in

Jenis-jenis Iklan: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Jenis Iklan – Iklan merupakan bentuk promosi ataupun pengenalan produk, jasa, atau layanan yang disampaikan melalui media tertentu. Umumnya, iklan bertujuan untuk menarik khalayak umum agar mereka tertarik membeli produk ataupun jasa yang kita sediakan. Sehingga kita harus menggunakan pemilihan kata dan juga bahasa yang persuasif.

Diantara ciri-ciri iklan yaitu menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, dan juga mudah untuk dipahami. Selain itu, iklan juga harus menonjolkan keunggulan produk ataupun jasa yang diiklankan, sehingga diharapkan bisa mempengaruhi target konsumen untuk membeli produk tersebut.

Iklan juga mempunyai beberapa unsur tertentu di dalamnya, seperti halnya nama produk, kata-kata persuasif, dan juga gambar. Tak hanya itu saja, beberapa unsur iklan yang baik juga mencakup adanya perhatian, minat, kepercayaan, keinginan, dan juga tindakan.

Pastinya, iklan dapat kita temui di berbagai tempat, mulai dari internet, televisi, koran, sampai di jalanan. Faktanya, memang ada banyak sekali jenis iklan, baik itu komersial ataupun nonkomersial. Pembagian macam-macam iklan tersebut juga bisa dilakukan berdasarkan isi dan juga sifat iklan tersebut.

Iklan sendiri dapat dikategorikan menurut jenis produk, media, dan lain sebagainya. Tidak ada teknologi sederhana yang bisa digunakan untuk membedakan berbagai jenis iklan. Keberadaan iklan sendiri sangat penting karena merupakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan brand kualitas dan kuantitas suatu perusahaan. Produk ataupun layanan terbaik di dunia tidak akan menghasilkan uang kecuali konsumen tahu bahwa produk tersebut memang ada.

Saat berbicara mengenai periklanan, maka Anda harus ingat bahwa ada banyak pendekatan yang berbeda. Periklanan menyediakan jalur komunikasi langsung kepada pelanggan yang sudah ada dan juga calon pelanggan mengenai produk maupun layanan Anda.

Apa Itu Iklan?

Iklan adalah kegiatan promosi yang memiliki tujuan untuk menjual ataupun menginformasikan produk atau layanan kepada target audiens. Hal ini merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua yang berusaha mempengaruhi konsumen untuk membeli, menjual, dan juga melakukan sesuatu yang spesifik. Menggunakan pesan yang sudah disesuaikan, iklan bisa berupa ceruk (target audiens kecil) ataupun umum.

Sementara itu, iklan merupakan bentuk pesan strategi promosi bisnis sebuah produk ataupun jasa yang menggunakan media tertentu bergantung dengan target pasar ataupun niche marketnya. Umumnya iklan dibuat supaya audiens tertarik dan mendorong mereka untuk membeli produk ataupun jasa yang Anda sediakan. Salah satu faktor keberhasilan iklan suatu produk bergantung pada metode ataupun jenis yang digunakan. Oleh karena itu, sebelum Anda mengiklankan produk, maka Anda harus mengetahui dulu jenis-jenisnya.

Panduan Aplikatif dan Solusi Video Iklan Komersial dengan Adobe Premiere CS6

Tujuan Iklan

Berikut ini adalah beberapa tujuan iklan yang perlu dipahami, antara lain:

1. Memberi Informasi

Periklanan memiliki tujuan untuk memberitahukan pasar mengenai suatu produk baru dan perubahan harga, memaparkan kegunaan atau manfaat suatu produk baru, menjelaskan cara kerjanya, dan juga membangun citra perusahaan.

2. Membujuk

Periklanan dapat membentuk preferensi merek, merubah persepsi konsumen terhadap atribut produk, bisa membujuk konsumen untuk mencoba produk ataupun layanan yang diiklankan dan mengajak para konsumen untuk membelinya sekarang juga.

3. Mengingatkan

Tujuan dari adanya iklan berikutnya yaitu untuk melindungi agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen dan juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada sebelumnya.

4. Penambahan Nilai

Iklan memberi nilai tambah berupa inovasi, penyempurnaan dari kualitas produk atau layanan, dan juga merubah persepsi konsumen. Periklanan yang efektif bisa merubah persepsi dari konsumen.

5. Mendampingi

Tujuan dari periklanan yaitu sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Jadi, perusahaan bisa lebih cepat mencapai target yang diinginkan.

Jenis-jenis Iklan

Di bawah ini adalah beberapa jenis iklan yang dapat Anda pelajari dan dipraktikkan nantinya.

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan isi di dalamnya, antara lain:

a. Iklan Penawaran

Jenis iklan yang satu ini bertujuan untuk menawarkan barang ataupun jasa kepada masyarakat supaya mereka tertarik untuk membeli dan juga menggunakannya. Misalnya saja seperti produk sepatu, tas, baju, dan lain sebagainya. Sementara untuk jasa seperti jasa ojek online, jasa penerjemah, jasa konsultan, dan lain sebagainya.

b. Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan yang satu ini umumnya berasal dari sebuah lembaga, instansi, atau komunitas. Dimana iklan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait suatu hal, misalnya saja iklan tentang bahaya narkoba, iklan pajak, dan lain sebagainya.

c. Pengumuman

Iklan pengumuman biasanya berisi himbauan untuk masyarakat dan biasanya bersifat mengajak. Misalnya saja iklan event, iklan lomba, dan masih banyak lagi.

d. Permintaan

Iklan jenis ini umumnya dibuat atas permintaan pribadi, instansi, atau lembaga yang ingin informasinya dimuat dan diketahui oleh banyak orang. Misalnya saja seperti iklan lowongan pekerjaan dan lain sebagainya.

Iklan Layanan Masyarakat

2. Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan media yang dipakai untuk menayangkannya.

a. Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan jenis iklan yang disampaikan melalui media elektronik, misalnya saja iklan radio yang fokus pada audio dan iklan televisi yang berfokus pada video dan juga audio.

b. Media Cetak

Media cetak merupakan salah satu jenis iklan yang dibuat dengan cara dicetak dan kemudian akan dibagikan kepada masyarakat. Iklan tersebut dapat berupa koran, majalah, selebaran, brosur, dan lain sebagainya.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Di bawah ini ada beberapa jenis iklan berdasarkan tujuan penayangannya, diantaranya:

a. Iklan Komersial

Iklan komersial merupakan jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan guna mendapatkan peluang keuntungan atau laba ekonomi yang besar. Iklan komersial sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu:

– Iklan konsumen: iklan ini bertujuan untuk mencari keuntungan bisnis, dimana target utama dari pesan atau iklan yang disampaikan ditujukan untuk konsumen akhir. Adapun arti dari konsumen akhir yakni orang yang terakhir kali menggunakan suatu produk atau barang yang diiklankan.
– Iklan bisnis: iklan ini disampaikan dengan maksud dan tujuan mencari keuntungan ekonomi. Adapun sasaran utama yang dituju yakni lembaga yang akan mendistribusikan atau yang disebut sebagai penyalur produk-produk supaya sampai ke tangan end consumer.
– Iklan profesional: iklan ini bertujuan untuk mencari keuntungan bisnis. Adapun sasaran utama dari jenis iklan ini yaitu kelompok atau golongan profesional.

b. Iklan Non Komersial

Iklan non komersial ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus disadari dan juga berisi bujukan atau ajakan serta mendidik dan memberikan pelajaran untuk masyarakat. Untuk tujuan utama dari iklan non komersial ini tidak menguntungkan satu pihak saja, tapi juga untuk keuntungan bersama atau disebut sebagai keuntungan sosial untuk semua masyarakat. Hal ini supaya bisa membenahi suatu hal yang nantinya akan berdampak besar untuk masa depan. Berikut ini adalah beberapa contoh iklan non komersial:

– Iklan Hari Menanam Pohon
– Iklan Keluarga Berencana
– Iklan Pendidikan

4. Jenis Iklan Berdasar Internet

Iklan yang bersumber dari internet adalah jenis iklan yang masuk ke dalam kategori jenis iklan online. Dengan berada di internet bisa menjadi cara yang hemat untuk menarik pelanggan baru. Dimana kita bisa menjangkau lebih banyak orang dengan biaya yang relatif terjangkau. Ada banyak sekali pelanggan yang meneliti bisnis online sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanannya. Situs web yang dirancang dengan baik bisa menarik pelanggan untuk membeli produk Anda.

Terdapat beberapa cara untuk bisa mengiklankan bisnis Anda secara online melalui iklan berbayar atau untuk meningkatkan peringkat search engine web Anda. Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda secara online yaitu dengan mempromosikan produk ataupun layanan Anda di media sosial, blog, ataupun mesin pencari yang sering dikunjungi oleh target konsumen Anda.

Retorika Visual Fotografis dalam Iklan Koran Single Edition

5. Jenis Iklan Berdasarkan Bentuk Penyampaiannya

Di bawah ini adalah beberapa jenis iklan yang dibedakan berdasarkan bentuk penyampaiannya, antara lain:

a. Iklan Spot

Iklan spot adalah jenis iklan yang berdurasi singkat dan umumnya ditayangkan di radio ataupun televisi dengan cara menggabungkan antara suara, gambar, dan juga musik.

b. Iklan Kolom dan Baris

Iklan kolom dan baris merupakan jenis iklan yang biasanya dimuat di media cetak berdasarkan luas kolom dan juga panjang kalimat dari iklan tersebut. Iklan kolom dan baris ini biasanya dibuat dengan mengkombinasikan kalimat dan beberapa gambar yang relevan.

c. Adlib

Adlib merupakan iklan yang disampaikan dengan cara diucapkan atau dibacakan oleh penyiar radio ataupun televisi. Kelebihan dari jenis iklan ini yaitu dikemas dengan cara mengobrol. Sehingga para penonton biasanya tidak mengira bahwa itu adalah sebuah iklan. Advertorial ataupun advertising-editorial adalah jenis iklan yang penyajiannya lebih lengkap dan juga detail bahkan menyerupai berita. Jadi, penjelasan mengenai produk atau jasa yang diiklankan lebih jelas.

d. Sponsor

Sponsor adalah jenis iklan yang dilakukan dengan cara membeli ataupun menyewa space dan slot waktu dari suatu media. Mulai dari 30 menit atau lebih.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Lely Azizah