in

10 Rekomendasi Mainan Anak Zaman Now Yang Bisa Meningkatkan Kemampuan

Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan beberapa hal mulai berubah ke segi yang lebih modern. Misalnya adalah keberadaan mainan tradisional yang sudah mulai beralih ke mainan modern. Meski tidak semua mainan tradisional mulai tergantikan. Namun, tak bisa dipungkiri juga jika keberadaan permainan anak zaman now yang ada saat ini lebih banyak disukai oleh anak-anak zaman now.

Saat ini,  banyak banget mainan anak zaman now yang bisa dijadikan pilihan orang tua untuk diberikan kepada sang buah hati. Bahkan, dengan adanya banyak pilihan tersebut menjadikan para orang tua untuk menyesuaikan mainan dengan usia anaknya.

Berbagai macam permainan anak zaman now memang saat ini hadir dengan bentuk, kemasan, fitur serta kelebihan yang bisa menarik minat anak untuk menggunakannya. Selain itu, beberapa permainan modern juga tidak membutuhkan upaya atau tenaga lebih dari sang anak ketika memainkannya.

Layaknya permainan tradisional, mainan modern juga bisa melatih daya kreativitas anak. Meski begitu perlu diketahui juga tidak semua jenis mainan modern cocok untuk dimainkan oleh anak.

Sebagai orang tua sebaiknya harus paham betul untuk memilih permainan modern yang nantinya akan diberikan kepada sang buah hati. Di sisi lain, tak ada salahnya untuk memperkenalkan mainan tradisional kepada anak.

Sebab, memperkenalkan mainan tradisional juga menjadi salah satu metode melestarikan budaya setempat kepada anak. Dengan begitu, anak bisa tetap mengetahui apa saja bentuk dari permainan tradisional sekaligus menggunakan permainan modern agar tak ketinggalan perkembangan yang ada saat ini.

Rekomendasi Permainan Anak Modern

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika saat ini sudah banyak jenis permainan anak yang bisa dijadikan pilihan oleh orang tua. Namun, sebagai orang tua juga harus bisa dalam memilih permainan anak.

Setidaknya model permainan anak zaman now yang dipilih memang bisa melatih kreativitas anak dan juga tetap aman ketika digunakan. Nahm di bawah ini ada beberapa rekomendasi permainan anak zaman now yang bisa Anda jadikan pilihan untuk diberikan kepada sang buah hati.

1. Puzzle

Oopredoo Puzzle Medium Kiko : Bertanding Sepak Bola

Puzzle adalah salah satu jenis permainan modern yang begitu cocok digunakan untuk semua usia. Hal ini karena puzzle memiliki berbagai macam pilihan bentuk serta tingkat kesulitan yang berbeda.

Tentunya, para orang tua bisa memilih puzzle untuk dijadikan sebagai permainan edukatif untuk menjadikan anak semakin bisa mengolah sisi kreatif, berpikir serta kesabaran dan cara memecahkan suatu masalah.

Banyaknya pilihan puzzle saat ini juga menjadi salah satu keuntungan bagi orang. Hal ini karena para orang tua bisa memilih puzzle sesuai dengan apa yang disukai oleh sang buah hati.

Sedangkan dari segi tingkat kesulitan bisa disesuaikan dengan usia anak. Dengan begitu, seiring bertambahnya umur, puzzle tetap bisa menjadi teman bermain anak untuk meningkatkan kinerja otak hingga konsentrasinya.

2. Slime

Pdo Playdoh Slime Single Can Ast Pdoe8790

Berikutnya, ada slime yang juga termasuk ke dalam jenis permainan anak modern. Slime sendiri merupakan jenis permainan anak dengan tekstur kenyal, lembut dan memiliki berbagai macam warna.

Bagi anak zaman sekarang, keberadaan dari permainan slime memang sudah tidak asing. Hal ini karena biasanya slime mudah ditemukan di toko-toko permainan terdekat. Selain itu, untuk saat ini slime juga termasuk ke dalam jenis permainan favorit anak.

Meski begitu, Anda sebagai orang tua juga tidak bisa membiarkan anak secara bebas bermain slime. Pasalnya, Anda sebagai orang tua juga harus memberikan pengawasan kepada anak ketika sedang memainkan slime.

Hal tersebut perlu dilakukan agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi, misalnya anak memakan slime. Sebab, slime biasanya memiliki warna yang menarik serta bentuknya yang kenyal. Jika tidak diawasi oleh orang tua, bisa jadi anak akan memakan slime.

Selain itu, ketika anak bermain dengan orang tua menggunakan slime, maka aktivitas tersebut akan menjadi salah satu metode yang bisa digunakan oleh orang tua agar bisa memperkuat jalinan hubungan dengan keduanya.

Slime tidak hanya bisa dibeli dalam bentuk jadi saja, tetapi  Anda bisa membuatkan slime untuk anak secara mandiri di rumah. Di sisi lain ternyata slime juga memberikan beberapa manfaat kepada anak.

Mulai dari mengurangi adanya kecanduan smartphone, meningkatkan sisi kreativitas anak serta bisa menjadi media penenang ketika akan sedang merasa cemas maupun stress.

3. Sepatu Roda

Sepatu roda menjadi salah satu jenis permainan anak zaman now. Bisa dibilang keberadaan sepatu roda akan menjadikan anak bermain sambil berolahraga. Sebenarnya,sepatu roda juga sudah ada sejak dahulu dan masih terus bertahan hingga saat ini.

Tentunya seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman yang ada, keberadaan sepatu roda juga sudah memiliki bentuk yang lebih mudah untuk dimainkan anak zaman sekarang.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika sepatu roda adalah permainan yang bisa dilakukan bersamaan dengan olahraga. Hal ini karena ketika bermain dengan sepatu roda, anak akan bisa membakar kalori serta meningkatkan metabolisme yang ada di dalam tubuh.

Selain itu bermain sepatu roda juga bisa melatih anak menjadi lebih sabar dan menghargai akan adanya proses belajar hingga menjadi handal dalam memainkan sepatu roda tersebut. Anda sebagai orang tua juga bisa menemani anak ketika belajar sepatu roda.

Berikan contoh pada anak dan dampingi mereka ketika berlatih. Selain itu, berikan motivasi agar tidak mudah menyerah ketika gagal melakukan percobaan menggunakan sepatu roda. Tindakan ini juga akan semakin bisa menguatkan ikatan hubungan antara orang tua dan anak.

4. Lego

Lego Minifigures: The Simpson Series #2 71009

Berikutnya, ada lego yang juga masuk ke dalam daftar permainan anak zaman now. Anda sebagai orang tua juga bisa menjadikan logo sebagai jenis permainan pilihan untuk sang buah hati.

Bahkan, saat ini lego tak hanya dalam bentuk balok saja, tetapi juga ada bentuk lain yang bisa dirangkai orang anak menjadi sesuatu benda tertentu. Adanya warna yang bermacam-macam menjadikan anak lebih mudah tertarik dengan jenis permainan lego.

Di sisi lain, keberadaan permainan lego juga bisa memberikan banyak manfaat bagi anak. Dimana nantinya, anak bisa mulai melatih kreativitas dan imajinasi dalam dirinya dengan bantuan permainan lego. Mereka akan mulai memikirkan suatu bentuk yang akan direalisasikannya dengan bantuan permainan lego.

Selain itu, ketika proses penyusunan lego ke dalam suatu bentuk tertentu, maka bisa melatih konsentrasi serta kesabaran dalam dirinya. Adanya banyak warna juga akan menjadikan anak lebih mudah untuk mulai berlatih mengenal warna.

Karena lego memiliki berbagai macam bentuk, anak bisa mulai belajar mengenal bentuk hingga berhitung. Selain itu, Anda sebagai orang tua juga bisa menemani anak ketika bermain lego.

Tak ada salahnya jika Anda memberikan contoh suatu bentuk tertentu dengan menyusun lego agar bisa membangkitkan kreativitas dan imajinasi milik anak. Ketika anak selesai menyusun suatu benda tertentu, kemudian ajak mereka untuk menceritakan apa yang mereka buat.

Dengan begitu, mereka juga mulai bisa bercerita apa yang ingin mereka dapatkan dari proses menyusun lego tersebut.

Menemani, membantu serta memberikan apresiasi atas hasil jadi yang diberikan oleh anak adalah salah satu bentuk kasih sayang dari orang tua ke anak. Oleh sebab itu, hal tersebut bisa lebih memungkinkan untuk memperkuat hubungan antara orang tua dan anak.

5. Squishy

Mainan Anak Zaman Now 3kompasiana.com

Squishy menjadi salah satu permainan anak zaman now yang begitu buming. Memiliki beragam bentuk yang lucu menjadikan squishy selalu lebih mudah menarik perhatian anak.

Secara mudahnya, squishy adalah jenis permainan yang menggemaskan dengan bahan dasar spons. Selain bisa digunakan untuk media permainan, squishy juga bisa dijadikan sebagai pajangan hingga gantungan kunci.

Fungsi utama dari squishy adalah untuk menghilangkan stres. Memiliki keragaman bentuk, tekstur halus dan lembut, sehingga menjadikan squishy selalu jadi koleksi banyak orang.

Squishy cocok banget digunakan untuk anak dengan usia di atas tiga tahun. Menariknya lagi, squishy juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem motorik pada diri anak.

Disarankan bagi orang tua untuk menemani sang buah hati ketika memainkan squishy. Hal ini karena adanya kemungkinan mainan squishy dimakan oleh anak karena bentuknya yang lucu.

6. Miniatur Atau Replika Alat Dokter

Setiap anak pasti memiliki cita-cita tersendiri, misalnya seperti cita-cita menjadi seorang dokter. Anda sebagai orang tua juga bisa mulai mendukung dan mengedukasi anak dengan menggunakan mainan miniatur atau replika alat dokter.

Tindakan ini juga akan mengenalkan kepada anak terkait dengan profesi dokter secara umum. Saat ini, sudah banyak jenis mainan dengan model replika alat profesi pekerjaan seperti dokter.

Bahkan, dalam satu set replica alat dokter-dokteran juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari stetoskop, alat suntik, board catatan medis, gelas, dan box obat-obatan yang didesain menarik.

Selain itu, biasanya mainan replika alat dokter juga memiliki desain yang bagus dan tentunya aman. Dalam hal ini, Anda sebagai orang tua bisa mulai mengenalkan satu persatu alat dokter beserta dengan fungsinya. Dengan begitu, anak bisa bermain sambil belajar mengenal profesi dokter secara umum.

7. Mainan Replika Alat Kebersihan

Mainan Anak Zaman Now 3bukalapak.com

Semakin bertambahnya usia sang buah hati tentunya semakin besar pula rasa penasaran dalam dirinya. Tak jarang  mereka begitu penasaran dan juga ingin membantu orang tuanya untuk membereskan rumah.

Nah, Anda sebagai orang tua juga seharusnya bisa mulai mengenalkan pentingnya menjaga kebersihan sejak dini. Meski begitu, bukan berarti sang buah hati secara langsung disuruh untuk membersihkan rumah secara langsung.

Anda bisa memulai dengan memberikan permainan replika alat kebersihan di rumah. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali mainan anak dengan model alat kebersihan rumah.

Jadi, tak ada salahnya untuk mengenalkan pada anak setiap jenis alat kebersihan dan fungsinya. Lambat laun mereka akan terbiasa memainkan alat kebersihan sesuai dengan fungsinya. Tentunya Anda juga bisa mengamati bagaimana proses perkembangan anak mengenai kebersihan di lingkungan dan dirinya sendiri.

Ketika anak sudah mulai di usia yang cukup matang, tak ada salahnya juga Anda sebagai orang tua untuk memulai memintanya membersihkan rumah. Dimulai dari kamar pribadinya terlebih dahulu. Dengan begitu anak akan bisa mulai mengetahui pentingnya kebersihan sejak dini.

8. Mainan Soundbook

Mainan soundbook menjadi salah satu rekomendasi mainan anak zaman now yang bisa Anda jadikan pilihan saat ini. Dimana  soundbook sendiri akan memiliki isi cerita maupun informasi tertentu yang ternyata dilengkapi dengan fitur suara serta ritme tentang dunia hewan maupun tumbuhan.

Dimana nantinya di dalam soundbook tersebut akan ada sebuah alur cerita yang disisipkan suatu suara hewan ketika ditekan oleh anak. Tentunya, keberadaan dari fitur suara tersebut akan bisa menarik perhatian anak untuk lebih suka membaca buku.

Keberadaan dari soundbook juga akan melatih titik fokus dan perhatian anak ketika memainkannya. Saat ini, sudah banyak jenis soundbook yang bisa Anda beli sesuai dengan keinginan anak.

Menariknya lagi, tak jarang mainan soundbook akan memberikan bonus musik serta lembar mewarnai.

9. Spinner

Selanjutnya, ada permainan fidget spinner yang juga termasuk ke dalam mainan anak zaman now. Saat ini, keberadaan dari fidget spinner begitu populer bahkan kerap dicari oleh semua usia.

Fidget spinner sendiri memiliki bentuk yang beragam serta bisa dimainkan untuk menghilangkan rasa bosan yang ada. Perlu diketahui juga jika mainan fidget spinner bisa menjadi alat bantu untuk orang dengan kondisi gangguan psikologi.

Terutama bagi mereka yang sulit untuk fokus dan kerap merasa cemas dalam dirinya. Menariknya lagi fidget spinner sangat mudah untuk dimainkan.

10. Pasir Kinetic

Mainan Anak Zaman Now 3ruparupa.com

Pasir kinetic adalah salah satu jenis permainan yang sampai saat ini masih begitu diminati banyak anak. Pasir kinetic juga salah satu mainan yang tergolong aman serta tidak beracun maupun berbau.

Pasir kinetik bahkan tidak lengket dan tidak akan pudar warnanya meskipun sudah dimainkan dalam waktu cukup lama. Anak tentunya akan bisa meningkatkan sisi kreatif dan imajinasinya dengan bermain pasir kinetic yang dibentuk ke beragam bentuk.

Mulai dari bentuk binatang tertentu dengan cetakan yang sudah ada satu set dengan pasir kinetic hingga membuat istana pasir juga bisa dibuat oleh sang buah hati Anda. Selain itu, mainan pasir kinetic juga bisa dipakai secara berulang kali.

Perlu diketahui juga jika pasir kinetic anti bakteri, tak mudah berantakan dan mudah kering, sehingga menjadikannya tetap aman ketika dimainkan oleh buah hati.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan anak zaman now. Anda sebagai orang tua juga bisa memberikan mainan sesuai dengan minat, bakat dan usia anak. Selain itu perhatikan juga sisi keamanan dari mainan yang digunakan oleh anak agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Manfaat Bermain Bagi Anak

Setelah mengetahui apa saja rekomendasi mainan anak zaman now. Tentunya, bisa kita ketahui bersama jika permainan juga memiliki berbagai macam manfaat bagi anak maupun orang tua. Setidaknya, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh anak ketika bermain suatu jenis mainan seperti penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Membantu Meningkatkan Kreativitas Anak

Salah satu manfaat yang akan didapatkan oleh anak ketika melakukan permainan seperti lego, puzzle, slime dan lain sebagainya adalah bisa membantu meningkatkan sisi kreativitas anak.

Mereka bisa secara bebas memikirkan ingin membuat suatu bentuk tertentu dan merealisasikannya dengan menggunakan beberapa jenis permainan tersebut.

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Manfaat melakukan permainan bagi anak yang berikutnya adalah bisa mendukung meningkatnya kemampuan kognitif mereka. Dimana nantinya mereka akan mulai belajar berpikir, memahami, mengetahui, mempelajari berbagai informasi dan hal-hal disekitar mereka melalui panca indera mereka.

3. Anak Mulai Belajar Berkomunikasi

Kemampuan kognitif anak yang sudah terasah menjadikan mereka bisa belajar berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Mereka sudah bisa mulai berfikir menyampaikan apa yang mereka pikirkan atau apa yang mereka buat dengan mainan di depannya.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri juga bisa ditingkatkan oleh anak ketika sedang bermain dengan suatu objek mainan tertentu. Tak jarang, anak akan mengalami kegagalan sebelum akhirnya mencapai goal tertentu.

Selain bisa meningkatkan rasa percaya diri, anak juga mulai bisa berlatih kesabaran dan mulai menghargai pentingnya suatu proses sebelum mendapatkan apa yang diinginkan. Anda sebagai orang tua bisa membantu dan menemani setiap proses yang mereka lakukan.

Berikan dukungan dan berikan pengertian jika kegagalan bukan suatu hal yang besar namun berani mencoba kembali adalah suatu hal yang penting. Dengan begitu, mereka akan bisa mendapatkan kebahagiaan atas apa yang mereka dapatkan dari setiap proses dan usaha yang mereka lakukan.

Nah, itulah ulasan mengenai rekomendasi mainan anak zaman now dan beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh sang buah hati ketika bermain. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu terutama para orang tua.

Jika ingin mencari permainan anak zaman now, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy