Ekonomi IPA

Perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus yang Perlu Kamu Tahu

Perbedaan Pertamax Pertalite dan Pertamax Plus
Written by Ananda

Perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus – Bahan bakar minyak atau BBM adalah salah satu bahan bakar yang lebih kita kenal sebagai penggerak kendaraan bermotor atau mobil. Sebenarnya keberadaan BBM sendiri tak terbatas digunakan khusus untuk motor atau mobil.

Namun keberadaan bahan bakar minyak atau BBM dibutuhkan untuk moda transportasi lain seperti pesawat terbang. Saat ini bahan bakar minyak yang lebih kita kenal dan mudah untuk ditemukan mungkin ada tiga yaitu Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus.

Dari ketiga jenis bahan bakar minyak tersebut terdapat perbeda lho ternyata. Namun tak semua orang tahu apa perbedaan dari ketiga jenis bahan bakar minyak.

Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan terkait dengan perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus.

Pengertian Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Plus

Perbedaan Pertamax Pertalite dan Pertamax Plus

money.kompas.com

Hal pertama yang akan kita bahas bersama adalah pengertian dari ketiga jenis bahan bakar minyak tersebut yaitu Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus. Kebanyakan orang hanya tahu nama ketiga bahan bakar minyak tersebut karena kerap menggunakannya.

Namun untuk segi pengetahuan akan pengertian dari ketiga jenis bahan bakar tersebut bisa jadi kurang begitu memahami. Nah berikut ini adalah pengertian dari bahan bakar minyak Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus yang dikutip dari laman resmi Pertamina.com.

1. Pengertian Bahan Bakar Minyak Pertamax

Pertamax adalah salah satu bahan bakar bensin yang memiliki nilai oktan minimal 92 standar internasional. Dimana keberadaan bahan bakar minyak Pertamax ini sangat direkomendasikan untuk jenis kendaraan yang memiliki jumlah kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan dengan bahan bakar bensin yang sudah memiliki teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection atau EFI.

Adanya ecosave technology, Pertamax mampu membersihkan bagian yang ada di dalam mesin atau detergency. Tak hanya itu saja, pasalnya Pertamax juga sudah dilengkapi dengan pelindung anti karat pada dinding tangki kendaraan serta saluran bahan bakar dan juga ruang bahan bakar mesin atau corrosion inhibitor.

Selain itu, Pertamax juga mampu turut menjaga kemurnian bahan bakar dari adanya campuran air. Hal tersebut mejadikan proses pembakaran yang lebih sempurna atau biasa disebut dengan demulsifier.

2. Pengertian Bahan Bakar Minyak Pertalite

Berikutnya ada bahan bakar bensin Pertalite. Dimana Pertalite adalah salah satu bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan sebesar 90. Lalu untuk warna yang dimiliki oleh bahan bakar minyak Pertalite adalah hijau terang serta lebih jernih.

Keberadaan Pertalite sangat baik digunakan untuk kendaraan dengan kompresi sebesar 9:1 hingga 10:1. Jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak Premium, nilai oktan yang dimiliki oleh bahan bakar Pertalite ternyata lebih tinggi lho.

Hal tersebut menjadikan Pertalite sangat tepat digunakan untuk kendaraan dengan mesin yang saat ini sudah beredar luas di Indonesia. Adanya tambahan additive, bahan bakar Pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh serta mampu menjaga kualitas serta dari segi harga juga sangat terjangkau sekali.

Perbedaan Pertamax Pertalite dan Pertamax Plus

3. Pengertian Bahan Bakar Minyak Pertamax Plus

Selanjutnya ada Pertamax Plus yang juga mungkin salah satu bahan bakar minyak yang biasa Anda temui. Dimana untuk Pertamax Plus memiliki nilai oktan sebesar 95 dengan warna dasar yaitu merah.

Pertamax Plus juga cocok digunakan untuk kendaraan yang memiliki kompresi sekitar 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan yang sudah memiliki teknologi yang setara dengan Electronic Fuel Injection atau EFI dan juga catalytic converter.

Nah, itulah penjelasan akan pengertian dari ketiga jenis bahan bakar minyak yaitu Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus.

Perbedaan Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Plus

Setelah mengetahui pengertian dari ketiga bahan bakar minyak yang sampai saat ini keberadaanya masih ada. Berikutnya kita akan membahas terkait dengan perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus.

Meski pada poin pengertian sudah bisa dilihat apa saja perbedaan dari bahan bakar Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus. Namun pada poin ini akan dijelaskan lebih dalam lagi bagaimana perbedaan dari ketiga jenis bahan bakar minyak tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan tentang perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus.

1. Karakteristik Warna Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Plus

Meski sama-sama bahan bakar minyak, namun Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus memiliki karakteristik warna yang berbeda lho. Menariknya bahan bakar seperti Pertamax yang tak memiliki campuran warna bisa memberikan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin.

Dimana untuk bahan bakar Pertamax memiliki warna biru kehijauan. Lalu, untuk bahan bakar Pertalite memiliki warna dasar hijau terang. Sedangkan untuk Pertamax Plus memiliki warna merah.

Dari warna dasar yang dimiliki oleh Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus tentunya Anda juga akan semakin mudah membedakannya ketika berada di tempat pengisian bahan bakar.

Perbedaan Pertamax Pertalite dan Pertamax Plus

2. Nilai Oktan dari Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Plus

Tak hanya dari segi warna saja, tetapi bahan bakar seperti Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus juga memiliki perbedaan dari segi nilai oktan. Nilai oktan pada bahan bakar minyak ini juga bisa menjadi ukuran terhadap kualitas yang diberikan oleh BBM untuk mesin bensin yang biasanya diambil dari RON atau Research Octane Number.

Nilai oktan bahan bakar Pertamax adalah 92. Lalu untuk nilai oktan yang dimiliki oleh Pertalite adalah sebesar 90. Sedangkan untuk nilai oktan yang dimiliki oleh Pertamax Plus adalah sebesar 95.

Adanya perbedaan nilai oktan seperti ini, maka akan semakin bisa memberikan nilai tekanan tekanan yang cukup signifikan. Biasanya tekanan tersebut akan diberikan sebelum bahan bakar minyak akan masuk ke proses pembakaran bensin.

Oleh karena itu, semakin tinggi nilai oktan pada sebuah bahan bakar, maka bahan bakar tersebut juga akan lebih lama terbakar oleh mesin. Hal tersebut juga akan menentukan seberapa besar pengiritan bahan bakar yang digunakan oleh suatu kendaraan.

3. Tingkat Kompresi Mesin untuk Bahan Bakar Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Plus

Secara kinerja, ketiga bahan bakar minyak tersebut dapat mempengaruhi kendaraan bermotor. Dimana Pertamax diperkenankan untuk tingkat kompresi mesin pada kisaran 10:1 hingga 11:1.

Lalu, untuk Pertalit diperuntukkan untuk tingkat kompresi mesin pada kisaran 9:1 hingga 10:1. Sementara itu, untuk Pertamax Plus sendiri digunakan untuk mesin yang memiliki tingkat kompresi antara 10:1 hingga 11:1.

Meski begitu, bahan bakar Pertamax memiliki kandungan yang tak jauh beda dengan yang dimiliki oleh Pertalite. Misalnya seperti kandungan anti karat, pembersih, zat penjaga kemurnian dan lain sebagainya.

Dimana keberadaan dari zat adiktif tersebut begitu dibutuhkan agar bisa turut menjaga kinerja mesin pada kendaraan bermotor yang Anda miliki. Sangat disarankan juga jika Anda dalam memilih bahan bakar minyak disesuaikan dengan tingkat performa mesin serta sesuai dengan kebutuhan.

4. Tingkat Polusi yang Diberikan

Setiap bahan bakar selalu memiliki tingkat polusi yang berbeda-beda. Aspek ini juga dipengaruhi dari kualitas bahan bakar minyak tersebut. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik kendaraan juga harus bisa memperhatikan bagaimana polusi yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak tersebut.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda juga bisa turut menjaga kesehatan lingkungan dalam kondisi sehat serta tidak terlalu terkena polusi dalam jumlah yang banyak. Bahan bakar Pertamax mampu mengeluarkan jumlah polusi paling sedikit.

Dibandingkan dengan jumlah polusi yang dihasilkan oleh bahan bakar lainnya, ternyata Pertamax Plus mampu mengeluarkan polusi paling sedikit dibandingkan lainnya. Lalu untuk bahan bakar Pertalite juga memiliki jumlah polusi yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahan bakar Premium.

Nah, tulah beberapa perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus yang bisa Anda baca selengkapnya. Dimana jika dilihat dari beberapa aspek seperti tingkat polusi, level kompresi, nilai oktan hingga warna yang dimilikinya. Ternyata baik itu Pertamax, Pertalite maupun Pertamax Plus memiliki perbedaan yang cukup mencolok sekali.

Perbedaan Pertamax Pertalite dan Pertamax Plus

Jenis Lain dari Bahan Bakar Minyak

Sebenarnya bahan bakar minyak atau BBM tak hanya memiliki bentuk tiga jenis saja. Namun ada beberapa jenis lain selain Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus. Bahkan mungkin di tempat pengisian bahan bakar, Anda pernah menemukan beberapa bahan bakar minyak yang dijelaskan di bawah ini.

1. Pertamax Racing

Pertamax Racing adalah bahan bakar kendaraan yang telah diakui oleh federasi balap internasional. Dimana Pertamax Racing diklaim mampu menjadikan mesin lebih responsif, lebih stabil serta memiliki daya tahan yang lebih tinggi hingga sangat baik untuk lingkungan.

Pertamax Racing memiliki oktan minimal sekitar 100 yang memang dikhususkan untuk keperluan kendaraan balap serta kendaraan yang memiliki kompresi mesin lebih tinggi dari 13:1.

2. Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah jenis bahan bakar kendaraan bermesin bensin dan dikembangkan oleh pihak Pertamina dengan Lamborghini. Keberadaan Pertamax Turbo dirancang khusus guna memenuhi persyaratan mesin dengan teknologi tinggi.

Pertamax Turbo pertama kali diluncurkan di Belgia sebagai bahan bakar resmi yang digunakan oleh Lamborghini Super Trofeo European Series. Jenis bahan bakar ini dikembangan dengan menggunakan suatu formula yang bisa disebut Ignition Boost Formula atau IBF.

Lalu untuk angka oktan dari bahan bakar Pertamax Turbo adalah 98 dengan kadar sulfur yang rendah sehingga bisa menjadikan kualitas udara di sekitar kita tetap sehat. Saat ini, bahan bakar Pertamax Turbo juga sedang menuju standar Euro IV.

3. Premium

Premium adalah bahan bakar bensin yang memiliki jumlah oktan minimal 88. Bahan bakar Premium diproduksi sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi No.3674/K24/DJM/2006. Bahan bakar Premium bisa digunakan untuk kendaraan dengan risiko kompresi rendah atau berada di bawah 9:1.

4. Pertamina Dex

Pertamina Dex adalah bahan bakar diesel yang diklaim mampu menjadikan kinerja mesin menjadi lebih optimal, Tangguh serta bertenaga. Pertamina Dex juga sudah dilengkapi dengan adanya lubricity dananti foaming of gas.

Pertamina Dex begitu disarankan untuk kendaraan yang bermesin diesel, terutama mesin diesel yang sudah memiliki teknologi Common Rail System. Kandungan sulfur yang dimiliki oleh bahan bakar Pertamina Dex adalah kurang dari 300 ppm dan dengan angka cetane sebesar 53 yang juga telah memenuhi standar Euro 3. Hal ini mampu menjadikan Pertamina Dex berada sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia.

5. Dexlite

Dexlite adalah salah satu jenis bahan bakar diesel yang paling baru dari Pertamina yang telah diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Dexlite adalah salah satu varian dari Dex Series dengan angka cetane minimal 51 yang juga memiliki kandungan sulfur maksimal 1200 ppm. Dexlite begitu cocok bagi Anda yang ingin menggunakan bahan bakar diesel yang cukup bertenaga namun dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Solar

Solar adalah salah satu bahan bakar diesel yang berikutnya. Dimana angka setana dari Solar adalah 48 sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang memiliki mesin dengan teknologi lama serta memiliki kandungan sulfur 2500 ppm. Biasanya, bahan bakar Solar digunakan untuk angkutan umum seperti bus dalam kota. Sementara itu, kendaraan pribadi dengan mesin diesel biasanya akan menggunakan produk bahan bakar Dexlite dan Pertamax Dex.

Manfaat Bahan Bakar Minyak dalam Kehidupan Sehari-hari

Keberadaan dari bahan bakar minyak sampai saat ini bisa dianggap sebagai salah satu kebutuhan manusia yang setiap harinya selalu digunakan. Peningkatan penggunaan bahan bakar minyak atau BBM tak hanya terjadi di Indonesia saja, namun di seluruh dunia juga mengalami kondisi tersebut.

Hal ini tak lain karena keberadaan dari bahan bakar minyak atau BBM mampu memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari yang cukup banyak. Mungkin Anda hanya tahu jika bahan bakar minyak dipergunakan untuk kendaraan bermotor atau mobil maupun moda transportasi lainnya.

Namun sebenarnya ada beberapa manfaat yang diberikan oleh bahan bakar minyak lainnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat dari bahan bakar minyak dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bahan Bakar Kendaraan

Manfaat bahan bakar minyak atau BBM yang pertama dan paling mudah kita jumpai adalah sebagai bahan bakar kendaraan. Keberadaan kendaraan adalah diperuntukkan untuk mempermudah pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Nah, untuk bisa menggerakkan motor dibutuhkan bahan bakar minyak.

Saat ini, di tempat pengisian bahan bakar sudah tersedia banyak jenis BBM yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Pertalite, Pertamax atau bahkan Pertamax Plus.

Meski bisa menggerakkan kendaraan, namun sebenarnya setiap jenis bahan bakar minyak juga memiliki bahan aktif yang berbeda-beda. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan bahan bakar minyak dengan nilai oktan yang tinggi.

2. Keperluan Rumah Tangga

Bahan minyak bumi sebelum diolah menjadi bahan bakar minyak tentunya bisa diolah menjadi berbagai macam keperluan manusia. Dibandingkan dengan bahan bakar minyak yang biasa kita temukan di tempat penjualan bahan bakar, minyak bumi ternyata juga bisa diubah menjadi bahan poliuretan dalam busa Kasur lho.

Dimana busa pada Kasur yang memiliki sifat dapat Kembali ke wujud semula setelah tertimpa benda berat adalah sifat dari minyak bumi ketika diubah menjadi bahan poluretan.

Selain itu, gagang pintu, kunci pada jendela hingga kulkas juga diproduksi dengan adanya minyak bumi.

3. Sumber Gas Cair

LPG adalah salah satu produk dari dibuat dari olahan minyak bumi. Dimana keberadaan dari gas cair yang ada pada LPG mampu memberikan manfaat begitu besar bagi kehidupan manusia.

Untuk proses pembentukannya dilakukan dengan proses penyulingan hingga menjadikan produk gas cair yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar kendaraan.

Nah itulah ulasan mengenai bahan bakar Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus yang sudah dijelaskan secara lengkap. Mulai dari pengertian hingga perbedaan Pertamax, Pertalite dan Pertamax Plus juga sudah ada di sini penjelasannya.

Jika kamu ingin mencari buku tentang minyak bumi atau kekayaan alam, maka bisa menemukannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. Daerah Penghasil Minyak di Indonesia, dari yang Terbesar hingga Tertua
  2. Minyak Bumi: Asal-Usul, Proses Pembentukan, dan Manfaatnya
  3. Proses Pengolahan Minyak Bumi, Ini Penjelasan Lengkapnya
  4. 6 Hasil Olahan Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-Hari 
  5. Jenis Sumber Daya Alam: Contoh dan Cara Melestarikannya 
  6. Sumber Daya Alam Mineral: Pengertian, Macam & Proses 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien