in

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan – Hai, para orang tua! Saat ini, banyak sekali metode pendidikan yang dikhususkan untuk pendidikan anak loh. Nah, salah satunya adalah Montessori. Montessori adalah sebuah metode pendidikan dibuat secara khusus untuk pendidikan anak-anak.

Sama dengan namanya, Montessori. Pada tahun 1900, Dr. Maria Montessori berhasil mengembangkan metode pendidikan ini pertama. Ia adalah seorang dokter sekaligus juga pendidik asal Italia ini.

Sebenarnya, tujuan dari metode montessori ini supaya anak-anak mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam kehidupan.

Ciri-ciri dari metode montessori ini adalah dengan membebaskan si anak untuk memilih apa yang ingin mereka pelajari agar tujuan pembelajaran ini dapat tercapai. Pilihan pelajaran yang akan dilakukan oleh anak-anak akan disesuaikan dengan rentan usia yang sesuai dengan kapasitasnya mereka. 

Jika kamu berniat melakukannya, metode montessori ini dapat diterapkan oleh anak kamu di sekolah dan di rumah loh. Metode montessori ini juga sangat percaya kalau setiap anak itu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, sehingga bakat yang ada dalam diri anak juga unik setiap individunya.

Tak hanya itu, metode ini menekankan tentang kebebasan si anak untuk mengeksplorasi dan juga menanamkan kemandirian dengan batasan tertentu.

Prinsip Pendidikan Montessori

Montessori adalah sebuah metode pembelajaran yang menerapkan 5 prinsip yang dipegang. Prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

Pembelajaran Tentang Eksperiensial

Yap, ini adalah prinsip yang pertama. Pada prinsip ini kamu akan melihat bahwa pembelajaran ini lebih menekankan kepada pengalaman belajar yang dapat dirasakan oleh anak. 

Artinya, pada bagian ini anak-anak akan diajak dan diajari untuk terjun secara langsung merasakan apa yang mereka pelajari, bukan hanya mendengarkan dan membayangkan tentang pembelajaran tersebut. Hal ini dapat dikatakan sebagai pembelajaran praktek dan teori, bukan hanya teori saja.

Guru dan Orangtua Berperan Penting Untuk Menyediakan Alat Pembelajaran

Lanjut pada prinsip yang kedua adalah dengan adanya pengadaan untuk alat belajar. Pada tahap ini, orang tua dan juga guru memiliki peran yang sangat penting sebagai seorang pemandu.

Orang tua dan guru diharuskan mengenalkan kepada anak bahan-bahan ataupun alat yang berkaitan dengan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Sehingga mereka bisa secara langsung dapat mengetahui apa yang sebenarnya apa yang dipelajari. Metode ini sama saja seperti mengajarkan anak untuk melihat visual dari pembelajaran yang dibahas.

Tentang Lingkungan yang Didesain Secara Khusus (Prepared Environment)

Ini adalah prinsip yang ketiga. Prinsip ini akan menyediakan lingkungan yang khusus untuk belajar. Ruangan yang digunakan harus didesain secara khusus agar anak-anak yang sedang menerapkan metode ini mampu mengeksplorasi dan juga merasakan apa yang sedang mereka pelajari.

Dengan kata lain, anak dituntut belajar secara independen. Untuk desain dari ruangannya sendiri, kamu sebagai orang tua bisa memilih gaya yang sesuai dengan minat kamu atau si anak. 

Kamu bisa memilih desain yang netral dan menenangkan agar anak lebih baik dalam berkonsentrasi. Atau membuat suasana yang nyaman, sesuaikan hal tersebut dengan selera dan minat anak. 

One On One Lesson

Prinsip montessori yang selanjutnya adalah dengan pembelajaran satu per satu. Dimana orang tua atau guru secara maksimal harus memberikan arahan kepada si anak. Tujuan dilakukan hal ini adalah agar anak bisa secara maksimal memahami pembelajaran tersebut.

Tentang Peace Education

Selanjutnya yaitu pembelajaran tentang peace education. Dimana metode pembelajaran montessori yang satu ini akan mengajarkan tentang nilai-nilai dari perdamaian kepada anak. 

Artinya, dengan melakukan pembelajaran ini, nantinya anak akan memiliki kemampuan untuk mengatasi konflik dan juga masalah yang dihadapinya secara mandiri, tanpa perlu adanya kekerasan. Selama proses pada tahapan ini, pastikan juga kalau kamu harus mendukung mereka untuk saling menghargai, menghormati, dan berempati.

Untuk informasi lengkap dan penjelasan lebih lanjutnya, kamu bisa langsung mendapatkan bukunya di Gramedia.com ya.

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Tahap Pembelajaran Montessori Serta Fokus Materinya

Ternyata, metode yang dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori ini memiliki lima tahapan loh. Kira-kira apa saja tahapannya? Mari simak pembahasan di bawah ini.

Tahapan yang Pertama

Tahapan ini akan berlangsung sejak bayi yang baru lahir hingga ia berusia 6 tahun. Pada usia anak di 0 sampai 3 tahun, anak akan diberikan program yang berfokus pada proses kembang dalam berbicara, koordinasi gerakan yang dilakukan, dan kemandirian anaknya.

Lalu, pada usia 3-6 tahun, anak akan diberikan program pelatihan untuk kehidupan sehari-hari dengan panca indra, bahasa, dan matematika.

Tahapan Kedua

Pada tahapan yang kedua akan berlangsung pada anak dengan rentan usia 6-12 tahun. Pada usia 6 sampai 12 tahun, anak akan diberikan program pendidikan yang berfokus pada pemahamannya tentang alam semesta dan juga aspek budaya. Hal tersebut meliputi biologi, geografi, bahasa, musik, sejarah, matematika, sains, dan seni.

Tahap Ketiga sampai Kelima

Pada tahapan selanjutnya, kamu bisa membacanya secara lengkap melalui buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan yang bisa kamu dapatkan melalui tombol di bawah ini.

 

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

 

Perbedaan Montessori dengan Metode lainnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya,  metode ini adalah metode pendidikan yang akan menyesuaikannya dengan kondisi, minat, dan bakat dari si anak. Oleh karena itu, ini adalah perbedaan yang menonjol dibandingkan dengan metode lainnya yang dapat dikatakan sebagai metode konvensional.

Perbedaan dari metode montessori ini terletak pada proses belajarnya. Dimana pada umumnya, sekolah konvensional akan memiliki kecenderungan untuk mengikuti kurikulum dari pemerintah yang sedang berlaku saat itu. Namun, dengan metode montessori, proses pembelajaran akan ditentukan berdasarkan pilihan anak yang kemudian akan disesuaikan dengan tahapan tertentu. 

 

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

 

Kelebihan dan Kekurangan Metode Montessori

Setelah melihat bagaimana prosesnya, pada bagian ini, kamu akan dijelaskan tentang kelebihan dan juga kekurangan dari metode montessori ini. Jadi, pastikan kamu memerhatikannya ya. 

Kelebihan Metode Montessori

Kelebihan yang bisa kamu temukan saat si kecil melakukan metode ini adalah demikian.

  • Memiliki pola pemikiran yang kritis
  • Mampu beradaptasi, bekerjasama, dan berkolaborasi di dalam sebuah tim
  • Memiliki kemampuan untuk bertindak dengan tegas
  • Memiliki kebebasan dalam memilih kegiatan atau aktivitas
  • Membantu untuk mengasah kemandirian anak
  • Melatih dan membantu anak untuk hidup dalam keteraturan
  • Melatih merangsang panca indra yang dimiliki si anak. Hal ini didapatkan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara praktek dan teori
  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang baik
  • Membantu anak untuk belajar dengan kapasitasnya dan kecepatannya masing-masing
  • Melatih kemampuan motorik anak
  • Adanya penekanan tentang peace education, yaitu kemampuan dimana anak bisa mengatasi konflik dan masalahnya sendiri tanpa diperlukannya kekerasan dan mampu menyelesaikannya dengan cara yang kreatif

 

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Kekurangan Metode Montessori

Ternyata, dibalik manfaat dan fungsinya yang sangat menarik dan banyak, ternyata ada kekurangan yang ditemukan dalam metode pembelajaran montessori ini loh. Seperti apa kekurangannya? 

Mari simak pembahasan yang akan dibahas di bawah ini.

  • Jika kamu sebagai orang tua sudah menerapkan metode pembelajaran ini sejak anak berada di usia dini, maka jika tiba-tiba anak mengalami perubahan pembelajaran dengan bersekolah di sekolah yang konvensional, maka anak akan mengalami kesulitan
  • Memungkinkan anak memiliki sikap yang cukup agresif terhadap anak yang usianya berada dibawahnya. Mengapa? Karena saat pembelajaran adanya pengelompokan usia. Dengan kata lain bisa terjadi intimidasi karena dirinya merasa lebih berhak dibandingkan dengan anak lainnya
  • Ada kalanya orang tua tidak mengetahui aktivitas apa yang sebaiknya perlu dihindari oleh anak agar tidak melakukan tindakan yang mengarah pada perilaku yang tidak diinginkan ataupun berbahaya
  • Sekolah yang mengadaptasikan metode pembelajaran ini cenderung memiliki biaya yang lebih mahal
  • Sekolah yang mengadaptasikan metode pembelajaran ini sangat terbatas dan jarang ditemui
  • Lingkungan yang membebaskan anak untuk memiliki beraktivitas dengan bebas, memungkinkan diri si anak akan sulit untuk diatur

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Metode Montessori?

Jika ditanya siapa saja anak yang cocok dengan metode pembelajaran montessori ini, maka jawabannya adalah semua anak. Namun, jika anak kamu memiliki kenyamanan belajar yang melihat secara visual, auditori, kinestetik, maka ini adalah salah satu rekomendasi pembelajaran yang bisa kamu jadikan tuntunan untuk pembelajaran anak.

Tentang Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

 

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Judul Buku: Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Nama Penulis: Maria Montessori

Penerbit: Bentang Pustaka

Tanggal Terbit: 30 April 2021

Jumlah Halaman: 286 Halaman

ISBN: 9786022917793

Sinopsis dan Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Anak-anak bukanlah seorang individu kecil yang rapuh yang harus diperlakukan dengan rasa iba. Seharusnya, saat memandang anak-anak, kita sebagai orang dewasa bisa melihatnya dengan rasa takjub. Mengapa? Karena ia adalah salah satu ciptaan Tuhan yang menyimpan banyak sekali rahasia penting bagi kehidupan manusia.

Ini adalah sebagian hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh Maria Montessori terhadap kehidupan dari anak-anak yang begitu menakjubkan. Anak-anak menyimpan banyak sekali hal-hal yang menakjubkan.

Mereka itu menyimpan rahasia tentang tumbuh kembang yang bahkan tidak dapat dipahami oleh orang dewasa. Anak-anak cenderung menaruh perhatian pada hal yang kecil dan bahkan seringkali terlupakan. 

Bahkan, yang lebih menakjubkan lagi adalah ketekunannya untuk mencapai sebuah proses yang berharga. Sayang sekali, kita sebagai orang dewasa sering meremehkan dan melihatnya sebagai individu yang nakal, lambat, dan tidak disiplin.

Oleh karena itu, buku ini adalah landasan Maria Montessori saat merancang metode pengasuhan anak yang saat ini sudah diadopsi ke berbagai penjuru dunia. Dengan buku Montessori Keajaiban Dunia Anak yang Terlupakan juga Maria mengajak para orang tua untuk menghormati anak-anak dibandingkan dengan menganggap mereka lemah.

Maria melihat bahwa tanpa disadari, anak-anak inilah yang akan memegang kunci dari peradaban dunia kedepannya.

 

Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Pros & Cons

Pros Cons
  • Materi yang ada di dalam buku sangat menarik dan mudah untuk dipahami.
  • Meskipun buku terjemahan, tetapi tetap dapat dimengerti dengan baik.
  • Buku ini sudah ditulis puluhan tahan yang lalu, sehingga akan terlihat sedikit kuno pembahasannya. Namun, ternyata buku ini masih ada relevansinya dengan kehidupan pendidikan anak masa kini.

Tentang Penulis

Seorang penulis buku yang lahir di Chiaravalle, Ancona, Italia pada tanggal 31 Agustus 1870. Yap, siapa lagi kalau bukan Maria Montessori. Dari kecil ternyata Maria sudah tertarik dengan dunia kedokteran. 

Disaat anak-anak lain yang seusia dengan dirinya ingin dan bercita-cita menjadi seorang guru, Maria dengan pendiriannya menolak keinginan orang tuanya untuk menjadi guru sama seperti anak-anak lain. Ia memilih untuk sekolah kedokteran di Universitas Roma.

Dari kegigihan dan kerja kerasnya, Maria berhasil mendapatkan gelar dokter dan gelar perempuan dokter pertama yang ada di Italia. Hebat, bukan?

Gagasan dari pendidikan Montessori ini berawal ketika Maria sedang bekerja menjadi salah satu asisten relawan di klinik psikiatri yang ada di Universitas Roma. Saat bekerja, Maria banyak menangani anak-anak yang memiliki keterbelakangan mental.

Dari fenomena tersebut, Maria percaya bahwa sesungguhnya keterbelakangan mental yang dimiliki oleh anak-anak tersebut bukan tentang masalah medis, melainkan masalah pendidikan.

Dari sinilah Maria dan teman-teman lainnya yang bekerja di klinik mulai mengembangkan dan menemukan gagasan untuk pembelajaran tersebut. Dari sinilah muncul sebuah ide yang utama, yaitu Stimulasi Motorik dan juga Stimulasi Sensori pada anak yang berusia dini.

Setelah berhasil dalam mengembangkan gagasannya, Maria akhirnya mendirikan sebuah tempat yang secara khusus disediakan bagi anak-anak terlantar dengan rentang usia 3 sampai 6 tahun. Tepat pada Januari 1907, Maria mendirikan Casa dei Bambini atau yang dikenal juga dengan Children’s House, sebagai sekolah Montessori pertama yang ada di San Lorenzo, Roma.

Setelah sekolah tersebut berdiri, Maria tetap mengobservasi anak-anak tersebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan si anak. Oleh karena itu, ditemukan bahwa sekolah Casa dei Bambini menjadi salah satu sekolah dengan suasana rumah yang menggembirakan dan menghangatkan untuk anak belajar.

Dari pengalaman yang dialami Maria inilah yang menjadi tonggak atau dasar terbentuknya metode Montessori. Dimulai dari tahun 1909, Maria Montessori menyebarkan metodenya, membagikannya, dan melatih para guru yang ada di berbagai negara untuk menerapkan metode montessori.

Atas partisipasi dan juga kontribusi besarnya dalam bidang pembangunan manusia, Maria Montessori sudah tiga kali dinominasikan sebagai salah satu penerima Nobel Perdamaian, yaitu pada tahun 1949, 1950, dan 1951.

Kelebihan dan Kekurangan dari Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

 

  • Buku ini ditulis secara langsung oleh Maria Montessori, yaitu penggagas metode Montessori yang saat ini menjadi salah satu orang berpengaruh di dunia.
  • Dalam buku ini, tulisannya disajikan secara menggelitik, menggugah, dan sangatlah insightful. Banyak sekali rahasia dunia anak yang sangat menarik.
  • Kekurangannya terletak pada tahun penulisannya. Namun, meskipun begitu, buku ini tetap diterjemahkan dengan apik dan mudah dimengerti. 
  • Metode ini juga masih relevan dengan kehidupan dunia parenting saat ini.

Rating: 4.19

Kesimpulan Review Buku Montessori Keajaiban Dunia Anak Yang Terlupakan

Jadi, bagi kamu para orang tua yang ingin mengetahui lebih dalam tentang metode pendidikan anak dengan menggunakan Montessori, kamu bisa langsung membaca buku ini untuk informasi lebih lengkapnya ya.

Kamu bisa dengan mudah mendapatnya di Gramedia.com loh atau bisa klil tombol di bawah ini untuk langsung mendapatkan bukunya.

 

 

Selain itu, banyak sekali insight yang begitu bagus untuk mendidik anak dengan baik dan benar. Jadi, jangan lewatkan untuk membaca buku ini!

Written by Mega