa cukup lelah untuk menahan diri sendiri. Alhasil, kamu juga ingin maju untuk mencapai hal yang lebih baik di masa depan.

Tak apa-apa, jika kamu merasa demikian. Hal ini karena memang ada kalanya seseorang membutuhkan waktu untuk menghadapi suatu keburukan walaupun pada akhirnya menyebabkan konflik pada orang sekitar.

Mimpi Hantu Lewat

Layaknya rasa takut saat kemudian melihat hantu lewat, mimpi ini juga kemudian menandakan hal yang sama. Terkadang hantu kemudian akan datang mengunjungi ketika kamu merasa stres yang diakibatkan oleh kegagalan dari mencapai suatu tujuan. Namun, mimpi hantu ini juga kemudian berperan sebagai pesan agar seseorang mulai untuk berubah.

Jadi, cobalah berhenti menggapai hal yang jelas berada di luar jangkauan. Bahkan, bisa jadi usahamu juga hanya akan berujung kepada jalan penuh kerusakan serta kesedihan. Lebih baik mencari ataupun melakukan hal lain dalam hidup.

Mimpi Disentuh Hantu

Pernah mimpi disentuh hantu? Apabila hantu yang disentuh menghilang, artinya kamu tengah berusaha keras untuk menekan ketakutan serta ingatan yang menyakitkan. Akan tetapi, ada kemungkinan hal ini juga dapat menandakan adanya keraguan untuk menghadapi rasa takut ini. Maka dari itu, jangan pernah menyerah untuk belajar menghadapi hambatan ini, ya.

Mimpi Melihat Hantu dari Orang Mati

mimpi dikejar hantu
Sumber: Pixabay

Ketika kamu bermimpi melihat hantu dari orang yang sudah mati, pasti seketika merasa bulu kuduk merinding, bukan? Sesuai dengan reaksimu, mimpi ini juga dapat menandakan kalau kamu sedang ada dalam dalam bahaya. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati kepada orang-orang yang ingin bekerja sama denganmu.

Alangkah baiknya, Cobalah untuk mempertimbangkan berbagai opsi sebelum akhirnya menentukan keputusan yang mutlak. Selain itu, mimpi ini juga dapat merujuk kepada rasa bersalah akibat teman ataupun kerabat yang sudah mati. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengingat peristiwa masa lalu karena mungkin saja kamu sempat mengalami konflik berat dengan mereka saat masih hidup.

Mimpi Melihat Hantu dari Orang-Orang yang Masih Hidup

Memang sekilas mimpi ini terkesan agak canggung, apalagi jika hantu ini adalaj orang yang masih hidup. Namun, jangan lupa semua mimpi hanya sebatas imajinasi serta perasaan alam bawah sadar belaka yang tak terbendung. Arti mimpi ini dapat menandakan bahwa adanya perasaan seseorang yang masih hidup ini terhadapmu. Khususnya, pada berbagai perasaan negatif atau mungkin saja mereka sedang merencanakan perlawanan atau aksi jahat terhadap kamu.

Mimpi Dikejar Hantu Indonesia

mimpi dikejar hantu
Sumber: kompasiana.com

Mimpi Dikejar Hantu Pocong

Sementara itu, jika kamu bermimpi dikejar hantu jenis pocong, menurut primbon Jawa, dalam waktu dekat kamu akan mendapatkan rezeki yang cukup besar. Rezeki itu juga dapat berupa uang atau rasa senang di dalam hati. Intinya, kamu kemudian akan mendapatkan perasaan bahagia dalam waktu yang dekat.

Tak hanya mendapatkan rezeki, mimpi dikejar pocong juga menandakan jika kamu harus lebih mawas diri ataupun banyak mengoreksi diri sendiri. Terutama jika mengoreksi kesalahan kemudian lekas memperbaikinya.

Mimpi Dikejar Hantu Kuntilanak Terbang

Mimpi dikejar kuntilanak yang terbang kemudian menjadi mimpi terseram yang pernah dialami. Kamu pun pasti akan langsung terbangun dan berusaha untuk melupakan mimpi tersebut. Arti mimpi dikejar hantu seperti kuntilanak terbang juga erat kaitannya dengan pekerjaan. Pasalnya, pada saat ini, kamu tengah memiliki masalah yang bisa membuat karirmu menjadi menurun.

Mimpi Dikejar Hantu Genderuwo

Selain pocong serta kuntilanak, mimpi dikejar genderuwo tak kalah seram. Arti mimpi dikejar genderuwo juga memberi pesan jika kamu akan mendapatkan banyak rezeki. Namun sayangnya, rezeki yang didapat juga berasal dari cara-cara yang kurang baik.

Mimpi Dikejar Hantu Tuyul

Menurut berbagai sumber, mimpi dikejar tuyul menjadi pertanda baik. Konon, menurut primbon Jawa, mimpi di ini kemudian memberi sinyal bila kamu akan mendapatkan rezeki yang besar. Sampai-sampai bisa mengubah hidupmu selama ini. Lebih dari itu, arti mimpi dikejar setan ialah menjadi pertanda agar kamu harus lebih waspada lagi di kehidupan sebab musibah di kemudian hari bisa datang kapan saja.

Penutup

Pada dasarnya, setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk termasuk mimpi bertemu atau mimpi dikejar hantu. Mimpi buruk atau mimpi dikejar hantu itu sendiri bisa dibilang sangatlah biasa terjadi. Namun, jika terjadi secara terus menerus dan juga sampai mengganggu tidur, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada ahlinya.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa lebih tenang dalam tidur. Dengan begitu, keesokan harinya bisa memulai aktivitas dengan lebih semangat. Jadi, jangan pernah ragu untuk melakukan konsultasi kepada ahlinya apabila kamu sering mengalami mimpi buruk.

Demikian pembahasan tentang arti mimpi dikejar hantu beserta beberapa penyebab seseorang mimpi buruk. Semoga semua pembahasan di atas dapat menambah wawasan, Grameds.

Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Ingin mendalami ilmu tafsir mimpi? Kamu bisa melakukannya dengan membaca buku tentang tafsir mimpi yang bisa ditemukan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Mimpi Dikejar Hantu

Mimpipedia: Karena Setiap Mimpi Punya Arti

https://www.gramedia.com/products/mimpipedia-karena-setiap-mimpi-punya-arti?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mimpipedia-karena-setiap-mimpi-punya-arti?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Percaya nggak sih kalau semua orang di dunia ini pernah mimpi? Dan percaya nggak kalau setiap mimpi itu ada artinya? Kayak arti cintaku padamu… *kedipin mata* (Ok, skip! Maap, yang ini curhatan).

Tapi, gue serius, semua orang pernah mimpi. Bahkan mereka yang menderita tunanetra juga bisa mimpi, lho. Kalau lo nggak percaya, baca buku ini, dijamin lo bakal nemu semua hal tentang mimpi yang bikin lo bengong kaya jomblo ngeliat, mantan jalan sama gebetannya. Mimpi itu ada legendanya, ada tafsirnya, ada penjelasan medisnya, ada faktor yang mempengaruhinya, dan lebih kencang lagi lo bisa ngerencanain mimpi lo lagi di mana, dengan siapa, dan sedang berbuat apa. *jadi nyanyi* Oke, biar lo nggak penasaran, buruan minta uang ke nyokap, lari keliling komplek buat nyari nih buku, beli (bukan pinjem), dan baca nih buku!

Tafsir Mimpi Umar Khayyam

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-umar-khayyam?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-umar-khayyam?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pernahkah kamu bermimpi sampai terbangun dari tidur, tapi tidak tahu apa “pesan”-nya untuk kehidupanmu? Jika iya, kitab klasik karya Umar Khayyam (1048-1131 M) ini mungkin bisa membantumu. Ditulis sejak 1000 tahun yang lalu, buku yang terdiri dari 20 bab ini menjelaskan secara lengkap berbagi mimpi yang mungkin pernah atau akan kita alami. Umar Khayyam adalah ulama asal persia yang selama ini lebih dikenal sebagai ilmuwan di bidang astronomi, matematika, dan sastra.

Salah satu karya termasyhurnya adalah Rubaiyat Umar Khayam. Namun begitu, tak banyak yang tahu, beliau juga menulis buku tentang tafsir mimpi. Dan tentu saja, karyanya ini jauh sebelum kehadiran buku-buku soal mimpi di barat, seperti karya Sigmund Freud dengan The Interpretation of Dream-nya di abad ke 20. Pesan penting buku ini adalah bahwa mimpi kita sehari-hari, pada dasarnya, jika bisa diinterpretasikan secara tepat, dapat membantu kita untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup kita sehari-hari.

Tafsir Mimpi Menurut Al Qur`An Dan Sunnah

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ici Tafsir mimpi berbeda dengan ramalan klenik. Namun, mimpi juga bisa berarti prediksi akan kehidupan masa depan, seperti halnya mimpi yang ditakwilkan oleh Nabi Yusuf a s. atas mimpi yang dialami oleh Raja Mesir. Nabi Yusuf a.s. telah bermimpi dan Nabi Yusuf a.s. telah dianugerahi Allah SWT kemampuan menakwilkan mimpi. Dua persoalan tentang mimpi tersebut telah diceritakan dalam Al-Qur’an. Begitu lengkapnya Islam membahas segala persoalan hidup, bahkan mimpi pun tak luput pembahasannya dalam agama Islam.

Tafsir Arti Mimpi Edisi Lengkap dan Terupdate

https://www.gramedia.com/products/tafsir-arti-mimpi-edisi-lengkap-terupdate?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tafsir-arti-mimpi-edisi-lengkap-terupdate?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Berdasarkan mukjizat Nabi Yusuf AS yang mampu menafsirkan mimpi, sehingga lahirlah ilmu khusus yang mempelajari tentang arti mimpi. Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah bunga tidur, tanpa arti atau kesan apa-apa. Namun sebenarnya tidaklah demikian, sejak ribuan tahun silam, sejak masa Nabi Yusuf dan Ibrahim, Tafsir mimpi ini sudah dimulai dan menjadi penanda, akan apa-apa yang akan dialami dalam hidup kedepannya. Karena hal tersebutlah, maka disusun buku ini sebagai upaya memberikan gambaran mengenai Tafsir atau arti dari mimpi-mimpi yang selalu datang menyambangimu setiap malam-malamnya. Semoga kehadiran buku ini dapat menjadi penanda dan semangatmu dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.