in

Contoh Format Surat Keterangan Sakit Pribadi dan Resmi

Surat Keterangan Sakit – Apa itu sakit? Sakit adalah istilah buruk untuk kondisi tubuh seseorang yang umum dirasakan. Sakit ditandai dengan munculnya gejala-gejala umum seperti lemah, demam, pusing, gemetar, pegal-pegal, penglihatan yang buram, jantung berdebar kencang, tekanan darah naik, suhu tubuh yang naik, serta masih banyak gejala lain yang mungkin dirasakan.

Banyak orang cenderung mengartikan sama antara sakit dan penyakit, padahal keduanya sangatlah berbeda. Penyakit adalah kondisi buruk organ atau bagian tubuh tertentu yang disebabkan oleh mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, virus, luka, ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh, terkena racun, dan munculnya sel tidak sempurna. Contoh dari penyakit antara lain, kanker, patah tulang, diabetes, sirosis, psoriasis, dan sebagainya. Istilah yang sama juga digunakan untuk gangguan jiwa seperti berkepribadian ganda, pemurung, dan schizophrenia.

Sakit di sisi lain adalah reaksi dari tubuh terhadap penyakit. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan lelah, demam, pegal-pegal, pengelihatan yang buram, tekanan darah tidak normal, dan jantung berdebar kencang. Hal tersebut menandakan pasien merasa atau akan mengalami sakit, bahkan dapat terjadi tanpa adanya penyakit.

Perbedaan yang lain antara penyakit dan sakit adalah spesifikasinya. Sebuah penyakit didasari oleh gejala yang spesifik atau kriteria yang dicari oleh seorang dokter ketika seorang pasien dirujuk ke klinik atau rumah sakit untuk diuji. Sementara itu, sakit bisa mengacu untuk berkembang menjadi penyakit. Akan tetapi, dikarenakan sebagian besar adalah rasa atau sensasi, sakit bisa dirasakan berbeda-beda oleh pasien.

Sakit bisa disebabkan oleh sejumlah faktor sebagai berikut;

  • Kemunculan penyakit – Biasanya, sakit terjadi karena menjadi awal mula penyakit. Tubuh dirancang untuk menghasilkan respon alami terhadap kejanggalan atau ancaman, baik itu bakteri, virus, atau produksi sel yang tidak sempurna secara berlebihan. Namun, sel mempunyai reaksi yang dapat membuat seseorang merasa sakit dalam prosesnya. Sebuah contoh yang tepat adalah alergi. Alergi berkembang ketika proses sistem pertahanan tubuh sedang membunuh atau melepaskan histamin, Seseorang bisa juga terkena penyakit tanpa ada merasakan sakit terlebih dahulu. Penyakit tersebut seperti HIV, AIDS, dan kanker membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk membuat seseorang merasa sakit.
  • Hipokondriasis – Hipokondriasis adalah penyebab seseorang mendapatkan “rasa sakit”, walaupun bukan penyakit. Hal ini adalah kondisi yang mengacu kepada ketidaknormalan atau kekhawatiran tingkat lanjut ketika tekena penyakit. Sebuah perubahan sederhana suhu tubuh bisa disebabkan oleh hipokondria sebagai demam atau gejala penyakit serius seperti kanker. Saat ini, hipokondriasis lebih didukung oleh internet. Seseorang dapat mengetahui dengan mudah dan cepat mencari informasi mengenai self-diagnose atau gejala secara mandiri.
  • Stres – Stres adalah respon alami tubuh sebagai pemicu. Tubuh dirancang untuk mengambil tindakan fight-or-flight (hadapi atau hindari) ketika situasi stres terjadi. Selain itu, stres juga dapat memicu detak jantung, tekanan darah, dan menghasilkan hormon yang disebut dengan kortisol.
  • Kurang Gizi – Tubuh sebagai struktur yang kompleks membutuhkan berbagai jenis enzim, vitamin, mineral, dan nutrisi mikro dan makro yang lainnya, sehingga berfungsi dengan baik. Dalam jangka panjang, jika tubuh kekurangan salah satu dari hal tersebut, tubuh akan merasa sakit.

Dokter umum adalah orang pertama yang dapat memeriksa dan menangani sakit. Untuk anak-anak, dokter akan merujuknya kepada dokter anak, sedangkan untuk orang dewasa dapat dirujuk ke dokter penyakit dalam.

Selama konsultasi awal, dokter akan memperhatikan catatan medis pasien, bahkan riwayat penyakit keluarga dan seluruh perasaan. Setelah itu, tes standar akan dilakukan untuk hasil pemeriksaan (diagnosis) yang lebih akurat. Hal tersebut termasuk CBC atau tes darah lainnya, tes urine, analisis feses, dan sinar X. Jika hasil tidak dapat disimpulkan atau tidak cukup untuk membuat hasil pemeriksaan, pemeriksaan yang lebih lengkap seperti CT-scan atau MRI, USG, dan probe (misalnya, kolonoskopi, endoskopi, dan lain-lain) dapat dilakukan.

Berdasarkan gejala, riwayat penyakit keluarga, dan hasil dari beberapa pengujian, dokter umum kemudian akan membuat hasil pemeriksaan. Dokter umum selanjutnya akan menganjurkan rencana pengobatan atau merujuk pasien ke dokter spesialis (ortopedi, ahli terapi fisik, ahli jantung, ahli saraf, ahli onkologi, dan ahli nephrology) tergantung dari kondisinya..

Untuk pasien yang menderita hipokondriasis, akan sangat bermanfaat jika pasien tersebut mendapatkan dukungan mental yang tepat atau bimbingan dari ahli psikologi berdasarkan tingginya kecemasan mereka untuk menjalani uji medis dan pengobatan. Namun, masing-masing sakit memiliki risiko tersendiri. Ini dikarenakan perasaan lebih umum, sedangkan sesuatu lebih pribadi.

Sseseorang mungkin saja merasa baik, bahkan jika penyakitnya masih ada. Hal tersebut menjelaskan bahwa keadaan mental seseorang berperan lebih penting daripada keadaan tubuh, serta placebo effect (juga disebut dummy atau pil yang tidak berbahaya) dapat mengubah keadaan sebuah penyakit.

Pasien yang merasa sehat, padahal dalam keadaan sebaliknya dapat menyebabkan resistensi obat pada masa depan. Pasien akan berhenti mengonsumsi obat segera setelah merasa lebih baik. Pada saat itu, bakteri atau virus tidak sepenuhnya mati, bahkan bisa lebih buruk lagi, yaitu jika virus atau bakteri tersebut dapat bermutasi dan beradaptasi dengan obat. Hal tersebut dapat mencegah mereka mencari intervensi medis.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Oleh karena itu, penting bagi penyedia layanan kesehatan melakukan pelayanan menyeluruh, dibandingkan hanya sekadar pemeriksaan saja. Mereka juga harus mendorong pasiennya untuk mencari penanggulangan secara rutin, meskipun tidak memiliki penyakit. Dengan cara ini, penyakit dapat diketahui lebih awal. Dokter juga harus mendidik pasiennya untuk dapat menyadari bahwa tubuhnya ada dalam keadaan normal. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah mereka dari meminta pengobatan yang tidak diperlukan.

Pengertian Surat Keterangan Sakit

Surat keterangan sakit adalah surat yang berisi keterangan seseorang mengenai penyakit yang sedang dideritanya. Surat ini tergolong ke dalam surat pribadi yang sifatnya formal. Surat tersebut biasanya diperlukan untuk seseorang, baik yang masih sekolah, kuliah, maupun kerja untuk menginformasikan bahwa yang bersangkutan sedang tidak dalam kondisi sehat atau sedang sakit, sehingga berhalangan hadir ke sekolah, universitas, atau instansi lain.

Contoh penyebab yang mengakibatkan seseorang tidak dapat menghadiri kegiatan di sekolah atau tempat bekerja, misalnya sedang sakit yang membutuhkan waktu untuk istirahat, sakit yang harus dirawat inap, kecelakaan, atau kontrol rutin ke dokter. Para pelajar, mahasiswa, atau karyawan yang tidak bisa hadir dikarenakan sedang sakit bisa mengajukan izin dengan disertai surat keterangan sakit.

Surat tersebut pada umumnya disampaikan kepada guru kelas untuk yang berada di bangku sekolah, untuk dosen bagi yang berada di bangku kuliah, dan untuk atasan atau human resource development (HRD) bagi yang sudah bekerja. Surat izin harus dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Namun, perlu diketahui jika surat keterangan sakit dari dokter bersifat legal secara hukum dibandingkan surat keterangan sakit tulis tangan yang dibuat secara pribadi. Surat sakit resmi hanya akan dikeluarkan berdasarkan asesmen dokter sesuai dengan gejala yang dkeluhkan oleh pengguna.

Berdasarkan Undang-Undang No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, pasal 35 ayat 1 menjelaskan bahwa setiap dokter maupun dokter gigi yang telah memiliki surat tanda registrasi diizinkan untuk mengeluarkan surat keterangan sakit. Dengan demikian, kedudukan surat izin ini dinilai menjadi produk legal dari dokter atau dokter gigi.

Dokter yang bekerja di rumah sakit pemerintah maupun swasta, puskesmas, atau praktik sendiri di rumah memiliki wewenang untuk mengeluarkan surat izin sakit. Jadi ketika memeriksakan diri ke dokter mana saja, kamu bisa meminta surat tersebut. Dengan mengantongi surat izin dari dokter, kamu bisa menyakinkan guru, dosen, pihak akademik, dan instansi tempat bekerja. Alhasil, izin sakitmu pun diterima dan tidak mengurangi jatah membolos.

Format Surat Keterangan Sakit Pribadi

Penulisan surat keterangan sakit pribadi tidak memiliki format khusus. Beberapa surat dapat menjadi acuan, asalkan yang terpenting adalah informasi yang jelas terkait alasan izin dan beberapa informasi lainnya. Surat izin sakit yang dibuat biasanya berisikan antara lain:

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Surat

Ketika menuliskan surat keterangan sakit, harus disertakan tempat dan tanggal pembuatan surat, biasanya dituliskan di bagian kanan surat.

2. Tujuan dan Alamat Penerima Surat

Tempat dan tanggal surat sudah dituliskan, kemudian tuliskan nama penerima dan alamat penerima surat, yang sebelumnya ditambahkan kata “Yth.” atau “Kepada Yth.”

3. Salam Pembuka

Surat yang didahului dengan salam pembuka menunjukkan sikap hormat kepada seseorang yang dikirim surat, biasanya salam pembuka yang sering digunakan adalah “Dengan Hormat”.

4. Isi Surat

Isi surat terbagi menjadi dua bagian, yaitu pembuka dan isi. Bagian pembuka biasanya berisi alasan mengenai dikirimnya surat tersebut, sedangkan bagian isi surat menjelaskan alasan mengenai izin dengan jelas.

5. Salam Penutup

Bagian salam penutup menandakan berakhirnya surat tersebut. Bagian ini biasanya berisi ucapan terima kasih kepada seseorang yang dikirimi surat atau penerima surat.

6. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Setelah mengakhiri surat, bagian ini dituliskan nama lengkap beserta tanda tangan yang sebelumnya diawali dengan kata “Hormat Saya”.

Contoh Surat Keterangan Sakit Resmi

Beda halnya dengan surat keterangan sakit pribadi, surat izin sakit yang didapat melalui rumah sakit atau dokter praktik mandiri biasanya terdapat kop surat, nomor surat, dan stempel resmi dari pihak yang mengeluarkan surat tersebut.

1. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Rumah Sakit

RUMAH SAKIT UMUM SEHAT
Jl. Perjuangan No. 123, Medan
Telp. 123456789; Fax. 123456789

SURAT KETERANGAN SAKIT
No. 123/SKS/April/2021

 

Yang bertanda tangan dfi bawah ini menerangkan bahwa:

Nama                          : Mutiara Insani
Tempat/Tanggal lahir  : Medan, 29 April 1993
Pekerjaan                   : Karyawan Swasta

Pada pemeriksaan kesehatan yang sudah dilakukan hari ini, dengan ini menyatakan yang bersangkutan dalam kondisi tidak sehat, sehingga perlu beristirahat selama 5 hari, dari tanggal 12 April 2021 sampai dengan 17 April 2021.

Demikian surat keterangan ini dibuat dan diberikan untuk diketahui dan digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 12 April 2021
Dokter Pemeriksa,

 

ttd

dr. Ahmad Subari

2. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter Praktik

RUMAH SAKIT UMUM BANJARNEGARA
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Banjarnegara

SURAT KETERANGAN DOKTER

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama               : Wijaya Kusuma
Jenis Kelamin  : Laki-Laki
Umur                : 23 Tahun
Pekerjaan        : Karyawan Swasta
Alamat             : Jalan Perjuangan No. 122, Banjarnegara

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, pasien tersebut dalam keadaan sakit, sehingga perlu beristirahat selama 3 hari, dari tanggal 12 April 2021 s/d 15 April 2021.

Diagnosa        : Penyakit Demam Berdarah.

Demikian surat keterangan ini diberikan, untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Banjarnegara, 12 April 2021
Dokter Pemeriksa,

 

ttd
dr. Ahmad Subari

3. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Klinik

KLINIK SEHAT BERSAMA
Jl. Sehat No. 123, Medan
Telp. 12345678;. Fax. 12345678

Dokter yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama   : Maesaroh
NIK      : 987654334567

Perlu diberikan izin untuk beristirahat selama 3 hari, terhitung sejak hari ini 12 April 2021.

Medan, 12 April 2021
Dokter Pemeriksa,

 

ttd
dr. Ahmad Subari

4. Contoh Surat Keterangan Sakit Beserta Diagnosa

RS MEDIKA MEDICA JAKARTA
Jl. Melati No. 4 Jakarta-Timur
No Telepon 021-7223S312 / 7129392

SURAT KETERANGAN SAKIT

Kami selaku pihak RS. Medika Medica Jakarta menerangkan bahwa, saudara:

Nama               : Tri Kusuma
Jenis Kelamin  : Laki-Laki
Umur               : 32 Tahun
Pekerjaan        : Karyawan Swasta
Alamat            : Jalan Perjuangan No. 122, Banjarnegara
Telepon           : 089729399789

Tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya di sekolah dikarenakan harus menjalani istirahat dari tertanggal 12 April 2021 s/d 15 April 2021, dikarenakan sakit demam berdarah.

Sekian surat keterangan sakit ini kami terbitkan tanpa ada intervensi atau arahan dari pihak pasien atau lainnya. Kami harapkan Surat Keterangan Sakit ini dapat dimanfaatkan sebijaknya dan semestinya.

Jakarta, 12 April 2021
Dokter Pemeriksa,

ttd

dr. Ahmad Subarjo

5. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Puskesmas

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH UTARA
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS SAMUDERA
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Banda Aceh Telp. 12345678

SURAT KETERANGAN SAKIT
No. Peg . 812/ /2021

Yang bertanda tangan di bawah ini, dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Samudra Geudong, menerangkan bahwa:

Nama                                     : Tri Nurmanto
Tempat/Tanggal Lahir            : Banda Aceh, 20 Januari 1994
Jenis Kelamin                        : Laki-Laki
Pekerjaan                              : Karyawan Swasta
Alamat                                   : Jalan Mawar No. 112, Banda Aceh

Pada pemeriksaan kami, dia benar dalam keadaan sakit dan perlu diberikan istirahat selama masa penyembuhan, terhitung sejak tanggal 12 April 2021.

Demikianlah surat keterangan ini diperbuat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan seperlunya.

Banda Aceh, 12 April 2021

Dokter Puskesmas,

Ahmad Subari

6. Contoh Surat Keterangan Sakit untuk Klaim Asuransi

RUMAH SAKIT UMUM FADILLAH
Jalan Dunia Baru Raya No. 1 Bandung 38901
Telp. 022 – 508976 (Hunting), 508975, 508976 Ext. 71  Fax. 022 – 508999

SURAT KETERANGAN RAWAT INAP
Nomor: 170/569/SK-3/IV/18

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:

Nama Pasien            : Putra Utama
Np. Rekam Medik     : 2089/RM/RSUF/678/IV/2018
Umur                         : 35 Tahun
Alamat                       : Jalan Pertempuran No. 111, Bandung

Pada 12 April 2021 sampai dengan 18 April 2021 dirawat inap di ruang Teratai Putih Kelas VVIP RS Umum Fadillah kota Bandung dengan diagnosa akhir: Gejala Tipus. Adapun tujuan dari diterbitkannya surat ini adalah untuk keperluan KLAIM ASURANSI.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 12 April 2021
Dokter yang merawat,

ttd

Ahmad Subarjo

Contoh Surat Keterangan Sakit Pribadi

1. Surat Keterangan Sakit untuk Siswa

Barukan, 20 Oktober 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X TB 2
SMK N 1 Tengaran
di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama   : Puji Lestari
Kelas    : X TB 2
Alamat  : Desa Barukan, RT 24/RW 03, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Memberitahukan bahwa anak saya saat ini tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X TB 2 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

ttd

Orangtua/Wali Murid
(Nama Lengkap)

2. Surat Keterangan Sakit untuk Mahasiswa

Jakarta, 19 Oktober 2022

Kepada Yth. Bapak Drs. Budi Utomo, M.E
Dosen Mata Kuliah Ekonomi
di Universitas Sejahtera

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                 : Ayu Sekar Wangi
NIM                    : 1111448819
Program Studi    : Akuntansi
Fakultas             : Ekonomi

Dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan mata kuliah ekonomi yang bapak ampu pada Rabu, 19 Oktober 2022 dikarenakan sedang sakit. Sebagai bukti saya sertakan surat keterangan sakit dari dokter di lembar terlampir.

Demikian surat permohonan ini dibuat sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

ttd

(Nama Lengkap)

3. Surat Keterangan Sakit untuk Karyawan

Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,
Kepala Bagian HRD. Sinar Mas
Jalan Bintang No 4, Jakarta

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Kusuma Ayu
Alamat  : Bekasi Timur
Jabatan : SEO Writer

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada Jumat, 1 Januari 2021 saya tidak bisa masuk bekerja seperti biasa dikarenakan sedang sakit. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari ini, Jumat, 1 Januari 2021.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

ttd

(Nama Lengkap)



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Widiastuty

Saya suka menulis terutama pada tema-tema parenting. Lewat tulisan, saya bisa mendapatkan informasi sekaligus menambah wawasan saya tentang dunia parenting.

Kontak media sosial Instagram saya Widiastuty