in

7+ Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih – Bagi kamu yang suka memakai baju warna terang, cenderung akan sangat memperhatikan kebersihan dari baju-baju berwarna cerah tersebut, bukan? Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan baju yang memiliki warna yang lebih terang akan memiliki kemungkinan terkena kotoran lebih besar dibandingkan warna gelap.

Meskipun sama-sama memiliki kemungkinan yang besar, namun kotoran yang ada di baju berwarna cerah, khususnya putih akan lebih mudah terlihat dan mudah diamati oleh orang banyak. Oleh karena itu, kebanyakan orang akan sangat menjaga warna baju cerah dan khususnya putih.

Noda kuning pada baju putih biasanya juga bisa disebabkan oleh keringat tubuh yang terserap dan mengendap di baju tersebut. Biasanya, noda tersebut juga dapat ditemukan di area lengan, khususnya ketiak.

Bukanlah malu jika kamu memiliki baju putih, tetapi ada noda kuning pada bagian ketiaknya? Yap! Kamu tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, artikel ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan kekhawatiran kamu tentang noda kuning yang ada di baju putih kamu loh.

Betul sekali. Noda kuning pada baju putih bisa dihilangkan dengan mengoleskan cairan asam dan basa loh. Bagaimana bisa? Bukan kah ini akan semakin menguning? Tidak, Grameds! Kandungan dari asam dan basa yang tinggi akan membantu kamu dalam melunturkan noda kuning yang ada pada baju putih.

Selain itu, karena sifat asam yang dapat merusak, kamu perlu hati-hati jika memakai cairan kimia yang memiliki sifat ini ya. Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk bisa mendapatkan zat asam dan basa ini adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja bahan alami tersebut?

Bahan alami tersebut adalah jeruk lemon, baking soda, dan masih banyak lagi. Artikel kali ini akan membantu kamu untuk mengatasi kekhawatiran soal noda kuning pada baju putih cantik kamu. Berikut ini adalah caranya!

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Rendam Dengan Perasan Lemon

Sumber: Pinterest.com

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda kuning membandel yang ada di baju putih kamu. Yap! Kamu bisa merendam baju putih yang memiliki noda kuning tersebut pada air perasan jeruk lemon.

Buah jeruk yang satu ini memang memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi, yap itu adalah lemon. Jeruk lemon sendiri mengandung 5% asam sitrat dalam cairan buahnya. Inilah alasan mengapa cairan lemon sering digunakan sebagai alternatif solusi untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih kamu. 

Meskipun ini adalah cara tradisional, namun siapa sangka jika merendam baju yang memiliki noda kuning tersebut ke dalam cairan perasan lemon, dapat membuat noda kuning dari baju punah dan tak kembali lagi. 

Selain itu, keunggulan dari memakai perasan cairan lemon untuk menghilangkan noda kuning di baju putih adalah karena lemon menjadi salah satu buah yang mudah didapatkan. Tak hanya itu, harga dari lemon ini juga cukup terjangkau oleh semua kalangan. Jadi, jangan khawatir untuk tidak mendapatkan lemon ya. 

Cara untuk mengaplikasikannya sendiri, kamu cukup menyiapkan 3 buah lemon. Setelah itu, peraslah  lemon tersebut dan campurkan air hasil perasan lemon tersebut ke dalam air panas. Kemudian, aduk sampai cairan lemon dan air panas menyatu dengan rata dan tunggulah hingga air yang masih panas tersebut menjadi lebih hangat. 

Setelah air menjadi lebih hangat, masukan pakaian putih yang kamu miliki ke dalam ember yang sudah berisi dengan campuran lemon dan air ini. Pastikan semua bagian noda kuning pada baju kamu terkena cairan lemon ya. Lalu, diamkan lah baju yang direndam tersebut selama beberapa jam atau bisa juga semalam.

Setelah itu, cuci bersih baju seperti biasa dan bilas baju tersebut dengan air bersih hingga beberapa kali. Kemudian, jemur baju yang sudah bersih pada tempat yang teduh. Ketika menjemur pakaian, pastikan lah kalau bagian dalam baju berada di luar atau terbalik.

Baju putih kamu akan kembali seperti baru deh. Mudah bukan? Apakah kamu tertarik dan mau mencobanya? 

Gunakan Baking Soda

Sumber: Pinterest.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda sendiri sering dipilih sebagai salah satu cara untuk  menghilangkan noda kuning di baju putih dengan cepat. Selain untuk mengatasi noda pakaian, bahan baking soda ini juga bisa digunakan untuk membersihkan sayuran dan bau tak sedap pada kulkas loh.

Apakah kamu pernah melihat dan menggunakan baking soda? Berikut adalah gambar dari baking soda.

Baking soda sendiri dapat berfungsi sebagai antiseptik ringan. Dengan fungsi tersebut bakteri yang ada pun bisa ikut terangkat. Bagaimana cara menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih?

Beginilah caranya. Campurkan lah baking soda ke dalam air dan kemudian oleskan air baking soda tersebut ke bagian yang bernoda kuning di baju putih kamu. Setelah semua noda sudah dioleskan oleh cairan baking soda, maka rendam lah pakaian putih kamu ini ke dalam larutan baking soda tersebut selama 30 menit.

Setelah 30 menit berlalu, kamu sudah bisa mencuci pakaian putih tersebut dengan memakai deterjen. Kucek lah secara perlahan pada bagian yang bernoda kuning tadi. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga bagian bernoda kuning pada baju kamu tidak terasa licin dan busa akibat baking soda yang menempel. Pastikan semua bersih dan baking soda sudah hilang pada baju. 

Oleskan Pasta Gigi

Sumber: Pinterest.com

Siapa di sini yang masih bingung dan heran mengapa pasta gigi menjadi salah satu bahan yang bisa menghilangkan noda kuning pada baju putih? Yap! Selain sebagai penghilang kerak pada gigi, pasta gigi sendiri ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan noda kuning di baju putih loh. Pasta gigi memiliki sifat abrasif yang sangat ampuh untuk melunturkan noda.

Kandungan dari pasta gigi sendiri adalah kalsium karbonat, magnesium karbonat, garam fosfat, gel silika terdehidrasi, aluminium oksida terhidrasi, dan juga silikat. Senyawa yang ada dalam pasta gigi ini tak hanya ampuh membuat gigi menjadi terlihat berkilau, tetapi juga bisa mengangkat noda kuning pada baju loh.

Cara mengaplikasikannya pasta gigi pada noda kuning yang ada pada baju putih cukup mudah loh. Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi tersebut pada bagian yang bernoda kuning di baju putih. Setelah itu, gunakan sikat berbulu lembut untuk menyikat pada bagian bernoda pada baju putih, pastikan bulu sikat sangat lembut sehingga tidak merusak serat baju ketika kamu menghilangkan noda pakaian. 

Pasta gigi juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan sepatu putih yang kotor loh. Pasalnya, pasta gigi juga mengandung pemutih yang bisa digunakan untuk membersihkan pakaian atau sepatu putih. Pasta gigi saja bisa membersihkan noda kuning pada baju dan sepatu yang berwarna putih, kalau kamu, apakah kamu sudah rajin menggosok gigi dan menjaga gigi kamu tetap putih?

Jangan lupa untuk merawat gigi kamu ya, karena gigi juga penting untuk dijaga. Selain untuk kesehatan, gigi juga bisa menambah kepercayaan diri kamu saat berpenampilan loh.

Manfaatkan Cuka Putih

Sumber: Pinterest.com

Bahan selanjutnya yang bisa membantu kamu dalam menghilangkan noda kuning di baju putih adalah cuka putih. Atau biasanya kita sebut dengan vinegar. Yap! Salah satu bahan masakan yang sering juga digunakan oleh orang-orang untuk menambah cita rasa asam, ternyata juga bisa menghilangkan noda kuning pada baju putih loh.

Cuka putih sendiri mengandung sekitar 5-10% asam asetat yang biasa dipakai untuk menghilangkan gulma dan membersihkan ruangan. Dikarenakan cuka putih yang memiliki sifat asam, hingga keasaman cuka putih ini mampu menetralisir dan membasmi kotoran yang menempel pada baju putih. 

Cara untuk menghilangkan noda kuning yang membandel pada baju putih sangatlah mudah menggunakan cuka putih ini. Kamu hanya perlu menyiapkan ember berisi air dan setengah gelas cuka putih. Kemudian, campurkan cuka ke dalam ember berisi air itu.

Setelah itu, masukan lah pakaian putih yang kamu miliki ke dalam ember yang sudah berisi dengan cuka putih dan air ini. Pastikan semua bagian noda kuning pada baju kamu terendam dalam air cuka tersebut ya. Lalu, diamkan lah baju yang direndam tersebut selama beberapa 15 sampai 30 menit.

Setelah itu, cuci bersih baju seperti biasa dan bilas baju tersebut dengan air bersih hingga beberapa kali. Kemudian, jemur baju yang sudah bersih pada tempat yang teduh. Ketika menjemur pakaian, pastikan lah kalau bagian dalam baju berada di luar atau terbalik.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu sudah bisa melihat baju putih kamu kembali bersih seperti sedia kala. Mudah, bukan?

Gosokan Belimbing Wuluh

Sumber: Pinterest.com

Cara selanjutnya untuk menghilangkan noda putih adalah menggunakan buah yang sangat unik ini. Yap! Belimbing wuluh. Mengapa buahnya unik? Pasalnya, buah ini akan berkembang pada batang pohon dan bergerombol. Walaupun kecil, buah belimbing wuluh ini memiliki manfaat yang banyak ya.

Bagi kamu yang punya pohon belimbing wuluh di rumah, kamu bisa mencoba untuk memanfaatkan tanaman alami ini untuk mengatasi noda kuning membandel di baju putih kamu loh. Metode menghilangkan noda kuning dengan menggunakan belimbing ini sangat mudah. Kamu ini hanya perlu menggosokkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena noda kuning di baju putih tersebut.

Selain itu, kamu bisa melakukan cara membelah belimbing wuluh menjadi dua bagian. Kemudian, gosokkan daging belimbing wuluh ke bagian noda kuning di baju putih. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sarinya loh. Kamu bisa memeras atau memarut belimbing wuluh ini dan aplikasikan kepada noda yang ada di baju.

Setelah menggosokkan sari dan daging belimbing wuluh pada bagian noda di baju putih, kamu bisa mendiamkan baju yang telah dioleskan oleh sari belimbing wuluh, kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu, cuci lah pakaian ini dengan deterjen. 

Pastikan kamu membilasnya dengan bersih ya. Kucek secara perlahan dan setelah itu kamu bisa keringkan baju tersebut. Sebaiknya gantung pakaian dengan hanger saat musim hujan supaya baju cepat kering. 

Pakai Sabun Pencuci Piring

Sumber: Pinterest.com

Sabun pencuci piring, khususnya sabun colek, mampu meluruhkan dan menghilangkan kotoran yang menempel loh. Sabun pencuci piring ini memiliki sifat peluruh lemak yang baik sehingga mampu mengangkat noda membandel yang ada pada pakaian.

Sangatlah mudah untuk menghilangkan noda kuning yang ada pada baju putih dengan menggunakan sabun cuci piring ini.  Kamu hanya perlu mengoleskan sabun cuci piring tersebut pada area bernoda kuning dan diamkan lah baju dengan sabun cuci piring tersebut selama sekitar 10 sampai 15 menit, ya. 

Setelah itu, kamu bisa gosok baju yang ada pada bagian noda kuning tersebut dengan sikat gigi bekas  secara perlahan. Sehabis itu, bilas lah baju tersebut dengan air bersih hingga pakaian kembali menjadi putih. 

Oh ya, sabun pencuci piring juga ampuh menghilangkan bau keringat yang menempel pada baju loh. Jadi, sekalian kan menghilangkan noda kuning dan menghilangkan bau yang melekat pada baju tersebut.

Apakah kamu pernah mencoba menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan benda atau segala sesuatu seperti baju, selain piring atau alat makan?

Bersihkan dengan Penyedap Makanan

Sumber: Pinterest.com

Siapa yang suka dengan micin? MSG? dan juga penyedap rasa lainnya? Yap! Siapa sangka kalau MSG yang biasa kita kenal dengan micin ini memiliki fungsi yang begitu unik. Selain membuat makanan terasa lebih lezat, penyedap makanan atau micin ini bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan noda kuning di baju putih. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan micin dan deterjen dengan perbandingan 2:3. Campurkan micin, air, dan detergen, kemudian aduklah dengan rata. 

Jangan lupa tambahkan air secukupnya dan rendam pakaian dalam larutan ini selama 30 menit. Kucek lah secara perlahan pada bagian yang bernoda kuning tadi. Setelah itu, bilas dengan air bersih hingga bagian bernoda kuning menjadi bersih. 

Cucilah baju tersebut seperti biasa. Maka, baju kamu akan kembali bersih dan putih. Bagaimana, apakah sebagai pecinta micin kamu merasa banga dengan fungsi lain dari micin ini?

Atasi dengan Aseton

Sumber: Pinterest.com

Dikenal sebagai pembersih cat kuku atau biasa kita sebut dengan kutek. Tahunya aseton ini bisa dijadikan  sebagai solusi lain untuk menghilangkan noda kuning yang sangat menumpuk dan membandel di baju putih loh. 

Pastikan semua bagian noda kuning pada baju kamu terkena cairan aseton ya. Lalu, diamkan lah baju yang terkena aseton tersebut selama beberapa menit atau bisa juga selama 30 menit.

Setelah itu, cuci bersih baju seperti biasa dan bilas baju tersebut dengan air bersih hingga beberapa kali. Kemudian, jemur baju yang sudah bersih pada tempat yang teduh. Ketika menjemur pakaian, pastikan lah kalau bagian dalam baju berada di luar atau terbalik. Ini adalah cara yang sangat mudahkan?

Untuk mencegah baju putih kembali kuning, kurangilah penggunaan deodoran yang mengandung antiperspirant ya. Hal inilah yang membuat baju kamu menjadi kuning loh. Selain itu, kurangilah penggunaan cairan kimia seperti pemutih untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. 

Jika ada bahan yang lebih aman dan alami seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengapa tidak, bukan?

Demikianlah artikel tentang cara menghilangkan noda kuning di baju putih. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan kamu bisa melakukannya dengan mudah di rumah ya. 

Untuk informasi lainnya, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com loh. 

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega