in

10 Tips Belajar Bahasa Mandarin yang Paling Banyak Digunakan

Tips Belajar Bahasa Mandarin – Bahasa mandarin adalah salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari. Mulai dari ekstrakulikuler di sekolah, hingga jurusan resmi di perguruan tinggi pun ada. Tidak heran, bila bahasa mandarin dianggap sebagai bahasa yang sangat bermanfaat khususnya untuk seseorang yang ingin belajar bisnis.

Cara belajar bahasa Mandarin juga beragam, dapat dilakukan secara otodidak maupun melalui lembaga kursus dan pendidikan. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa mandarin, belum terlambat. Berikut tips belajar bahasa mandarin secara cepat, diantaranya:

Tips Belajar Bahasa Mandarin

1. Mengenali Pinyin Terlebih Dahulu

Tips belajar bahasa mandarin yang pertama, yaitu mengenali pinyin terlebih dahulu. Menurut harfiah, pinyin berarti ejaan bunyi atau penulisan romawi untuk cara baca huruf mandarin.

Pinyin telah berkembang mulai dari tahun 1950. Kemudian, akhirnya dibuat bentuk secara resmi untuk penggunaan internasional tahun 1982. Republik Rakyat Tiongkok pun telah menyetujui pemakaian pinyin di tahun 1985 setelah melewati banyak proses revisi.

2. Pahami Nada Bahasa Mandarin

Salah satu keunikan dari bahasa mandarin merupakan adanya nada yang sangat menentukan arti dari sebuah kata. Kata yang sama dapat mempunyai arti berbeda tergantung dengan nada pengucapannya. Secara umum, terdapat 4 (empat) nada dalam bahasa mandarin, yakni nada meninggi, nada datar, nada melengkung, dan nada menurun.

Bagi sebagian orang, memahami nada ini cukup sulit, maka tak jarang orang yang telah mahir berbahasa mandarin pun masih salah dalam menggunakan nada yang tepat.

3. Mulai Menghafalkan Kata-kata Mudah

Tips belajar bahasa mandarin, yaitu mulai menghafalkan kata-kata mudah, namun juga berbagai bahasa asing lainnya. Proses belajar akan menjadi lebih mudah bila Anda memulai dengan kata-kata sehari-hari, seperti nasi, tidur, makan, dan lain sebagainya.

Anda dapat membuat catatan sederhana tentang setiap kata-kata baru yang dipelajari setiap harinya. Usahakan untuk langsung mencari dan menghafalkan kata-kata yang Anda jumpai dalam keseharian.

4. Menghafalkan Angka dan Cara Berhitung

Jika Anda belajar bahasa mandarin karena akan bepergian maupun sekolah di Tiongkok, maka wajib banget untuk menguasai angka dan hitungan. Sebab nantinya hal tersebut akan Anda pakai untuk bertransaksi, seperti di stasiun maupun bandara, dan saat Anda belanja di pasar maupun makan di restoran.

Untu permulaannya, Anda bisa memulai dengan angka satu hingga sepuluh, kemudian lanjutkan ke angka berikutnya. Menghafalkan angka relatif lebih mudah dibanding kosa kata lainnya. Karena, saat Anda telah hafal satu hingga sepuluh, maka hitungan lain relatif sama hanya berubah akhirnya saja.

5. Mempelajari Struktur Kalimat Dalam Bahasa Mandarin

Jika Anda telah memiliki dasar-dasarnya, kini saatnya melangkah ke hal yang lebih sulit, yaitu struktur kalimat. Umumnya, tahap ini merupakan tahap yang paling sulit dalam belajar bahasa mandarin. Namun, ketika telah menguasainya Anda dapat bicara dengan lebih lancar. Struktur umum bahasa mandarin ini mencakup subjek, objek, predikat, dan kata keterangan di depan maupun tengah kalimat sesuai dengan kebutuhan.

6. Berlatih Menulis Huruf Mandarin

Tips belajar bahasa mandarin selanjutnya, yaitu berlatih menulis huruf mandarin. Jika di negara asalnya, Anda tidak akan menjumpai pinyin di nama-nama jalan, kendaraan, maupun produk yang ada di pasaran. Namun semuanya ditulis memakai aksara tradisional asli.

Terdapat lebih dari 50 ribu huruf mandarin yang kebanyakan memang sudah tidak digunakan kembali. Bagi kalangan orang terpelajar, umumnya menguasai sekitar 8000 huruf. Sementara itu, bagi orang dewasa umumnya menghafalkan 2000 karakter telah cukup.

Selain menghafalkan bentuk dan cara baca, Anda juga perlu mempelajari penulisannya. Bahkan cara menulis bahasa mandarin ini sendiri pun diatur. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan menggoreskan pena. Terdapat urutan dari bawah ke atas, dari kanan ke kiri, dan lainnya yang harus dipatuhi agar bentuk huruf sempurna.

7. Perbanyak Mendengarkan Bahasa Mandarin

Tips belajar bahasa mandarin berikutnya, yaitu memperbanyak mendengarkan bahasa mandarin. Jika disekitar lingkungan Anda tidak ada yang menguasainya? Tenang, sebab Anda tidak wajib untuk mendengarkan dari orang secara langsung. Anda dapat belajarnya melalui film yang Anda tonton maupun mendengarkan lagu bahasa mandarin.

Sambil menonton film atau mendengarkan lagi, cobalah untuk berusaha memahami kalimat atau kata-kata yang ada di dalamnya. Cara tersebut juga efektif membuat Anda lebih menguasai penggunaan nada dalam bahasa mandarin.

Setelah mendengarkannya tersebut, maka tak ada salahnya untuk mencoba menirukan. Supaya lidah Anda semakin terbiasa berbicara bahasa mandarin. Hal itu juga dianggap lebih cepat meningkatkan kemampuan berbicara.

8. Mengunduh Aplikasi Bahasa Mandarin

Tips mudah lainnya yang bisa Anda praktekkan dalam belajar bahasa mandarin, yaitu mengunduh aplikasi bahasa mandarin. Baik itu aplikasi game maupun aplikasi belajar bahasa, semuanya dapat bermanfaat. Telah banyak aplikasi bahasa mandarin yang ditujukan bagi penutur asing. Sehingga walaupun Anda belum jago belajar bahasa mandarin, Anda tetap tidak merasa kesusahan dalam memakai aplikasi.

9. Memfollow Akun Media Sosial Para Seleb Berbahasa Mandarin

Telah banyak aktris, aktor, maupun seleb yang berbahasa mandarin dan layak Anda follow media sosialnya. Selain bisa memperoleh hiburan dengan pesona unik, Anda juga sekalian dapat mengasah kemampuan berbahasa mandarin yang sedang dipelajari.

Sesekali cobalah untuk mengirimkan pesan kepada mereka melalui media sosial. Dengan begitu, Anda dapat sekalian belajar dan mengetahui. Hal itu merupakan cara belajar bahasa mandarin bagi pemula yang sama sekali tidak terasa membosankan.

10. Mengikuti Pelatihan Bahasa Mandarin

Walaupun bahasa mandarin dapat dipelajari secara otodidak, namun program belajar Anda akan lebih cepat dengan mengikuti kursus. Tidak hanya memiliki guru yang selalu siap mengajari, Anda juga dapat belajar secara langsung dari para native speaker.

Dengan mengikuti kursus, Anda pun dapat bertemu dengan sesama pembelajar bahasa mandarin. Disitu, Anda dapat banyak berlatih bertukar pikiran, saling membantu menghafalkan, dan mungkin juga memperoleh kiat agar lebih jago dalam waktu singkat.

Sekarang ini pilihan kursus bahasa mandarin juga beragam, terdapat kelas offline maupun online. Pilihan kursus online bakal cocok banget buat Anda yang sudah bekerja maupun masih kuliah dan terlalu sibuk untuk datang ke kelas langsung.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

t



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam