in ,

5 Cara Menghilangkan Jerawat dan Faktor Penyebab Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat – Masalah jerawat itu tidak melulu dirasakan oleh kaum remaja saja, tetapi juga orang dewasa, baik itu jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Apakah Grameds sering memiliki jerawat atau muncul hanya di waktu tertentu saja?

Munculnya jerawat di kulit, terutama pada bagian kulit wajah tentu saja dapat menyebabkan rasa percaya diri menjadi berkurang. Tidak hanya itu saja, apabila jerawat muncul di kulit punggung, rasa ngilunya bukan main! Perlu diketahui bahwa obat untuk jerawat yang muncul di kulit wajah dan di kulit punggung itu berbeda ya…

Sebenarnya, cara untuk menghilangkan jerawat itu dapat dilakukan secara mandiri di rumah menggunakan bahan alami. Banyak tanaman di sekitar kita yang ternyata memiliki fungsi untuk menghilangkan jerawat dan turut sebagai masker alami. Lalu, bagaimana ya cara menghilangkan jerawat itu? Apa saja faktor yang menimbulkan jerawat? Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak menghilangkan jerawat secara alami?

Nah, supaya Grameds paham akan hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

5 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat, baik dengan bahan alami atau dengan obat jerawat yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik atau obat yang sudah terkemuka. Nah, dalam artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami di rumah atau di kos-kosan. Namun, perlu diperhatikan bahwa belum banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa bahan-bahan berikut ini efektif untuk menghilangkan jerawat.

[algolia_carousel]

Maka dari itu, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit mengenai jerawat yang kamu alami. Apabila dokter memperbolehkan untuk menggunakan beberapa bahan dan cara berikut ini untuk menghilangkan jerawat, maka itu akan lebih baik sebab sudah diawasi oleh seorang ahli.

Dilansir dari sehatq.com, berikut adalah beberapa bahan alami dan cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat, terutama jerawat di kulit wajah.

1. Es Batu

https://www.pexels.com/

Es batu adalah salah satu bahan alami yang mudah ditemukan karena bahkan dapat dibuat sendiri. Perlu diketahui bahwa ketika kamu hendak membuat es batu, harus menggunakan air matang atau direbus dahulu supaya tidak berdampak buruk bagi kulit wajah nantinya. Es batu ini memang sebenarnya tidak dapat menyembuhkan jerawat yang ada di kulit wajah secara tuntas begitu saja, hanya saja dapat membantu untuk meredakan peradangan, terutama ketika jerawat baru saja “tumbuh” dan berwarna putih.

Caranya adalah dengan membalut es batu dengan kain atau handuk bersih seolah-olah menjadikannya sebagai kompres, kemudian tempelkan pada jerawat. Es batu dipercaya dapat membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga nantinya kemerahan dan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat tersebut dapat mereda.

2. Lidah Buaya

https://pixabay.com/

Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak khasiat, selain dapat meredakan asam lambung, ternyata dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Bagian yang digunakan adalah gelnya, yang mana dapat membantu meredakan peradangan di kulit wajah akibat adanya jerawat. Hal tersebut karena lidah buaya ini memiliki kandungan asam salisilat dan sulfur yang tentu saja berperan penting sebagai obat jerawat.

Selain itu, banyak produk obat dan kosmetik untuk kulit berjerawat yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Nah, berikut cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan tanaman lidah buaya.

  • Cuci bersih lidah buaya yang telah dipetik.
  • Kupas bagian atas lidah buaya, kemudian kerok gelnya menggunakan sendok.
  • Usahakan gel tersebut dalam keadaan bersih, lalu oleskan secara langsung di area wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut sekitar 1-2 dalam sehari.

Apabila wajahmu tiba-tiba muncul iritasi, rasa gatal, dan kemerahan ketika atau setelah mengoleskan gel lidah buaya tersebut, segera hentikan penggunaan dan segera konsultasi ke dokter kulit.

3. Madu

https://www.pexels.com/

Madu adalah bahan alami lain yang dapat dijadikan cara untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah. Hal tersebut karena madu memiliki kandungan asam glukuronat yang tinggi, yang kemudian dapat diubah menjadi glukosa oksidase. Ketika berada di kulit, glukosa oksidase ini nantinya akan berubah lagi menjadi hidrogen peroksida, yang mana mirip dengan kandungan perawatan untuk jerawat. Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin B, dan masih banyak lagi lainnya.

Caranya adalah cukup mengoleskan madu ke kulit wajah menggunakan kapas steril, terutama di bagian yang berjerawat. Tidak hanya itu saja, madu juga kerap dijadikan sebagai campuran untuk bahan obat dan kosmetik khusus bagi kulit berjerawat.

Sayangnya, meskipun madu memiliki kandungan yang bermanfaat, tetapi penggunaan madu sebagai obat jerawat di kulit wajah ini juga dapat memberikan potensi efek samping. Beberapa di antaranya adalah membuat kulit menjadi kering dan menyebabkan alergi. Hal tersebut wajar saja terjadi, sebab setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga efek menenangkan dan menyejukkan dari madu tidak serta-merta setiap orang dapat merasakannya.

Apabila wajahmu tiba-tiba muncul iritasi, rasa gatal, dan kemerahan ketika atau setelah mengoleskan madu tersebut, segera hentikan penggunaan dan segera konsultasi ke dokter kulit.

4. Minyak Kelapa

https://www.pexels.com/

Minyak kelapa juga dipercaya sebagai alternatif bahan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Hal tersebut karena minyak kelapa ini memiliki kandungan anti inflamasi dan antibakteri yang mampu menghancurkan keberadaan bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan dioleskan pada area kulit wajah yang muncul jerawat. Jangan lupa untuk menjaga tangan tetap bersih ketika tengah mengoleskannya.

Untuk efek samping dari penggunaan minyak kelapa pada wajah adalah menyumbat pori-pori, sebab minyak kelapa bersifat comedogenic.

5. Teh Hijau

https://www.pexels.com/

Teh hijau juga dapat menghilangkan jerawat yang muncul di kulit wajah lho… Bagian yang digunakan adalah ampasnya, yang mana mengandung zat anti penuaan dan antioksidan, sehingga mampu membantu mencegah tanda penuaan di kulit sekaligus menghilangkan kotoran yang menyumbat di pori-pori hingga menimbulkan jerawat.

Meskipun bagian yang digunakan untuk menghilangkan jerawat itu adalah ampasnya, tetapi ketika dalam prosesnya tidak serta-merta mengoleskannya begitu saja. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat di wajah dengan teh hijau:

  • Seduh teh hijau di dalam air mendidih selama 3-4 menit, kemudian biarkan teh menjadi dingin atau hangat.
  • Masukkan secara perlahan bola kapas ke seduhan teh hijau, lalu oleskan ke kulit wajah.
  • Tunggu hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

tombol beli buku

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selain menggunakan bahan-bahan alami, jerawat yang muncul di kulit wajah juga dapat hilang dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini mulai dari kebiasaan merawat wajah hingga menjaga asupan makanan. Nah, berikut ada beberapa pola hidup sehat yang dapat membantu untuk menghilangkan jerawat.

1. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Banyak mengkonsumsi air putih ternyata dapat menyembuhkan sekaligus menghilangkan jerawat yang ada di wajah secara cepat lho… Hal tersebut karena adanya cairan yang cukup di tubuh ternyata sangat mempercepat proses penyembuhan kulit dan mengurangi risiko akan munculnya jerawat baru di kemudian hari. Perlu diketahui, apabila kulit wajah kekurangan cairan maka dapat menyebabkannya kering, sehingga akan mudah iritasi nantinya. Nah, ketika itulah jerawat dapat mudah muncul.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Syarat makanan dapat disebut sebagai makanan sehat adalah yang memiliki kandungan nutrisi dan zat yang bergizi bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah yang mengandung rendah glikemik, zinc, dan asam lemak omega-3.

Untuk makanan yang memiliki kandungan rendah glikemik contohnya adalah sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian. Apabila kamu masih gemar mengkonsumsi makanan dengan kandungan glikemik yang tinggi, maka justru akan meningkatkan produksi sebum sehingga nantinya akan membuat kondisi jerawat menjadi semakin parah.

Untuk makanan yang memiliki kandungan zinc misalnya daging, kerang, kacang, biji-bijian, dan masih banyak yang lainnya. Zinc adalah nutri penting yang sangat diperlukan oleh tubuh terutama untuk pertumbuhan sel, metabolisme, produksi hormon, hingga membuat kebal tubuh. Sebelumnya, telah terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zinc dapat mengurangi jerawat, baik yang baru saja tumbuh hingga yang sudah meradang.

Untuk makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 contohnya adalah salmon, teri, sarden, kenari, dan masih banyak yang lainnya. Asam lemak omega-3 ini terdiri atas 2 asam utama, yakni asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Kedua asam tersebut apabila dalam kadar tinggi, dinilai mampu mengurangi peradangan yang ada pada jerawat.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur juga termasuk ke dalam pola hidup sehat yang mana dapat mencegah timbulnya jerawat sekaligus menghilangkan peradangan jerawat yang ada. Hal tersebut karena kegiatan olahraga ternyata dapat memperbaiki sirkulasi darah! Yap, melalui olahraga yang dilakukan secara teratur ini, nantinya aliran darah akan meningkat sehingga dapat membantu dalam proses pemeliharaan sel kulit supaya tetap sehat. Maka dari itu, pembentukan jerawat di kulit wajah maupun di punggung dapat dicegah dan dihilangkan.

[algolia_carousel page=2]

 

tombol beli buku

4. Jangan Terlalu Stress

Sebenarnya, tips ini seharusnya benar-benar diterapkan dalam pola hidup sehat, sebab stress sangat mempengaruhi munculnya penyakit kronis, tidak hanya sebatas pada jerawat saja. Lakukan perawatan diri secara enjoy untuk meringankan stress yang ada.

Dalam pembahasan mengenai jerawat ini, hormon yang dikeluarkan oleh tubuh ketika sedang berada di keadaan stress ternyata dapat memicu produksi minyak (sebum) secara berlebih, yang kemudian menyebabkan kulit meradang hingga akhirnya justru membuat jerawat akan semakin parah. Tidak hanya itu saja, tubuh yang tengah mengalami stress juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, sehingga tentu akan berdampak pada penyembuhan bekas jerawat.

5. Jangan Malas Mencuci Wajah

Mencuci wajah adalah salah satu tahap dari perawatan kulit yang wajib untuk dilaksanakan. Kegiatan tersebut juga turut berpengaruh pada cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Ketika hendak mencuci wajah, sebaiknya dilaksanakan setelah membersihkan wajah terlebih dahulu dari sisa make-up dan keringat menggunakan Micellar Water atau produk pembersih wajah lainnya. Kemudian, barulah mencuci wajah dengan produk yang sesuai pada tipe kulit wajah selama dua kali, yakni ketika pagi dan malam hari.

Jangan sampai ya kamu tidur malam dengan keadaan wajah masih terdapat sisa make-up dan melewatkan tahap mencuci muka ini…

6. Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan lapisan kulit paling atas supaya dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Proses eksfoliasi ini ternyata juga berpengaruh pada upaya menghilangkan jerawat terutama di kulit wajah. Hal tersebut karena proses eksfoliasi memang dinilai dapat membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk hingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Proses eksfoliasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan produk scrub wajah atau dengan toner. Ketika hendak memilih produk eksfoliasi, usahakan yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu ya…

tombol beli buku

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Jerawat

Semua kulit wajah manusia yang awalnya dalam kondisi normal, seringkali mengalami penumpukan kotoran dan sel kulit mati. Hal tersebut biasanya disebabkan karena kurangnya perawatan kebersihan, khususnya pada kulit yang memiliki tingkat produksi minyak dalam jumlah tinggi alias tipe kulit berminyak. Namun, tidak lantas tipe kulit normal dan kulit kering tidak dapat memiliki jerawat, sebab semua jenis kulit memang dapat terjadi jerawat di wajah mereka, hanya saja memang tipe kulit wajah berminyak yang paling riskan dengan jerawat.

Nah, berikut terdapat beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, yakni:

  • Terjadi penyumbatan pori-pori di kulit oleh minyak (sebum) yang kemudian berubah menjadi padat.
  • Peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik, dan psikologis. Apabila sebum tersebut juga menyumbat di muara kelenjar sebasea, maka alirannya akan terbendung, maka terjadilah jerawat.
  • Peningkatan aktivitas Propionibacterium Acne, yakni bakteri yang terdapat di bawah muara kelenjar sebasea yang suka “memakan” lemak sebum.
  • Kulit dalam keadaan kotor, terutama di kulit wajah. Terutama jika wajah tidak bersih dari debu atau make-up dan dibawa tidur, kotoran tersebut nantinya akan menimbulkan bakteri dan terjadilah jerawat.
  • Mengkonsumsi makanan yang merangsang timbulnya jerawat, misalnya makanan yang memiliki rasa pedas, memiliki kadar lemak berlebih, dan makanan berupa coklat.
  • Adanya genetik atau keturunan dari keluarga yang memang memiliki hormon berjerawat.
  • Kesalahan dalam penggunaan kosmetik. Mulai dari tidur tanpa membersihkan make-up terlebih dahulu, perawatan kulit tidak sesuai dengan jenis kulit, dan lain-lain.
  • Peralihan usia remaja. Biasanya, pada peralihan usia ini nantinya produksi hormon tengah diseimbangkan dengan perkembangan tubuhnya, sehingga timbullah jerawat terutama di kulit wajah.
  • Mengalami menstruasi atau haid bagi anak perempuan. Ketika menstruasi ini, biasanya fungsi hormon tidak seimbang sehingga timbullah jerawat terutama di kulit wajah.
  • Alergi akan makanan. Terutama pada makanan yang berupa zat protein karbohidrat dengan kadar lemak tinggi. Apabila terus-menerus mengkonsumsi, maka justru akan memperburuk kondisi kulit dan terjadi peradangan jerawat.
  • Iklim, terutama iklim tropik yang memiliki keadaan panas. Dalam iklim jenis ini nantinya akan membuat kulit banyak memproduksi minyak (sebum). Apabila tidak cepat dirawat atau dibersihkan, maka akan menyebabkan kulit menjadi kotor dan jerawat dapat mudah muncul.
  • Mengalami gangguan metabolisme, yang berupa peredaran darah dan getah bening tidak berjalan lancar, sehingga menyebabkan sel-sel tidak mendapatkan makanannya secara cukup. Akhirnya, sel-sel tersebut tidak mampu melancarkan pengeluaran sisa-sisa zat pembakaran di tubuh.

tombol beli buku

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa cara menghilangkan jerawat dan faktor-faktor yang sekiranya dapat memunculkan jerawat terutama di kulit wajah. Maka dari itu, Grameds jangan malas untuk membersihkan kulit wajah ya… Rutinlah mencuci wajah dengan produk sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum