Fisika

Cermin Cekung: Pengertian, Sifat Bayangan, Karakteristik, Rumus dan Pemanfaatannya

sifat bayangan cermin cekung
Written by M. Hardi

Sifat bayangan cermin cekung – Hampir semua orang, khususnya Wanita pasti membutuhkan yang namanya cermin. Hal tersebut karena keberadaan dari cermin kerap kali digunakan sebagai media untuk merapikan penampilan menjadi seperti make up lebih baik lagi.

Secara sederhana, cermin adalah suatu benda yang bisa menghasilkan suatu bayangan. Selain itu, cermin juga bisa diartikan sebagai benda yang memiliki permukaan datar yang berfungsi untuk memantulkan bayangan dengan sempurna.

Sampai saat ini, jenis cermin dibagi menjadi tiga yaitu cermin cekung, cermin datar and cermin cembung. Setiap jenis cermin memiliki arti dan fungsinya masing-masing. Namun, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih dalam mengenai cermin cekung.

Mulai dari pengertian, sifat bayangan cermin cekung dan berbagai hal yang berhubungan dengan cermin cekung akan kita bahas bersama dalam artikel ini.

Pengertian Cermin

Sebelumnya telah dibahas secara singkat terkait dengan pengertian cermin. Namun, dalam poin ini akan dijelaskan lebih luas lagi apa itu cermin.

Cermin adalah suatu benda yang paling mudah kita temukan di area dalam rumah. Selain itu, cermin juga kerap digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti media untuk berbedadan. Hal ini tak lain karena pada dasarnya keberadaan cermin memang digunakan sebagai alat bantu untuk merapikan penampilan, melihat persimpangan, dan juga bisa digunakan untuk melihat area belakang seperti pada fungsi spion kendaraan bermotor atau mobil.

Keberadaan dari cermin sendiri sangat berguna bagi manusia serta bisa menjadikan berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan cermin menjadi lebih mudah.

Jika dilihat dari penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, cermin bisa diartikan sebagai kaca bening yang salah satu bagian mukanya akan dicat dengan air raksa maupun material lainnya. Hal tersebut dilakukan agar cermin mampu memperlihatkan bayangan benda yang berada di area depannya. Kebanyakan cermin digunakan untuk keperluan berdandan maupun kegiatan lainnya.

Selain itu, cermin juga bisa diartikan sebagai suatu benda yang memiliki permukaan licin yang mana mampu menciptakan suatu pantulan bayangan objek dengan sempurna. Pantulan bayangan tersebut dapat tercipta oleh cahaya yang memantulkan penglihatan.

Pengertian Cermin Cekung

Pada penjelasan awal sudah dijelaskan jika cermin sendiri dibagi menjadi tiga jenis. Salah satu jenis cermin tersebut adalah cermin cekung. Nah, dalam poin ini akan dijelaskan mengenai pengertian cermin cekung secara umum.

Cermin cekung adalah cermin yang memiliki bentuk melengkung. Nantinya, cermin cekung akan bisa memantulkan cahaya melengkung ke belakang. Ribuan tahun yang lalu, cermin memang sudah dikenal, tetapi masih menggunakan material batu berkilau.

Cermin cekung juga bisa diartikan sebagai cermin yang permukaannya memiliki bagian seperti bola sebelah dalam. Cermin cekung juga memiliki sifat yang mampu mengumpulkan cahaya atau konvergen yang juga disebut sebagai cermin positif.

Sifat konvergen dari cermin cekung juga menjadikannya berbeda dengan cermin cembung yang memiliki sifat divergen atau mampu menyebarkan cahaya. Dilihat dari namanya, kita juga sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk dari cermin cekung.

Bentuk dari cermin cekung adalah berbentuk cekung atau melengkung ke dalam. Selain itu cermin cekung juga memiliki nama lain Konkaf.

https://www.gramedia.com/products/mandiri-fisika-1-untuk-smama-kl-10-k-2013?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mandiri-fisika-1-untuk-smama-kl-10-k-2013?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Sifat Bayangan Cermin Cekung

Setiap jenis cermin selalu memiliki sifatnya masing-masing yang dimana hal tersebut juga berlaku bagi cermin cekung yang memiliki sifat bayangannya sendiri.

Sifat bayangan cermin cekung dapat terbentuk tergantung pada posisi benda. Untuk bisa mengetahui sifat bayangan cermin cekung, maka kita juga harus memperhatikan beberapa hal seperti pada penjelasan di bawah ini.

  • Jumlah ruang letak benda serta juga letak bayangan itu selalu = 5.
  • Jumlah ruang letak benda dan letak bayangan selalu +5
  • Apabila ruang bayangan lebih besar (>) dari benda maka akan menghasilkan bayangan yang diperbesar.
  • Jika ruang bayangan lebih kecil (<)dari ruang benda, maka sifat bayangan yang dihasilkan adalah diperkecil.
  • Hanya ketika bayangan di ruang 4 yang bisa memiliki sifat bayangan maya dan juga tegak.
  • Selebihnya akan memiliki sifat nyata dan berbalik.

Sifat bayangan cermin cekung ketika jarak benda lebih kecil daripada panjang fokus cermin cekung (s < f)

  • Maya yang bisa diartikan bekas cahaya tersebut tidak akan melalui bayangan.
  • Bayangan tak terbalik atau juga tegak.
  • Semakin jauh benda dari cermin cekung, maka ukuran bayangan yang dihasilkan akan semakin besar.
  • Ketika semakin jauh benda dari cermin cekung, maka akan semakin jauh pula bayangan dari cermin cekung.

Sifat bayangan cermin cekung jika objek terletak di titik fokus cermin cekung atau s=f

  • Maya akan terbentuk yang bisa diartikan sebagai berkas cahaya tersebut tidak melalui bayangan.
  • Bayangan akan tegak dan tidak terbalik.
  • Bayangan akan berada pada jarak tak terhingga.

Sifat bayangan cermin cekung ketika objek berada di antara titik fokus dan titik pusat kelengkungan cermin cekung atau bisa dituliskan sebagai f < s < R.

  • Kondisi ini juga akan memberikan beberapa hal seperti penjelasan di bawah ini.
  • Terbalik.
  • Ketika objek semakin jauh dari cermin cekung, maka ukuran dari bayangan juga akan semakin kecil.
  • Nyata atau berkas cahaya tersebut tidak melalui bayangan.
  • Ketika objek semakin jauh dari cermin cekung, maka semakin dekat pula bayangan dari cermin cekung.

Sifat bayangan cermin cekung ketika objek berada di titik pusat kelengkungan cermin cekung atau bisa dituliskan sebagai s=R. Dimana hal tersebut bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti di bawah ini.

  • Nyata, dimana berkas cahaya akan melalui bayangan terbalik.
  • Ukuran dari benda akan sama dengan ukuran bayangan.
  • Jarak dari benda akan sama dengan jarak bayangan.

Sifat bayangan cermin cekung ketika jarak benda lebih besar dibandingkan dengan jari-jari kelengkungan cermin cekung atau bisa dituliskan sebagai s>R.

Dalam hal ini, hal tersebut akan memberikan beberapa kondisi seperti yang ada di bawah ini.

  • Nyata artinya berkas cahaya dengan melalui bayangan
  • Nyata atau berkas cahaya akan melalui bayangan.
  • Kondisi terbalik.
  • Semakin jauh objek dari cermin cekung, maka ukuran dari bayangan yang dihasilkan akan semakin kecil.
  • Semakin jauh objek dari cermin cekung, maka semakin dekat bayangan dari cermin cekung.

Karakteristik Cermin Cekung

Cermin cekung tak hanya memiliki sifat bayangan saja. Namun, cermin cekung juga memiliki karakteristik yang bisa membedakannya dengan jenis cermin lainnya. Adapun beberapa ciri yang dimiliki oleh cermin cekung adalah sebagai berikut ini.

  • Memiliki sifat konvergen atau mampu mengumpulkan cahaya.
  • Memiliki titik fokus positif atau berada di depan permukaan pantul.
  • Terdapat lima jumlah ruang letak objek dan bayangan.
  • Cermin cekung memiliki sifat bayangan.

Perlu diketahui juga jika sifat bayangan yang dimiliki oleh cermin cekung tak selalu sama. Hal ini tak lain karena sifat bayangan juga bergantung terhadap letak objek asli terhadap cermin cekung. Sifat bayangan bisa berubah jika objek diletakkan pada posisi yang cukup jauh dari cermin cekung.

https://www.gramedia.com/products/ipa-fisika-smama-kls10km?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/ipa-fisika-smama-kls10km?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Sinar Istimewa Cermin Cekung

Cermin cekung merupakan salah satu jenis cermin sferis yang memiliki permukaan pantulan melengkung ke dalam. Pada cermin cekung juga terdapat lima buah ruang benda dan bayangan, titik kelengkungan atau R dan juga titik fokus atau F. Selain itu, cermin cekung juga memiliki titik fokus positif. Itu artinya, titik fokus pada cermin cekung akan berada di depan permukaan pantulannya.

Cermin cekung memiliki tiga sinar istimewa yang di mana ketika sinar istimewa yang dimiliki oleh cermin cekung akan kita bahas bersama dalam penjelasan di bawah ini.

Sinar Istimewa 1

Sinar istimewa pertama yang dimiliki oleh cermin cekung adalah ketika sinar datang dalam kondisi sejajar dengan sumbu utama atau sumbu optik yang nantinya akan dipantulkan ke titik fokus cermin cekung.

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: Kompas.com

Sinar Istimewa 2

Sinar istimewa kedua yang dimiliki oleh cermin cekung adalah ketika sinar yang datang melalui titik fokus cermin cekungan hingga pada akhirnya akan dipantulkan sejajar dengan sumbu utama atau sumbu optic.

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: Kompas.com

Sinar Istimewa 3

Sinar istimewa ketiga yang dimiliki oleh cermin cekung adalah ketika sinar datang melalui titik kelengkungan atau R cermin cekung akan dipantulkan kembali ke arah titik kelengkungan atau R.

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: Kompas.com

Proses Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cekung

Langkah 1

Setelah kita mengetahui tiga sinar istimewa yang dimiliki oleh cermin cekung. Berikutnya kita bisa lebih mudah mengetahui proses pembentukan bayangan pada cermin cekung. Misalnya, pada suatu benda yang diletakkan di depan cermin cekung yang berada di ruang II diantara titik kelengkungan atau R dengan titik fokus atau F.

Dari hal tersebut kita bisa menggambarkan sinar yang masuk ke dalam cermin cekung. Pertama, kita gambarkan sinar dari benda yang datang pada kondisi sejajar dengan sumbu utama. Jika dilihat dari sinar istimewa, maka sinar tersebut akan kembali dipantulkan ke titik fokus atau F.

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: Kompas.com

Langkah 2

Lalu, yang kedua kita bisa menggambarkan jika sinar dari benda yang masuk ke cermin akan melalui titik fokusnya. Jika dilihat dari sinar istimewa, maka sinar tersebut akan dipantulkan kembali, tetapi dengan posisi sejajar pada sumbu utama.

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: Kompas.com

Pada bagian atas bayangan benda yang berada di titik potong kedua sinar pantul. Selain itu, pada gambar tersebut juga terlihat jika titik potong tersebut berada di area ruang ketiga dengan bagian atas bayangnya berada di bawah atau terbalik.

Hal tersebut bisa menjamin bahwa benda yang berada di depan cermin akan mampu menghasilkan bayangan yang memiliki sifat nyata, terbalik serta diperbesar. Akan tetapi, bayangan pada cermin cekung tak selalu nyata, terbalik dan diperbesar. Pada dasarnya, proses pembentukan bayangan pada cermin cekung akan mengikuti aturan sinar istimewanya.

https://www.gramedia.com/products/sma-kelas-xi-pbt-fisika-jilid-2b-semester-2-kurikulum-2013-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sma-kelas-xi-pbt-fisika-jilid-2b-semester-2-kurikulum-2013-revisi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Rumus Cermin Cekung

Setiap jenis cermin selalu memiliki rumusnya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk cermin cekung yang juga memiliki rumus. Umumnya, rumus cermin cekung dibagi menjadi dua jenis yaitu mencari perbesaran dan hubungan antara jarak fokus dan jari-jari. Agar Anda semakin lebih tahu lagi, berikut adalah rumus cermin cekung.

Perbesaran yang terjadi (M)

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: gurupendidikan.co.id

Hubungan antara jarak fokus dengan jari-jari adalah:

sifat bayangan cermin cekung

Sumber: gurupendidikan.co.id

Keterangan:
So: jarak benda terhadap cermin
Si: jarak bayangan terhadap cermin
F: jarak fokus
R: jari-jari cermin
M: perbesaran bayangan
Ho: tinggi benda
Hi: tinggi bayangan

Manfaat Cermin Cekung Dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika sifat bayangan yang dihasilkan oleh cermin cekung berbeda-beda tergantung dari tata letak dari objek. Hal tersebut mampu menjadikan cermin cekung begitu bermanfaat dalam kehidupan manusia.

Nah mungkin beberapa contoh di bawah ini pernah Anda temui di sekitar. Lantas apa saja manfaat cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Senter Atau Pada Lampu Sorot

Pada senter atau lampu sorot cermin cekung dimanfaatkan untuk mensejajarkan berkas cahaya yang berasal dari lampu. Selain itu kegunaan tersebut juga bisa kita temukan pada proyektor film. Tak hanya itu saja, pasalnya lampu sorot mobil agar bisa mendapatkan sinar yang sejajar juga memanfaatkan cermin cekung.

2. Cermin Hias

Contoh pemanfaatan cermin cekung yang kedua adalah digunakan pada cermin hias. Dimana cermin cekung bisa menghasilkan suatu bayangan maya yang diperbesar. Hal tersebut akan mempermudah manusia dalam keperluan berdandan.

3. Alat Dokter Gigi

Cermin cekung juga digunakan sebagai salah satu alat yang digunakan oleh dokter gigi dalam proses pemeriksaan gigi pasien. Dengan bantuan cermin cekung, maka dokter gigi akan semakin mudah melihat area dalam mulut yang susah dijangkau dengan penglihatan mata telanjang.

4. Teleskop Radio

Teleskop radio adalah suatu alat yang berupa cermin cekung untuk keperluan gelombang radio. Penggunaan cermin cekung pada teleskop pada hal ini digunakan menghasilkan berbagai macam gambar yang jelas dari adanya benda-benda yang redup di luar angkasa.

5. Pembangkit Listrik

Cermin cekung juga biasa dimanfaatkan pada pembangkit listrik. Pada pembangkit listrik, cermin cekung biasanya digunakan sebagai media pengumpul energi matahari.

6. Parabola

Cermin cekung juga biasanya digunakan sebagai media pemusat sinyal mikro pada parabola stasiun penerima. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar gambar atau tayangan yang dihasilkan bisa lebih jenis dan juga lebih jelas.

Perbedaan Cermin Cekung Dengan Cermin Cembung

Baik itu cermin cekung maupun cermin cembung memiliki fungsinya masing-masing. Tentunya banyak hal yang bisa menjadikan cermin cekung dengan cermin cembung memiliki perbedaan. Nah di bawah ini adalah beberapa perbedaan dari cermin cekung dengan cermin cembung.

1. Pengertian

Dilihat dari pengertiannya, cermin cekung dengan cermin cembung memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Dimana cermin cekung merupakan cermin bula yang permukaanya bisa menjadi pemanjat dan pusat kelengkungannya berada pada sisi yang sama dari cermin tersebut. Sementara itu, untuk cermin cembung adalah suatu cermin bulan yang permukaannya bisa sebagai pemantul dengan pusat kelengkungannya berada pada sisi yang berlawanan terhadap cermin.

2. Gambar yang Dihasilkan

Gambar yang dihasilkan oleh cermin cekung akan membentuk suatu gambar nyata dengan kondisi terbalik. Sementara itu, untuk cermin cembung akan menghasilkan gambar maya yang tegak.

3. Sifat Bayangan

Sifat bayangan yang dimiliki oleh cermin cekung adalah nyata terbaik yang diperbesar. Sedangkan untuk sifat bayangan yang dimiliki oleh cermin cembung adalah maya, tegak dan diperkecil.

4. Titik Fokus

Selanjutnya adalah dari titik fokus. Titik fokus dari cermin cekung adalah berada di depan cermin dan untuk titik fokus yang dimiliki oleh cermin cembung adalah berada di belakang cermin.

5. Pengaruh Berkas Sinar

Terakhir, akan dilihat dari pengaruh berkas sinar yang mana untuk cermin cermin cekung mampu mengumpulkan cahaya atau konvergen. Sementara itu, untuk cermin cembung bisa menyebarkan cahaya atau divergen.

Nah, itulah rangkuman lengkap dari semua hal yang berhubungan dengan cermin cekung. Semoga semua pembahasan dalam artikel ini bisa menambah wawasan sekaligus bermanfaat bagi Grameds.

Jika ingin mencari buku tentang fisika atau buku pelajaran lainnya, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Baca juga:

Sumber:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien