in ,

Mengintip Harga Helikopter, Mulai dari Biaya Sewa Hingga Harga Belinya

Sumber: Pexels

Helikopter atau transportasi yang biasa dijuluki sebagai capung besi merupakan alat transportasi udara yang cukup canggih. Keberadaan dari capung besi ini menjadi salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan, sebab dapat membawa siapapun pergi ke tempat-tempat yang tidak dijangkau apabila pergi menggunakan pesawat terbang.

Kelebihan lain dari helikopter adalah tidak memerlukan landasan udara yang luas seperti pesawat. Oleh karena itulah, alat transportasi satu ini dapat dibilang cukup efektif. Dahulu, helikopter hanya dikenal sebagai alat transportasi yang digunakan oleh militer untuk beberapa kepentingan seperti untuk memberikan bantuan ketika terjadi kebakaran lahan hutan.

Namun saat itu, masyarakat yang mampu merogoh kocek lebih bisa merasakan naik helikopter dengan menyewanya. Penasaran dengan berapa harga helikopter, biaya sewa dan berapa biaya untuk membeli sebuah helikopter? Simak ulasannya berikut ini ya!

Harga Helikopter Pribadi

harga helikopter
Sumber: Pexels

Helikopter kini telah menjadi salah satu pilihan alat transportasi di jaman modern. Oleh sebab itu, tidak heran apabila saat ini ada banyak orang yang memiliki helikopter mulai dari korporasi hingga helikopter pribadi.

Menurut CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja, harga jual rata-rata dari sebuah helikopter dengan jenis Bell adalah berkisar 1,5 juta US Dollar atau sekitar Rp 2,2 miliar atau sekitar harga satu unit mobil Lamborghini.

Apabila Grameds ingin membeli sebuah helikopter pribadi, Grameds harus merogoh kocek atau biaya lain selain untuk membeli sebuah unit helikopter. Biaya yang perlu disiapkan adalah biaya untuk mengoperasikan helikopter.

Denon mengungkapkan, bahwa biaya operasional untuk sebuah helikopter jenis Bell untuk per jamnya bisa mencapai 1.500 US Dollar atau sekitar Rp 20,2 juta, biaya operasional tersebut sudah termasuk pilot yang dibutuhkan oleh penumpang atau pemilik helikopter pribadi.

Helikopter sebenarnya telah menjadi salah satu opsi moda transportasi paket lengkap. Di beberapa negara selain Indonesia, seperti di Brazil dan Amerika, jumlah unit helikopter sangat banyak sehingga bepergian dengan capung besi satu ini bukanlah suatu hal yang baru.

Selain dua biaya untuk membeli sebuah unit helikopter dan biaya operasional, Grameds yang ingin memiliki helikopter pribadi juga harus memikirkan regulasi ketika ingin menerbangkan helikopter di Indonesia.

Sebab, ada regulasi khusus yang mengatur tentang peraturan khusus terbang malam berbasis visual atau visual flight rule atau VFR. Apa yang dimaksud tentang regulasi ini?

Pada tahun 2019, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba untuk penerbangan malam untuk pesawat jenis helikopter. Hal ini dilakukan sebab Kemenhub berpendapat bahwa maskapai helikopter membutuhkan regulasi khusus VFR tanpa mengganggu regulasi berbasis instrumen atau IFR.

Ada beberapa ketentuan yang perlu diketahui untuk menerbangkan helikopter di malam hari, berikut beberapa peraturannya.

  • Harus memiliki jaminan ketersediaan listrik, terutama cadangan pasokan selain dari PLN bagi helikopter yang memiliki kapasitas terbang pada malam hari.
  • Memiliki jaminan ketersediaan referensi visual di sepanjang rute penerbanngan.
  • Kemampuan dari unit helikopter dari pabrikan yang akan digunakan sebagai sarana transportasi terbang pada malam hari. Disarankan untuk menggunakan helikopter khusus terbang malam atau melakukan modifikasi dari jenis helikopter daylight only sesuai dengan ketentuan.
  • Pilot serta kru helikopter harus mengikuti pelatihan khusus terbang malam hari. Pelatihan tersebut harus sudah dilengkapi dengan prosedur standar maskapai yang telah disesuaikan dengan regulasi pemerintah untuk menjamin keselamatan penerbangan.


Bagaimana, jadi tertarik untuk membeli unit helikopter pribadi dan siap untuk menaati setiap regulasinya? Apabila Grameds hanya ingin sekedar merasakan terbang dengan menggunakan helikopter, Grameds tidak perlu membeli sebuah unit helikopter, sebab saat ini Grameds bisa menyewa helikopter untuk merasakan pengalaman berkendara dengan alat transportasi ini. Berapa biayanya? Simak ulasannya berikut ini.

Harga Helikopter untuk Sewa di Indonesia

harga helikopter
Sumber: Pexels

Saat ini, sewa helikopter merupakan suatu hal yang biasa. Banyak orang Indonesia mulai tertarik untuk menggunakan jasa transportasi helikopter karena kemudahan yang ditawarkan oleh alat transportasi satu ini.

Helikopter telah dianggap sebagai sebuah alat transportasi yang lebih efisien serta bergengsi. Di Indonesia sendiri, layanan penyewaan helikopter sudah semakin dikenal oleh publik. Jasa transportasi penyewaan helikopter sering kali menargetkan pengguna yang akan melakukan perjalanan bisnis, korporasi maupun keperluan pribadi. Lalu, berapa biaya sewa helikopter di Indonesia?

Menurut Director of Marketing and Business Development Whitesky, Ari Nurwanda, helikopter memiliki segmen pasar khusus dan diperuntukan sebagai alat transportasi alternatif bukan utama di Indonesia.

Sehingga, patoka untuk tarif layanan helikopter tidak seharusnya mengikuti kebutuhan pasar. Artinya, harga untuk menyewa helikopter dihitung sesuai dengan biaya operasional, jumlah penumpang serta jarak tempuhnya.

Akan tetapi, menurut Ari Nurwanda tarif dari menyewa helikopter juga banyak dipengaruhi oleh kebijakan pribadi dari perusahaan yang menyewakannya. Untuk biaya sewa dari layanan Helicity, berkisar Rp 7 juta untuk setiap 15 menit. Apabila dihitung per jam, maka total biaya sewa yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 28 juta.

Layanan Helicity juga menawarkan tarif khusus untuk setiap rutenya, contohnya rute Jakarta hingga Bandung dengan durasi penerbangan selama kurang lebih 45 menit dihargai sebesar Rp 16 juta dengan kapasitas penumpang 4 orang.

Selain rute Jakarta – Bandung, saat ini ada pula penyewaan helikopter yang menawarkan rute dari Jakarta ke Anyer atau Bandung ke Anyer. Rute ini disediakan oleh PT. Whitesky Aviation yang berniat untuk mendukung pariwisata di Indonesia khususnya di Jawa Barat dengan menyediakan helikopter yang dikenal sebagai Helicity.

Apabila ingin menggunakan helikopter dengan rute perjalanan menuju Anyer, penyewa perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 9 juta untuk satu helikopter dengan kapasitas empat orang.

Akan tetapi, biaya Rp 9 juta tersebut belum termasuk biaya landing yang berkisar Rp 2 juta untuk dua kali landing. Sehingga untuk satu kali jalan, penyewa perlu membayar biaya sebesar Rp 13 juta.

Apakah Grameds tertarik untuk menyewa helikopter? Apabila iya, Grameds perlu tahu bahwa menyewa helikopter memiliki beberapa keunggulan dibandingkan menggunakan transportasi jenis lain. Berikut beberapa keunggulannya.

1. Jaminan Keselamatan serta Kemewahan

Dibandingkan alat transportasi yang lain baik itu laut maupun darat, menyewa helikopter tentu dapat dibilang sebagai pengalaman yang sangat bergengsi di Indonesia, terutama karena tidak banyak orang yang mampu menyewa sebuah helikopter mengingat harganya yang cukup mahal.

Selain mendapatkan pengalaman yang luar biasa, mengendarai helikopter juga akan membuat waktu perjalanan Grameds menjadi lebih efisien. Dengan desain interior serta kemewahan dari helikopter, selama perjalanan dijamin Grameds akan merasakan kenyamanan yang berbeda dibandingkan ketika mengendarai alat transportasi umum yang lain.

2. Jadwal Penerbangan yang Lebih Fleksibel

Jadwal penerbangan layanan sewa helikopter berbeda dengan alat transportasi umum yang lain, sebab sewa helikopter tidak mengikuti jadwal penerbangan komersil. Sehingga para penyewa helikopter memiliki kebebasan untuk menentukan jadwal penerbangannya sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Faktor peruntukan dari penerbangan pun dapat disesuaikan. Contohnya Grameds dapat mencarter pesawat untuk kebutuhan transit atau penghubung pesawat komersil atau Grameds dapat memilih langsung ke lokasi tujuan.

3. Memiliki Akses Khusus di Terminal Pribadi

Kelebihan ketiga dari menyewa helikopter adalah tidak perlu anti. Hal ini karena tersedia terminal khusus yang diperuntukan bagi para pengguna helikopter pribadi. Selain itu, penumpang juga bisa menaiki pesawat beberapa menit sebelum akhirnya lepas landas.

Harga Helikopter Paling Mahal di Dunia

harga helikopter
Sumber: Pexels

Grameds sudah tahu harga helikopter pribadi yang umum dan harga sewa helikopter di Indonesia. Tapi apakah Grameds penasaran helikopter jenis apa saja yang paling mahal di dunia? Simak 7 daftar helikopter paling mahal di dunia berikut ini ya!

1. Eurocopter EC 135 (4,2 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: Wikipedia

Helikopter Eurocopter EC 234 merupakan salah satu helikopter yang dinilai memiliki desain paling indah dan dibangun oleh perusahaan pembuat pesawat legendaris Airbus.

Helikopter utilitas cahaya sipil kembar satu ini mampu mencapai kecepatan maksimal 259 KM/ jam. Dengan kecepatan terbang tersebut, Eurocopter EC 135 mampu menempuh jarak sejauh 620 km.

Selain dikenal memiliki desain eksterior yang cukup indah, desain interior dari Eurocopter EC 135 pun tidak kalah indah karena dikerjakan oleh pabrik fashion terkenal akan kemewahan dan kualitasnya yaitu Hermes.

Eurocopter EC 135 biasanya banyak digunakan untuk layanan medis darurat, untuk operasi serta pelatihan militer. Harga helikopter Eurocopter EC 135 diperkirakan mencapai 4,2 juta US Dollar.

2. Eurocopter EC 145 (5,5 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: YouTube

Di urutan helikopter termahal di dunia selanjutnya ada Eurocopter EC 145. Helikopter satu ini merupakan jenis helikopter multi peran dan dianggap sebagai salah satu helikopter yang memiliki ukuran sedang terbaik dengan memiliki mesin yang kembar.

Eurocopter EC 145 memiliki bilah rotor yang berfungsi untuk menghasilkan lebih sedikit suara serta getaran ketika mesin dinyalakan. Eurocopter EC 145 mampu mencapai kecepatan tertinggi yaitu 268 km/ jam serta memiliki kisaran 680 km.

Berbeda dengan Eurocopter EC 135, EC 145 biasanya digunakan sebagai alat transportasi penumpang, pencarian, penyelamatan dan layanan darurat dan tidak digunakan untuk latihan militer. Oleh sebab itu, helikopter jenis ini dapat mengangkut hingga 9 penumpang dengan 2 anggota awak maskapai. Nilai perkiraan untuk harga dari Eurocopter EC 145 adalah 5,5 juta US Dollar.

3. Agusta Westland AW 109 (6,3 juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: YouTube

Agusta Westland AW 109 merupakan helikopter dengan mesin kembar yang memiliki bobot ringan serta diproduksi oleh dua perusahaan yang berkolaborasi asal Inggris dan Italia.

Produk dari helikopter satu ini telah dimulai sejak tahun 1971 dan diperkenalkan pada khalayak umum pada sekitar tahun 1976. Agusta Westland AW 109 dapat mencapai tertinggi 285 km/ jam serta dapat melakukan perjalanan sejauh 932 km.

Jenis helikopter satu ini lebih banyak digunakan untuk keperluan layanan militer dari seluruh dunia dan pengguna utama dari AW 109 adalah tentara Italia, Angkatan Udara Afrika Selatan, Angkatan Udara Kerajaan Selandia Baru dan Penyelamatan Udara Swiss. Dengan spesifikasi dan kualitasnya, helikopter ini dijual ke pasaran dengan harga 63, juta US Dollar.

4. Eurocopter EC 175 (7,9 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: Aerospace Technology

Eurocopter EC 175 atau dikenal pula sebagai helikopter Airbus H175 merupakan helikopter utilitas kelas menengah yang dibuat oleh Airbus Helicopters. Helikopter satu ini diproduksi pada sekitar tahun 2008 serta disertifikasi tiga tahun kemudian yaitu pada 2010.

Helikopter Eurocopter EC 175 ini dirancang untuk penggunaan sipil serta untuk keperluan transportasi. Sehingga biasanya jenis helikopter ini tidak digunakan untuk kepentingan militer atau penyelamatan.

Meskipun begitu, Eurocopter EC 175 telah dilengkapi dengan sistem kontrol mesin digital serta memiliki rotor dengan lima bilah. Dengan spesifikasi tersebut, helikopter ini dijual dengan harga 7,9 juta US Dollar.

5. Helikopter Airbus H 155 (10 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: Airbus

Helikopter lainnya yang masuk ke dalam daftar helikopter termahal di dunia adalah sebuah helikopter yang memiliki mesin ganda jarak jauh dan memiliki kapasitas untuk mengangkut tiga belas penumpang, tidak termasuk awak maskapainya yaitu Helikopter Airbus H 155.

EC 155 pertama kali diperkenalkan pada khalayak umum pada sekitar tahun 199 dengan nama helikopter yang diganti menjadi H 155 sesuai dengan rebranding dari Eurocopter sebagai sebuah helikopter airbus.

Karena memiliki kapasitas yang cukup besar dibandingkan helikopter yang lainnya, maka helikopter ini dipasarkan sebagai angkutan penumpang, angkutan perusahaan VIP serta angkutan lepas pantai. Namun, helikopter satu ini juga banyak digunakan untuk kepentingan layanan militer di seluruh dunia.

Kapasitas yang cukup besar membuat harga helikopter ini dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 10 Juta US Dollar. Helikopter ini mampu menempuh jarak maksimum sejauh 857 km dengan kecepatan jelajah 324 km/ jam.

6. Agusta Westland AW 139 (12 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: Indomiliter.com

Helikopter AW 139 merupakan helikopter yang memiliki mesin ganda dengan ukuran sedang dan diproduksi oleh Agusta Westland. Helikopter AW 139 diperkenalkan ke masyarakat pertama kali pada tahun 2003.

Ketika dipasarkan, helikopter ini merupakan helikopter yang diperuntukan sebagai alat transportasi VIP, penegakan hukum, penyelamatan dan pencairan, transportasi lepas pantai, pemadam kebakaran dan banyak lainnya.

Pada mulanya, helikopter ini dikembangkan oleh Bell dan Agusta Helicopters dan disebut sebagai helikopter Agusta Bell. Penggunaan utama helikopter ini adalah untuk Korps Udara Irlandia, Angkatan Udara UEA, Helikopter CHC, Angkatan Udara Qatar dan lainnya.

AW 139 dijual dengan harga 14,5 juta US Dollar dan memiliki kisaran maksimum 1250 km dengan kecepatan pesiar 206 km.jam.

7. Sikorsky S-76C (13 Juta US Dollar)

harga helikopter
Sumber: Sikorsky Archives

Sikorsky S-76 C merupakan sebuah helikopter utilitas komersial yang memiliki ukuran sedang dan diproduksi oleh Sikorsky Aircraft Corporation. Produksi dari helikopter ini dimulai pada sekitar tahun 1977 yang dilengkapi oleh beberapa fitur seperti mesin Twin Turboshaft, empat rotor utama berbilah dengan roda pendaratan yang dapat ditarik.

Helikopter satu ini digunakan oleh banyak orang-orang terkenal, termasuk keluarga Kerajaan Inggris serta presiden Amerika Serikat k-45 yaitu Donald Trump. Oleh karena itulah, helikopter ini dijual dengan harga cukup mahal yaitu sekitar 12,95 juta US Dollar atau 13 Juta US Dollar.

https://www.gramedia.com/products/kendaraan-dan-senjata-tempur-helikopter?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah harga helikopter di Indonesia dan dunia serta harga sewanya jika Grameds ingin mengunjungi suatu tempat dengan menggunakan helikopter. Jika Grameds tertarik dengan helikopter, Grameds bisa mengulik lebih lanjut dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com seputar helikopter agar Grameds bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi