in

19 Arti Mimpi Rambut Rontok, Ternyata Tak Selalu Berarti Buruk!

Sumber: Pixabay

Mimpi Rambut Rontok – Rambut rontok mau sedikit atau banyak adalah kondisi menyeramkan sekaligus menyebalkan, bahkan jika hanya terjadi dalam mimpi. Saking menyeramkannya, kita jadi bertanya-tanya, apa arti mimpi rambut rontok?

Ya mau bagaimana lagi? Coba bayangkan kamu baru bangun dari mimpi menyeramkan itu, 90% kamu akan mengecek kebenarannya alias menarik rambutmu sambil berharap tak ada potongan rambut di telapak tanganmu.

Namun, semua rambut manusia bisa rontok kapan saja, tergantung perawatan, keadaan mental, dan pola hidupnya. Biasanya, rambut jadi rontok ketika kita merasa stres, kurang merawat rambut dan kulit kepala, atau pola hidup kita tidak sehat.

Lalu, apa arti mimpi rambut rontok? Menurut beberapa tafsir rambut rontok merupakan lambang perasaan takut yang sedang kamu alami. Bisa takut menjadi tua, takut terkena penyakit, atau kamu memang sedang mengkhawatirkan sesuatu. Kabar baiknya, meski menjadi simbol ketakutan, ternyata mimpi rambut rontok tidak selalu berhubungan dengan sesuatu yang buruk.

So, daripada kamu semakin penasaran, mari kita bahas arti mimpi rambut rontok menurut psikologi dan primbon Jawa. Simak sampai selesai, ya!

Arti Mimpi Rambut Rontok Menurut Psikologi

mimpi rambut rontok
Sumber: Pixabay

1. Kamu Sedang Takut Menjadi Tua

Setiap makhluk hidup pasti akan menua, bagi manusia, kehilangan rambut adalah salah satu efek yang muncul ketika usia tak lagi muda. Selain itu, ketebalan rambut akan menghilang, warnanya berubah menjadi abu-abu atau putih, dan semakin sulit tumbuh rambut baru.

Meski penuaan adalah proses alami, namun banyak orang merasa takut menjadi tua, terutama perempuan. Karena itu, menurut psikologi, mimpi rambut rontok bisa berkaitan erat dengan ketakutan akan penuaan.

Benar atau tidaknya, tergantung pada kondisimu saat ini. Jika kamu masih berusia muda dan rambut kamu masih sehat, mimpi rambut rontok mungkin hanya sekadar bunga tidur yang tidak perlu terlalu dipikirkan.

Namun, jika kenyataannya kamu memang memiliki rambut rontok meski masih muda, ketakutan menjadi tua akan muncul. Apalagi jika ada gejala penuaan lain yang menyertainya, misalnya seperti muncul keriput kecil pada kulit.

Kalau benar seperti itu, kamu tidak perlu khawatir dan tenggelam dalam ketakutan. Sebaliknya, cobalah berdamai dengan keadaan dan menerima kenyataan bahwa kamu memang beranjak tua.

2. Kamu Sedang Merasa Cemas

Rambut rontok erat kaitannya dengan emosi negatif yang muncul karena adanya pengalaman yang tidak diinginkan. Kalau kamu masih belum merasa takut menjadi tua, mungkin sekarang kamu sedang merasa cemas.

Yup, menurut psikologi, rambut rontok yang kamu lihat di dalam mimpi bisa jadi merupakan simbol dari penyebab rasa cemas tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini akan berubah menjadi gangguan kecemasan kronis.

Jadi, sebelum menjadi lebih parah sebaiknya segera hilangkan penyebab kecemasanmu dengan cara yang tepat, ya.

3. Kamu Kurang Percaya Diri

Rambut kadang diibaratkan sebagai mahkota, simbol kecantikan, atau daya tarik seseorang. Ketika rambut ini rontok, bisa jadi kamu merasa kehilangan daya tarik yang menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri.

Mungkin kamu merasa berat badanmu bertambah secara tidak wajar belakangan ini, atau mungkin kamu sulit meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri? Apapun alasannya, perasaan negatif seperti ini membuat alam bawah sadarmu menganggap kamu tidak secantik dulu dan secara tidak sadar menunjukkannya di dalam mimpi.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, sebaiknya luangkan waktu untuk mengamati penampilanmu sekali lagi dengan baik. Apakah benar ada yang berubah pada penampilan fisikmu? Apa yang membuat Grameds tidak senang dengan penampilanmu saat ini?

https://www.gramedia.com/products/mimpipedia-karena-setiap-mimpi-punya-arti?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mimpipedia-karena-setiap-mimpi-punya-arti?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

4. Kehilangan Seseorang atau Sesuatu yang Berharga

Mimpi biasanya berasal dari pikiran bawah sadar, karena itu mimpi rambut rontok tidak harus selalu berhubungan dengan daya tarik atau pesona diri. Bisa jadi, rambut rontok merupakan simbol dari kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga.

Mungkin ini adalah cara otak kamu untuk memberitahu bahwa kamu akan melepaskan seseorang atau sesuatu dan meminta kamu untuk menerimanya. Baik secara sadar maupun tidak sadar, sebab dalam setiap pertemuan pasti ada perpisahan.

Perpisahan atau kehilangan di sini bisa jadi hal yang positif seperti memulai hubungan baru dengan orang yang lebih baik atau negatif seperti meninggalkan pekerjaan yang kamu senangi.

5. Kamu Sedang Stres Karena Terlalu Banyak Bekerja

Mimpi rambut rontok bisa jadi merupakan pesan dari pikiran yang mengingatkan bahwa kamu terlalu banyak bekerja. Setiap orang pasti punya batasannya masing-masing, namun terkadang ada hal yang memaksa kita untuk bekerja melebihi batas ini.

Jika beberapa minggu ini kamu terlalu fokus bekerja sampai merasa stres, sebaiknya luangkan waktu sebentar untuk beristirahat sambil menenangkan diri dan pikiran. Kalau terus diforsir, kesehatan kamu yang akan menjadi korbannya.

6. Merasa Takut Kehilangan Kendali atas Sesuatu

mimpi rambut rontok
Sumber: Pixabay

Mempunyai rambut yang sehat menandakan perasaan awet muda, berenergi, dan penuh kendali. Ketika kamu mimpi kehilangan rambut, bisa jadi kamu sedang merasa takut kehilangan kendali atas sesuatu yang kamu miliki. Mungkin soal pekerjaan atau hubungan.

Jadi coba lihat lagi, apakah sekarang kamu sedang merasa ada hal-hal yang menjauh dari hidupmu? Jika iya, mungkin hal inilah yang datang ke dalam mimpimu.

7. Takut Kematian

Semua ketakutan yang pernah kamu rasakan, pada akhirnya akan berakhir pada hal ini, takut akan kematian dan mimpi rambut rontok bisa berkaitan dengannya. Terlebih, jika kamu sering menghindari pemikiran tentang kematian karena bisa membuatmu stres.

Menghindari sesuatu secara sadar memang efektif untuk menghilangkan pikiran negatif mengenai hal itu. Namun, alam bawah sadarmu masih memikirkannya. Karena itu, mimpi rambut rontok mungkin menyimbolkan perasaan tidak menyenangkan yang tidak kamu sadari.

8. Rambut Kamu Memang Sedang Rontok

Kadang-kadang mimpi bisa berhubungan erat dengan kehidupan nyata. Misalnya seperti kamu memimpikan hantu setelah menonton film horor bersama teman-teman. Fenomena ini terjadi karena otak memproses semua hal yang kamu rasakan sepanjang hari saat kamu tidur.

Dengan kata lain, mimpi rambut rontok yang kamu lihat di mimpi bisa jadi muncul karena kamu menyadari bahwa rambut kamu sedang rontok dan mungkin rontoknya lebih lebih banyak dari biasanya.

Dalam situasi seperti ini, kamu harus menenangkan diri dan mengingat bahwa semua orang bisa kehilangan rambut setiap hari. Artinya ini merupakan sesuatu yang alami. Tapi kalau jumlahnya berlebihan, berarti kamu perlu melakukan perawatan rambut secepatnya. Nah, kamu bisa menemukan beragam teknik perawatan rambut dalam buku Perawatan Kulit Kepala & Rambut yang disusun oleh Siti Sahida & Hidayani.

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kulit-kepala-rambut?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/perawatan-kulit-kepala-rambut?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

9. Merasa Takut Kehilangan Hasrat Seksual

Menurut budaya, pria dan perempuan akan terlihat muda dan menarik jika mempunyai rambut yang tebal dan lebat, terlepas dari gaya penataan atau panjangnya. Menurut kesehatan, rambut seperti ini merupakan tanda dari tubuh yang
sehat.

Ketika usia bertambah, rambut mulai menipis dengan sendirinya, menjadi rapuh, dan rontok sehingga tidak lagi dianggap menarik. Ini berarti rambut rontok bisa jadi kamu sedang merasa takut kehilangan daya tarik, khususnya potensi seksual.

Bahkan, kadang-kadang, orang tua yang baru memiliki anak bermimpi mengalami rambut rontok karena merasa peran barunya telah mengganti identitas seksualnya.

Di sisi lain, orang yang memiliki berat badang di atas rata-rata, sakit, atau sedang berada dalam masa sulit akan bermimpi rambut rontok karena takut tidak terlihat menarik lagi.

10. Kamu Akan mengalami perubahan

Seperti yang dijelaskan di awal, mimpi rambut rontok tidak selalu berarti buruk. Sebab mimpi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu akan mengalami perubahan. Rambut rontok bisa diartikan kamu sedang menunjukkan kamu yang baru kepada dunia.

Artinya, ketika kamu kehilangan rambut di dalam mimpi, mungkin ini menunjukkan bahwa kamu sedang mengawali babak yang baru dalam hidup.

11. Kamu Sedang Mengalami Masalah Finansial

Rambut rontok di dalam mimpi bisa juga menjadi simbol bahwa kamu sedang mengalami masalah finansial atau profesional. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hati dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan finansial dan segera belajar mengelola keuangan yang baik.

12. Merasa Bosan dengan Aktivitas yang Monoton

Melihat rambut rontok bisa juga diartikan kamu sedang merasa bosan dengan aktivitas monoton yang kamu lakukan setiap hari. Kondisi seperti ini akan membuat kamu merasa lemah dan kehilangan motivasi.

Solusinya, kamu harus berintrospeksi untuk menemukan jalan keluar dan mendapatkan kembali motivasi yang hilang.

Arti Rambut Rontok Menurut Primbon Jawa

mimpi rambut rontok
Sumber: Pixabay

Arti Rambut Rontok Sampai Otak

Dalam primbon Jawa, saat kamu melihat rambut rontok sampai botak di dalam mimpi, berarti kamu sedang merasa kurang percaya diri. Sebab rambut merupakan simbol dari rasa percaya diri, khususnya bagi perempuan.

Nah, coba, deh, diingat-ingat lagi, apa belakangan ini kamu mengalami peristiwa yang membuat kamu malu atau menjatuhkan kepercayaan dirimu? Kalau benar, berarti saatnya kamu mencari jalan keluar untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Mimpi kepala menjadi botak akibat rontok bisa juga diartikan kamu sedang merasa takut menjadi tua. Padahal ini proses yang alami dan tidak perlu terlalu dipikirkan. Bahkan jika dilihat dari perspektif yang positif, menjadi tua berarti kamu akan menjadi lebih bijaksana.

Jadi, coba belajar merangkul usia tua karena penuaan bukan akhir dari hidupmu, melainkan sebuah tanda bahwa kamu harus mencari tahu bagaimana cara untuk menjalani hidup dengan baik.

Mimpi ini bisa juga memiliki arti positif karena kepala botak melambangkan sebuah keterbukaan, yang artinya kamu bisa menerima berbagai hal secara bijaksana karena kamu memiliki hati yang murni.

https://www.gramedia.com/products/kitab-primbon-jawa-serbaguna-tetap-relevan-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kitab-primbon-jawa-serbaguna-tetap-relevan-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Arti Rambut Rontok dalam Jumlah yang Banyak

Jika kamu mengalami kerontokan dengan jumlah yang sangat banyak di dalam mimpi, bisa jadi ini merupakan cerminan bahwa kamu sedang mengalami masalah yang buruk. Atau bisa juga melambangkan ketakutanmu pada masalah tersebut. Semakin banyak jumlah rambut yang rontok, semakin besar rasa takut yang kamu rasakan.

Ada juga yang menganggap jumlah rambut rontok di dalam mimpi sebagai cerminan dari masalah keuangan yang Grameds miliki saat ini. Mimpi tersebut merupakan peringatan agar kamu memperhatikan masalah ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya, tak ada salahnya Grameds menyiapkan strategi untuk mengatasi skenario terburuk yang mungkin terjadi di masa depan.

Arti Mimpi Rambut Rontok Ssisir

Umumnya mimpi menyisir rambut sering dikaitkan dengan rezeki yang terbuka dan memberikan jalan menuju kekayaan. Namun, lain halnya jika kamu bermimpi rambut rontok saat disisir.

Mimpi ini, menurut primbon Jawa, justru menjadi pertandan dari rezeki yang sulit. Lebih tepatnya, rezeki yang seharusnya menjadi milikmu hilang karena suatu peristiwa yang diakibatkan oleh dirimu sendiri atau orang lain.

Untungnya, mimpi ini memiliki tafsir lain yang lebih baik, yaitu menjadi pertanda Grameds akan mendapatkan momen pembaruan. Rambut yang rontok saat disisir mencerminkan kamu sedang menyingkirkan hal-hal buruk untuk merawat hal-hal baik yang kamu miliki.

Than, it’s time for you to get up and believe that you can make it happen. Luangkan waktu lebih banyak untuk mengumpulkan kekuatan agar kamu bisa mengatasi hal-hal buruk dengan lebih mudah.

Arti Mimpi Rambut Pendek yang Rontok

Kalau kamu bermimpi tentang rambut pendek yang rontok, berarti kamu sedang mengkhawatirkan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tak perlu khawatir, sebab kekhawatiran ini biasanya hanya berupa masalah yang kecil. Ya meskipun bisa membuatmu sulit tidur, tapi masalah ini pasti bisa kamu selesaikan.

Arti Mimpi Rambut Putih Rontok

Rambut putih, umumnya dikaitkan dengan pengetahuan dan kearifan. Jadi, ketika kamu bermimpi rambut putih yang rontok, kemungkinan ini menjadi tanda bahwa kamu akan mendapat keberuntungan.

Namun, jika keadaanmu sedang sulit, mimpi bisa berarti kamu akan mendapatkan masalah baru dalam waktu yang dekat. Mungkin masalah keuangan atau yang berhubungan dengan karir.

Arti Mimpi Melihat Rambut Orang Lain Rontok

Nah, kalau yang rontok adalah rambut orang lain, berarti kondisi fisik atau spiritualmu sedang lemah. Jika yang kehilangan rambut di dalam mimpimu adalah orang yang dekat denganmu, berarti kesehatanmu sedang lemah.

Kemungkinan kamu akan mendapatkan penyakit atau penyakit itu sedang kamu alami saat ini. Ada lagi yang menafsirkannya sebagai kondisi psikologis teman kamu yang tidak baik-baik saja.

Mungkin dia sedang merasa cemas atau depresi dan berdampak pada kamu atau keluarganya. Jadi coba perhatikan orang-orang terdekatmu, apakah mereka sedang mengalami masalah yang berat atau tidak.

Jika memang benar, coba bantu mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut sesuai dengan kemampuanmu.

Arti Mimpi Melihat Raambut yang Rontok di Lantai

Terakhir, jika di dalam mimpi kamu melihat rambut rontok di lantai, berarti kamu sedang merasa bosan dengan kehidupan sehari-hari yang kamu jalani hingga mempengaruhi sisi emosional atau mental kamu.

Bahkan yang lebih ekstrim lagi, rambut rontok yang kamu lihat bisa jadi merupakan simbol dari berbagai masalah yang sedang kamu hadapi. Mulai dari masalah keuangan, pekerjaan, pertemanan, keluarga, hingga masalah hubungan.

Jika ini yang sedang kamu alami, berarti sekarang waktunya Grameds melakukan introspeksi agar semua masalah tadi tidak merusak kehidupanmu. Cari solusi yang tepat untuk setiap masalah, lalu ambil tindakan nyata agar masalahnya selesai.

Do something, jangan membiarkan masalah sampai berlarut-larut karena akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja dan melahirkan masalah lain yang lebih sulit diselesaikan.

Semua arti tafsir mimpi rambut rontok di atas bisa jadi benar, namun tak menutup kemungkinan menjadi keliru. Intinya, jika Grameds sedang mengalami masalah atau kesulitan yang mengganggu pikiran dan kehidupanmu, sebaiknya segera cari jalan keluarnya.

Sebab yang paling penting adalah menyelesaikan masalah tersebut, bukan memikirkannya tanpa mengambil tindakan apapun.

Seperti kata Richard Charlson, kamu bisa memandang masalah, kesulitan, atau pikiran yang mengganggu dalam hidup dengan perspektif yang luas. Kamu juga bisa belajar darinya lalu membuat pilihan serta keputusan yang paling sesuai.

https://www.gramedia.com/products/mengatasi-masalah-besar-dalam-hidup?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mengatasi-masalah-besar-dalam-hidup?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Demikian pembahasan tentang arti mimpi rambut rontok. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika ingin mendapatkan buku-buku tentang perawatan rambut, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi