in

10 Tips Agar Anak Jago Bahasa Inggris

pixabay

Tips agar anak jago bahasa Inggris – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat berguna penggunaannya di dunia pada saat ini.  Dengan bisa menggunakan bahasa Inggris maka kamu dan orang-orang yang ada di belahan dunia lain tidak akan kesulitan dalam berkomunikasi. Setiap orang di berbagai belahan dunia akan dapat berinteraksi tanpa merasa adanya perbedaan bahasa yang menjadi penghambat dalam berkomunikasi.

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Ketidakmampuan ini tentunya akan menghambatnya ketika ingin berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia lainnya. Bahkan, beberapa orang juga masih saja belum menyadari bahwa bahasa Inggris penting untuk dipelajari. Oleh karena itu, para orang tua juga harus memerhatikan dan mengajarkan anak-anaknya untuk belajar bahasa Inggris.

Dengan teknologi yang sudah maju dan berkembang pada saat ini yang mendorong anak-anak harus bisa berbahasa Inggris. Berbagai aplikasi di dalam smartphone sudah banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Untuk itu bahasa Inggris ini sangat diperlukan agar mereka nantinya paham dalam menggunakan teknologi yang berbahasa Inggris.

Selain itu, dunia pada saat ini juga sangat kompetitif. Oleh karena itu, anak harus diajarkan bahasa Inggris sejak dini agar nantinya ia mudah untuk bersaing dengan orang lain dalam hal pendidikan, pergaulan, dan juga pekerjaan. Terutama anak-anak yang sudah masuk pada masa golden age, di mana mereka dapat dengan mudah menyerap hal yang ada di sekitarnya. Hal tersebut sangat membantu saat belajar bahasa Inggris.

Banyak orang tua yang ingin mengajarkan bahasa Inggris kepada anaknya namun tidak tahu harus mulai dari mana. Memanglah tidak mudah dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak. Terlebih lagi bahasa Inggris bukanlah bahasa Ibu dan bahasa utama di negara Indonesia ini. Namun, hal tersebut bisa saja diatasi. Jika ingin mengajarkan anak mengenai bahasa Inggris tentunya orang tua harus memiliki ilmu bahasa Inggris, antusiasme untuk mengajar bahasa Inggris, dan juga pemberian pujian kepada anak.

Kalian para orang tua tidak perlu khawatir jika anak tidak cepat dalam menyerap kosakata bahasa Inggris yang telah kalian ajarkan. Hal ini tentunya membutuhkan proses. Kalian harus sabar karena akan ada waktunya anak kalian dapat berbahasa Inggris dengan lancar.

beli sekarang

Kamus ini berisi 500 lebih kosakata bahasa Inggris yang penting untuk dikenalkan kepada anak-anak atau pemula. Kata-kata dikelompokkan berdasarkan huruf dan cara pengucapan yang sama sehingga anak tahu arti kata sekaligus paham pengucapan yang benar.

Karena masih banyak orang tua yang bingung bagaimana cara mengejarkan bahasa Inggris kepada anaknya. Untuk itu Gramedia di sini akan memberikan beberapa tips agar anak jago bahasa Inggris. Tips-tips yang akan diberikan oleh Gramedia ini semoga saja membantu kalian dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada anak kalian. Untuk tahu lebih lengkap apa saja tipsnya, mari simak ulasan berikut !

1. Rutin Latihan Setiap Hari

Mengajarkan bahasa Inggris kepada anak harus dilakukan setiap hari. Melakukannya sesering mungkin akan memudahkan anak kalian untuk mahir dalam bahasa Inggris. Anak-anak di bawah usia 5 tahun dapat memulai dalam 15 menit. Semakin tua anak kalian maka semakin dia dapat berkonsentrasi dan semakin banyak waktu yang bisa dia habiskan untuk belajar bahasa Inggris. Jangan lupa untuk terus bekerja dalam waktu singkat dan membuat variasi. Misalnya, kalian mengajarkan bahasa Inggris dengan angka hari ini dan besok tentang binatang untuk lebih memfokuskan perhatian anak kalian.

Jalankan aktivitas ini pada waktu yang sama setiap hari. Sangat mudah bagi anak-anak untuk merasa nyaman dan aman ketika mereka dengan mudah mengetahui apa yang harus dilakukan.
Misalnya, kalian dapat mengajak anak bermain dalam bahasa Inggris saat mereka tiba di rumah atau membacakan dongeng versi bahasa Inggris sebelum tidur.

Kalian juga bisa memasang English corner di sudut rumah kalian di mana tempat yang bisa menampung segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Misalnya buku anak, permainan, DVD dan kerajinan tangan lainnya. Anak-anak harus mendengarkan kata atau frasa bahasa Inggris sesering mungkin sebelum mereka dapat mengucapkannya sendiri.

2. Lakukan Permainan

Membuat anak senang ketika mempelajari sesuatu bukanlah hal yang mudah. Cara terbaik agar anak senang ketika belajar adalah dengan mengajak anak-anak berpartisipasi dalam permainan saat belajar bahasa Inggris, sehingga mereka dapat menikmatinya dengan penuh minat dan semangat. Gim yang bisa mainkan seperti Scrabble, yaitu sebuah gim smartphone dan gim lain yang berbahasa Inggris dan cocok untuk usia anak.

Dr Martha Burns, seorang ahli saraf dan ahli terkemuka tentang bagaimana anak-anak belajar, menyatakan bahwa semakin tertarik anak dalam suatu kegiatan maka semakin banyak dopamin (hormon yang membuat perasaan bahagia) dilepaskan dan semakin baik anak akan mengingatnya.

3. Jangan Hanya Terpaku Pada Tata Bahasa

Kesalahan tata bahasa (grammar) adalah hal lumrah yang banyak dilakukan oleh banyak orang bahkan seorang native apalagi anak yang baru belajar. Sebagai orang tua, kamu tidak perlu terus menerus memperbaiki kesalahan tersebut dan membiarkan kesalahan kecil yang dilakukan anak agar anak berani berbicara, mengekspresikan diri mereka, serta tidak kehilangan minat belajar bahasa Inggris. Orang tua tentunya perlu memperbaiki kesalahan tersebut namun jangan terlalu fokus untuk menunjukkan kesalahan dan bersikap sabar.

4. Manfaatkan Situasi Rumah

Memanfaatkan situasi rumah dalam kehidupan sehari-hari kalian dalam bahasa Inggris akan membuatnya lebih mudah untuk mempelajari bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan anak dibiasakan untuk berbicara tentang semua topik dengan berlatih berbicara dalam segala situasi dan kondisi sehari-hari.

Orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris setiap saat dengan memperkenalkan lingkungan mereka sejak awal. Misalnya, saat mengajak anak memasak bersama, orang tua bisa menjelaskan kepada anak dapur dan sekitarnya dengan kalimat pendek. Mudah diingat.

Contoh lain seperti, Ketika sedang memilihkan pakaian untuk anak, kamu bisa menyisipkan kata bahasa Inggris di dalam kalimat, “Ke sekolah pagi ini kakak pakai blue socks, ya.”. Lalu, Bisa mencoba untuk mengatakan kosakata mainan saat kamu membantu dia membereskannya, “Ayo, kak, put your teddy bear on the bed!”. Selanjutnya, Ajarkan kosakata anak tentang makanan saat kamu memasak atau berbelanja di supermarket. Sambil memilih barang di supermarket, kamu bisa mengajarinya. “Okay kak, this is ketchup.”

5. Gunakan Buku Cerita

Anak-anak tentunya sangat menyukai buku cerita. Apalagi jika buku tersebut memiliki gambar, anak-anak pastinya akan bersemangat ketika membuka buku tersebut.

Bagi kalian para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk belajar bahasa Inggris, kalian bisa menggunakan cara ini. Kalian bisa membacakan buku cerita dalam bahasa Inggris setiap malam. Kalian juga harus menunjukkan isi buku cerita tersebut dan menunjuk beberapa gambar yang kemudian kalian jelaskan apa maksud dari gambar itu. Jika anak tidak mengerti arti dari cerita tersebut kamu bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Buku cerita bergambar ini adalah pilihan yang baik untuk mengajari anak belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mengajaknya langsung untuk berinteraksi. Kamu bisa bertanya padanya untuk menunjukkan beberapa hal yang berbeda. Misalnya kamu bertanya, “Where’s the cat?” setelah sebelumnya kamu bercerita tentang kucing tersebut\

beli sekarang

6. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Lagu juga salah satu cara yang efektif ketika ingin belajar bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari beberapa kosakata yang baru di dalam sebuah lagu. Jika kalian mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak kalian, tentunya lagu yang didengarkan juga harus lagu untuk anak-anak. Biasanya lagu anak dalam bahasa Inggris juga memiliki lirik yang mudah dihafal dan juga tidak sulit untuk diucapkan.

Dengan kalian sering mengajarkan bahasa Inggris kepada anak kalian lewat lagu maka anak kalian juga akan terbiasa untuk bernyanyi dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantunya untuk mendapatkan kosakata baru di dalam lagu. Selain itu, lama kelamaan ia juga akan lancar dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris.

7. Cari Topik Yang Disukai Anak

Anak-anak tentunya memiliki topik dan hal menarik yang mereka sukai, seperti menyanyi, mendengarkan lagu, membaca buku, dan sebagainya. Oleh karena itu, orang tua perlu menyelidiki minat anak mereka untuk mengetahui permainan, lagu, atau kegiatan mana yang memotivasi mereka untuk belajar.

Misalnya, jika anak kalian memiliki kesenangan dalam membaca maka kamu bisa membiasakannya untuk membaca buku bergambar dengan bahasa Inggris. Kegiatan ini tentunya merupakan cara yang efektif dalam belajar bahasa Inggris. Jika dilakukan secara rutin maka keterampilan mendengar dan membaca anak kalian akan berkembang.

8. Belajar Dalam Percakapan Sehari-hari

Bahasa Inggris tentu bisa dipelajari setiap hari dengan waktu kapan saja, bahkan bisa dibilang waktu untuk belajar bahasa ini terkesan longgar. Hal tersebut karena bahasa Inggris bisa dipelajari dengan cara mengucapkannya pada percakapan sehari-hari. Kalian para orang tua bisa mengajarkan anak kalian berbahasa Inggris dengan percakapan sehari-hari kalian dengan anak kalian.

Kalian bisa mengajak anak kalian untuk bercakap-cakap secara sederhana, menulis pesan, membacakan buku, dan mengenalkan benda-benda di sekitar menggunakan bahasa Inggris. Kalian bisa menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia untuk awal pengenalan dalam bahasa Inggris.

Dengan ini, anak kalian akan mengenal dua bahasa sekaligus sejak kecil, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kalian harus membiasakannya setiap hari agar anak kalian terus mengingat dan terbiasa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Contohnya kalian bisa mengatakan “Good night good morning, dan have a nice day” setiap harinya kepada anak kalian.

9. Permudah Tata Bahasa

Tata bahasa adalah hal yang cukup sulit dipelajari dalam bahasa apa pun, khususnya dalam bahasa Inggris. Biasanya anak-anak akan diajarkan mengenai tata bahasa setelah ia memasuki kelas tertentu di sekolahnya. Namun, kalian juga bisa saja mengajarkannya terlebih dahulu di rumah agar ia juga paham mengenai tata bahasa dalam bahasa Inggris sebelum ia diajarkan disekolahnya.

Kalian bisa mengajarkan tata bahasa ini saat kalian dan anak kalian bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian. Jika anak kalian mengucapkan tata bahasa yang salah maka jangan langsung ditegur, biarkanlah ia menyampaikan pesan dalam bahasa Inggrisnya sampai selesai terlebih dahulu. Kemudian setelah selesai, kamu bisa menjelaskan kata bagian mana yang tidak sesuai dengan tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Kalian bisa mengulanginya setiap hari ketika sedang berbincang dengan anak kalian. Dengan adanya pengulangan secara terus menerus ini juga akan membantu anak kalian secara tidak langsung belajar tata bahasa dalam bahasa Inggris di luar sekolahnya. Dengan mereka paham mengenai tata bahasa bahasa Inggris maka mereka juga akan mudah dalam menyusun sebuah kalimat bahasa Inggris.

10. Ukur Kemajuan Anak

Jangan lupa untuk mengukur kemajuan anak kalian selama mereka belajar bahasa Inggris. Hal ini tentunya sangat penting untuk dilakukan untuk mengetahui sejauh mana anak telah paham tentang materi yang telah kalian sampaikan setiap hari kepadanya. Namun pengukuran kemajuan anak dalam berbahasa Inggris ini tentunya berbeda dengan yang ada di sekolah. Kamu hanya memantau sudah sejauh mana anak bisa berbahasa Inggris. Jika belum mahir maka lanjutkanlah lagi belajar bahasa Inggris sampai dia bisa.

Kamu bisa mengukur kemampuan anak dengan cara menugaskannya membuat suatu karangan seperti menulis puisi, mengarang cerita, atau juga bercerita tentang kegiatan yang telah ia lakukan selama satu minggu.

Dalam pengukuran ini tentu anak-anak akan memiliki beberapa kesalahan di dalamnya, bisa saja kesalahan penulisan dan juga kesalahan dalam tata bahasa. Biarkanlah mereka menuliskan apa yang mereka pahami dalam bahasa Inggris. Setelah itu, kamu bisa membenarkannya dan memberitahunya apa saja yang salah dalam pekerjaannya.

Demikianlah artikel mengenai tips agar anak jago bahasa Inggris. Kalian bisa menerapkan tips-tips di atas jika kalian berencana ingin mengajarkan bahasa Inggris kepada anak kalian sejak dini. Kalian bisa mulai melakukannya sebisa kalian, dan tentunya carilah waktu luang serta jangan sampai membuat anak tertekan dalam belajar.

Bagi kalian yang ingin belajar bahasa Inggris dan juga ilmu lainnya, kalian bisa membeli buku yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan buku-buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Belajar bahasa Inggris dengan cara mudah dengan Sight Word Fun Learning pasti mengasyikkan! Metodenya mudah dan interaktif. Anak-anak bisa mengakses akademi Sight Word fun Learning di Fammi.ly (sampai level 8). Dengan Sight Word Fun Learning, anak-anak akan belajar untuk melihat kata, terbiasa dengan katanya, mendengar, bermain dengan katanya, dan melakukan aktivitas seru bersama orangtua!

Baca Juga:

Written by Ricky Atthariq