in

11 Makna Mimpi Melihat Pocong yang Perlu Kamu Ketahui!

Sumber: theasianparent.com

Mimpi melihat pocong – Ketika kamu mimpi melihat pocong, tentunya akan mengganggu tidur kamu. Pernahkah kamu mimpi pocong atau hantu lain yang cukup menyeramkan? Ternyata, terdapat pesan tersirat di balik mimpi ini.

Sebagian orang pasti akan merasa terganggu serta kurang nyenyak tidur serta mengalami mimpi buruk. Apalagi jika kamu kemudian memimpikan hantu seperti pocong, tentu hal ini akan membuatmu kaget. Tak jarang mimpi ini akan membuatmu terbangun karena ketakutan.

Di Indonesia, pocong sendiri merupakan perwujudan dari sosok manusia yang meninggal dunia. Lalu, arwahnya menjadi gentayangan karena tali pocongnya belum dilepaskan. Saat terlelap serta bermimpi, tubuh kemudian akan meninggalkan pikiran alam bawah sadar serta rasionalitas.

Oleh karena itu, tidak heran apabila ketika tidur akan bermimpi hal-hal yang dirasa tidak mungkin terjadi atau tak masuk akal. Meski begitu, mimpi melihat pocong ini ternyata ada artinya. Lalu, apakah mimpi melihat pocong menjadi pertanda baik atau menjadi pertanda buruk? Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang arti mimpi melihat pocong.

Namun, sebelum membahas arti mimpi melihat pocong, ada baiknya kalau kita membahas tentang pengertian mimpi dan tujuan mimpi terlebih dahulu.

Pengertian Mimpi

mimpi melihat pocong
Sumber: Pixabay

Mimpi merupakan suatu gambaran, pikiran, dan emosi yang kemudian dialami oleh seseorang ketika tidur. Biasanya, mimpi terjadi pada tahap tidur REM (rapid eye movement), yaitu tahapan tidur yang membuat nafas menjadi lebih cepat atau tak teratur, serta mata bergerak ke segala arah dengan cepat. Jenis tidur ini, biasanya terjadi sekitar setengah jam setelah tidur, selama 90 menit atau bisa terjadi sepanjang malam.

Mimpi yang kamu rasakan bisa menjadi sangat emosional, samar, singkat, hingga membingungkan, menyenangkan, atau bahkan menakutkan. Selain itu, terkadang ada juga mimpi yang mana jalan ceritanya tidak masuk akal sama sekali. jalan cerita ataupun tidak masuk akal sama sekali. Hal ini sendiri terjadi karena yang mengatur pusat emosional otak, bukanlah wilayah otak yang berhubungan dengan sesuatu yang logis.

Menurut model aktivasi-sintesis mimpi yang merupakan teori dari J. Allan Hobson serta Robert McCarley, sirkuit otak akan aktif selama tidur REM, sehingga dapat memicu amigdala serta hipokampus untuk menciptakan serangkaian impuls listrik. Kombinasi ini kemudian akan menghasilkan pikiran, gambar, dan ingatan acak yang akan muncul saat seseorang tertidur.
Dalam “The Interpretation of Dreams,” Freud menyatakan bahwa mimpi adalah “pemenuhan terselubung dari keinginan yang tertekan.” Selain itu, beliau juga menggambarkan kedua komponen berbeda, yakni konten nyata atau suatu gambar aktual serta konten laten atau koten dengan makna tersembunyi.

Meskipun penelitian gagal dalam menunjukkan bahwa konten nyata dapat menyamarkan signifikansi psikologis dari sebuah mimpi, tetapi beberapa ahli kemudian percaya bahwa hal ini akan memainkan peran penting dalam memproses emosi serta pengalaman yang membuat stres.

Meski tampaknya tak penting, menurut The Greater Good Science Center dari University of California, mimpi kemudian memiliki beberapa tujuan, di antaranya

  • Untuk terapi diri karena mimpi dapat menghilangkan rasa sakit dari emosional yang sulit, bahkan traumatis yang terjadi sepanjang hari.
  • Mimpi juga menawarkan ketenangan emosional saat kamu terbangun di keesokan paginya.

Mengapa Ada Mimpi Indah dan Buruk?

Penyebab mimpi buruk, hingga saat ini mimpi masih menyimpan banyak misteri. Terlebih lagi, belum ada penelitian pasti yang menemukan mengapa kita dapat bermimpi, baik itu mimpi yang menyenangkan atau menakutkan. Namun, kemungkinan besar hal ini memiliki kaitan yang erat dengan suasana hati serta berbagai hal yang kamu alami atau pikirkan sebelum kamu tertidur.

Ahli dari Washington State University mengatakan bahwa mimpi buruk kemungkinan terjadi ketika kamu mengalami suatu hal yang menakutkan atau membuatmu merasa cemas. Contohnya, saat menonton film horor sebelum tidur atau saat melihat peristiwa yang menakutkan di siang hari.

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mimpi terbentuk dari berbagai potongan informasi serta emosi yang kamu rasakan. Nah, bisa jadi otak akan mengambil beberapa potongan yang menakutkan itu yang terjadi pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari sebelum tidur.

Kemudian, semua potongan itu terbawa ke dalam mimpi. Kabar baiknya ialah hampir semua orang tidak dapat mengingat mimpinya secara detail. Hal ini karena otak lebih sering menyimpan hal-hal yang penting saja.

Apalagi seperti mimpi yang kadang tidak jelas, dan tidak beralur, serta saling tumpang tindih. Untungnya lagi, mimpi buruk kemudian dapat diminimalisir dengan cara menghindari minum alkohol atau kopi sebelum tidur, mimpi juga dapat dihindari dengan melakukan pengobatan dari penyakit mental yang diidap, serta tak lupa memperbaiki kualitas tidur. Mengalami mimpi buruk memang hal yang normal. Namun terus mengalami mimpi buruk bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan, seperti diantaranya nightmare disorder (gangguan mimpi buruk).

Apa itu gangguan mimpi buruk? Ini merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang kemudian mengalami mimpi dan merasa terganggu karenanya, hal ini berkaitan dengan perasaan negatif, seperti diantaranya kecemasan atau ketakutan yang akan membangunkanmu dari tidur. Kondisi ini cukup langka, serta kemungkinan banyak menyerang orang dewasa. Jika kamu sering mengalami mimpi buruk, maka kamu mengalami nightmare disorder.

Jika sudah seperti itu, sebaiknya segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater atau ke dokter agar tidur kamu menjadi lebih tenang, sehingga aktivitas besok pagi bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Arti Mimpi Melihat Pocong

Mimpi Melihat Pocong di Kuburan

Menurut Primbon Jawa, mimpi pocong di kuburan merupakan pertanda bahwa kamu masih mempunyai janji yang belum dilunasi kepada seseorang. Oleh karena itu, kamu coba untuk mengingat-ingat kembali apakah pernah berbuat janji pada orang lain dan belum ditepati.

Selain itu, mimpi melihat pocong di kuburan juga dapat diartikan bahwa seseorang akan menagih janji. Jika kamu merasa tak memiliki janji kepada siapa pun, dan bisa memastikan hal itu kepada keluarga maupun teman terdekat. Jika sudah pernah berjanji, jangan lupa untuk segera memenuhi janji yang sudah kamu buat ya.

Mimpi Melihat Pocong Hidup

Emosi yang tak tersalurkan kemudian dapat memicu mimpi buruk. Meski tampak seram pada awalnya, serta membuat tidur menjadi tak tenang, ternyata mimpi pocong yang kembali hidup adalah pertanda baik.

Menurut primbon Jawa, mimpi pocong yang kembali hidup memiliki arti bahwa berarti kamu akan segera mendapatkan kesuksesan, terutama dalam bisnis yang sedang kamu jalankan.

Bentuk kesuksesan ini dapat berupa penjualan yang mengalami peningkatan, mendapatkan promosi jabatan, dan berhasil bekerja sama dengan seseorang atau beberapa pihak.

Mimpi Melihat Banyak Pocong

Terdapat sejumlah orang yang bermimpi melihat banyak pocong namun hanya dapat diam. Jika kamu bermimpi seperti itu, maka bisa menjadi pertanda hal ini bahwa kamu sudah melakukan kesalahan besar dan fatal.

Selain itu, kesalahan ini bisa memberikan dampak buruk bagi orang lain, walaupun kesalahan itu sepele. kemudian juga berdampak buruk bagi orang lain.

Apakah kamu merasa pernah melakukan kesalahan, sehingga membuat orang lain merasa kesulitan atau merasa marah serta kecewa? Jika iya, segeralah meminta maaf serta introspeksi diri serta berjanji untuk tak mengulanginya Kembali.

Mimpi Dikejar Pocong

Mimpi melihat pocong kemudian dikejar oleh hantu tersebut pastinya akan sangat menyeramkan atau bahkan bisa membangunkan kamu dari tidur. Namun, tahukah kamu bahwa mimpi pocong berarti kamu akan akan mendapatkan rezeki yang melimpah? Selain itu, mimpi ini juga menjadi pertanda bahwa akan datang kebahagian pada keluargamu.

Mimpi Melihat Pocong serta Bicara Dengannya

Apakah dalam mimpi pocong itu kamu juga berdialog dengan si pocong? Jika ya, hal ini kemudian menjadi pertanda baik. Sebab, berbicara dengan pocong dapat diartikan sebagai firasat baik. Dalam hal ini, firasat baik yang dimaksud adalah kondisi keuangan atau finansial kamu akan bertambah.

Mimpi Melihat Diri Sendiri Menjadi Pocong

Mimpi buruk juga dapat muncul dipicu oleh rasa tidak aman. Bagaimana jika kamu melihat diri sendiri menjadi pocong di dalam mimpi? Tentunya hal ini menyeramkan!

Namun, ternyata mimpi melihat diri sendiri menjadi pocong berkaitan erat dengan nasihat kesuksesan seseorang. Kemudian, hal ini juga menjadi pengingat bahwa kerja keras dan doa yang sudah kamu lakukan akan ada balasannya.

Mimpi Melihat Pocong Tersenyum

Tentunya sulit membayangkan melihat pocong tersenyum ya. Hal ini mungkin saja menjadi sesuatu yang menyeramkan serta tak terduga. Namun, jika kamu mengalami mimpi ini, maka bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan memiliki umur panjang dan memperoleh kesuksesan di kemudian hari.

Sumber: Kompas.com
Sumber: paragram.id

Mimpi Melihat Pocong Bayi

Mimpi pocong dapat menjadi pertanda bahwa kamu sudah melakukan kesalahan besar yang bisa berdampak buruk kepada orang lain. Sementara itu, mimpi melihat pocong bayi berarti bahwa kamu sudah melakukan kesalahan sepele dan bisa memberikan dampak buruk untuk diri sendiri.

Jadi, cobalah untuk dapat mengingat-ingat kesalahan sepele apa yang pernah kamu lakukan? Secara tak sadar, ini bisa saja memicu musibah ataupun hari yang buruk di kemudian hari. Jadi, perbaiki kesalahan tersebut serta jadikan pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

Mimpi Didatangi Pocong

Mimpi didatangi pocong bisa diartikan sebagai pertanda ketakutan serta kecemasan yang sedang kamu rasakan. Jadi, perbanyak berdoa serta ceritakanlah rasa takut, cemas, dan gelisah yang kamu alami kepada suami atau teman dan anggota keluarga lainnya. Hal ini dapat kamu lakukan agar perasaan lebih lega dan tidak merasa terbebani oleh rasa takut.

Mimpi Jadi Pocong Mimpi

Melansir dari jurnal Sleep, dijelaskan juga bahwa seseorang yang sering mimpi buruk, kemudian dapat memiliki pesan tertentu. Entah itu mimpi melihat pocong ataupun berbagai teror lainnya. Hal ini juga merupakan pertanda adanya kondisi psikosis ataupun kesehatan mental yang rentan bermasalah.

Mimpi Pocong Menyeramkan

Menurut ahli tafsir mimpi sekaligus penulis ‘Night Vision: A Field Guide to Your Dreams‘, Theresa Cheung kemudian mengatakan bahwa “bermimpi tentang hantu seram cenderung merujuk kepada urusan yang belum selesai serta perlu untuk segera ditangani karena itu akan menghantui,”. Selain itu, Cheung juga mengatakan bahwa jika kamu bermimpi melihat pocong, maka kamu perlu untuk mengintropeksi diri.

Penutup

Demikian pembahasan tentang arti mimpi melihat pocong. Percaya atau tidaknya terhadap arti mimpi melihat pocong dikembalikan kepada pembaca.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang mimpi atau tafsir mimpi, maka bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Mimpi Melihat Pocong yang dapat Kamu Baca

Sejarah, Hikmah dan Tabir Mimpi

https://www.gramedia.com/products/sejarah-hikmah-dan-tabir-mimpi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kisah Nabi Yusuf as. dalam Al-Quran menyuguhkan untaian peristiwa yang menggugah kalbu, menyentuh perasaan, dan mengundang daya imajinasi. Perjalanan hidupnya diabadikan oleh Allah Swt. Dalam Al-Qur’an untuk memberi pelajaran moral bagi orangtua, anak, istri, pemimpin, maupun masyarakat luas. Nabi Yusuf as sendiri digambarkan sebagai sosok yang memiliki integritas, kesabaran, ketabahan, keuletan, welas asih, dan karakter mulia.

Kisah Nabi Yusuf as. dalam Al-Quran menyuguhkan untaian peristiwa yang menggugah kalbu, menyentuh perasaan, dan mengundang daya imajinasi. Perjalanan hidupnya diabadikan oleh Allah Swt. Dalam Al-Qur’an untuk memberi pelajaran moral bagi orangtua, anak, istri, pemimpin, maupun masyarakat luas. Nabi Yusuf as sendiri digambarkan sebagai sosok yang memiliki integritas, kesabaran, ketabahan, keuletan, welas asih, dan karakter mulia.

Tafsir Mimpi Umar Khayyam

tafsir mimpi umar khayyam - mimpi melihat pocong

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-umar-khayyam?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pernahkah kamu bermimpi sampai terbangun dari tidur, tapi tidak tahu apa “pesan”-nya untuk kehidupanmu? Jika iya, kitab klasik karya Umar Khayyam (1048-1131 M) ini mungkin bisa membantumu. Ditulis sejak 1000 tahun yang lalu, buku yang terdiri dari 20 bab ini menjelaskan secara lengkap berbagi mimpi yang mungkin pernah atau akan kita alami. Umar Khayyam adalah ulama asal persia yang selama ini lebih dikenal sebagai ilmuwan di bidang astronomi, matematika, dan sastra.

Salah satu karya termasyhurnya adalah Rubaiyat Umar Khayam. Namun begitu, tak banyak yang tahu, beliau juga menulis buku tentang tafsir mimpi. Dan tentu saja, karyanya ini jauh sebelum kehadiran buku-buku soal mimpi di barat, seperti karya Sigmund Freud dengan The Interpretation of Dream-nya di abad ke 20. Pesan penting buku ini adalah bahwa mimpi kita sehari-hari, pada dasarnya, jika bisa diinterpretasikan secara tepat, dapat membantu kita untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup kita sehari-hari.

Tafsir Mimpi Menurut Al Qur`An Dan Sunnah

tafsir mimpi - mimpi melihat pocong

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Ici Tafsir mimpi berbeda dengan ramalan klenik. Namun, mimpi juga bisa berarti prediksi akan kehidupan masa depan, seperti halnya mimpi yang ditakwilkan oleh Nabi Yusuf a s. atas mimpi yang dialami oleh Raja Mesir. Nabi Yusuf a.s. telah bermimpi dan Nabi Yusuf a.s. telah dianugerahi Allah SWT kemampuan menakwilkan mimpi. Dua persoalan tentang mimpi tersebut telah diceritakan dalam Al-Qur’an. Begitu lengkapnya Islam membahas segala persoalan hidup, bahkan mimpi pun tak luput pembahasannya dalam agama Islam.

Tafsir Arti Mimpi Edisi Lengkap dan Terupdate

https://www.gramedia.com/products/tafsir-arti-mimpi-edisi-lengkap-terupdate?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tafsir-arti-mimpi-edisi-lengkap-terupdate?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Berdasarkan mukjizat Nabi Yusuf AS yang mampu menafsirkan mimpi, sehingga lahirlah ilmu khusus yang mempelajari tentang arti mimpi. Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah bunga tidur, tanpa arti atau kesan apa-apa. Namun sebenarnya tidaklah demikian, sejak ribuan tahun silam, sejak masa Nabi Yusuf dan Ibrahim, Tafsir mimpi ini sudah dimulai dan menjadi penanda, akan apa-apa yang akan dialami dalam hidup kedepannya. Karena hal tersebutlah, maka disusun buku ini sebagai upaya memberikan gambaran mengenai Tafsir atau arti dari mimpi-mimpi yang selalu datang menyambangi anda setiap malam-malamnya. Semoga kehadiran buku ini dapat menjadi penanda dan semangat anda dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi