Geografi

Apa Itu Geografi? Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Geografi

Apa Itu Geografi? Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Geografi 1
Written by atap

Batasan-batasan Geografi di Muka Bumi – Geografi sebagai salah satu disiplin ilmu yang mempelajari lingkungan beserta segala fenomena yang terjadi beserta manusianya.

Tak hanya bumi objek yang juga dipelajari dalam geografi adalah ruang angkasa. Di permukaan bumi, hal-hal yang dipelajari misalnya masalah penduduk, flora, fauna, udara, iklim dan segala sesuatu yang ada hubungannya dengan bumi.

Istilah Geografi sendiri baru digunakan pada tahun 1972. Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan batasan geografi yang perlu kamu ketahui, Grameds.

Apa Itu Geografi? Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Geografi 2

A. Apa Itu Geografi?

Geografi berasal dari bahasa Yunani, geo yang berarti bumi dan grafhein yang berarti tulisan. Jadi secara harfiah, geografi merupakan tulisan tentang bumi.

Oleh karenanya geografi sering juga disebut sebagai ilmu bumi. Akan tetapi, yang dipelajari dalam geografi bukan hanya mengenai permukaan bumi saja, melainkan berbagai hal yang ada di permukaan bumi, di luar bumi, bahkan benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi.

Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari atau mengkaji bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, fauna, flora, iklim, udara, dan segala interaksinya. Geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes yang dijelaskan di dalam sebuah buku yang berjudul geographika (276-104 SM).

Istilah dari geografi sendiri diambil dari bahasa yunani dimana geo memiliki arti bumi dan graphein yang berarti tulisan. Jadi jika diartikan geografi adalah tulisan tentang bumi atau bisa disebut dengan ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Meskipun memiliki arti tulisan tentang bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi, geografi tidak hanya membahas tentang bumi saja, geografi juga membahas tentang seluruh alam semesta baik di dalam maupun diluar bumi.

Jadi arti dari geografi bisa diperluas dengan menggabungkan beberapa hal yang telah disebutkan diatas.

Geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi, iklim, flora, fauna, penduduk, cuaca, udara dan lain-lain yang berinteraksi dengannya. Batasan Geografi menurut para ahli:

  • Ferdinan Von Richthofen, mengatakan geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari sifat-sifat serta gejala dari permukaan bumi dan juga penduduknya. Selain itu geografi juga menjelaskan tentang hubungan sebab akibat maupun adanya gejala dan sifat-sifat itu secara bersamaan.
  • Sidney E. Ekblaw dan D.J.D. Mulkurne, geografi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bumi beserta isinya yang dapat memengaruhi bagaimana cara kita hidup, makanan apa yang kita konsumsi, baju atau pakaian yang kita kenakan, rumah untuk kita berlindung, serta semua aktivitas rekreasi yang kita rasakan.
  • Halim Khan, mengatakan bahwa ilmu geografi adalah lingkungan alam dan sosial merupakan wilayah untuk melakukan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laku manusia di bumi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidupnya.
  • Bintarto, geografi adalah suatu cabang ilmu yang mencitrakan, menjelaskan sifat-sifat dari bumi, melakukan analisis dari gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai penghidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.
  • Berdasarkan dari hasil seminar dan lokakarya semarang pada tahun 1988, Geografi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan dari gejala alam beserta kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi dari manusia dan lingkungannya yang tercakup dalam konteks keruangan dan kewilayahan.

Baca juga : Pengertian Geografi

Kamus Geografi Edisi Tematik Dan Visual

Kamus Geografi Edisi Tematik Dan Visual

Beli Buku di Gramedia

B. Ruang Lingkup Geografi

Secara garis besar, seluruh objek kajian geografi dapat dibedakan menjadi dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya, sedangkan aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebaginya. Interaksi geografi dengan ilmu-ilmu lain melahirkan disiplin ilmu baru yang merupakan cabang tersendiri.

Misalnya Interaksi antara geografi dan biologi melahirkan biogeografi, Interaksi antara geografi dan antropologi melahirkan antropogeografi atau etnografi, Interaksi antara geografi dengan matematika melahirkan geografi matematik. Jika bumi dipandang dari segi teori lingkungan hidup, permukaan bumi dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Lingkungan fisikal (physical environment) atau abiotik adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk tak hidup, misalnya tanah, udara, air, dan sinar matahari.
  • Lingkungan biologis (biological environment) atau biotic adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk hidup, seperti binatang, tumbuhan-tumbuhan termasuk di dalamnya adalah manusia.
  • Lingkungan sosial (social environment) adalah segala sesuatu di sekitar manusia yang berwujud tindakan atau aktivitas manusia baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun hubungan antarmanusia.

Apa Itu Geografi? Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Geografi 3

C. Ilmu Penunjang Geografi

Ruang lingkup geografi sangat luas, menyangkut segala fenomena atau gejala pada geosfer. Geosfer sebagai lingkup kajian geografi yang terdiri atas empat komponen utama yaitu atmosfer, hidrosfer, lithosfer dan biosfer. Ilmu geografi dapat diterapkan dalam kehidupan guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Dalam geografi hanya membantu manusia dalam pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia di bumi. Di bawah ini merupaakan ilmu-ilmu punya geografi:

banner-promo-gramedia
  • Meteorologi: Ilmu yang mempelajari masalah atmosfer, misalnya, suhu, udara, cuaca, angin, dan berbagai sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.
  • Klimatologi: Ilmu yang menyelidiki masalah iklim.
  • Astronomi: Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi,misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.
  • Geologi: Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, terutama batubatuannya, misalnya, sejarah kejadian, komposisi, struktur, dan proses perkembangan batuan.
  • Geomorfologi: Ilmu yang mempelajari tentang bentuk muka bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
  • Ilmu tanah: Ilmu yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan, mencakup sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.
  • Hidrografi atau hidrologi: Ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada di kerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, mencakup pola distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air. Turunan dari hidrologi sendiri diantaranya limnologi (mempelajari tentang danau), hidrometeorologi (mempelajari kondisi air di udara), hidrologi fluvial (sungai) dan groundwater hidrology (hidrologi air tanah).
  • Oseanografi: Ilmu yang mempelajari tentang sifat fisik dan sifat kimia kelautan. Sifat fisik meliputi arus laut, gelombang, dan suhu air laut. Sifat kimia meliputi salinitas dan keasaman air laut. Kedua sifat tersebut berpengaruh terhadap ekosistem dan pemanfaatan laut.
  • Ekologi: Ilmu tentang lingkungan hidup, mencakup di dalamnya hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya.
  • Biogeografi: Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang faktor-faktor alam yang memengaruhi penyebaran makhluk hidup.
  • Geografi Manusia: Cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi, dan penduduk.
  • Geografi politik: Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang negara yang ditinjau dari sudut pandang letak negara tersebut di muka bumi, sehingga dapat diketahui kondisi alamnya, karakteristik penduduknya, dan dasar-dasar pengambilan kebijakan politik dari negara tersebut.
  • Geofisika: Ilmu yang mengkaji sifat-sifat bumi (bagian dalam) dengan metode atau teknik fisika, misalnya dalam mengkaji gempa bumi, gravitasi, dan medan magnet.
  • Geografi Penduduk: Cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang penduduk dan kaitannya dengan pengaruh lingkungan hidupnya sehingga dapat menampilkan karakter dan sosial-budaya yang beraneka ragam.
  • Geografi Ekonomi: Cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari tentang ekonomi penduduk meliputi distribusi perekonomian penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi alam.
  • Antropogeografi: Cabang ilmu geografi yang mempelajari persebaran bangsa-bangsadi muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, disebut juga etnografi.
  • Paleontologi: Ilmu tentang fosil-fosil dari bentuk kehidupan di masa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.
  • Geografi Regional: Cabang ilmu geografi yang mempelajari kawasan tertentu secara khusus, misalnya, geografi Timur Tengah dan geografi Asia Tenggara.
  • Geografi Fisik: Cabang ilmu geografi yang mengkaji bentuk dan struktur permukaan bumi.
  • Geografi matematik: Cabang ilmu geografi yang dapat digunakan untuk memperlihatkan bentuk, ukuran, dan gerakan bumi, misalnya, lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.
  • Geografi historis: Cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.

Baca juga artikel terkait “Apa itu Geografi?” :

Ekologi Manusia

Ekologi Manusia

Beli Buku di Gramedia

 

Geografi Aplikasi dalam Berbagai Bidang Ilmu

Geografi Aplikasi dalam Berbagai Bidang Ilmu

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien