Bahasa Indonesia Pendidikan

12 Contoh Pembuka Pidato Lengkap untuk Berbagai Acara

pembuka pidato
Written by Umam

Pembuka pidato menjadi salah satu bagian terpenting pada suatu acara besar diselenggarakan. Pasalnya, membuka sebuah pidato bisa dikatakan sebagai tugas yang bisa mudah bisa juga susah. Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang sukses menyajikan pembuka pidato, salah satu satunya adalah materi untuk pembuka pidato itu sendiri.

Salah satu contoh pembuka pidato yang mudah untuk ditemukan yaitu pidato kenegaraan. Dalam pidato kenegaraan ini biasanya dibacakan oleh presiden. Namun, tentu saja pidato kenegaraan berbeda dengan pidato upacara sekolah. Sosok yang berpidato dalam upacara sekolah tentu saja biasanya kepala sekolah atau orang yang dipercaya mewakilinya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang kalimat pembuka dalam pidato atau sering disebut juga dengan pembuka pidato. Namun, sebelum memasuki materi tentang contoh pembuka pidato, sebaiknya kita mengulas kembali tentang pengertian dan tujuan dari pidato. Selamat Membaca!

A. Pengertian Pidato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pidato dapat diartikan sebagai kegiatan untuk mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Secara umum, pidato dapat dipahami sebagai suatu bentuk kreativitas yang dilakukan oleh seseorang untuk mengungkapkan isi hati atau menyampaikan suatu informasi kepada suatu kelompok tertentu dalam suatu acara atau media tertentu.

Oleh karena itu, pidato memiliki definisi sebagai sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Pidato sendiri pada dasarnya adalah buah pemikiran seseorang yang disampaikan di hadapan umum.

B. Tujuan Pidato

Tujuan pidato umumnya digunakan untuk menyampaikan sebuah makna atau inti pesan kepada para pendengar. Bisa berupa ucapan terima kasih, sambutan, hingga pidato dengan tema tertentu yang menggunakan bahasa Indonesia yang formal dan menarik.

Sementara itu, tujuan dari pidato pada dasarnya adalah sebuah penyampaian informasi yang baik kepada para pendengar. Mulai dari menyampaikan sebuah ide tertentu atau bisa juga sebuah saran yang membangun dan berarah kepada suatu hal memiliki nilai positif.

Pidato juga bisa dikatakan juga sebagai kegiatan yang memiliki tujuan untuk memberikan suatu ajakan dan himbauan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Pidato biasanya memang memiliki tema yang baik. Hampir tidak ada pidato yang mengusung tema kurang baik dan mengarahkan kepada keburukan.

Maka dari itu, dalam acara pidato secara resmi, pidato biasanya mengandung tujuan untuk meyakinkan, mendorong atau memberikan motivasi, memberitahukan atau himbauan, hingga bertindak atau berbuat. Sedangkan, dalam pidato yang biasa atau tidak formal, pidato cenderung digunakan untuk membuat suasana menjadi lebih hangat sehingga para pendengar menjadi lebih senang dan bahagia.

C. Metode Pidato

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari pidato, tentu kita tahu bahwa dalam membuka sebuah pidato harus menggunakan teknik yang tepat. Hal ini dikarenakan seseorang yang berpidato akan disaksikan oleh banyak orang di tempat umum.

Nah, dalam pidato sendiri ada beberapa metode yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Impromptu, yaitu sebuah metode pidato yang dilakukan tanpa perlu adanya persiapan terlebih dahulu.

2. Memoriter, yaitu sebuah metode pidato yang disampaikan dengan cara menghafalkan naskah pidato secara matang dan tepat terlebih dahulu.

3. Naskah, yaitu sebuah metode pidato yang digunakan dengan cara membacakan teks atau naskah.

4. Ekstemporan, sebuah metode pidato yang dilakukan dengan cara menyiapkan garis-garis besar konsep terlebih dahulu.

D. Bahasa yang Digunakan Saat Berpidato

Seperti yang sudah disampaikan di bagian sebelumnya, apabila pidato tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada beberapa metode dan etika yang perlu diikuti dan ditaati agar kata yang diucapkan dalam pidato menjadi lebih runtut dan memiliki susunan yang sistematis. Hal ini dilakukan supaya informasi atau pesan dalam pidato menjadi lebih mudah untuk dipahami makna dan maksud oleh orang lain.

Dalam melakukan pidato, seseorang tidak boleh menggunakan banyak pengulangan kata yang berlebihan dan tersendat-sendat. Hal ini dikarenakan bisa menghasilkan suara yang kurang menarik untuk disimak oleh para pendengar. Oleh karena itu, apabila Kamu mendapatkan tugas untuk melakukan pidato bahasa Indonesia, maka ada baiknya untuk menggunakan bahasa yang baku.

Langkah pertama yang bisa dilakukan tentu saja mempersiapkan kata-kata yang akan disampaikan dalam pidato secara runtut sehingga pesan yang ingin disampaikan kepada para banyak orang dapat tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi kesalahpahaman.

E. Struktur Pembuka Pidato

Secara formal, pembuka pidato terdiri dari tiga bagian, mulai dari salam pembuka, ucapan penghormatan, hingga ucapan syukur. Namun, dalam pembuka pidato biasa atau tidak formal, pembukaan pidato biasanya dilakukan tanpa ketentuan yang tetap. Nah, berikut ini adalah tiga struktur pembuka pidato yang perlu kamu perhatikan, diantaranya yaitu:

1. Salam Pembuka

Struktur pembuka pidato yang pertama adalah salam pembukaan. Bagian pembukaan ini biasanya terdapat salam pembuka. Salam pembuka biasanya terletak di bagian pada saat seseorang memulai pidato.

2. Ucapan Penghormatan

Selanjutnya, struktur pembuka pidato yang kedua adalah ucapan penghormatan. Ucapan penghormatan biasanya dilakukan dari penyebutan orang dengan jabatan tertinggi terlebih dahulu, baik hadir maupun tidak hadir dalam kegiatan pidato.

Sebagai contoh, apabila pidato dilakukan di sekolah, maka ucapan penghormatan dapat dimulai dari penyebutan kepala sekolah sebagai pemangku jabatan tertinggi di sekolah, dilanjut bapak dan ibu guru pengajar, hingga teman-teman yang hadir.

3. Ucapan syukur

Kemudian, struktur pembuka pidato yang ketiga adalah ucapan syukur. Ucapan syukur sendiri biasanya biasanya disampaikan oleh orang yang berpidato kepada para pendengar karena telah berkenan hadir dan berkumpul dalam acara.

F. Contoh Pembuka Pidato

Salam pembuka pidato memang membutuhkan beberapa persiapan sehingga bisa disampaikan dengan mantap dan percaya diri. Pembuka menjadi wajah awal sebuah pidato di hadapan para pendengar, pembuka yang baik akan sangat berpotensi menjadikan pidato yang sukses.

Nah, berikut ini adalah sebelas contoh pembuka pidato sesuai kebutuhannya, yaitu:

1. Contoh Pembukaan Pidato Perpisahan Sekolah

Selamat pagi, semuanya.

Untuk bapak/ibu guru, staf sekolah, dan teman-teman sekalian, terima kasih sudah menyempatkan diri untuk hadir.

Di pagi yang cerah ini, mari kita panjatkan puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa di sekeliling kita, karena anugerah dan berkatnyalah kita bisa berkumpul bersama. Perkenalkan, nama saya ___, murid kelas ___. Kebetulan saya diberikan kehormatan untuk memberikan pidato perpisahan untuk angkatan ____. Sebelum memulai pidato, ada sebuah pepatah yang mengingatkan saya tentang perjalanan kita selama ___ tahun bersekolah, yakni “Goodbyes are not forever. Goodbyes are not the end. They simply mean I’ll miss you, until we meet again.”

2. Contoh Pembukaan Pidato Islami

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh

Alhamdulillah, hari ini kita semua diberikan kesempatan oleh Allah SWT. untuk berkumpul sekaligus menjalani sebagian dari aktivitas kita, dan masha Allah, dari sekian banyak hamba Allah SWT. yang beraktivitas hari ini, ternyata bapak/ibu dan teman-teman sekalian yang terpilih oleh-Nya untuk bisa hadir di sini. Semoga kita semua yang hadir diringankan langkahnya, dilembutkan hatinya, dan dipanjangkan umurnya untuk mempelajari sebagian dari tuntunan agama kita.

Semoga juga kita mendapatkan karunia Allah, seperti yang dijanjikan oleh Rasulullah Saw. sehingga keluar dari sini mendapatkan petunjuk dan kebaikan dari Allah SWT.

3. Contoh Pembukaan Pidato Islami / Ceramah

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, was sholatu wassalamu ‘ala, asyrofil ambiyaa iwal mursalin, wa a’laa alihi wa sahbihi ajmain amma ba’du.

Pertama-tama, marilah kita semua panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita. Berkat rida-Nya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan (nama acara). Ceramah kali ini akan membahas tentang manfaat sedekah dan dampak baiknya bagi kehidupan kita di dunia dan akhirat.

4. Contoh Doa / Pembukaan Pidato Bahasa Arab

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِيْنَ ، فَلَا عُدْوَانَ إِلَّا عَلَى الظَّالِـمِيْنَ ؛ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ،نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ أَرْسَلَهُ اللهُ رَحْـمَةً لِلْعَالَمِيْنَ ، وَعَلَى اَلِهِ أَزْوَاجِهِ الطَّاهِرَاتِ أُمَّهَاتِ الـمُؤْمِنِيْنَ ، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ الغُرِّ الـمَيَامِيْنِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

“Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wal ‘aaqibatu lil muttaqien, falaa ‘udwaanaa illa ‘aladzoolimiin. Wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyrofil anbiyaa-i wal mursaliin. Nabiyyinaa wa habiibinaa muhammadin arsalahullahu rohmatal lil a’lamiin. Wa’alaa alihii wa-azwajihit-thohirooti ummahaatil mu’miniin, wa’alaa alihiit-thoyyibiin, wa ashabihil ghurril mayaamiin, wa-man tabi’ahum bi-ihsanin ila yaumiddin. Amma ba’du.”

5. Pembukaan Pidato Bahasa Inggris tentang Pendidikan

Ladies and gentlemen,

Today is November 10 and we are celebrating our Hari Pahlawan.

We must know that our predecessors had fought and sacrificed their whole body and soul to drive the colonizers out of our land, Indonesia. They fought ever so bravely to maintain this country’s dignity and of course, for our freedom. Even though they were outnumbered and didn’t have weapons as advanced as the those who were against us, our heroes did not give up and fought to their very last drop of blood.

Therefore, today, I will deliver a speech in order to commemorate their fight and how important it is for us, the youth, to keep their spirits and bravery alive.

6. Contoh Pembukaan Teks Pidato Bahasa Inggris tentang Etos Kerja

O youths,

How are you guys? I’m sure you’re all in goof health. Before I start, have you guys know me already? There is a saying that if you don’t know a person, how can you love that person? Therefore, I would like to introduce myself first. My name is Muhammad Adam Kharisma, you can call me Adam. I was born on February 17th 1997 in Magelang. Right now, I’m working on my own business and farming chicken. Do you guys want to be an entrepreneur like me?

If so, in this opportunity, I will tell you some of my bitter experiences in building a business. Hopefully, you will later be motivated when pursuing this field.

7. Contoh Kalimat Pembuka Pidato tentang Lingkungan

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kita semua nikmat dan hidayahnya sehingga kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati, pidato singkat yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat menyayangi orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi marilah kita mulai menjaga kebersihan untuk keselamatan dan kebaikan diri sendiri dan juga orang lain.

8. Contoh Pantun Pembuka Pidato

a. Pantun Islami

Bertemu teman yang lama tak sua
Ternyata dia bergelar sarjana hukum
Assalamualaikum kawan semua
Semoga bibir berhias senyum

b. Pantun Bijak

Mentari terbit belum tinggi
Baru sejengkal sepanjang lari
Wahai kawan selamat pagi
Moga berkah atasmu sepanjang hari

c. Pantun Lucu

Makan kuaci sambil salto
Buka permen sambil tiduran
Karena sudah waktunya bapak berpidato
Maka dengar dan perhatikan

9. Contoh Pembukaan Ceramah/Pidato Islami

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, atas karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam rangka tholabul ilmi, mencari ilmu. Serta kita bisa bersilaturahmi, bertatap muka di majelis yang mulia ini dalam keadaan sehat wal afiat, aman fi amanilah. Semoga setiap derap langkah kita semua bisa membuahkan pahala yang dapat menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat dihadapan Allah SWT.

Tak lupa juga, shalawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga yaumul qiyamah kelak.

Di awal acara kali ini, mari kita menata niat bersama untuk selalu menguatkanku niat dan melandaskan setiap langkah sebagai niat ikhlas karena Allah SWT. Pada kesempatan ini juga, mari kita bersama-sama menghadirkan hati dan pikiran untuk mencari ilmu, serta sekembalinya dari majelis ta’lim ini selalu mendapatkan dan mengamalkan ilmu yang didapatkan sehingga menjadi bermanfaat.

10. Contoh Pembukaan Teks Pidato tentang Bisnis

Rekan-rekan yang tercinta,

Pernahkah Anda berpikir mengapa para pengusaha cenderung memiliki postur tubuh yang subur dan selalu bahagia? Hal ini tentu saja karena mereka tidak pernah menjadi sarden di pagi hari layaknya pegawai pada umumnya, hehehe. Kecuali Saya, seorang pebisnis yang masih menjadi beef steak di jalan. Meskipun sudah ada ac tetap saja panas membara di dalam diri akibat macet. Apabila nanti rekan-rekan semua mempraktikan apa yang saya biacara saat ini, tentunya harus memastikan jangan sampai menjadi sarden atau steak seperti Saya. Gak enakloh! hehehehe.

Oleh sebab itu, Saya berdiri di sini untuk memberikan solusi enaknya menjadi entrepreneur yang tepat.

11. Kalimat Pembukaan Pidato Islami

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta selaku Ketua Senat,
Yang kami hormati, Semua Anggota Senat Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,
Yang kami hormat, segenap staf pengajar di lingkungan Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,
Yang kami muliakan, para tamu undangan,
Serta hadirin yang berbahagia,
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin,
Was sholatu wassalamu ‘ala,
Asrofil ambiya iwal mursalin,
Sayyidina wa maulana Muhammadin,
Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain.
Amma ba’du

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pembuka Pidato

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien