in

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan – Ulang tahun merupakan hari spesial bagi setiap orang. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, maka hari ulang tahun menjadi sangat istimewa karena mengingatkan Anda pada peristiwa penting kelahirannya. Oleh karena itu, ucapan ulang tahun untuk anak menjadi sangat penting dan dinantikan.

Setiap anak akan selalu menunggu hari tersebut. Di mana mereka tidak hanya mendapatkan ucapan dari orang tua dan orang-orang tersayang lainnya, tetapi juga biasanya ada kue ulang tahun yang disajikan lengkap bersama lilin serta kado-kado yang menarik.

Bahkan ada juga orang tua yang sengaja membuatkan pesta meriah untuk ulang tahun anaknya demi mendapatkan pengalaman yang berkesan dan bisa dijadikan sebagai kenangan untuk dokumentasi yang bisa dilihat lagi ketika anak sudah tumbuh dewasa.

Di dalam memberikan ucapan ulang tahun kepada anak, setiap orang tua pastinya mengharapkan hal-hal yang baik menyertai putra putrinya. Baik permohonan untuk meminta agar anak selalu sehat, lancar dalam bersekolah, dan meraih apa yang dicita-citakannya. Oleh karena itu, di hari ulang tahun menjadi momen yang sangat tepat untuk melimpahkan banyak doa terbaik untuk anak Anda.

Pentingnya Merayakan Ulang Tahun Untuk Anak

Setiap orang tua pasti memiliki cara masing-masing untuk menciptakan momen indah di hari ulang tahun buah hatinya. Baik dengan mengajaknya berlibur hingga merayakannya dengan membuat pesta dan mengundang teman-teman sang anak.

Diketahui bahwa merayakan ulang tahun anak tidak sekedar bersenang-senang saja. Tetapi ada dampak positif yang akan anak dapatkan terutama untuk psikisnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat anak saat merayakan ulang tahun.

1. Menjadi Media Anak Untuk Bersosialisasi

Di dalam acara ulang tahun yang digelar, biasanya ada beberapa aktivitas yang akan dilakukan. Seperti bernyanyi bersama, bermain, hingga makan dengan keluarga, saudara, dan teman-teman. Dengan banyaknya orang yang berkumpul inilah, tanpa disadari Anda sedang memfasilitasi anak mendapatkan sebuah area untuk dirinya bisa bersosialisasi.

Anak bisa bermain dengan teman-temannya bahkan anak akan melihat bahwa ada banyak orang yang sedang terfokus untuk dirinya. Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya tamu undangan yang memberikan salam sambil mengucapkan selamat ulang tahun, memberikan pelukan dan ciuman, dan memberikan hadiah.

2. Melatih Anak Untuk Bisa Menghargai

Perayaan ulang tahun anak tentu tidak terlepas dari usaha orang tua yang sudah mempersiapkannya sejak beberapa hari bahkan beberapa minggu sebelum acara diselenggarakan. Dari hal ini, anak pun bisa belajar untuk bisa menghargai jerih payah orang lain yang dalam hal ini adalah orang tuanya sendiri.

Ketika anak mulai bisa belajar menghargai usaha orang tuanya, maka dirinya juga akan bisa tumbuh menjadi anak yang akan menghargai usaha orang lain yang ada di sekitarnya

3. Menanamkan Rasa Tanggung Jawab Pada Anak

Masa anak-anak biasanya mereka sudah bisa mulai menyukai suatu hal yang pernah dilihatnya. Misalnya saja saat mereka menonton film dan ada beberapa tokoh animasi yang disukainya. Hal tersebut membuat anak memberikan ketertarikan yang besar pada tokoh tersebut, tidak terkecuali saat ulang tahunnya untuk memberikan tema sesuai dengan tokoh animasi yang disukainya tersebut.

Ketika anak meminta tema ulang tahunnya itulah, maka saat inilah anak mulai belajar arti penting tanggung jawab. Anak akan turut berpartisipasi dalam memilih pernak-pernik untuk ulang tahunnya dan memilih kostum yang akan dikenakannya. Tentu saja kesemuanya akan dilakukan dengan bantuan orang tua.

4. Mengajarkan Anak Untuk Berbagi

Di hari ulang tahunnya, anak sekaligus bisa belajar untuk berbagi dengan orang lain. Biasanya di acara tersebut turut disediakan beberapa souvenir hingga beragam makanan. Di mana kesemuanya akan dibagi-bagikan kepada para tamu undangan yang hadir. Inilah momen anak untuk bisa berbagi dengan orang lain.

banner-promo-gramedia

5. Menciptakan Memori Yang Indah Untuk Anak

Ketika merayakan ulang tahun serta diberikan ucapan ulang tahun untuk anak, maka hal ini menjadikannya sebagai momen terindah bagi anak dan orang tuanya. Kebahagiaan tidak hanya tercipta di saat hari itu saja, tetapi tetap bisa membuat Anda bahagia saat mengenangnya kembali di waktu lain.

 

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak Laki-Laki

“Selamat ulang tahun untuk anak mama dan papa yang pemberani, Tetaplah menjadi anak yang selalu membuat mama dan papa bahagia karna kehadiranmu dikeluarga kecil kita. kami akan berusaha untuk terus membuatmu bahagia nak. Kami sayang kamu jagoan mama dan papa.”

“Selamat ulang tahun jagoan ayah dan bunda, semoga kelak kamu menjadi seorang laki-laki yang soleh baik untuk keluargamu dan juga orang disekitar mu, dan semoga semua cita cita baik mu bisa menjadi kenyataan.”

“Selamat Ulang tahun untuk anak papa dan mama, kami tidak bisa memberikan apa apa selain doa, kami mendoakan mu agar allah selalu melindungimu dan mewujudkan cita cita mu menjadi kenyataan”

“Selamat ulang tahun untuk putra kami yang ke … semoga kamu menjadi lelaki yang tidak mudah menyerah dan selalu menjadi manusia yang optimis dalam menjalani hidup ini.”

“Selamat ulang tahun Jagoan Bunda, semoga kamu menjadi anak yang hebat, di sekolah mendapatkan ilmu yang bermanfaat, dan mendapatkan prestasi yang baik. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan karunia-Nya agar kamu senantiasa menjadi anak yang sholeh.”

“Selamat ulang tahun jagoan kecilku. Jadilah anak yang soleh, pintar, dan membanggakan. Ayah dan ibu sangat menyayangimu. Selamat ulang tahun, nak. Semoga dengan bertambahnya usiamu ini, bertambah pula ketakwaanmu kepada Allah SWT, semoga Allah juga selalu menyayangimu.”

“Barakallah fii umrik. Semoga umur anakku adalah umur yang berkah, umur yang membawa kebaikan untuk semua”

“Selamat ulang tahun anakku, semangat hidupku. Semoga menjadi anak yang berbakti dengan orang tua, menjadi anak yang sholeh dan selalu dilindungi oleh Tuhan. Aamiin.”

“Selamat ulang tahun Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu.”

“Untuk buah hati ibu tersayang, kebahagiaan dan senyuman yang engkau miliki membuat kami lebih kuat. Semua yang terbaik untuk kehidupan dan masa depanmu akan ibu berikan. Kami berharap engkau menjadi anak lebih baik dan sholeh dengan bertambahnya usiamu saat ini. Selamat ulang tahun ya sayang.”

“Happy birthday untuk putraku tercinta, tetaplah menjadi yang terbaik dan jadilah anak yang berbakti kepada orangtua. Semoga Allah memberikan kemudahan dalam mengejar cita-citamu”

Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Anak Perempuan

“Untuk putri yang amat aku sayangi. Selamat ulang tahun. Semoga engkau semakin cantik dan berprestasi. Jangan lupa untuk senantiasa mensyukuri apa yang diberikan oleh-Nya. Tambah rajin belajar ya, sayang.”

“Happy birthday, putri ayah dan ibu yang paling cantik. Semoga dengan bertambahnya usiamu saat ini, akan menjadikan engkau semakin dewasa, cantik, dan taat kepada-Nya”

“Untuk putri ibu dan ayah yang tercantik, selamat ulang tahun, ya. Semoga engkau semakin baik dan menjadi putri yang dewasa serta mandiri. Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapanmu diberkahi ya, sayang”

“Putriku yang tersayang, selamat ulang tahun. Semoga kamu menjadi anak yang sholehah, berbakti pada orang tua, taat dalam beragama dan semakin rajin belajarnya”

“Selamat Ulang Tahun Untuk Putri kami yang cantik, semoga kamu menjadi anak yang sukses dengan segala impian-impian besarmu nak. jangan mudah menyerah dalam menggapai semua angan dan cita-citamu. Kami akan selalu mendukungmu dan mencintaimu nak.”

“Untuk anak ibu yang tercantik, selamat ulang tahun ya. Semoga engkau semakin baik dan menjadi putri yang dewasa serta mandiri. Semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapanmu diberkahi ya sayang.”

banner-promo-gramedia

“Teruntuk buah hati yang amat kami cintai, semoga seiring dengan bertambahnya usiamu engkau juga diberikan tambahan rezeki dan kebaikan. Semoga engkau selalu menjadi putri cantikku yang bahagia.”

“Untuk putriku tersayang yang saat ini ulang tahun. Ibu sengaja memberi hadiah terbaik untukmu. Semoga engkau suka. Harapan ibu, semoga engkau semakin cantik, baik dan pintar dalam kehidupan ini.”

“Putri ayah tercinta, selamat ulang tahun ya. Semoga engkau semakin sholihah dan disayang oleh Allah. Sehat selalu ya putri dambaanku.”

Rekomendasi Buku Anak Sebagai Hadiah Ulang Tahun

seri anak pintar tata krama

Seri Anak Pintar : Tata Krama

15 menit belajar membaca

15 Menit Belajar Membaca Anak Pintar

Asyiknya Belajar Berhitung: Kelas Anak Pintar

Asyiknya Belajar Berhitung: Kelas Anak Pintar

Ensiklopedia Anak Pintar (My First Encyclopedia)

Ensiklopedia Anak Pintar (My First Encyclopedia)

buku kumpulan cerita anak

Kumpulan Cerita Anak Muslim Hebat

buku kumpulan cerita anak cerdas

Kumpulan Cerita Anak Cerdas

buku cerita anak binatang jerapah

Buku Cerita Anak Binatang : Jerapah

cerita anak muslim sehari-hari

Buku Cerita Anak Muslim Sehari-Hari

Permohonan Untuk Anak Yang Berulang Tahun

Memperingati hari kelahiran anak tidak sempurna rasanya jika sebagai orang tua tidak meminta permohonan melalui doa-doa. Doa-doa yang dipanjatkan tentu adalah harapan terbaik untuk kehidupan sang anak baik saat ini hingga seiring dengan tumbuh kembangnya. Berikut adalah beberapa permohonan yang seharusnya dipanjatkan untuk anak yang sedang berulang tahun.

1. Memohon Dipanjangkan Umurnya

Permohonan pertama untuk anak yang berulang tahun adalah memohon agar dipanjangkan umurnya serta diberi keberkahan. Selain itu, berdoalah agar dari bertambahnya umur sang anak juga selalu diberikan kesehatan, semakin dikuatkan hatinya, dilapangkan rezekinya, didekatkan dengan hal-hal yang baik, dan dijauhkan dari berbagai pengaruh buruk yang bisa menjerumuskan anak Anda.

2. Memohon Keselamatan Dan Kesejahteraan

Permohonan selanjutnya adalah agar diberikan keselamatan dan kesjahteraan. Di mana agar anak selalu terjaga dan dihindarkan dari berbagai bencana dan musibah yang membahayakan dirinya di mana pun mereka berada. Selain itu, sertakan juga permohonan akan kesejahteraan dan keberkahan rezeki sang anak.

3. Memohon Kesalehan Pada Anak



Saat berdoa di hari ulang tahun anak, jangan lupa untuk memohon agar anak dijadikan sebagai anak yang saleh dan salihah. Karena inilah harapan yang diinginkan oleh setiap orang tua sejak sang anak masih berada di dalam kandungan. Anak yang saleh dan salihah tentunya akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT karena mematuhi setiap apa yang diperintahkan-Nya dan mampu membawa orang tuanya ke surga.

4. Memohon Diberikan Kemuliaan

Doa yang juga tidak boleh dilupakan adalah memohon agar sang anak diberikan kemuliaan. Di mana usianya tidak hanya dipanjangkan, tetapi juga diberkahi, diberi rahmat, dan kemuliaan dari Allah SWT. Selain di hari ulang tahunnya, Anda juga bisa rutin memanjatkan doa ini setiap waktu untuk anak Anda.

 

Baca Juga Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak Perempuan dan Laki-Laki

 

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Rayakan Ulang Tahun Anak Agar Berkesan

Untuk merayakan ulang tahun anak tidak selalu harus dengan kemewahan. Karena dengan kesederhanaan pun perayaan ulang tahun juga bisa meninggalkan kesan yang mendalam. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan merayakan ulang tahun anak agar terasa berkesan.

1. Merayakannya Secara Sederhana

Untuk merayakan ulang tahun, sebaiknya dirayakan secara sederhana. Karena meskipun sederhana tetap bisa tercipta kegembiraan di acara tersebut. Anda bisa memanfaatkan ruang tamu di rumah atau halaman rumah untuk menyelenggarakan acara kecil-kecilan. Sedangkan jika Anda menyelenggarakannya di tempat fasilitas umum, seperti restoran maupun mall, maka biaya yang harus dikeluarkan pun tidaklah sedikit.

Jika ulang tahun dirayakan di rumah, maka anak pun akan semakin cinta dengan rumahnya sendiri serta mampu menjalin keakraban yang lebih erat dengan teman-teman maupun saudara yang hadir.

2. Rayakan Dengan Berbagi Pada Orang Yang Tidak Mampu

Di hari ulang tahun sebaiknya dijadikan momen untuk beramal, yakni dengan berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu. Misalnya saja dengan membagikan makanan. Hal ini tentunya lebih bermanfaat karena telah peduli dengan orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Sekaligus ini juga sebagai media untuk berbagi kebahagiaan di hari yang istimewa. Orang-orang tersebut pun juga bisa merasakannya dan hal ini akan mendatangkan pahala untuk Anda dan anak Anda. Bahkan anak Anda juga akan mendapatkan ucapan ulang tahun untuk anak serta doa terbaik.

3. Meniatkan Diri Karena Allah SWT

Merayakan hari kelahiran berarti juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah memberikan nikmat dan kehidupan hingga saat ini. Oleh karena itu, di dalam merayakan ulang tahun haruslah didasarkan dengan niat tulus kepada Allah SWT. Sehingga harapannya agar kebaikan selalu menyertai kehidupan anak Anda.

Trik Persiapkan Acara Ulang Tahun Anak

Orang tua tentu ingin mempersembahkan hal yang berkesan di hari ulang tahun anaknya. Apalagi jika ini adalah ulang tahunnya yang menginjak usia satu tahun. Pasti orang tua ingin melakukan persiapan dengan semaksimal mungkin agar bisa membuat sang anak senang. Berikut adalah beberapa trik yang bisa Anda terapkan untuk mempersiapkan acara ulang tahun anak Anda.

1. Menentukan Konsep Acara

Trik pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan konsep acara ulang tahun. Untuk menentukan konsep seperti apa yang cocok, maka Anda memerlukan bahan pertimbangan yang berupa jenis kelamin anak Anda, tokoh animasi favorit anak saat ini, warna yang disukai anak, apakah akan diselenggarakan di dalam atau luar ruangan, serta akan diadakan secara pribadi atau umum. Kesemua pertimbangan tersebut bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk membuat konsep yang menarik dan disukai oleh anak.

2. Mempersiapkan Budget Acara

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah budget untuk menyelenggarakan pesta. Budget ini harus Anda persiapkan sejak jauh-jauh hari untuk meringankan beban Anda. Karena biaya yang dikeluarkan akan digunakan untuk menyewa tempat, membeli souvenir, membeli kue ulang tahun, membeli dekorasi, dan sebagainya.

Melalui rincian biaya yang rapi, Anda pun lebih teratur dalam mengeluarkan uang dan bisa mengutamakan apa yang seharusnya menjadi prioritas.

3. Membuat Daftar Orang Yang Diundang

Kemudian Anda bisa mulai membuat daftar orang-orang yang akan diundang. Untuk mengundang orang ke acara ulang tahun anak juga harus memperhatikan usia dan karakter anak. Karena ada beberapa anak yang takut jika berada di tengah banyak orang, tetapi ada juga yang senang dengan dikelilingi orang.

Saat mengundang pastikan agar para orang tua mengajak serta anak-anaknya. Karena ini adalah acara anak, sehingga akan semakin seru jika anak-anak bisa berkumpul dan bermain bersama.

4. Lakukan Pemilihan Waktu Yang Tepat

Pastikan Anda tidak salah dalam memilih waktu untuk menyelenggarakan acara ulang tahun anak. Hal ini harus disesuaikan dengan rutinitas anak setiap harinya. Misalnya dengan jam tidur anak Anda serta anak-anak yang akan diundang. Karena biasanya ketika anak mengantuk akan menjadi rewel. Jika ini terjadi di acara ulang tahun, tentu akan menimbulkan keributan dan kepanikan bagi orang tua.

5. Lakukan Pemilihan Tempat Yang Tepat

Tempat untuk menyelenggarakan acara ulang tahun haruslah dipilih yang tepat. Anda bisa menyelenggarakannya di rumah untuk memberikan keamanan pada anak. Namun jika dirasa rumah tidaklah cukup untuk menampung tamu undangan yang banyak, maka tempat lain seperti restoran bisa menjadi pertimbangan.

Atau jika ingin lebih bebas dan cuaca dalam kondisi yang cerah, maka tidak ada salahnya untuk membuat acara outdoor seperti di taman. Kemudian berikan dekorasi yang menari khas anak-anak disertai dengan ucapan ulang tahun untuk anak.

6. Mempersiapkan Makanan Sesuai Usia Anak

Di acara ulang tahun haruslah juga disediakan makanan. Namun, makanan yang disediakan tidaklah sembarang, tetapi disesuaikan dengan usia anak-anak dan makanan apa yang menjadi kesukaannya. Anda bisa menyajikan beberapa jenis camilan anak yang bisa dimakannya sembari bermain.

Rekomendasi makanan yang bisa disajikan seperti sandwich yang dipotong kecil-kecil, buah-buahan segar yang dipotong dadu, dan keju. Sedangkan untuk minuman bisa disediakan air mineral, jus buah, dan susu. Lalu makanan yang tidak boleh ketinggalan adalah kue ulang tahun.

 

Baca Juga Rekomendasi Cerita Dongeng Anak Bahasa Indonesia

 

7. Persiapkan Permainan Yang Seru Dan Aman Untuk Anak

Acara ulang tahun akan semakin menyenangkan jika turut diberikan permainan yang seru tetapi aman untuk anak. Anda bisa menyediakan berbagai jenis permainan anak seperti kolam mandi bola, ayunan, dan perosotan yang berbahan plastik. Atau mengadakan kompetisi kecil-kecilan seperti bernyanyi atau memindahkan barang yang nantinya akan diberi hadiah.

8. Mempersiapkan Goody Bag Yang Menarik

Seolah telah menjadi tradisi bahwa dalam setiap acar ulang tahun anak biasanya akan diberikan goody bag yang berisi souvenir maupun makanan ringan. Akan lebih menarik jika Anda memesan goody bag yang menarik dengan karakter-karakter tertentu dan warna yang cerah. Di dalamnya bisa Anda isi dengan mainan anak yang aman, handuk bertuliskan nama anak Anda yang berulang tahun, snack atau buku cerita.

9. Membuat Panitia Acara

Dalam menyelenggarakan acara ulang tahun, penting bagi Anda untuk membuat panitia jauh-jauh hari. Hal ini akan lebih meringankan pekerjaan Anda di samping Anda juga sibuk mengurusi anak. Jika acaranya besar, Anda bisa menggunakan jasa party planner yang banyak tersedia. Namun jika acaranya sederhana, Anda bisa membuat panitia dengan mengerahkan keluarga.

 

Bagilah tugas masing-masing, seperti membuat dekorasi, MC, menyambut tamu, bagian keamanan, konsumsi, hingga dokumentasi untuk mengumpulkan setiap momen bahagia di acara tersebut.

10. Sediakan Nursing Room

Setiap tamu undangan tentunya akan membawa anak-anak yang berbeda usia. Ada yang di bawah satu tahun atau di atas satu tahun. Bagi yang masih di bawah satu tahun biasanya belum bisa lepas dari ASI. Atau saat ada anak yang harus mengganti popok. Kesemua hal tersebut harus Anda persiapkan ruangan khusus agar para orang tua bisa merawat anaknya dengan leluasa dan terjaga privasinya.

Anda bisa menyediakan satu ruangan kosong di rumah sebagai nursing room. Atau jika menyelenggarakannya secara outdoor, maka bisa meminta tolong pada pihak pengelola untuk menyediakan satu ruangan khusus.

Dengan begitu, untuk menciptakan momen yang berkesan di hari kelahiran anak, maka Anda bisa mengadakan acara ulang tahun. Baik secara sederhana di rumah saja atau acara yang besar dengan menyewa tempat. Di samping mempersiapkan berbagai acara yang menyenangkan, jangan lupa memberikan ucapan ulang tahun untuk anak beserta dengan doa-doa terbaik untuknya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy