in

Arti Mimpi Gigi Patah Menurut Berbagai Pandangan

Arti Mimpi Gigi Patah – Salah satu hal yang tidak bisa diatur manusia saat tidur adalah cerita dalam mimpi yang akan dialaminya. Mimpi adalah hal alamiah yang dialami setiap orang, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mimpi dapat berupa mimpi buruk atau mimpi indah.

Mengutip buku berjudul Tafsir Mimpi karya Mahmud asy-Syafrowi (2014), mimpi merupakan gambaran di luar kontrol seseorang. Mimpi diterima secara pasif ketika seseorang sedang tidur. Bagi sebagian orang, mimpi bukan hanya sekadar bunga tidur. Mimpi memiliki arti tersendiri yang berkaitan dengan kehidupan. Makna dari mimpi tersebut dapat berupa hal baik atau buruk.

Sebuah patung pahat yang menggambarkan seorang laki-laki yang mengalami sakit gigi.

Meski sebagian besar menganggapnya hanya bunga tidur, mimpi indah atau buruk bisa membebani pikiran orang yang mengalaminya, apalagi jika sudah mengetahui prediksi arti mimpi mereka. Mimpi indah pastinya akan membuat seseorang tersenyum sendiri saat terbangun dari tidurnya. Sementara itu, mimpi buruk membuat mereka memikirkan hal-hal mencemaskan yang akan menimpanya.

Dalam mimpi sering kali terjadi peristiwa yang unik dan tak terduga. Salah satunya mimpi gigi patah. Rupanya ada arti yang penting di balik mimpi yang satu ini. Secara umum, memimpikan gigi yang patah merupakan sebuah pertanda yang menunjukkan kondisi tidak berdaya. Kamu mungkin merasa dihadapkan dalam situasi yang mencekam dan sulit. Mimpi ini di sisi lain juga dapat mencerminkan perasaan sedih, tidak nyaman, sakit, hingga stres.

Meskipun belum ada ilmu pasti yang dapat membuktikan mimpi secara ilmiah, tetapi mengetahui beberapa prediksi arti mimpi dapat membawa perasaan lega tersendiri. Masih ada beberapa arti lain berkenaan dengan mimpi gigi yang patah. Apakah benar merupakan suatu pertanda baik? Jika kalian penasaran, simak artikel selengkapnya di bawah ini hingga selesai.

Arti Mimpi Gigi Patah Secara Umum

Mimpi gigi patah adalah jenis mimpi yang memiliki beberapa simbol, umumnya sebagai pertanda hilangnya suatu hubungan antara seseorang dengan yang lainnya. Mengutip keterangan yang ada di laman Your Chinese Astrology, mimpi gigi patah di kalangan masyarakat Tiongkok atau beberapa negara Barat merupakan tanda akan adanya musibah yang menimpa anggota keluarga.

Selanjutnya, dalam buku Tiongkok kuno berjudul The Interpretation of Dreams yang ditulis oleh Duke of Zhou, disampaikan bahwa kehilangan gigi adalah simbol dari “sesuatu yang menyedihkan dalam keluarga”. Alam bawah sadar akan memberitahu bahwa orang tua dapat meninggal, karena simbol kehilangan gigi berarti hilangnya jaringan tulang yang tersingkap di luar. Kehilangan gigi berarti tulang dan daging berpisah.

Sementara itu, mengutip penjelasan di laman Express UK, seorang ahli mimpi, peneliti, dan penulis terkait hal-hal spiritual, mimpi, dan paranormal bernama Theresa Cheung menilai bahwa mimpi gigi patah sebagai tanda seseorang sedang merasakan ketakutan hingga terbawa ke alam mimpi.

1. Merasa Tidak Berdaya

Mimpi gigi patah dapat menunjukkan kondisi yang merasa tidak berdaya. Kamu mungkin merasa dihadapkan dalam situasi yang mencekam dan sulit. Mimpi ini di sisi lain juga dapat mencerminkan perasaan sedih, tidak nyaman, sakit, hingga stres.

2. Rasa Sakit dan Kehilangan

Gigi patah melambangkan rasa sakit karena kehilangan sesuatu yang sangat penting bagi kalian. Mungkin kalian sedang mengalami perubahan dalam hidup, seperti perubahan dalam hal karier, asmara, dan lainnya.

3. Takut terhadap Penuaan

Jika mengalami mimpi gigi patah, kamu mungkin sedang khawatir terhadap penuaan atau penampilan fisik. Mimpi ini juga mewakili rasa takut terhadap kesehatan tubuh.

4. Masalah dalam Hidup

Mimpi gigi patah dapat mewakili masalah yang mengganggu ketenangan dalam hidup. Mimpi ini juga menunjukkan bahwa stabilitasmu sedang terganggu.

5. Perubahan dalam Hidup

Tak hanya itu, mimpi gigi patah sendiri juga dapat menandakan adanya perubahan dalam hidup yang akan kamu alami. Perubahan ini mungkin tergantung dengan kehidupan saat ini, bisa menjadi lebih baik atau sebaliknya. Kalian mungkin saja memperoleh pekerjaan baru yang akan datang, pindah ke kota baru, atau menikah dan memiliki anak. Semua skenario ini dapat memengaruhi alam bawah sadar kalian.

Arti Mimpi Gigi Patah Menurut Posisi

Mimpi gigi patah juga dapat dibagi menjadi tiga kategori menurut posisinya, yaitu gigi atas, gigi bawah, dan gigi geraham.

1. Mimpi Gigi Atas Patah

Kehilangan gigi atas kerap diartikan sebagai tanda akan datanganya bencana atau musibah yang menimpa keluarga, dalam hal ini merujuk ke anggota keluarga yang lebih tua. Namun, banyak interpretasi mimpi copot gigi atas lainnya, mulai dari pernikahan hingga bisnis. Adapun jenisnya sebagai berikut.

Apabila gigi atas patah, tetapi tidak mengalami perasaan apa pun, berarti suatu pertanda bahwa kamu sedang mengalami suatu perubahan yang tidak berefek buruk kepada kehidupan. Mimpi gigi atas patah juga bisa menjadi pertanda hubunganmu dengan orang yang lebih tua sedang tidak baik-baik saja atau tengah berselisih. Jika gigi atas copot dan berdarah, berarti suatu pertanda bahwa orang tuamu mungkin akan memperoleh rezeki tak terduga dan kamu juga akan merasakan manfaatnya.

Wanita yang bermimpi gigi atas patah sering diartikan akan segera menikah. Hanya saja, mertua mungkin tidak menyukai hubungan tersebut, sehingga sering menjadi penghambat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, jika laki-laki yang memimpikannya, hal ini merupakan pertanda adanya beberapa masalah dalam hubungan interpersonal. Jika kamu seorang investor, itu merupakan pertanda akan mengalami keuntungan dan manfaat dari investasi dalam waktu dekat.

2. Mimpi Gigi Bawah Patah

Secara umum, arti mimpi kehilangan gigi bawah adalah simbol bahwa kesehatan fisik anak-anak kalian tidak begitu baik. Mereka yang mengalami mimpi ini disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan keluarganya. Selain itu, ada beberapa penafsiran lainnya memimpikan hal ini. Adapun jenisnya sebagai berikut.

Wanita yang bermimpi kehilangan gigi bawah disebut sebagai peringatan untuk memperhatikan kesehatan anak perempuannya. Sementara bagi laki-laki, hal ini menandakan bahwa dia harus memperhatikan hubungan interpersonalnya, terutama dengan bawahan. Mereka juga disarankan untuk tidak terlalu meributkan hal-hal kecil secara berlebihan.

Seorang pedagang yang bermimpi kehilangan gigi bawah merupakan bentuk peringatan bahwa mereka harus fokus terhadap arus kas pengeluaran untuk menghindari situasi keuangan yang tidak diinginkan. Bagi wanita hamil, mimpi kehilangan gigi bawah mengingatkan bahwa dia harus tetap sehat agar tidak memengaruhi kondisi bayi di dalam perutnya.

Jika seorang pasien mengalami mimpi ini, berarti kondisinya belum akan membaik dan beberapa infeksi mungkin terjadi. Dia bahkan harus berhati-hati agar penyakit yang diderita tidak menular ke orang-orang tercinta.

Bagi seorang investor yang bermimpi kehilangan gigi bawah, hal tersebut merupakan indikasi penurunan keberuntungan yang didapatkannya. Meskipun saluran untuk mendapatkan tambahan penghasilan meningkat, dia juga berpotensi mengeluarkan banyak uang, khususnya dalam hal transportasi. Namun, jika seorang lajang bermimpi kehilangan gigi bagian bawah, itu melambangkan bahwa cintanya sedang dalam tahap refleksi.

3. Mimpi Gigi Geraham Patah

Terakhir, ada arti dari mimpi gigi geraham yang patah. Menurut berbagai tafsir yang beredar, mimpi geraham yang patah bisa dikaitkan sebagai pertanda akan adanya berita duka dari saudara terdekat.

Arti Mimpi Gigi Patah Menurut Perspektif Islam

Menurut pandangan Islam, kehadiran mimpi dipercaya datang dari dua hal, yaitu dari bisikan dari setan dan Allah SWT sebagai sebuah petunjuk. Menurut sebuah kitab kompilasi tafsir mimpi berjudul Mu’jam Tafsir al-Ahlam yang ditulis oleh Abdul Ghani al-Nabulsi disebutkan bahwa “gigi dalam mimpi menunjukan ‘ujung atau batas ajal’ dan umur yang ditetapkan untuknya.

Dia menafsirkan mimpi gigi patah sebagai pertanda umur dan ajal seseorang. Selain itu, jumlah gigi seseorang juga ditafsirkan sebagai gambaran keluarga dan kerabat dari orang itu sendiri.

 

“Gigi di dalam mimpi menunjukkan ‘ujung atau batas ajal’ dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan,” ujar Abdul Ghani al-Nabulsi dalam Mu’jam Tafsir al-Ahlam atau Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, dan Tafsir al-Ahlam.

Arti Mimpi Gigi Patah Menurut Perspektif Primbon Jawa

Terdapat empat interpretasi mimpi gigi patah dalam primbon, yaitu gigi atas patah menyeluruh, gigi atas patah dua, gigi atas patah bagian depan, dan gigi atas patah bagian kiri.

1. Mimpi Gigi Atas Patah Menyeluruh

Mimpi gigi atas patah menyeluruh dalam primbon Jawa merupakan pertanda buruk. Jenis mimpi ini mengisyaratkan si pemimpi akan mengalami musibah atau rasa sakit dalam waktu dekat.

2. Mimpi Gigi Atas Patah Dua

Mimpi gigi atas patah dua juga merupakan pertanda buruk. Menurut primbon Jawa, hal ini menandakan bahwa orang tua kalian akan mengalami sakit keras yang sulit untuk disembuhkan.

3. Mimpi Gigi Atas Bagian Depan Patah

Mimpi ini diinterpretasikan sebagai isyarat tragedi buruk yang akan terjadi. Hal tersebut bisa jadi meninggalnya orang tua kalian. Walaupun belum terbukti secara ilmiah, ada baiknya untuk mengantisipasi hal tersebut dengan berkomunikasi dengan orang tua terkait masalah kesehatan dan sebagainya.

4. Mimpi Gigi Atas Patah Bagian Kiri

Menurut primbon Jawa, mimpi gigi atas patah bagian kiri menjadi pertanda akan adanya musibah berupa penyakit yang menimpa saudara muda, bahkan dengan tingkat keparahan yang cukup serius hingga memengaruhi pikiran.

Mimpi Gigi Copot Menurut Psikologi

Merujuk kepada ilmu psikologi, mimpi gigi atas patah dapat diartikan jika seseorang tengah mengalami suatu perasan atau peristiwa tertentu, di antaranya sebagai berikut.

1. Cemas

Sifat cemas membuat seseorang merasa khawatir dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Berdasarkan ilmu psikologi, perasaan cemas berlebih bisa menyebabkan seseorang mengalami mimpi gigi atas copot.

Rasa cemas dapat menyebabkan gigi bergemeretak pada malam hari yang merupakan salah satu penyebab terjadinya mimpi tentang gigi. Kemungkinan lain dari arti mimpi gigi patah adalah bahwa kecemasan dapat membuat kalian khawatir tentang sesuatu yang tidak beres di tingkat yang ekstrim, sehingga memimpikan gigi yang patah.

2. Stres dan Depresi

Selain cemas, stres juga menjadi pertanda seseorang mengalami mimpi gigi patah. Stres bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti masalah keluarga, pekerjaan, ekonomi, teman, cinta, dan sebagainya. Jika berlarut-larut, stres bisa berdampak buruk kepada kesehatan.

Depresi sendiri muncul dari perasaan sangat bersalah, putus asa, dan terkadang kesepian dalam jangka panjang. Arti mimpi gigi patah juga bisa karena kondisi depresi yang mungkin sedang dialami. Ketika memiliki harga diri yang rendah, mungkin saja kalian mulai membayangkan hal-hal yang salah dengan kesejahteraan fisik. Jika hal ini terjadi, ada baiknya baik kalian untuk berbicara dengan pakar, seperti psikolog atau psikiater yang tepat untuk menangani hal ini.

3. Kehilangan Sesuatu

Mimpi gigi patah juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami perasaan teramat sedih yang belum bisa dipulihkan lantaran kehilangan seseorang, benda, pekerjaan, sahabat, atau kekasih yang dicintai.

4. Kehilangan Kendali

Melansir dari laman Bustle, arti mimpi gigi patah dalam ranah psikologi juga bisa dikaitkan dengan cara kalian dalam mengendalikan diri saat ini. Mimpi ini bisa diartikan sebagai pertanda bahwa dirimu sedang kesulitan mengendalikan masalah dan sangat khawatir akan suatu hal.

5. Buruknya Kesehatan

Selain berhubungan dengan emosi, mimpi gigi patah dalam ranah psikologi juga dapat diartikan sebagai tanda kondisi kesehatan yang kurang baik. Hal tersebut terjadi lantaran kurangnya konsumsi makanan sehat dan jarang berolahraga.

6. Rasa Cemburu

Arti mimpi gigi patah selanjutnya adalah ada kemungkinan jika kalian merasa cemburu atau iri dengan pasangan, teman, atau rekan kerja. Energi negatif yang terpendam dapat memengaruhi alam bawah sadar saat tertidur. Perasaan ini dapat menyebabkan mimpi berkhayal seperti melibatkan gigi, termasuk gigi patah.

7. Cara Berkomunikasi

Sementara itu, arti mimpi gigi patah bisa dikaitkan dengan cara berkomunikasi, yaitu argumen kalian tidak cukup kuat ketika berbicara dengan lawan. Seorang analis mimpi professional bernama Lauri Loewenberg mengungkapkan jika mimpi yang melibatkan area leher, mulut, atau tenggorokan terkait erat dengan cara berkomunikasi.

8. Tekanan Finansial

Kelly Sullivan Walden, ahli hipnotis bersertifikat dan ahli mimpi menjelaskan arti mimpi gigi patah yang paling umum juga dapat berhubungan dengan tekanan finansial atau perasaan lemah. Selain itu, dia pun mencatat hubungan antara mimpi ini dan mengertakkan gigi.

“Saya belum pernah bertemu orang pemarah yang memiliki gigi seperti ini dalam mimpi gigi patah. Orang yang memilikinya mungkin orang baik yang bertindak pasif-agresif, atau menahan perasaan mereka,” kata Walden.

9. Khawatir Salah Kata

Arti mimpi gigi patah juga bisa berarti kalian khawatir tentang mengatakan hal yang salah. Seorang konselor dan hipnoterapis bernama Susan Leigh mengatakan jika arti mimpi gigi patah dapat diartikan sebagai rasa takut untuk mengatakan sesuatu yang memalukan.

Contohnya, ketika ada acara jaringan penting yang akan datang. Jika demikian, jenis mimpi gigi patah mungkin muncul dari alam bawah sadar. Untuk meredakan kekhawatiran persiapkan diri agar lebih merasa percaya diri.

Nah, itulah arti mimpi gigi patah yang perlu kamu tahu. Semoga informasinya ini dapat membantu kalian. Tidur dan terutama bermimpi merupakan aktivitas yang berisiko, mengingat orang yang tidur rentan terhadap predator dan bahaya lainnya, sehingga harus menjadi aktivitas penting yang membantu kita untuk bertahan hidup.

Teori terbaik adalah mimpi menjadi alat untuk menghilangkan informasi dan ingatan yang tidak perlu saat memproses data penting. Banyak orang merasa lebih segar setelah tidur dan bermimpi. Selain itu, menurut penjelasan di laman Ian Wallace Dreams, cara termudah untuk menggunakan impian adalah dengan mulai memperhatikannya.

Berbagai mimpi memang dipenuhi dengan wawasan dan jawaban yang dapat membantu kalian dalam kehidupan sehari-hari, bahkan mimpi yang paling menakutkan hanya mencoba membantu kalian menyelesaikan beberapa ketegangan frustrasi dalam kehidupan nyata, sehingga dapat melanjutkan hidup.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien