in

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo

Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up Karya Marie Kondo, Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan ala Jepang merupakan buku yang ditulis oleh penulis wanita asal Jepang, Marie Kondo. Buku ini telah diterbitkan dalam Bahasa Indonesia pada bulan Agustus 2016 oleh Penerbit Bentang Pustaka. Seperti yang dapat dilihat dari judulnya, buku ini akan mengungkap bagaimana beres-beres dapat membuat perubahan dalam hidup anda, sekaligus memperkenalkan metode merapikan ala Jepang yang dibuat oleh Marie Kondo.

Meskipun telah susah payah merapikan rumah, apakah barang-barang, dokumen terus saja bertumpuk, kemudian pakaian juga harus terus Anda jejalkan di lemari? Mengapa kita tak dapat menjaga kerapian rumah?

Marie Kondo, konsultan berbenah asal Jepang, memperkenalkan KonMari yang merupakan metode merapikan yang sangat ampuh. Keampuhan metode beres-beres yang sekarang semakin banyak diterapkan oleh masyarakat Jepang ini bahkan sampai dikemas dalam program televisi bernama “Tidy Up with KonMari!” yang juga laris. Lebih lanjut, metode beres-beres KonMari juga sudah menular ke seluruh dunia. Saking ampuhnya metode itu, tidak ada satu orang pun klien Maria Kondo yang kembali ke kebiasaan berantakan. Lalu, mereka yang ingin menjadi kliennya juga harus masuk daftar tunggu selama tiga bulan.

Namun, Marie Kondo membuka kesempatan bagi masyarakat yang juga ingin menjadi kliennya melalui buku The Life Changing Magic of Tidying Up: Seni Beres-Beres dan Metode Merapikan ala Jepang ini. Melalui buku ini, Anda bisa menjadi klien jarak jauh Marie Kondo. Buku ini akan memandu anda supaya bisa menentukan barang-barang mana saja yang ada di rumah Anda, yang bisa membangkitkan kegembiraan dan tidak.

Selanjutnya, buku ini mampu menginspirasi dan memotivasi anda untuk memulai kebiasaan beres-beres yang efektif dengan menerapkan sistem berbenah dengan kategori. Buku ini mampu membuat Anda mengatasi situasi berantakan, sehingga menikmati efek ajaib dari rumah yang rapi, yang akan menyebabkan pikiran menjadi damai.

review buku the life changing magic of tidying up karya marie kondo

Bagi Anda yang penasaran akan buku yang dinobatkan menjadi buku paling laris nomor 1 oleh New York Times dengan penjualan mencapai lebih dari 5 juta kopi, yuk simak ulasannya dulu di bawah ini!

Profil Marie Kondo – Penulis Buku The Life Changing Magic of Tidying Up

cuyana.com

Marie Kondo adalah wanita kelahiran Jepang, 9 Oktober 1984. Marie Kondo dikenal juga dengan nama Konmari. Marie Kondo adalah seorang konsultan pengorganisasian, penulis, dan presenter TV Jepang. Marie Kondo telah menulis empat buku tentang pengorganisasian, yang secara kolektif telah terjual jutaan eksemplar di seluruh dunia. Buku-bukunya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke berbagai bahasa lain.

Bukunya yang berjudul “The Life Changing Magic of Tidying Up”, yang diterbitkan pada tahun 2011, sudah diterbitkan di lebih dari 30 negara. Buku ini juga berhasil menjadi buku terlaris di Jepang dan di Eropa. Di Amerika Serikat dan Inggris, profil Marie Kondo dan metodenya sangat dipromosikan oleh keberhasilan serial Netflix yang berjudul “Tidying Up with Marie Kondo”, yang dirilis pada 2019. Serial ini mampu membawa Marie Kondo mendapatkan nominasi Primetime Emmy Award untuk Outstanding Host untuk Program Realitas atau Kompetisi. Pada Agustus 2021, Netflix juga merilis acara lanjutan berjudul “Sparking Joy with Marie Kondo”. Marie Kondo juga berhasil masuk ke dalam daftar “100 orang paling berpengaruh” versi Time pada tahun 2015.

Marie Kondo mengatakan bahwa dia telah tertarik dalam mengorganisasikan barang sejak dia masih kecil. Di sekolah menengah pertama, Marie Kondo suka merapikan rak buku di kelasnya, sementara teman-teman sekelasnya bermain di kelas pendidikan jasmani. Setiap kali ada nominasi untuk peran kelas, dia tidak berusaha menjadi perwakilan kelas atau pemberi makan hewan peliharaan. Sebaliknya, dia ingin menjadi pengatur rak buku untuk terus merapikan buku.

Dia mengatakan bahwa suatu hari, dia mengalami terobosan dalam mengorganisasikan barang. Marie Kondo mengatakan bahwa dia terobsesi dengan apa yang bisa dia buang. Pada suatu hari, dirinya pernah mengalami semacam gangguan saraf dan pingsan yang membuatnya tidak sadarkan diri selama dua jam. Saat dia sadar, dia mendengar suara suara dari sosok misterius, seperti dewa pembersih yang menyuruhnya untuk melihat barang-barangnya lebih dekat.

Pada saat itu, ia pun menyadari kesalahannya, yakni dia hanya mencari barang-barang untuk dibuang. Padahal, seharusnya dia menemukan barang-barang yang ingin benar-benar dia simpan. Pekerjaan merapikan adalah proses mengidentifikasi hal-hal yang membuat dirimu bahagia.

Sinopsis Buku The Life Changing Magic of Tidying Up

review buku the life changing magic of tidying up karya marie kondo

Pros & Cons
Pros Cons
  • Buku ini bukan hanya sekedar buku yang memberikan tips dan trik untuk beres-beres dan merapikan saja, tetapi memuat pesan yang sangat dalam.
  • Buku ini bisa mengingatkan pembaca, mampu memberikan inspirasi dan motivasi, bersifat praktis, dan dapat membawa perubahan nyata bagi hidup pembaca.
  • Buku ini ditulis dengan to the point dan menyertakan contoh nyata, sehingga mudah untuk dipahami.
  • Pada bagian tengah sampai akhir buku, terdapat pembahasan yang repetitif.

Mengapa merapikan? Lingkungan Anda mencerminkan dan memengaruhi kondisi mental Anda. Ketika Anda merasa cemas, Anda mungkin merasakan dorongan untuk melakukan tugas-tugas kasar, seperti berkemas dan mengorganisasikan sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda dari masalah tersebut. Jika ruangan sudah bersih dan rapi, Anda akan dipaksa untuk mencari ke dalam untuk menemukan sumber kecemasan Anda.

Jadi, begitu Anda merapikan rumah, itu membuka jalan bagi Anda untuk juga merapikan kekacauan dalam hidup Anda. Namun, sulit untuk merasa tenang dan fokus ketika rumah Anda dalam kondisi berantakan. Tujuan Metode KonMari adalah mengubah rumah Anda menjadi ruang di mana Anda merasa nyaman, santai, dan berenergi, sehingga menjadi tempat kekuatan Anda.

Metode KonMari yang dibuat Marie Kondo sangat dipengaruhi oleh agama Shinto Jepang, yang percaya bahwa semua benda mati juga memiliki jiwa dan perasaan. Anda akan merasa lebih bahagia ketika dikelilingi oleh hal-hal yang Anda sukai, dan harta benda Anda juga akan bersinar ketika mereka dihargai dan dirawat. Sayangnya, kebanyakan dari kita tidak pernah belajar cara merapikan yang benar.

Kita mungkin mencoba untuk merapikan, tapi hanya untuk kembali berantakan lagi. Apakah Anda berjuang untuk menjaga rumah dan ruang kerja Anda tetap rapi? Atau mungkin Anda selalu kekurangan ruang penyimpanan di rumah? Dengan menggunakan Metode KonMari oleh Marie Kondo, Anda dapat mengatur dengan jelas ruang tamu atau ruang kerja Anda untuk selamanya.

Lebih penting lagi, dalam proses menata rumah Anda, Anda akan mengalami perubahan pola pikir mendalam yang secara fundamental mengubah hidup Anda. Pendekatan Marie Kondo bisa bekerja untuk semua orang, terlepas dari tipe kepribadian Anda atau kebiasaan yang ada. Namun, ada beberapa aturan atau prinsip penting yang harus Anda ikuti agar berhasil.

Terdapat 3 prinsip utama dalam beberes. Prinsip pertama, jangan menganggap merapikan sebagai tugas sehari-hari. Buatlah komitmen nyata untuk menata rumah Anda. Perlakukan itu sebagai acara khusus untuk mengatur ulang ruang hidup dan kehidupan Anda. Jeda dan visualisasikan gaya hidup ideal Anda.

Bayangkan secara jelas bagaimana sebenarnya rasanya tinggal di ruang yang bebas dari kekacauan, melakukan hal-hal yang Anda sukai, sambil merasa damai dan berenergi. Setelah Anda jelas tentang mengapa Anda ingin beberes, tetapkan tanggal secepatnya dan rapikan seluruh rumah sekaligus. Lanjutkan dan hanya berhenti ketika Anda telah memeriksa setiap barang untuk memutuskan apakah akan membuangnya, dan meletakkan semuanya di tempat yang telah ditentukan. Setelah itu, Anda hanya perlu mengembalikan barang ke tempatnya setiap hari.

Prinsip yang kedua, beres-beres berdasarkan kategori, bukan kamar atau lokasi. Sebab, kita memiliki kecenderungan untuk menyimpan jenis barang yang sama di beberapa tempat. Anda pada akhirnya akan melakukan pekerjaan yang sama berulang kali jika Anda pergi berdasarkan lokasi. Misalnya, Anda menentukan untuk membereskan kategori pakaian dahulu, baru buku, kemudian dokumen, lalu barang elektronik, dan terakhir barang sentimental.

Prinsip yang ketiga, buang barang sebelum Anda mencoba mengaturnya. Mulailah dengan hal-hal fungsional yang lebih mudah dibuang, dengan mengikuti urutan kategori yang telah ditetapkan. Untuk setiap kategori, kumpulkan semua barang tersebut dalam tumpukan raksasa dan letakkan di lantai, sehingga Anda dapat melihat berapa banyak yang sebenarnya barang yang Anda miliki. Ambil setiap barang dan simpan hanya jika itu memicu kegembiraan dalam diri Anda.

Jika tidak, pindahkan ke tumpukan untuk dibuang atau disumbangkan. Jika sesuatu telah memenuhi perannya, syukuri semua yang telah dilakukan untuk Anda, lalu lepaskan dengan rasa syukur. Tujuan akhir Anda adalah Anda hidup dengan hal-hal yang benar-benar Anda hargai dan membuat Anda bahagia.

Proses merapikan akan membantu Anda untuk melepaskan hal-hal lama dan tidak diinginkan, sehingga hal-hal baru dan lebih baik dapat memasuki hidup Anda. Kerap kali, kita tidak bisa melepaskan sesuatu karena masih memiliki keterikatan pada masa lalu atau atau ketakutan akan masa depan. Setiap kali Anda merasa enggan untuk membuang sesuatu, walaupun itu tidak membuat Anda bahagia, berhentilah sejenak untuk bertanya pada diri sendiri, “mengapa?”.

Anda secara bertahap akan menyadari bahwa hal-hal yang Anda miliki mencerminkan ketakutan dan nilai-nilai yang memandu hidup Anda. Saat Anda berulang kali mengambil suatu barang, tanyakan apakah itu menambah kegembiraan atau apakah Anda harus membuangnya, Anda akan mengetahui apa yang benar-benar penting bagi Anda dan menjadi lebih percaya diri tentang apa yang Anda inginkan. Dalam buku ini, Marie Kondo juga membagikan bagaimana proses merapikan telah bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kliennya, seperti detoksifikasi penuh pada ruang hidup, tubuh, dan kehidupan.

Kelebihan Buku The Life Changing Magic of Tidying Up

review buku the life changing magic of tidying up karya marie kondo

Berdasarkan Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo ini bukan hanya sekedar buku yang memberikan tips dan trik untuk beres-beres dan merapikan saja. Buku ini memuat pesan yang sangat dalam. Marie Kondo melalui buku ini mengajak pembaca untuk “sembuh” dari kebiasaan buruk yang dianggap sebagai hal normal, yakni suka menimbun atau menyimpan barang yang sudah tidak lagi digunakan.

Buku ini bisa mengingatkan pembaca, mampu memberikan inspirasi dan motivasi, bersifat praktis, dan dapat membawa perubahan nyata bagi hidup pembaca. Buku ini digambarkan sebagai buku yang dapat membimbing pembaca melakukan perubahan dalam hidupnya dengan melakukan hal-hal kecil.

Kemudian, gaya penulisan Marie Kondo juga dipuji, karena pesan yang disampaikan to the point. Marie Kondo juga menyertakan contoh nyata yang mempermudah pembaca memahami pesan yang disampaikannya. Versi terjemahan buku ini dalam Bahasa Indonesia juga dipuji, karena nyaman untuk dibaca.

Kekurangan Buku The Life Changing Magic of Tidying Up

review buku the life changing magic of tidying up karya marie kondo

Berdasarkan Review Buku The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo, pembaca menemukan pada bagian tengah sampai akhir buku, terdapat pembahasan yang repetitif. Hal ini cukup membuat pembaca jenuh, karena inti yang disampaikan sebenarnya sudah disampaikan sebelumnya. Kemudian, beberapa pembaca mengkritik Marie Kondo yang tidak memberikan opsi alternatif lain untuk menyingkirkan barang, selain dibuang dan disumbangkan.

Pesan Moral Buku The Life Changing Magic of Tidying Up

review buku the life changing magic of tidying up karya marie kondo

Buku The Life Changing Magic of Tidying Up ini mengingatkan dan menyadarkan kita bahwa kebiasaan menumpuk barang adalah suatu kebiasaan yang buruk, bahkan dapat dibilang seperti “penyakit”. Sebab, kebiasaan tersebut tidak memberikan manfaat ke dalam hidup kita. Hal tersebut malah mengindikasi bahwa kita masih terikat dengan masa lalu dan cemas akan masa depan.

Pelajaran selanjutnya, ketika memilah barang, jangan fokus berpikir tentang bagaimana nanti Anda akan menyimpannya, tetapi fokus kepada apakah barang tersebut memang harus disimpan. Melalui hal sederhana untuk memilih barang mana yang ingin dipertahankan dan ingin dibuang, kita dapat melatih diri sendiri untuk membuat keputusan.

Itu dia Grameds ulasan buku The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo. Bagi kalian yang ingin belajar metode merapikan barang untuk menciptakan kehidupan yang lebih nyaman dan baik, Anda bisa mendapatkan buku ini hanya di Gramedia.com. Selamat membaca!

Rating: 3.87

Written by Gabriel