in

15 Fakta Anak Ketiga Yang Perlu Diketahui

pixabay

Fakta Anak Ketiga – Urutan anak dalam sebuah keluarga biasanya akan selalu dikaitkan dengan kepribadian yang dimiliki. Kepribadian yang dimiliki oleh setiap anak ada yang sudah terbentuk secara alami serta ada juga yang terbentuk karena lingkungan dan perkembangan yang terjadi pada anak.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang khususnya kalau setiap anak mempunyai berbagai macam kepribadian. Begitu pun, kepribadian anak berdasarkan urutan kelahiran. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk mengenal kepribadian anak sesuai dengan urutan kelahiran.

Anak pertama biasanya mempunyai sifat pemimpin, anak kedua sering dikaitkan dengan pribadi yang kreatif dan mudah bergaul atau beradaptasi. Lalu bagaimana dengan anak ketiga? Nah, sudah saatnya untuk mengetahui kepribadian apa saja yang dimiliki anak ketiga. Mari kita simak ulasannya sebagai berikut

Fakta Anak Ketiga Sifat Negatif

1. Ceroboh

pixabay

Anak ketiga suka dikaitkan dengan sifat ceroboh yang ada di dalam dirinya. Kecerobohan yang dimiliki oleh anak ketiga bisa dikatakan salah satu sifat yang kurang baik. Jika sifat ini tidak dihilangkan sesegera mungkin maka tidak menutup kemungkinan akan merugikan anak ketiga

Umumnya, sifat ceroboh akan membawa kerugian, seperti dipandang sebelah mata oleh orang lain, sering ditegur oleh orang tua atau atasan, dan kerugian lainnya. Bahkan hal kerugian terbesar dari sifat ceroboh ini adalah tidak ada yang mau bekerja sama dengan anak ketiga.

Oleh karena itu, bagi kamu anak ketiga segera hilangkan sifat ceroboh ini supaya orang lain mau bekerja sama dengan kemampuan yang anak ketiga miliki. Sedangkan untuk orang tua, segera kenali sifat anak ketiga supaya sifat ceroboh ini bisa dicegah

2. Keras Kepala

Dalam melakukan suatu hal, terkadang anak ketiga cenderung untuk bersikap keras kepala.Sifat keras kepala ini membuat anak ketiga bersikap tidak mendengarkan nasihat-nasihat yang diberikan keluarganya, baik itu orang tua, kakak, dan adik.

Jika anak ketiga sering mengabaikan nasihat dari keluarganya maka ia bisa saja mendapatkan kerugian untuk dirinya. Kerugian ini bisa berupa keinginan fisik atau kerugian materi. Misalnya kamu tidak mendengarkan perkataan keluarga untuk beristirahat dan lebih memilih untuk tetap masuk kerja walaupun diri kamu sedang sakit.

Semakin sering tidak mendengarkan nasihat dari keluarga maka anak ketiga berisiko mengalami kerugian untuk dirinya lebih besar. Oleh karena itu, bagi kamu anak ketiga tidak ada salah sesekali mendengarkan nasihat keluarga

3. Lebih Suka Main-Main

Kamu biasa kan kesal jika bertemu dengan seseorang yang sulit untuk diajak bicara serius?. Karakter itu bisa dikatakan sebagai karakter yang dimiliki oleh anak ketiga. Kekesalan yang dirasakan oleh orang lain bisa mengakibatkan orang tersebut tidak lagi percaya dengan kamu (anak ketiga).

Bekurangnya rasa percaya orang lain terhadap diri kamu maka berkurang juga kesempatan kamu bekerja sama dengan orang lain. Dengan kata lain, karakter ini bisa dikatakan sebagai karakter yang tergolong ke dalam fakta negatif yang dimiliki anak ketiga.

Apakah kamu adalah anak ketiga? Jika beneran anak ketiga sebaiknya segera membuang karakter jelek seperti ini. Dengan membuang karakter ini, maka orang lain mau bekerja sama dengan kamu serta peluang kamu dalam berkarir akan terbuka lebar

4. Suka Menyimpan Amarah

pixabay

Fakta anak ketiga berikutnya adalah ia suka menyimpan amarah. Amarah yang dipendam terlalu lama akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Bukan hanya itu, memendam amarah juga bisa membuat anak ketiga dijauhi oleh teman-temannya.

Adanya dampak yang kurang baik dari karakter suka menyimpan amarah maka bisa dikatakan kalau karakter ini termasuk ke dalam fakta negatif anak ketiga. Bagi kamu (anak ketiga) sebaiknya segera menghilangkan karakter ini secepat mungkin. Salah satu cara untuk menghilangkan karakter ini, kamu bisa membagikan atau menceritakan masalah kamu terhadap orang lain.

banner-promo-gramedia

Dengan melakukan hal ini bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Hati dan pikiran yang tenang hidup yang dijalani akan lebih tenang dan menyenangkan

5. Jahil atau Suka Iseng

Anak ketiga memiliki kecenderungan untuk menjadi pribadi yang tidak bisa diam atau aktif. Dari kebiasaan inilah sifat jahil atau suka iseng muncul di dalam diri anak ketiga. Sebenarnya anak ketiga melakukan yang hal ini bukan tanpa alasan, ia hanya mencari perhatian orang tua, dan kakak-kakaknya.

Sifat jahil ini jika sering dilakukan lama-lama akan mengganggu orang lain. Jika sifat ini sudah mulai mengganggu orang lain, itu berarti anak ketiga tidak boleh melakukan sifat jahil ini. Hal ini penting untuk dilakukan supaya anak ketiga tidak dijauhi orang lain karena sering mengganggu.

Oleh karena itu, bagi keluarga sebaiknya sesekali menanyakan kabar Ibu dan Adik. Semakin sering berkomunikasi dengan orang tua maka hubungan dalam sebuah keluarga akan semakin harmonis.

6. Manja

Pada umumnya, anak ketiga memiliki sifat manja. Alih-alih ingin memberikan kasih sayang yang terjadi membuat anak ketiga menjadi manja. Dengan kata lain, sifat manja yang ada pada anak ketiga biasanya berasal dari perhatian dan kasih sayang orang tua yang berlebih. Sifat manja yang dimiliki anak ketiga bisa mengganggu tumbuh kembangnya.

Bahkan, jika dibiarkan begitu saja, sifat manja ini bisa menyebabkan anak ketiga menjadi pribadi yang tidak mandiri atau terlalu bergantung kepada orang lain hingga dewasa. Oleh karena itu, sebaiknya hal seperti ini jangan sampai terjadi.

Jika ingin mencegah sifat manja ini muncul, maka bagi para orang tua sebaiknya jangan memberikan perhatian dan kasih sayang yang berlebih kepada anak terutama anak ketiga. Pada dasarnya, sifat manja ini bisa dihilangkan dengan cara membiasakn diri untuk hidup lebih mandiri

7. Tidak Suka Menceritakan Masalah Pada Orang Lain

Anak ketiga seringnya beranggapan bahwa setiap masalah yang dimiliki sebaiknya hanya diketahui oleh diri sendiri. Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya baik karena permasalahan yang dipendam secara terus menerus bisa berakibat fatal bagi kesehatan fisik dan pikiran.

Jika kesehatan fisik dan pikiran sudah terganggu maka kemungkinan besar aktivitas sehari-hari juga akan terganggu. Dengan kata lain, menjalani aktivitas sehari-hari menjadi tidak semangat dan tidak produktif sehingga setiap pekerjaan atau tugas yang diberikan tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Oleh karena itu, bagi kamu anak ketiga sebaiknya segera mencari seseorang yang bisa mendengarkan permasalahanmu dengan baik. Kemudian tanamkan di dalam diri bahwa kondisi kesehatan fisik dan pikiran adalah hal nomor satu

tombol beli buku

Fakta Anak Ketiga Sifat Positif

1. Mudah Beradaptasi

pixabay

Pada umumnya, anak ketiga adalah seseorang yang Salah satu bentuk kepribadian ini, yaitu anak ketiga sangat pandai untuk menutupi masalah atau kesusahan. Ia beranggapan bahwa dengan menunjukkan dirinya sedang bahagia maka akan membuat orang lain bahagia juga.

Karena kepandaian dalam menutupi masalah yang dihadapinya maka anak ketiga lebih disukai oleh orang lain. Hal ini membuat anak ketiga akan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Mudah beradaptasi sangat diperlukan dalam berinteraksi sosial karena bisa menjaga kualitas dari interaksi sosial yang dilakukan.

Memiliki teman yang banyak dalam kehidupan sehari-hari bisa memberikan manfaat yang sangat banyak, baik untuk diri sendiri atau orang-orang yang dicintainya. Semakin banyak manfaat yang diperoleh dari kepribadian mudah beradaptasi maka hidup anak ketiga akan lebih menyenangkan.

2. Tidak Suka Dibanding-Bandingkan

Meskipun anak ketiga sering dianggap sebagai anak yang manja, tetapi ia tidak suka dibanding-bandingkan dengan kakak-kakaknya. Hal ini dikarenakan anak ketiga tidak ingin terlihat seseorang yang tidak bisa diandalkan khususnya dalam keluarga.

Penting bagi orang tua untuk mengetahui hal ini Anak ketiga akan sulit mengembangkan kemampuan yang dimilikinya jika orang tua sering kali membanding-bandingkannya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kalau anak ketiga akan merasa kalau dirinya selalu “kurang” di mata orang tua.

Alangkah baiknya, bagi para orang tua jangan terlalu sering membanding-bandingkan anak karena tanpa disadari akan membuat si anak merasa rendah diri. Rasa rendah diri ini sangat tidak bagi si anak ketiga karena bisa menyebabkan ia tidak percaya diri dalam melakukan berbagai macam hal

3. Perasaannya Mudah Tersentuh

pixabay

Fakta positif anak ketiga berikutnya adalah memiliki perasaan yang mudah tersentuh akan hal-hal yang sedih atau mengharukan. Bahkan, ia tidak merasa malu jika sedang merasakan kesedihan dan harus menangis di depan orang tua dan kakak-kakaknya.

Semakin dalam kesedihan yang dirasakan maka semakin banyak juga air mata yang keluar Dengan perasaan mudah tersentuh, maka anak ketiga akan mudah untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan.

Hal ini sangat baik untuk dirinya sendiri karena ketika membantu orang lain anak ketiga akan merasakan kebahagiaan. Di lainnya, orang yang dibantu juga senang karena bisa mendapatkan bantuan atau pertolongan Jangan pernah meragukan perasaan mudah tersentuh dan keinginannya untuk membantu orang lain yang dimiliki anak ketiga. Oleh karena itu, dalam hal tolong menolong jangan pernah melupakan anak ketiga.

banner-promo-gramedia

4. Simpel Atau Berpikir Sederhana

Anak ketiga biasanya tidak suka dengan suatu hal yang ribet karena hal yang ribet akan mempersulit suatu pekerjaan. Secara sederhana, anak ketiga lebih sering untuk berpikir sederhana dalam melakukan suatu hal.

Cara berpikir sederhana inilah yang membuat anak ketiga tidak suka bertele-tele atau langsung mengatakan intinya Dengan cara berpikir yang sederhana, maka anak ketiga akan melakukan suatu tanpa harus berpikir macam-macam apa yang akan terjadi kedepannya.

Dengan kata lain, jangan terlalu banyak berpikir sebelum melakukan sesuatu, lakukan segera! Karena cara berpikir yang sederhana, maka anak ketiga dianggap sebagai pribadi pragmatis khususnya dalam hal berpikir. Apakah kamu selalu berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu? Jika iya, kamu bisa belajar dari anak ketiga supaya kebiasaan seperti itu bisa dihilangkan

5. Unik dan Lucu

Fakta anak ketiga
pixabay

Anak ketiga sangat cocok untuk menghibur seseorang yang sedah merasa sedih. Ia akan membuat seseorang yang sedang sedih dengan melakukan hal-hal yang unik dan membuat sebuah lelucon. Karakter unik dan lucu yang dimiliki oleh anak ketiga sangat bermanfaat sekali untuk menghibur orang-orang yang sedih khususnya anggota keluarganya.

Dengan demikian, karakter unik dan lucu ini termasuk ke dalam fakta unik positif yang dimiliki oleh anak ketiga. Anak ketiga akan merasa senang ketika menghibur seseorang yang sedih, begitu pun seseorang yang dihibur juga akan merasa senang karena sudah tidak jadi sedih lagi.

Dari karakter unik dan lucu inilah, anak ketiga mempunyai banyak sekali teman yang senang padanya. Selain itu, ia juga menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Disukai banyak teman dan mudah beradaptasi merupakan dua hal yang sangat bermanfaat bagi anak ketiga terutama ketika ia sudah dewasa.

6. Berbakti Pada Orang Tua

Meskipun, anak ketiga bersifat manja dan keras kepala, tetapi ia sangat berbakti kepada orang tua. Anak ketiga bisa dikatakan sebagai anak yang paling berbakti kepada orang tua dibandingkan dengan urutan anak lainnya.

Dengan kata lain, anak ketiga sangat disayang oleh orang tua Seperti yang kita ketahui bahwa berbakti kepada orang tua adalah salah satu cara anak menghormati dan menghargai orang tua. Oleh karena itu, bagi kalian yang masih memiliki orang tua, segera berbakti kepada orang tua!

Alangkah baiknya, untuk berbakti kepada orang tua tidak harus berumur dewasa, tetapi bisa dilakukan sejak usia muda. Semakin cepat berbakti kepada orang tua maka semakin cepat juga kita bisa membuat orang tua kita bahagia. Jadi, apakah kamu sudah berbakti kepada orang tua?

7. Kreatif

Berawal dari karakter yang tidak ingin dibanding-bandingkan dengan kakak-kakaknya, anak ketiga mencari berbagai macam cara untuk mendapatkan pengakuan dari orang tua bahwa dirinya bisa diandalkan Untuk melakukan hal seperti itu, anak ketiga mencoba untuk terus menggali ide-ide yang dimilikinya.

Dari ide-ide inilah terbentuk jiwa kreatif di dalam diri anak ketiga. Jiwa kreatif sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-harinya khususnya ketika dewasa nanti Dengan jiwa kreatif yang ada di dalam dirinya membuat anak ketiga akan senang dengan hal-hal baru.



Hal-hal baru ini bisa mengembangkan ide-ide kreatif dan jiwa kreatifnya. Ide-ide dan jiwa kreatif yang semakin berkembang akan membuat diri anak ketiga semakin bahagia

8. Pemalu Tapi Menyenangkan 

Anak ketiga adalah seorang yang pemalu ketika berkenalan dengan orang baru. Namun, dibalik sifat pemalunya ini, ia bisa dikatakan sebagai orang yang menyenangkan. Untuk mengeluarkan sifat menyenangkan yang dimiliki anak ketiga membutuhkan waktu. Dengan kata lain, jika kamu sudah sering bertemu dengan anak ketiga maka sifat menyenangkannya akan muncul .

Sifat menyenangkan termasuk ke dalam fakta positif anak ketiga. Dari sifat ini, ada banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan, baik itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain Jadi, jangan pernah ragu untuk berteman dengan anak ketiga karena kamu akan terhibur dengan perilaku-perilaku lucu dan unik yang dimilikinya. Kamu harus sabar untuk menunggu sifat menyenangkan anak ketiga muncul

Kesimpulan

Pada dasarnya, setiap anak mempunyai karakter-karakter yang khas di dalam dirinya. Oleh karena itu, bagi orang tua perlu untuk mengenali karakter-karakter tersebut. Dengan hal ini, komunikasi antara orang tua dan anak akan lebih harmonis Setelah mengetahui fakta-fakta anak ketiga, baik itu yang negatif atau positif, maka dapat dikatakan bahwa anak ketiga adalah pribadi yang manja dan keras kepala, tetapi tetap  bisa menyenangkan orang lain dengan kelucuan dan keunikan yang dimiliki.

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu