in

16 Orang Tertinggi di Dunia, Salah Satunya Berasal dari Indonesia

Sumber: Pexels

Orang tertinggi di dunia – Setiap manusia terlahir dengan penuh keunikannya masing-masing. Dengan kata lain, setiap manusia yang terlahir di dunia ini selalu berbeda antara satu individu dengan individu lainnya.

Mulai dari perbedaan warna kulit, gender hingga perbedaan ukuran tinggi tubuh manusia. Bicara soal ukuran tinggi manusia, siapa sangka ternyata ada beberapa orang yang memiliki ukuran paling tinggi diantara jutaan umat manusia lho.

Bahkan, mungkin kalian juga pernah mendengar atau tahu tentang deretan orang tertinggi di dunia. Tak perlu bingung jika kalian hanya tahu satu, dua atau bahkan belum mengetahui siapa orang tertinggi di dunia. Sebab, dalam artikel ini tersedia ulasan terkait dengan daftar orang tertinggi di dunia.

Daftar Orang Tertinggi di Dunia

Bicara tentang tinggi badan manusia, tetunya kita sepakat jika di dunia ini setiap orang akan memiliki perbedaan ukuran tinggi badan. Namun, siapa sangka ternyata juga ada beberapa orang yang memiliki ukuran tubuh paling tinggi diantara yang paling tinggi. Bahkan, ada beberapa orang yang bisa memecahkan rekor sebagai orang tertinggi di dunia.

Lantas, siapa saja daftar orang tertinggi di dunia tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Robert Wadlow

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Orang tertinggi yang pertama adalah Robert Wadlow. Ia lahir di Illinois pada tahun 1918 dengan kondisi suatu penyakit yang mampu menyebabkan hormon pertumbuhan dalam dirinya tidak terkontrol.

Pada usia 6 tahun, Robert Wadlow sudah memiliki ukuran tubuh sekitar 1,8 m. Pada waktu itu, para dokter tidak memiliki metode pengobatan yang bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon yang diderita oleh Robert Wadlow.

Bahkan, Robert Wadlow juga menderita penyakit karena kondisinya yang memang tidak biasa. Ia juga mengalami kondisi kesulitan bergerak ketika berada di sekitar kampus. Hal ini tak lain karena tulang miliknya sudah rapuh serta perlu menggunakan sebuah alat penjepit kaku hingga akhir hidupnya.

Diketahui jika Robert Wadlow akhirnya meninggal dunia dalam keadaan tidur pada tanggal 15 Juli 1940. Robert Wadlow meninggal pada usia 22 tahun.

Memiliki tinggi badan yang berbeda dari yang lainnya menjadikan Robert Wadlow mampu memecahkan rekor Guinnes World Record yang diresmikan pada tahun 1955. Robert Wadlow mampu memecahkan rekor dunia dengan ketinggian 2,72 m.

Selain itu, dirinya juga menjadi begitu populer di Amerika Serikat berkat tinggi badannya yang di atas rata-rata. Selain itu, ia pernah mengikuti sirkus Ringling Brother hingga mendapatkan tur promosi. Robert Wadlow menyetujui tur promosi tersebut karena akan dibuatkan sepatu gratis. Saat ini, ukuran kaki dari Robert Wadlow adalah memiliki panjang sekitar 47 cm yang dimana ukuran tersebut lebih besar dibandingkan ukuran kaki manusia normal.

2. John Rogan

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Siapa sangka sebelum Robert Wadlow ada seseorang yang memiliki ketinggian sekitar 2,72 m atau 8 kaki 11 inci, ia adalah John Rogan. John Rogan lahir pada tahun 1868 dengan kebangsaan Amerika.

John Rogan mulai mengalami perubahan bentuk tubuh ketika dirinya menginjak usia 13 tahun. Pada usia 37 tahun, tepatnya di bulan September 1905, John Rogan meninggal dunia karena mengalami penyakit komplikasi ankilosis.

Ankilosis adalah suatu penyakit yang bisa menyebabkan peradangan pada sendi, terutama sendi pada bagian tulang belakang.

3. John Carrol

orang tertinggi di dunia
Sumber: keepingtomes.com

Berikutnya, ada John Carrol yang juga menjadi salah satu orang tertinggi di dunia. John Carrol adalah orang berkebangsaan Amerika yang memiliki tinggi badan mencapai 2,64 m atau setara dengan 8 kaki 8 inci.

John Carroll lahir pada tahun 1932 di Buffalo, New York. Kondisi yang dialami oleh John Carrol ternyata karena pembesaran abnormal pada bagian tangan dan kaki.

Ketika John Carrol berusia 16 tahun, pertumbuhan dalam dirinya semakin cepat. John Carrol sendiri meninggal pada tahun 1969 di rumah sakit Lackawanna, New York. Saat itu John Carroll meninggal, dunia ketika berusia 37 tahun.

https://www.gramedia.com/products/because-this-is-my-babys-first-journey-tumbuh-kembang-dan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

4. Leonid Stadnyk

orang tertinggi di dunia
Sumber: ekonomi.kompas.com

Berikutnya, ada Leonid Stadnyk yang juga termasuk orang tertinggi di dunia dengan kebangsaan Ukraina. Leonid Stadnyk memiliki tinggi sekitar 2,57 m atau setara dengan ukuran 8 kaki 5 inci.

Leonid Stadnyk sendiri sempat menjalani operasi otak ketika memasuki usia 13 tahun. Operasi yang dilakukan olehnya ternyata untuk mengangkat tumor otak serta melepaskan hormon pertumbuhan yang tak normal dalam dirinya.

Leonid Stadnyk meninggal ketika memasuki usia 44 tahun pada tanggal 24 Agustus 2014. Penyebab kematian Leonid Stadnyk sendiri merupakan adanya pendarahan otak secara mendadak.

5. Trijntje Keever

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Jika sebelumnya adalah laki-laki dengan ukuran tinggi badan di atas rata-rata, maka orang tertinggi di dunia berikutnya memiliki gender perempuan yang bernama Trijntje Keever. Tinggi badan yang dimiliki oleh Trijntje Keever adalah sekitar 2,54 m atau setara dengan 8 kaki 4 inci. Trijntje Keever sendiri lahir pada bulan April 1616 di Belanda.

Saat itu, ia dibawa oleh orang tuanya ke karnaval dan dikenal sebagai Gadis Besar dari Belanda.Trijntje Keever meninggal dunia pada usia 17 tahun pada tanggal 2 Juli 1633. Penyebab kematian Trijntje Keever adalah penyakit kanker.

6. Vaino Myllyrinne

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Vaino Myllyrinne memiliki tinggi badan sekitar 2,51 m dan tentunya dengan ketinggian tersebut mampu menjadikannya sebagai orang tertinggi di dunia berikutnya. Vaino Myllyrinne lahir pada tanggal 27 Februari 1909 di Finlandia.

Seiring berjalannya waktu, tinggi badan Vaino Myllyrinne bertambah secara terus-menerus. Bahkan, pada usia 21 tahun, Vaino Myllyrinne sudah mencapai tinggi badan sekitar 253 cm. Pada tahun 1963, Vaino Myllyrinne meninggal dunia karena penyakit kanker.

7. Edouard Beaupre

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Edouard Beaupre adalah seorang pria berkebangsaan Kanada yang memiliki ukuran tinggi badan sekitar 251 m. Dia juga dikenal sebagai seorang pegulat raksasa bertubuh tinggi.

Selain itu, ia juga begitu terkenal karena memiliki tinggi di atas manusia normal. Bahkan, Edouard Beaupre juga sempat bergabung dengan tim sirkus Barnum and Bailey’s Circus.

Edouard Beaupre meninggal dunia pada tahun 1904 karena penyakit tuberkulosis yang dialaminya. Pada akhir hidupnya, Edouard Beaupre sudah tercatat dalam buku Guinness sebagai salah satu manusia paling tinggi di dunia dengan ketinggian terakhirnya yaitu 2,52 m.

8. Sultan Kosen

orang tertinggi di dunia
Sumber: internasional.kompas.com

Sama seperti penderita gigantisme lainnya, pertumbuhan badan Sultan Kosen terlihat begitu normal sampai pada usia 10 tahun. Namun, ketika ia berusia lebih dari 10 tahun, pertumbuhan dirinya dapat mencapai 1,51 m.

Sultan Kosen lahir di negara Turki, dirinya juga memiliki penyakit tumor yang ada di dalam otaknya. Akan tetapi, penyakit tersebut berhasil diangkat oleh para dokter Virginia dengan menggunakan teknik khusus.

Memiliki tinggi di atas rata-rata menjadikan Sultan Kosen sebagai salah satu orang tertinggi di dunia yang telah tercatat di Guinness World Records pada tahun 2011 serta mampu mengalahkan Xi Shun dari China.

9. Vikas Uppal

orang tertinggi di dunia
Sumber: indiatvnews.com

Berikutnya, ada Vikas Uppal yang biasa dipanggil dengan nama Vicky. Ia lahir pada tahun 1986 dan merupakan salah satu orang tertinggi di dunia yang berasal dari negara India.

Selama Vikas Uppal masih hidup ternyata tak ada yang mampu menandingi ketinggian tubuhnya. Tinggi badan Vikas Uppal sendiri saat itu mampu mencapai ukuran 2,52 m. Namun, ketika ia berusia 20 tahun, Vikas Uppal mampu memiliki tinggi badan sebesar 2,70 m.

10. Bernard Coyne

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Bernard Coyne merupakan orang tertinggi di dunia yang lahir di Lowa, Amerika Serikat pada tanggal 27 Juli 1897. Bernard Coyne menderita penyakit gigantisme infantile eunuchoidal.

Gigantisme infantile eunuchoid merupakan kondisi langka yang biasa disebut dengan istilah sindrom kaki pancang. Hidup dari Bernard Coyne terbilang cukup singkat, dirinya meninggal dunia ketika berusia 23 tahun karena adanya pengerasan hati dan demam glandular atau kelenjar.

11. Don Koehler

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Don Koehler lahir di Montana, Amerika Serikat pada tanggal 1 September 1925 dan merupakan salah satu manusia tertinggi di dunia antara tahun 1969 hingga ia meninggal pada 26 Februari 1981. Don Koehler memiliki tinggi badan mencapai 2, 49 m atau 8 kaki 2 inci.

Pertumbuhan badan normal Don Koehler seperti anak normal lainnya hanya sampai pada usia 10 tahun. Namun, secara tiba-tiba pertumbuhan badan dari Don Koehler mulai melonjak pada tingkat yang mengkhawatirkan.

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

12. Brahim Takioullah

orang tertinggi di dunia
Sumber: alchetron.com

Dalam sejarahnya, Brahim Takioullah adalah orang yang memiliki kaki terbesar kedua serta mampu memegang rekor Guinness World Record. Panjang dari kaki Brahim Takioullah adalah sekitar 15 inci. Brahim Takioullah lahir pada tahun 1982 di Maroko. Tinggi badan yang berada di atas rata-rata tersebut disebabkan oleh penyakit tumor yang mampu mempengaruhi kelenjar pituitarinya.

13. Patrick Cotter O’Brien

orang tertinggi di dunia
Sumber: en.wikipedia.org

Berikutnya, ada Patrick Cotter O’Brien yang juga dikenal dengan sebutan Bristol Giant dan Irish Gian adalah orang tertinggi di dunia berikutnya yang berasal dari Irlandia. “O’Brien” yang digunakan oleh Patrick Cotter O’Brien merupakan nama adopsi dari sebuah acara sirkus.

Patrick Cotter O’Brien lahir pada tahun 1760 dan menjadi salah satu manusia tertinggi dalam sejarah medis yang memiliki tinggi badan sekitar 2,44 m atau lebih. Patrick Cotter O’Brien meninggal dunia pada tanggal 8 September 1806.

14. Angus Macaskill

orang tertinggi di dunia

Angus Macaskill merupakan orang tertinggi serta pria kuat dari Pulau Benerin Skotlandia yang selanjutnya berpindah ke Nova Scotia, Kanada. Pada usia 20 tahun, tinggi badan dari Angus Macaskill mulai mencapai 223 cm hingga 226 cm dengan berat badan sekitar 580 pon. Tentunya, hal tersebut mampu membuat Angus Macaskill menjadi lebih terkenal.

15. Chang Yu Sing

orang tertinggi di dunia
Sumber: international.sindonews.com

Chang Yu Sing atau Zhan Shichai atau Chang Yu Sing adalah orang tertinggi di dunia yang berasal dari China. Chang Yu Sing memiliki tinggi badan sekitar 236 cm dan diangkat menjadi anggota istana kaisar pada saat itu.

Chang Yu Sing meninggalkan China ke Inggris dan menghabiskan waktu selama dua tahun di negara tersebut. Pada tahun 1981, Chang Yu Sing memutuskan untuk bergabung dengan perkumpulan Sirkus Barnum. Chang Yu Sing meninggal pada tahun 1893.

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-balita-cerdas-tumbuh-kembang?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

16. Suparwono

orang tertinggi di dunia
Sumber: kompasiana

Selanjutnya, ada orang tertinggi di dunia yang berasal dari Indonesia yaitu Suparwono. Suparwono berasal dari Tulang Bawang, Lampung ini memiliki tinggi sekitar 2,4 m. Bahkan, ia juga mampu memecahkan rekor MURI pada bulan Desember 2009. Suparwono meninggal pada usia 26 tahun tanggal 22 Februari 2012 karena adanya serangan jantung.

Nah, itulah beberapa orang tertinggi di dunia yang bisa kalian tahu dari penjelasan di atas. Ternyata, cukup banyak juga orang yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata serta mampu memecahkan rekor di dunia.

Negara Dengan Penduduk Paling Tinggi di Dunia

orang tertinggi di dunia

Setelah kalian tahu siapa saja daftar orang tertinggi di dunia. Berikutnya, kita akan mempelajari bersama tentang negara dengan penduduk paling tinggi (ukuran normal) di dunia. Agar kalian tidak penasaran lagi, berikut ini adalah daftar negara yang memiliki penduduk dengan ukuran tinggi badan cukup tinggi bagi ukuran orang normal yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Belanda

Bisa dibilang jika penduduk negara Belanda adalah orang-orang tertinggi di dunia. Belanda yang memang lebih dikenal dengan sebutan negara kincir angin, taman tulip, sepatu kayu dan kota Amsterdam ini ternyata memang memiliki ukuran tinggi badan yang cukup tinggi bagi ukuran orang normal.

Rata-rata penduduk negara Belanda memiliki ukuran tinggi badan sekitar 175 cm. Pria di negara tersebut memiliki tinggi rata-rata sekitar 182,53 cm, sedangkan untuk para wanita di negara Belanda biasanya memiliki ukuran tinggi badan rata-rata sekitar 168,72 cm.

2. Latvia

Selanjutnya, ada negara Latvia yang memiliki tinggi rata-rata penduduknya adalah sekitar 175,61 cm. Tentunya, angka tersebut menunjukkan perbedaan yang begitu tipis dengan negara Belanda. Para pria yang ada di negara Latvia ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 181,42 cm dan untuk para wanitanya memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 169,79 cm.

3. Estonia

Posisi ketiga ada negara Estonia yang merupakan salah satu negara di Eropa Utara serta memiliki penduduk dengan tinggi badan rata-rata sekitar 175 cm. Para pria di negara Estonia memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 181,59 cm. Sedangkan untuk para wanita di negara Estonia memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 168,67 cm.

4. Denmark

Denmark terletak di Eropa Utara dengan tinggi badan rata-rata penduduknya adalah sekitar 174,29 cm. Denmark sendiri memiliki jumlah populasi sekitar 5,7 juta jiwa dengan tinggi rata-rata penduduk pria adalah sekitar 181,38 cm. Sedangkan untuk tinggi badan rata-rata penduduk wanitanya adalah sekitar 167,21 cm.

5. Republik Ceko

Negara selanjutnya dengan tinggi badan penduduk yang cukup tinggi bagi ukuran orang normal adalah Ceko Slovakia. Dimana tinggi rata-rata dari penduduk Republik Ceko adalah sekitar 174,28 cm. Penduduk pria negara tersebut memiliki tinggi rata-rata sekitar 180,10 cm. Sedangkan untuk penduduk wanita dari negara Republik Ceko memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 168,45 cm.

6. Serbia

Serbia memiliki tinggi badan penduduk dengan rata-rata sekitar 174,13 cm. Dimana tinggi rata-rata pria di negara Serbia adalah sekitar 180,57 cm. Sedangkan untuk penduduk wanita di negara tersebut memiliki tinggi badan rata-rata sekitar 167,69 cm.

7. Belgia

Belgia juga termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki tinggi badan penduduk yang cukup tinggi (ukuran normal). Belgia memiliki jumlah populasi sekitar 11 juta jiwa dengan tinggi rata-rata sekitar 173,59 cm. Penduduk pria dari negara tersebut memiliki tinggi badan sekitar 181,69 cm. Sedangkan untuk tinggi rata-rata penduduk wanitanya adalah sekitar 181,69 cm.

Nah, itulah beberapa negara yang memiliki penduduk dengan tinggi badan yang cukup tinggi bagi ukuran orang normal. Demikian pembahasan tentang orang tertinggi di dunia yang bisa kamu ketahui. Semoga informasi yang ada di dalam artikel ini bisa menambah wawasan kamu, Grameds.

Kamu juga bisa mencari berbagai macam buku tentang olahan makanan yang sangat baik bagi tubuh di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi