in

Review Buku The Deals of Warren Buffett Karya Glen Arnold

Review Buku The Deals of Warren Buffett : Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya merupakan buku yang ditulis oleh Glen Arnold, seorang profesor investasi. Buku ini telah diterbitkan dalam Bahasa Indonesia pada Juli 2019 oleh penerbit Elex Media Komputindo. Dapat diketahui dari judulnya, buku dengan total 342 halaman ini akan mengungkap cara Warren Buffett menghasilkan 100 juta dollar pertamanya.

Warren Buffett merupakan sosok yang dinobatkan sebagai investor paling hebat di dunia. Ia membutuhkan waktu hampir mencapai 4 dekade untuk menghasilkan $100 juta dolar pertamanya. Buku ini akan menyajikan kisah yang lengkap dan runtut tentang rangkaian investasi yang dilakukan oleh Warren Buffett, sampai dirinya akhirnya berhasil mencapai penghasilan itu. Glen Arnold menjelaskan cara berpikir Warren Buffett di balik proses pengambilan keputusan investasi dan juga menunjukkan tingkat return kumulatif yang dikumpulkan Warren Buffett seiring dengan berjalannya waktu.

Dalam masa pertumbuhan investasi ini, dari tahun 1941 sampai 1978, Warren Buffett mengembangkan dan juga mengasah filosofi investasinya yang membuatnya sangat sukses dalam karirnya sebagai investor. Namun, tentu saja tak semuanya berjalan mulus. Warren Buffett juga sempat membuat sejumlah kesalahan di sepanjang perjalanannya. Dalam buku ini, Glen Arnold menceritakan bagaimana Warren Buffett belajar melalui kegagalan dan kesuksesan terkait memilih perusahaan yang dibelinya.

Review Buku The Deals of Warren Buffet

Sejumlah investasi penting yang dilakukan Warren Buffett, yang dirangkum di dalam buku ini di antaranya: American Express, GEICO, Disney, See’s Candies, Berkshire Hathaway, dan The Washington Post. Melalui kisah dan analisis yang dikumpulkan tentang investasi Warren Buffett selama puluhan tahun. Buku karya Glen Arnold ini berhasil mendapatkan pujian dari sejumlah kritikus. Lawrence A. Cunningham, editor The Essay of Warren Buffet mengatakan bahwa buku ini menyajikan analisis investasi yang jelas dan kisah masa lalu yang bermanfaat. Kemudian, John Chatfeild-Roberts dari Jupiter Fund Management mengatakan bahwa buku ini menyajikan pelajaran yang baik untuk hidup dan berinvestasi.

Profil Glen Arnold – Penulis Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya

Review Buku The Deals of Warren Buffet
forbes.com

Glen Arnold, PhD, menjalankan portofolio ekuitasnya sendiri dari jantung pedesaan Leicestershire. Glen Arnold dulu pernah menjadi pengajar di sebuah kota dan juga merupakan profesor investasi. Meskipun begitu, ia menyatakan bahwa kehidupan akademis hampir tidak menyenangkan, dan tidak merangsang secara intelektual seperti menghasilkan uang di pasar.

Selama beberapa dekade, fokus penelitiannya adalah untuk mengeksplorasi pertanyaan: “Apa yang berhasil dalam investasi?”. Berangkat dari pertanyaan itu, ia memanfaatkan ide-ide dari para investor hebat, penemuan akademis, dan pengalamannya sendiri yang baik maupun buruk. Selain menjadi penulis buku The Financial Times Guide to Investing yang dinobatkan sebagai buku investasi nomor 1 di Inggris, ia juga telah menerbitkan beberapa buku klasik tentang investasi.

Beberapa di antaranya, yaitu The Great Investors, The Financial Times Guide to Value Investing, Get Started In Shares, and The Deals of Warren Buffett. Selain itu, Glen Arnold juga telah menulis beberapa buku teks universitas terkemuka tentang pasar dan perbankan. Beberapa contohnya, yakni Corporate Financial Management dan The Financial Times Guide to Banking.

Sinopsis Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya

Review Buku The Deals of Warren Buffet

Pros & Cons
Pros Cons
  • Buku ini adalah buku yang direkomendasikan bagi pemula dalam dunia perencanaan finansial dan memiliki latar belakang yang jauh dari dunia ekonomi, karena buku ini sangat ringan untuk dibaca dan sangat mudah dipahami.
  • Buku ini ini menggambarkan aspek lain yang berbeda dari pengetahuan umum para pembaca.
  • Glen Arnold selalu menyajikan pelajaran penting di setiap akhir bab buku ini.
  • Pelajaran yang disajikan bersifat praktis; dapat diterapkan di dunia nyata.
  • Buku ini dinilai kurang detail dalam menjelaskan berbagai kesepakatan yang dilakukan Warren Buffett.

Apa yang akan dibahas dalam buku ini?

Dimulai dengan tabungan $120 saat berusia 11 tahun pada tahun 1941, investor paling besar di dunia, Warren Buffett, membutuhkan sekitar empat dekade untuk menghasilkan $100 juta pertamanya. Buku ini melacak kesepakatan yang dia buat selama 37 tahun ini, dan akan menjelaskan alasan di balik setiap kunci investasi, serta menunjukkan bagaimana dia mengumpulkan kekayaan dari awal karirnya dan seterusnya. Tanpa memiliki banyak pengetahuan tentang investasi saham di awal, Warren Buffett harus mengembangkan filosofi investasi, dan belajar melalui keberhasilan dan kegagalan dalam cara memilih perusahaan yang layak didukung.

Buku ini menceritakan tentang bagaimana filosofi investasi Buffett ini dikembangkan, dan memberikan pelajaran bagi investor saat ini. Tidak semuanya berjalan mulus untuk Warren Buffett, dia juga banyak membuat kesalahan sepanjang perjalanannya menjadi investor. Masa itu merupakan periode panjang penuh frustasi yang bercampur dengan kemenangan. Fakta bahwa Warren Buffett pernah melakukan kesalahan cukup meyakinkan bagi investor lain.

Sangat melegakan jika mengetahui bahwa seseorang yang akhirnya membuat miliaran juga ternyata pernah melakukan kesalahan. Hal ini membantu kita untuk tabah dalam menghadapi

Kemunduran atau kesalahan kita sendiri. Kesalahan terbesar dari dunia investasi adalah menganggap bahwa investor harus sempurna. Secara psikologis, investor harus bersiap untuk banyak belokan dan keputusan yang salah, dan kemudian bangkit kembali. Dan perlu selalu diingat bahwa kita dapat belajar dari kesalahan orang lain serta kesalahan kita sendiri.

Dengan fokus buku ini yang menganalisis kesepakatan investasi, saya mencurahkan sedikit perhatian untuk kehidupan pribadi Warren Buffett. Jika Anda mencari cerita otobiografi atau semacam itu, maka buku ini bukan untuk Anda. Namun, jika Anda ingin menjadi investor yang lebih baik dan memahami cara serta prinsip investasi yang sehat, maka baca terus buku ini.

Untuk siapa buku ini?

Buku ini adalah untuk investor yang ingin belajar, atau ingin untuk mengingat kembali berbagai aturan penting untuk investasi yang sukses. Proses pembelajaran ini akan diatur dalam

kerangka dari serangkaian studi kasus yang menarik tentang kesepakatan investasi Warren Buffett.

Bagaimana buku ini disusun?

Buku ini mengikuti perjalanan Warren Buffett menghasilkan $100 juta dolar pertamanya. Kita mulai dengan pasar saham pertama investasi yang dilakukan Warren Buffett saat dia masih anak-anak dan meninjau sejarahnya yang melakukan transaksi investasi secara total. Bagian 2 disusun sebagai rangkaian bab yang berfokus pada kesepakatan ini.

Anda bisa saja langsung membaca tentang penawaran tertentu yang menarik minat Anda jika Anda mau, tetapi saya menyarankan Anda untuk membaca secara kronologis pada awalnya, untuk mencapai pemahaman tentang bagaimana Warren Buffett berkembang sebagai investor. Setiap cerita dalam perjalanan memiliki pelajaran yang bermanfaat bagi kita hari ini. Buku ini tidak akan menceritakan setiap investasi yang dilakukan Warren Buffett selama periode 37 tahun, karena itu akan menyebabkan buku ini menjadi terlalu panjang.

Buku ini hanya akan menyajikan studi kasus yang paling berdampak pada kekayaan Warren Buffett dan pada filosofinya, yang telah dipilih untuk dianalisis. Bagian awal buku ini akan mencakup dua bab pengantar yang penting untuk mendapatkan hasil maksimal. Bagian yang pertama akan menyajikan ringkasan ringkasan kesepakatan investasi yang tercakup dalam bagian 2. Dalam bab kedua, saya memeriksa bagaimana Benjamin Graham mempengaruhi filosofi investasi Buffett.

Catatan tentang singkatan umum: Saya menggunakan singkatan BPL untuk merujuk ke Buffett

Partnership Ltd, yang merupakan kemitraan investasi Warren Buffett di bagian awal karyanya

karier. Dalam meneliti dan menulis buku ini, saya telah menggambar cukup banyak surat-surat Warren Buffett kepada rekan-rekannya di BPL. Surat-surat ini sudah tersedia di internet. Saya juga menggunakan singkatan BH untuk Berkshire Hathaway.

Kelebihan Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya

Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya merupakan buku yang dinilai paling tepat untuk Anda yang merupakan seorang pemula dalam dunia perencanaan finansial dan memiliki latar belakang yang jauh dari dunia ekonomi. Sebab, buku ini sangat ringan untuk dibaca dan sangat mudah dipahami. Glen Arnold dinilai sangat baik dalam menuliskan penjelasan yang lugas, tidak bertele-tele, tetapi sangat detail.

Kemudian, buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya ini menggambarkan aspek lain yang berbeda dari pengetahuan umum para pembaca. Selama ini, para pembaca mengenal Warren Buffet sebagai investor yang melakukan investasi kepada perusahaan yang undervalue, tetapi buku ini menjelaskan bahwa terdapat sejumlah aspek lain dalam pengambilan keputusan investasi, dalam memilih perusahaan yang tepat. Glen Arnold selalu menyajikan pelajaran penting di setiap akhir bab buku ini. Pelajaran yang dapat menunjukkan bagaimana investor dapat belajar dari hasil perjalanan karir Warren Buffett untuk mengembangkan kebijakan investasi mereka masing-masing.

Pelajaran yang dimuat dalam buku ini dinilai bisa diterapkan dalam dunia nyata, bukan hanya secara teoritis saja. Sebab, buku ini mencakup dua aspek, yaitu praktik yang baik dalam bisnis, dan praktik yang sangat baik dalam mengelola portofolio saham. Pembaca dapat merasakan manfaat praktis dari membaca buku ini.

Secara keseluruhan, review buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya adalah buku investasi yang sangat menyenangkan dan memuat ikhtisar yang bagus tentang investasi. Kisah dalam buku ini dituliskan secara to the point, mengalis, dan tidak terlalu banyak menyajikan detail tentang kehidupan pribadi Warren Buffet.

Kekurangan Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya

Selain kelebihan, buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya ini juga memiliki kekurangan. Oleh karena buku ini ditulis untuk masyarakat umum, buku ini dinilai kurang detail dalam menjelaskan berbagai kesepakatan yang dilakukan Warren Buffett. Buku ini kemudian dinilai terlalu ringan bagi mereka yang memang sudah memahami dasar-dasar investasi atau telah menjadi investor yang lebih berpengalaman.

Pesan Moral Buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya

Dari buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya, kita seperti diingatkan bahwa untuk menjadi seorang yang disebut “ahli”, dibutuhkan komitmen untuk belajar terus menerus. Seperti Warren Buffett yang pada awalnya tidak memiliki banyak pengetahuan tentang investasi, tetapi berkat keinginan dan komitmennya, ia dapat menjadi investor paling besar di dunia.

Kemudian, dari kisah ini kita juga diingatkan bahwa membuat kesalahan atau mengalami kegagalan adalah sebuah proses yang normal dalam perjalanan meraih kesuksesan. Seorang seperti Warren Buffet pun pernah membuat kesalahan. Maka itu, kita harus senantiasa memandang kesalahan atau kegagalan sebagai sebuah pembelajaran. Perlu diingat juga bahwa kita dapat belajar dari kesalahan dan kegagalan yang dialami orang lain.

Nah, itu dia Grameds ulasan review buku The Deals of Warren Buffett: Bagaimana Buffett Menghasilkan $100 Juta Pertamanya karya Glen Arnold. Bagi kalian yang ingin mulai berinvestasi, buku ini dapat menjadi buku yang tepat untuk memandu anda. Yuk langsung dapatkan buku ini hanya di Gramedia.com.

Rating: 4.10

Written by Gabriel