Desain

Pengertian Properti: Manfaat dan Keuntungan Bisnis Properti

Written by Laeli Nur Azizah

Pengertian Properti – Properti merupakan salah satu istilah yang banyak sekali muncul saat kita sedang membicarakan mengenai rumah ataupun tanah. Tak jarang pula, perbincangan tersebut berhubungan dengan istilah bisnis properti atau investasi properti. Properti sendiri dapat menjadi salah satu pilihan favorit untuk Anda yang ingin memulai bisnis dan berinvestasi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian properti itu? Bagaimana cara properti dapat menjadi prospek yang bagus untuk bisnis dan juga investasi? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Properti

Berbicara tentang properti, ada banyak orang yang mengartikan istilah tersebut secara sempit. Untuk pengertian properti sendiri adalah istilah yang dikaitkan dengan bangunan mewah ataupun tanah yang luas merupakan pengertian yang kurang tepat. Sebab, satu petak tanah juga sudah bisa kita katakan sebagai properti jika sudah mempunyai hak milik yang sah secara hukum.

Secara umum, properti merupakan penyebutan untuk tanah atau bangunan yang dimiliki seseorang. Dapat dikatakan bahwa properti tak hanya sebatas bangunan yang sudah berdiri kokoh, tapi juga meliputi keterangan tanah dan juga gedung yang berdiri di atasnya. Sementara menurut KBBI, properti merupakan harta yang berupa tanah, bangunan, dan sarana serta prasarana yang tak terpisahkan dari tanah hak milik ataupun bangunan yang dimaksud.

Berdasarkan pengertian di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa pengertian properti adalah suatu hak, baik itu hak guna, hak milik, atau hak sewa untuk memanfaatkan suatu bangunan dan sebidang tanah serta apapun yang ada di atas lahan tersebut.

Mengapa Properti Itu Penting?

Properti merupakan hal yang sangat erat hubungannya dengan kepemilikan. Oleh karena itu, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya dokumen penting yang harus Anda urus. Mengapa hal tersebut diperlukan? Sebab, properti dengan kepemilikan yang tidak jelas, maka akan rawan mengalami sengketa dan perselisihan. Karena properti merupakan aset yang harganya mahal, jadi Anda harus memastikan bahwa semuanya legal dan jelas.

Properti Beli Rumah Tanpa Modal Single Edition

Produk Properti

Setelah memahami pengertian properti secara lengkap, Anda juga perlu memahami apa saja produk yang termasuk ke dalam jenis properti. Penggunaan dan pemanfaatan produk properti merupakan hal yang tidak terbatas pada lahan ataupun rumah saja. Jika berdasar pada tujuannya, maka produk properti dikelompokkan menjadi 4 macam, antara lain:

1. Bangunan Komersial

Properti berupa bangunan komersial digunakan untuk kebutuhan komersial seperti misalnya perusahaan atau bisnis tertentu. Pemilik properti umumnya akan menyewakan bangunannya sebagai gedung perbelanjaan, perkantoran, rumah toko, pusat pelayanan seperti misalnya hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya. Properti semacam itu biasanya berada di tengah kota dengan mobilitas penduduknya yang padat.

2. Bangunan Residential

Jenis lainnya dari properti yaitu bangunan residential. Residential ini diartikan sebagai bangunan yang dimanfaatkan untuk tempat tinggal ataupun hunian. Dimana biasanya yang termasuk ke dalam bangunan residential antara lain yaitu rumah tinggal, perumahan, villa, rumah kost, asrama, dan juga apartemen.

Di Indonesia sendiri, kita masih sering menjumpai seseorang yang mempunyai properti rumah lebih dari satu di berbagai wilayah. Tidak hanya untuk ditinggali, tapi juga sebagian besar digunakan untuk dijadikan investasi. Mengingat lahan yang semakin sempit dan juga berpotensi meningkatkan harga properti dari tahun ke tahun.

3. Bangunan Industri dan Pengembangan

Bangunan industri dan juga pengembangan adalah properti yang digunakan dalam proses industri seperti halnya pabrik, pergudangan, dan juga laboratorium pengembangan. Properti jenis ini umumnya berada di lahan yang luas dan jauh dari pemukiman warga.

4. Bangunan dengan Tujuan Khusus

Bangunan dengan tujuan khusus merupakan sebuah gedung yang digunakan untuk fasilitas umum seperti terminal, sekolah, bandara, tempat ibadah, tempat hiburan, dan lain sebagainya.

Bisnis dan Investasi Properti Indonesia + CD

Manfaat Properti

Seperti yang kita pahami bahwa properti adalah aset yang dapat memberikan banyak sekali manfaat kepada pemiliknya. Terlebih lagi jika didukung dengan adanya kemajuan ekonomi secara global, dimana hal itu bisa membuat properti semakin diagungkan. Jadi apa saja manfaat dari properti? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Agunan Bank

Manfaat properti yang pertama yang bisa menjadikan properti sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman ke bank dibandingkan dengan harta lainnya. Dimana properti merupakan agunan yang paling dipertimbangkan oleh pihak bank untuk menyetujui pengajuan pinjaman nasabahnya.

2. Tidak Terpengaruh Inflasi

Lalu manfaat properti yang kedua adalah properti disebut sebagai salah satu aset yang kebal akan inflasi. Properti merupakan aset yang memiliki harga progresif atau akan selalu naik setiap tahunnya.

3. Penghasilan Tetap

Properti juga dapat disewakan dalam jangka waktu yang pendek ataupun panjang, hal tersebut dapat membuat Anda mendapatkan penghasilan pasif yang tetap.

Jika dilihat dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, tidak heran bila banyak orang yang memilih properti sebagai sarana investasi dan juga bisnis mereka.

Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan sebuah kegiatan bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan properti dan dilakukan oleh perorangan atau perusahaan. Dimana properti tersebut dapat berupa sepetak tanah, bangunan, rumah, dan juga semua sarana prasarana yang termasuk di dalamnya. Aktivitas di dalam bisnis properti diantaranya yaitu sewa-menyewa sampai jual-beli produk properti.

Keuntungan Melakukan Bisnis Properti

Setiap bisnis tentu ditujukan untuk memperoleh keuntungan, tidak terkecuali dengan bisnis properti. Beberapa keuntungan bisnis properti yang bisa Anda peroleh diantaranya:

1. Kebal Terhadap Inflasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa properti adalah salah satu aset yang kebal akan inflasi. Adanya inflasi tidak akan bisa mempengaruhi nilai dari suatu properti. Pastinya, hal tersebut akan sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Besar kemungkinan bahwa bisnis properti yang Anda jalankan tidak akan terganggu dengan inflasi.

2. Harganya Akan Terus Naik Per Tahunnya

Di Indonesia sendiri, harga jual properti akan selalu meningkat setiap tahunnya. Maka tak heran bila aset jenis ini membuat para pemilik bisnis tertarik untuk mencobanya.

3. Nilai Jual yang Tinggi di Tempat Strategis

Sudah bukan rahasia lagi bahwa semakin strategis lokasi sebuah properti, maka harganya juga akan semakin melangit. Walaupun dijual dengan harga yang tinggi, kebutuhan akan tanah dan juga bangunan yang strategis akan terus ada dan bahkan selalu meningkat.

Cara Memulai Bisnis Properti

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai bisnis properti, antara lain:

1. Mencari Informasi

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus riset terlebih dulu terhadap target pasar dan juga tentang bagaimana kebutuhan properti mereka. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi dan harga pasaran supaya tetap bisa dijangkau oleh target pasar.

2. Manfaat Peluang Potensial

Apabila Anda menemukan properti yang terletak di lokasi strategis dan bagus, serta sekiranya mempunyai keuntungan dalam jangka waktu yang panjang, maka Anda harus bergerak dengan cepat. Manfaatkan semua peluang yang ada di depan Anda.

3. Bangun Relasi Sebanyak-banyaknya

Tentu akan lebih mudah bila Anda menjalankan sebuah bisnis dan memiliki banyak relasi yang tersebar di berbagai wilayah. Hal tersebut juga dapat diterapkan ketika Anda mempunyai bisnis properti. Dengan mempunyai jaringan relasi yang luas, maka Anda akan lebih mudah untuk memperoleh informasi seputar properti.

Investasi Properti_Serial Rahasia Sukses Investasi Single Edition

Investasi Properti

Investasi properti adalah salah satu instrumen investasi yang bisa kita lihat wujudnya. Properti merupakan aset yang nilainya dapat meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Dengan demikian, seorang investor akan mempunyai kekayaan bersih yang terus bertambah. Oleh karena itu, properti sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana investasi untuk jangka panjang.

Keuntungan Investasi Properti

Memilih properti sebagai salah satu sarana investasi akan memberikan banyak sekali keuntungan. Beberapa keuntungan investasi properti diantaranya yaitu:

1. Nilai Properti Stabil

Nilai jual properti akan cenderung stabil bahkan akan lebih sering naik. Dengan demikian, kemungkinan kecil akan rugi bila melakukan investasi di bidang properti.

2. Pendapatan Tetap Secara Pasif

Apabila Anda mempunyai properti yang dapat disewakan, pastinya hal itu akan menguntungkan bukan? Sebab, Anda dapat memperoleh penghasilan perbulan ataupun per tahun secara tetap dari uang sewanya.

3. Dapat Dijadikan Sebagai Sarana Investasi dan Tempat Tinggal

Jika Anda memiliki properti berupa villa, maka jangan pernah membiarkan villa tersebut menganggur. Anda dapat menyewakan villa itu untuk berlibur. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan vila tersebut sebagai tempat tinggal ataupun tempat beristirahat untuk keluarga.

Cara Memulai Investasi Properti

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi properti, antara lain:

1. Tentukan Tujuan Utama Investasi

Sebelum memulai investasi, pastikan dulu Anda sudah memilih target dan juga tujuan akhirnya. Hal tersebut akan menjadi salah satu indikator keberhasilan investasi Anda. Tujuan Anda itu juga akan menentukan instrumen investasi yang dapat Anda pilih.

2. Mulai dengan Skala Kecil

Apabila masih ingin belajar dan belum berpengalaman dalam dunia investasi, maka Anda bisa mengawalinya dengan skala kecil dahulu. Seperti yang sudah kita pahami, walaupun tidak rentan mengalami kerugian, tapi setiap investasi tetap akan memiliki risikonya masing-masing. Oleh karena itu, Anda dapat memulai dengan skala kecil dulu sembari memahami dunia investasi properti secara lebih mendalam.

3. Sesuaikan Jangka Waktu Investasi

Investasi properti juga akan mengharuskan Anda untuk menentukan jangka waktu terlebih dahulu sebelum memulainya. Tujuan Anda sebelumnya juga akan mempengaruhi jangka waktu yang Anda pilih. Apabila Anda menginginkan jangka waktu yang panjang, maka properti berupa rumah atau hunian dapat menjadi pilihan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian properti, jenis, dan juga berbagai cara untuk memulai bisnis serta investasi properti. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien