Kesenian

12 Contoh Poster Kebersihan Lingkungan Untuk Mengedukasi Masyarakat

contoh poster kebersihan
Written by Laeli Nur Azizah

Contoh Poster Kebersihan – Di tempat umum, kita sering menjumpai tulisan yang berisi tentang himbauan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Namun, ada saja orang yang masih membuang sampah sembarangan yaitu tidak di tempat sampah yang sudah disediakan.

Mungkin, kalau hanya melalui tulisan saja tidak bisa langsung “mempan”, karena memang beberapa masyarakat kurang teredukasi mengenai kebersihan lingkungan, sehingga mereka masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

Tapi, bagaimana jika pesan dan edukasi tersebut disampaikan melalui sebuah poster bergambar, sehingga bisa menarik perhatian orang yang melihatnya.

Jika orang tertarik, pastinya pesan tersebut akan lebih mudah tersampaikan dan masyarakat akan semakin teredukasi.

Nah, jika kamu sedang mencari ide-ide gambar untuk dijadikan sebagai referensi untuk membuat poster menjaga kebersihan, baik itu akan ditempelkan di lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan juga tempat kerja ataupun tempat umum.

Apa Itu Poster?

Secara sederhana, poster merupakan sebuah iklan ataupun pengumuman dalam bentuk gambar. Poster adalah salah satu jenis media periklanan selain spanduk, brosur, iklan, reklame, dan lainnya.

Materi mengenai poster ini umumnya akan diajarkan di mata pelajaran Bahasa Indonesia, SMP, bebarengan dengan materi cara menulis iklan dan juga pengumuman.

Pengertian poster adalah iklan atau pengumuman dalam bentuk gambar ataupun tulisan berisi himbauan ataupun ajakan untuk melakukan sesuatu dan umumnya ditempelkan di dinding atau tempat-tempat strategis yang kerap dilalui banyak orang dan mudah terbaca.

Adapun dalam pengertian lain, poster merupakan media pemberitahuan suatu gagasan, ide, atau hal penting kepada banyak orang. Poster adalah karya seni hasil dari desain grafis yang mengandung teks, gambar, ataupun keduanya yang bertujuan untuk memberikan pesan ataupun informasi kepada masyarakat.

Poster ini umumnya akan ditempelkan di media datar seperti dinding atau permukaan datar, dimana poster tersebut berisi warna-warna serta gambar yang mencolok dan kalimat dalam bentuk slogan. Akan tetapi, tidak hanya berbentuk cetak di zaman sekarang poster banyak yang digunakan dalam bentuk digital.

Z1 Sd/Mi Kl.I Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat&Asri K/13 Rev 2 - contoh poster kebersihan

https://www.gramedia.com/products/excellent-grammar-book?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Fungsi Poster

Fungsi poster sendiri adalah untuk membuat para pembaca tertarik terhadap informasi yang ada di dalam poster. Dengan poster yang dibuat dengan perpaduan warna, gambar, dan juga kata yang dibuat semenarik mungkin, diharapkan pembaca akan peduli dengan isis yang ingin disampaikan oleh si pembuat poster.

Membuat media promosi menggunakan poster cenderung lebih murah dibandingkan dengan menggunakan radio atau televisi. Selain itu, pembaca juga bisa lebih tertarget karena bisa ditempelkan di tempat-tempat tertentu sesuai dengan target pembaca. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi dari poster:

a. Untuk menyampaikan informasi
b. Media promosi barang atau jasa
c. Sarana untuk para desainer grafis untuk berkegiatan

Tujuan Poster

Jika poster adalah sebagai salah satu media untuk menyampaikan informasi, maka tujuan dari poster sendiri yaitu untuk memastikan bahwa informasi tersebut sudah tersampaikan dengan baik kepada para pembacanya. Berikut ini adalah beberapa tujuan poster, antara lain:

a. Masyarakat menjadi paham mengenai kegiatan ataupun acara yang akan dilaksanakan. Misalnya saja kegiatan donor darah, bazaar, peringatan sumpah pemuda, dan lain sebagainya.
b. Menjadikan produk ataupun jasa yang kita kenal dan banyak digunakan oleh masyarakat.
c. Mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Misalnya saja ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menjaga pola hidup sehat.
d. Mengingatkan kepada masyarakat supaya menghindari berbagai hal yang merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Misalnya berhenti membuang sampah sembarangan, merokok, dan lain sebagainya.

Z1 Sd/Mi Kl.V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita K/13 Rev. 2017 - contoh poster kebersihan

https://www.gramedia.com/products/excellent-grammar-book?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Contoh Poster Kebersihan Lingkungan

Berikut ini adalah beberapa contoh poster kebersihan lingkungan supaya masyarakat teredukasi sejak dini, bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan diri.

1. Tahukah Anda Fungsi dari Tempat Sampah?

contoh poster kebersihan

Dengan memasang poster yang berisi mengenai fungsi tempat sampah ini, pastinya pesan ini menjadi salah satu sindiran supaya masyarakat menyadari untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah.

2. Sampah Bukan Warisan Anak

contoh poster kebersihan

Dengan rutin menjaga kebersihan lingkungan, pasti akan membawa berbagai manfaat untuk masa depan. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Sebab, sampah kita bukanlah warisan bagi anak-anak di masa yang akan datang. Harus mulai disiplin mulai sekarang.

3. Buanglah Sampah Pada Tempatnya

contoh poster kebersihan

Desain berikutnya adalah poster yang berisi mengenai “bersih itu sehat” dengan gambar anak kecil yang sedang membuang sampah di tempat sampah. Dari gambar tersebut, bisa kita pahami bahwa anak kecil saja bisa mengerti untuk membuang sampah pada tempatnya, apalagi orang dewasa?

Menjadi Pengurus Lingkungan, Enjoy Aja!!! Single Edition

https://www.gramedia.com/products/excellent-grammar-book?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

4. Buanglah Sampah Pada Tempatnya Untuk Masa Depan Lebih Baik

Dengan kombinasi gambar tempat sampah dan beberapa tulisan, poster yang satu ini ingin menyadarkan masyarakat bahwa membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan akan menciptakan lingkungan yang baik untuk masa depan.

5. Menjaga Kebersihan Mulai dari Hal Kecil

Dengan melakukan berbagai hal kecil yang kita bisa, misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, tentu hal tersebut akan membantu menjaga kebersihan lingkungan dan pastinya bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Desain poster yang satu ini mengajak para pembaca untuk memulai dari hal kecil, yakni mulai dari diri kita sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya.

6. Jagalah Kebersihan dan Dilarang Merokok

Desain poster yang satu ini dapat ditempelkan di tempat-tempat umum, khususnya layanan kesehatan. Jika kamu mempunyai layanan kesehatan, maka desain poster di atas dapat kamu gunakan untuk menghimbau orang-orang yang datang atau berkunjung.

7. Jasa Kebersihan Agar Tetap Sehat

Poster di atas biasanya akan diterapkan pada tempat pelayanan kesehatan, seperti klinik atau puskesmas. Dengan pesan dan juga gambar yang sifatnya mengingatkan serta mengajak agar tetap menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya. Tentu hal tersebut akan menggugah para pembaca untuk ikut serta menjaga lingkungan sekitar mereka.

8. Bersih dan Sehat

Mengajarkan para siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan memang harus dilakukan sejak dini. Seperti halnya mengajarkan kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya kepada anak-anak SD. Biasanya desain poster di atas akan ditempelkan di lingkungan sekolah.

9. Jaga Kebersihan Agar Selalu Terjaga Kesehatannya

Desain poster yang berisi mengenai ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap terjaga kesehatannya dan juga terbebas dari serangan virus yang sekarang ini sedang mewabah. Semoga dengan menjaga kebersihan lingkungan ini, kesehatan kita akan tetap terjaga.

10. Lestarikan Lingkungan

Contoh gambar yang berisikan tema kebersihan lingkungan adalah poster yang berisi mengenai ajakan untuk melestarikan lingkungan. Gambar yang terdiri dari gambar pohon yang berada di atas setengah bola dunia ini memang sangat menginspirasi.

Poster yang satu ini menggambarkan mengenai bumi yang dapat bertahan jika hutan dan pohon tetap dijaga. Warna merah yang ada di tulisannya menggambarkan mengenai kondisi genting atau betapa pentingnya menjaga lingkungan.

11. Ajakan Menghemat Air dan Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Contoh gambar poster di atas berisi mengenai ajakan untuk menghemat konsumsi air dan juga menjaga kebersihan lingkungan dari sampah. Seperti yang kita pahami bahwa air adalah salah satu komoditas penting untuk kehidupan manusia dan semua makhluk yang ada di bumi.

Sedangkan jika kualitas lingkungan semakin menurun, maka kualitas air bersih juga akan semakin sedikit. Oleh sebab itu, jagalah bumi ini dengan cara menghemat air dan tidak membuang sampah sembarangan.

12. Ajakan Menghentikan Polusi yang Disebabkan Oleh Plastik

Contoh gambar poster di atas adalah sebuah ajakan untuk menghentikan dan mengurangi polusi yang disebabkan oleh plastik. Jumlah sampah plastik yang sangat banyak di dunia ini sudah membuat lingkungan menjadi tercemar.

Poster yang satu ini sangat inspiratif dengan adanya gambar air laut sebagai settingnya dan berbagai macam sampah kemasan yang mengapung dengan hanya ada satu ikan yang terlihat. Hal itu berarti buruknya polusi plastik dapat mengancam populasi ikan yang ada di laut.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien