Geografi

Pengertian Planet, Ciri-ciri dan Macam-macamnya

pengertian planet
Written by Wida Kurniasih

Pengertian planet – planet adalah salah satu bagian tata surya yang memiliki peran sangat penting. Tidak hanya sebagai bagian dari tata surya saja, tetapi planet juga bisa dijadikan tempat tinggal sebuah makhluk. Meskipun tidak semua planet dapat dijadikan tempat tinggal.

Salah satunya adalah planet bumi, planet yang menjadi tempat tinggal manusia ini memiliki banyak fungsi. Semua planet memiliki pergerakan yang terjadi secara alami. Meskipun begitu, tetapi banyak orang yang tidak mengetahui apa itu pengertian planet.

Apa itu pengertian planet? Artikel ini akan mengulas secara singkat mengenai planet. Mulai dari pengertian planet sampai ciri-ciri planet secara umum.

Pengertian Planet

apa pengertian planetKata “planet” berasal dari bahasa Yunani. Berasal dari kata “planetai”. Kata tersebut memiliki arti “pengembara”.

Alasan di balik penamaannya tersebut adalah karena kedudukan planet pada bintang tidak tetap. Planet adalah benda angkasa yang tidak memiliki cahaya nya sendiri. Planet adalah benda angkasa yang memiliki bentuk seperti bulatan.

Planet-planet yang ada di tata surya bergerak mengelilingi sebuah bintang. Bintang yang dikelilingi oleh para planet adalah matahari. Sebagian besar planet memiliki pengikut atau pengiring. Pengikut tersebut memiliki nama satelit, yang beredar mengelilingi setiap planet.

Pengertian planet dapat dikatakan sebagai benda yang mengelilingi matahari. Planet akan beredar dan mengelilingi matahari dengan arah yang sama. Waktu yang dibutuhkan untuk peredaran planet tergantung jarak dari planet menuju matahari.

Semakin panjang jaraknya maka semakin lama waktu peredarannya. Lintasan planet adalah bidang-bidang yang bentuknya lonjong, atau elips. Lintasan tersebut hanya membentuk sudut-sudut kecil atau suduk inklinasi, dengan bidang ekliptika.

Pengertian planet adalah sebuah benda langit yang mengorbit pada suatu bintang, dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Ada beberapa istilah yang digunakan dalam pergerakan sebuah planet. Istilah tersebut antara lain adalah Rotasi, Revolusi dan Kala Revolusi.

Sebuah planet akan dikatakan Revolusi ketika planet tersebut mengitari atau mengelilingi matahari secara penuh. Planet tersebut akan mengelilingi matahari dalam satu putaran. Sedangkan sebuah planet dapat dikatakan revolusi adalah saat planet tersebut mengitari atau memutari matahari dalam waktu yang dibutuhkan ketika satu kali revolusi.

Rotasi adalah mengorbitnya sebuah planet pada porosnya. Satu kali terjadinya rotasi, dapat dikatakan sebagai skala rotasi.

Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian planet adalah suatu benda langit yang tidak bisa mengeluarkan panas. Planet juga benda langit yang tidak bisa mengeluarkan cahaya. Planet akan bergerak mengelilingi matahari secara tetap di dalam bentuk rotasi atau revolusi. Hal itu membuat keseimbangan kondisi alam.

Pengertian planet menurut IAU atau Persatuan Astronomi Internasional adalah sebuah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Hal itu terjadi sebagai salah satu prosedur untuk menunjukan sebuah kesetimbangan hidrostatik atau nyaris bulat, yang terjadi di dalam sebuah lingkungan pada sekitar orbitnya.

Macam-macam Planet

macam-macam planet

Vector illustration of realistic collection planets of solar system. Astronomy background

Keanekaragaman jenis-jenis planet di dalam tata surya dapat diklasifikasikan menjadi beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan kedudukan Asteroid sebagai pembatasnya

Di dalam hal ini, planet dibagi menjadi 2 kelompok. Dua kelompok tersebut antara lain adalah planet luar dan planet dalam. Setiap planet yang masuk ke dalam kedua kelompok tersebut memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda.

Planet-planet tersebut memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki planet lain. Untuk mengetahui, mana planet yang termasuk planet luar dan planet dalam, simak penjelasan di bawah ini.

a. Planet dalam

Planet dalam adalah planet-planet yang lintasannya berada di antara matahari dan sabuk asteroid atau sabut planetoid. Beberapa planet yang termasuk ke dalam jenis planet dalam seperti:

  • Planet Merkurius
  • Planet Venus
  • Planet Bumi
  • Planet Mars

Planet yang termasuk ke dalam planet dalam memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-ciri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran yang kecil. Planet dalam memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan planet luar. Di dalam kelompok ini, planet yang memiliki diameter paling kecil adalah planet merkurius, sebesar 4,878 km. Sedangkan planet yang memiliki diameter paling besar di kelompok ini adalah planet bumi, sebesar 12,756 km.
  • Permukaan planet padat.
  • Tidak memiliki sebuah cincin.
  • Planet dalam hanya memiliki sedikit satelit.
  • Terbentuk dari batu dan logam.
  • Waktu proses rotasi lambat.
  • Waktu proses revolusi cepat.

b. Planet luar

Pengertian planet luar adalah planet yang lintasannya berada di sebelah luar lintasan asteroid. Planet yang masuk kelompok ini disebut dengan raksasa gas. Dikenal juga sebagai gas giants.

Alasannya adalah karena tersusun atas kumpulan berbagai jenis gas yang ada. Gas-gas tersebut yang menjadi bagian dari planet luar ini memiliki ukuran yang sangat besar. Gas tersebut juga tidak memiliki permukaan padat yang dapat dipijak.

Selain itu, karakteristiknya juga berhubungan dengan tekanan di dalamnya yang tinggi. Hal itu sehingga membuat diakui sebagai sesuatu yang bisa menjadi polemik. Sesuatu yang dapat menghancurkan segala sesuatu yang ada di dalam atmosfernya.

Beberapa planet yang termasuk ke dalam jenis planet luar seperti:

  • Planet Jupiter
  • Planet Saturnus
  • Planet Uranus
  • Planet Neptunus

Planet yang termasuk ke dalam planet luar memiliki ciri-ciri khusus. Ciri-ciri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran yang besar. Planet yang ada di dalam kelompok planet luar memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan planet dalam. Planet yang memiliki ukuran terbesar di kelompok ini adalah planet Jupiter, sebesar 142,985 km. Dapat dikatakan planet Jupiter adalah planet yang memiliki ukuran terbesar di tata surya.
  • Permukaan planet tersusun dari gas.
  • Memiliki cincin.
  • Memiliki atmosfer yang tebal.
  • Planet luar memiliki satelit yang banyak.
  • Planet luar terbentuk dari helium dan hydrogen.
  • Waktu rotasi cepat.
  • Waktu revolusi lambat.

2. Berdasarkan kedudukan Bumi sebagai pembatas

Jenis planet selanjutnya dibagi berdasarkan kedudukan bumi sebagai pembatas. Dapat dibedakan dalam kelompok berikut:

a. Planet inferior

Planet inferior adalah kelompok planet yang memiliki jarak rata-rata ke matahari lebih singkat atau pendek. Hal ini berbeda dengan jarak rata-rata planet bumi ke matahari. Beberapa planet yang masuk ke dalam kelompok planet inferior adalah planet merkurius dan planet venus.

Kecepatan planet merkurius dan planet venus ketika mengelilingi matahari berbeda. Maka dari itu, bila diamati dari bumi maka letak dan kedudukan antara dua planet ini akan berubah-ubah juga.

Ada sebuah istilah, yaitu sudut elongasi. Sudut elongasi adalah sudut yang dibentuk oleh sebuah garis. Garis tersebut menghubungkan bumi dan matahari dengan sebuah planet.

Elongasi planet inferior dapat dibedakan menjadi dua. Keduanya adalah elongasi barat dan elongasi timur. Elongasi barat adalah ketika posisi sebuah planet berada di sebelah barat matahari.

Hal itu jika dilihat dari planet bumi. Elongasi timur adalah jika posisi sebuah planet berada di sebelah timur matahari. Hal itu jika dilihat dari planet bumi.

Ada sudut elongasi yang dibentuk oleh sebuah garis yang menghubungkan planet bumi, matahari dan planet merkurius. Berada pada 0o sampai dengan 28o. Sedangkan sudut elongasi planet bumi, matahari dan planet venus adalah dari 0o sampai 50o.

Ketika planet merkurius atau planet venus berada di posisi elongasi barat, maka akan terbit lebih dulu di ufuk timur, ketika matahari masih berada di bagian bawah horizon timur. Maka dari jtu, planet tersebut akan terlihat berkilauan jika dilihat dari planet bumi.

Sebab, sinar matahari yang diterimanya akan dipantulkan kembali ke planet bumi. Maka orang-orang yang ada di planet bumi akan menyebut planet venus dan planet merkurius berada di kedudukan elongasi barat, sebagai bintang timur.

b. Planet superior

Planet superior adalah planet yang memiliki jarak rata-rata ke matahari lebih panjang, dari jarak rata-rata planet bumi ke matahari. Planet yang termasuk ke dalam planet superior di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Planet Mars
  • Planet Saturnus
  • Planet Jupiter
  • Planet Uranus
  • Planet Neptunus

3. Berdasarkan ukuran, massa, sifat fisik dan komposisi bahan penyusun

Jenis atau macam-macam planet selanjutnya dikelompokkan berdasarkan ukuran, massa sifat fisik dan komposisi bahan penyusun.

a. Planet kebumian atau planet terrestrial

Kata terrestrial berasal dari bahasa latin. Berasal dari kata “terra” yang berarti bumi. Maka planet terrestrial bisa dikatakan sebagai planet yang memiliki sifat seperti planet bumi.

Mulai dari ukurannya, massanya, massa jenis, maupun komposisi kimianya. Komposisi kimianya adalah memiliki permukaan yabg padat.

Komposisi materi penyusunannya adalah batuan silikat. Beberapa planet yang termasuk planet terrestrial adalah sebagai berikut:

  • Planet Merkurius
  • Planet Venus
  • Planet Bumi
  • Planet Mars

b. Planet raksasa atau planet jovian (mayor planets)

Kata jovian berasal dari bahasa Romawi. Berasal dari kata Jove. Kata tersebut memiliki arti Jupiter.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa planet jovian adalah planet yang memiliki ukuran yang besar.

Komposisi penyusunan pada planet yang masuk ke dalam kelompok ini mirip dengan planet Jupiter.

Disusun berupa gas hidrogen. Sebagian besar zat penyusunnya adalah es. Beberapa planet yang termasuk ke dalam kelompok planet jovian adalah sebagai berikut:

  • Planet Jupiter
  • Planet Saturnus
  • Planet Uranus
  • Planet Neptunus

BACA JUGA: Mengenal Lapisan pada Matahari dan Penjelasannya

Ciri-ciri Planet Secara Umum

Ciri-ciri Planet Secara UmumSecara umum, semua planet memiliki ciri-ciri yang sama. Bagaimana ciri-ciri planet secara umum? Berikut penjelasannya:

  • Planet akan mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang.
  • Planet akan melakukan rotasi. Sebuah perputaran planet pada porosnya.
  • Planet akan melakukan revolusi. Sebuah proses planet mengelilingi matahari.
  • Planet memiliki massa yang cukup. Massa tersebut akan digunakan untuk memiliki gravitasi sendiri. Tujuannya supaya dapat mengatasi tekanan rigid body. Hal itu akan membuat benda angkasa tersebut memiliki bentuk kesetimbangan hidrostatik atau bentuk yang hampir bulan.
  • Massa yang dimiliki planet tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir.
  • Planet akan melakukan pembersihan lingkungan, atau clearing the neighborhood. Caranya adalah dengan mengosongkan orbit. Tujuannya supaya tidak ditempati oleh benda angkasa yang ukurannya cukup besar, selain satelitnya sendiri. Hal itu dilakukan di sekitar daerah orbitnya. Maka tidak akan terjadi tabrakan di antara objek langit.
  • Setiap planet memiliki atmosfer, kecuali planet merkurius.
  • Setiap planet memiliki medan magnet.
  • Setiap planet memiliki satelit alami, kecuali planet merkurius dan planet venus.
  • Setiap planet memiliki diameter yang lebarnya lebih dari 800 km.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian planet dan macam-macam planet. Temukan informasi lainnya seputar tata surya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan informasi menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku Terkait Planet

Berkenalan Dengan Alam Semesta, Tata Surya, Dan Benda Langit

Berkenalan Dengan Alam Semesta, Tata Surya, Dan Benda Langit

Beli Buku di Gramedia

Seri Smart Science : Sistem Tata Surya - Aku Ingin Menjadi Penjelajah Luar Angkasa

Seri Smart Science : Sistem Tata Surya – Aku Ingin Menjadi Penjelajah Luar Angkasa

Beli Buku di GramediaHamin dan Yeol telah menempuh perjalanan panjang di luar angkasa. Mereka menjelajahi Planet Mars dengan menggunakan pesawat luar angkasa. Mereka pun sudah menyimpan beberapa foto untuk mengikuti Kontes Foto Planet Sistem Tata Surya.

Ternyata, anak-anak yang membawa foto paling bagus, akan diberi hadiah bintang tim ekspedisi. Lalu, apakah mereka bisa memenangkan kontes foto tersebut? Seri Smart Science merupakan buku cerita dengan konten sains menarik yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Anak akan mendapat pengalaman baru dalam belajar sains melalui cerita, video percobaan, animasi, dan aplikasi seru.

Si Genius Sains #5 : Mengelilingi Tata Surya

Si Genius Sains #5 : Mengelilingi Tata Surya

Beli Buku di GramediaJong Shin dan teman-temannya kali ini berkesempatan menjelajahi Tata Surya. Mereka mengunjungi Matahari dan semua planet yang mengitarinya. Saat sampai di Mars, Jong Gu sangat ingin memberikan hadiah kepada penghuni Mars. Padahal, keberadaan makhluk hidup di Mars masih misteri. Apakah usahanya berhasil? Apakah dai bertemu dengan makhluk hidup?

Ayo, belajar sains dengan cara menyenangkan bersama Si Genius Sains! Komik ini mengangkat pertanyaan dasar tentang sains dalam kehidupan sehari-hari. Anak dapat memahami sains melalui cerita sehari-hari Jong Shin, keluarganya, dan teman-temannya yang melakukan hal-hal menakjubkan dan tidak biasa dalam memecahkan rasa ingin tahu terhadap segalanya yang ada di kehidupan sehari-hari. Buku ini sangat cocok bagi anak-anak untuk belajar sains dengan menyenangkan, dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang tertarik dengan sains.

Rekomendasi Buku & Atikel Terkait Planet

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien