Fisika

Pengertian Teori Atom Dalton, Keunggulan & Kelemahannya

teori atom dalton
Written by Laeli Nur Azizah

Teori Atom Dalton  – Apakah Grameds tahu? bahwa pada dasarnya semua hal baik material atau apapun itu yang berada di dunia ini pastilah memiliki bagian atau unsur yang paling kecil. Unsur terkecil itu apabila dibelah akan menjadi unsur paling kecil yang lebih kecil dari unsur kecil tadi. Unsur-unsur terkecil pembentuk itulah yang disebut dengan atom.

Atom tadi dianggap menjadi unsur yang menyusun materi-materi yang ada di dunia baik materi besar hingga materi terkecil sekalipun. Atom-atom yang ada di dunia ini pertama kali ditemukan dan diberi nama oleh dua orang ilmuwan ahli filsafat yang berasal Yunani. Seiring berjalannya waktu para ilmuwan-ilmuwan setelahnya pun membuat beberapa teori mengenai atom.

Teori pertama yang membahas tentang atom adalah Teori Atom Dalton milik ilmuwan fisika yang berasal dari Inggris bernama John Dalton. Nah pada artikel ini kami akan mengajak Grameds untuk membahas semua hal yang berkaitan dengan Teori Atom Dalton. Mulai dari pengertiannya, sejarah, hingga kelebihan serta kekurangan dari teori atom yang disebut sebagai teori atom tertua ini.

Sebelum membahas mengenai Teori Atom Dalton secara lebih lanjut, ada baiknya jika kami mengajak Grameds untuk mengenal apa sih itu atom dan bagaimana sejarah dari atom itu. Let’s go!

Apa Itu Atom?

Kami telah mendapatkan berbagai informasi mengenai pengertian dari atom itu sendiri. Menurut informasi yang kami peroleh, secara sederhana atom dapat diartikan sebagai unsur terkecil dari sebuah material. Atom semua materi tersebut disusun oleh unsur-unsur yang berbentuk partikel yang berukuran sangat kecil dan umumnya tidak bisa dibag-bagi menjadi beberapa bagian lagi, hingga menjadi partikel terkecil dan kita bisa menyebutnya sebagai atom. Sedangkan menurut KBBI, atom dapat didefinisikan sebagai unsur kimia yang memiliki ukuran terkecil setelah nuklir, unsur ini dapat berdiri sendiri serta dapat bergabung lalu membentuk senyawa.

Selain itu, ada beberapa pengertian mengenai atom dari ilmuwan-ilmuwan yang telah menemukan teori-teori atom.

1. Arti Atom Menurut Penemunya, Democritus dan Leucippus

Atom adalah unsur terkecil dari suatu materi yag sudah tak dapat dibagi dan dibelah menjadi unsur lain. Atom merupakan penyusun dari semua materi yang ada di dunia.

2. Arti Atom Menurut Penemu Teori Atom Dalton, John Dalton

Atom merupakan partikel paling kecil yang berada dalam suatu zat yang bersifat dan mutlak untuk tidak bisa dibagi lagi menjadi partikel yang lebih kecil menggunakan proses kimia.

3. Arti Atom Menurut Penemu Teori Atom Thomson, Joseph John Thomson

Atom merupakan partikel yang berbentuk seperti bola dengan muatan positif yang ada elektron di sekeliling bola tersebut.

4. Arti Atom Menurut Penemu Teori Atom Rutherford, Ernest Rutherford

Atom merupakan partikel terstruktur yang terdiri atas proton dan neutron yang terdapat elektron di sekelilingnya.

Seperti Apa Wujud Atom?

Dikatakan bahwa atom memiliki wujud yang berbentuk seperti lingkaran yang memiliki ukuran diameter sebesar 6-30mm. Partikel itu atau atom tersebut tidak bisa terlihat sampai saat ini. Kalau ada Grameds yang menyarankan untuk melihat atom menggunakan bantuan alat mikroskop, sangat disayangkan karena mikroskop pun tidak sanggup untuk melihat bentuk atom.

Kita hanya dapat membayangkan serta mengingat bahwa atom ini berwujud tidak berkerumun, keadaan atom benar-benar menyendiri atau bisa disebut tunggal, atom-atom tidak memiliki sifat atau karakteristik (wujud, warna, daya hantar dengan listrik, titik leleh maupun titik didih, dan lain-lain) yang berbeda satu dengan yang lainnya. Atom akan memiliki perbedaan karakteristik dan sifat apabila atom sudah bersatu dan membentuk sebuah atom yang lebih besar.

Atom memiliki pusat yang disebut dengan inti atom. Inti atom memiliki nama yang biasanya disebut dengan nucleus. Inti atom ini dikelilingi oleh 3 benda lainnya yang bernama elektron, proton, dan yang terakhir adalah neutron. Untuk elektron memiliki muatan yang bersifat negatif, proton memiliki muatan yang bersifat positif, dan yang terakhir neutron memiliki muatan netral atau muatan yang tidak bersifat baik negatif maupun positif.

Bagaimana Sejarah Atom?

Atom ditemukan oleh dua orang ilmuwan ahli filsafat asal Yunani yang bernama Democritus dan Leucippus. Kedua ilmuwan tersebut menemukan atom pada sekitar 450 tahun sebelum masehi. Ilmuwan tersebut, Democritus dan Leucippus menamai atom dari Bahasa Yunani. Mereka berdua memberi nama atom yang berasal dari kata atomos yang dalam Bahasa Yunani memiliki arti a adalah tidak dan tomos berarti terbagi. Jadi atom bisa diartikan sebagai sesuatu yang tidak terbagi.

Teori yang diungkapkan oleh kedua ilmuwan ini nyatanya tidak dapat dibuktikan dan justru malah diabaikan hingga dilupakan oleh masyarakat. Lalu setelahnya pada tahun 1803, John Dalton seorang ilmuan fisika membuat sebuah teori atom yang bernama Teori Atom Dalton.

Teori Atom Dalton

Teori atom Dalton ditemukan oleh John Dalton yang sekaligus mengawali adanya perkembangan teori atom di dunia. John Dalton membuat teori ini berpatok pada teori yang pertama yang dikemukakan oleh Democritus dan Leucippus beberapa tahun silam. John Dalton memulai bereksperimen dengan atom dan terlahirlah teori atom Dalton tersebut.

Dalam teorinya John Dalton menerangkan bahwa atom adalah zat yang sudah tidak dapat dibagi atau diuraikan lagi menjadi zat-zat yang lebih kecil. Tercatat teori atom milik John Dalton adalah teori tertua yang membahas atom.

Sejarah Teori Atom John Dalton

Awal mulanya John Dalton menyebutkan bahwa atom dapat diibaratkan sebagai blok bangunan yang tersusun untuk membentuk struktur kimia. Setelahnya John Dalton mengembangkan sebuah hukum yang dikenal dengan hukum perkembangan ganda yang dikenalkan kepada dunia sekitar tahun 1803. Pengembangan hukum tersebut didasari dengan memahami serta mempelajari dari dua ilmuwan bernama Joseph Proust dan Antonio Lavoisier.

Joseph Proust sendiri telah memiliki pengalaman dalam mempelajari serta memahami tentang oksidasi dari senyawa timah. Beliau bahkan menemukan beberapa informasi penting terkait timah, seperti massa (88,1%), kandungan oksigen dalam timah (11,9%), dan lain sebagainya yang terkait dengan timah. Setelah mempelajari ilmu timah dari Joseph, lantas Dalton langsung mencatat dan dapat menyimpulkan bahwa timah dengan berat 100 g memiliki potensi untuk bercampur dengan 13,5 g hingga 27 g oksigen. Pencampuran tersebut akan menghasilkan bentuk rasio 1 : 2.

Dalam penjelasannya, Dalton menjelaskan bahwa semua pola yang terjadi dalam beberapa percobaan yang telah ia lalui berbentuk satu atom dari senyawa timah akan memiliki potensi bergabung dengan beberapa atom oksigen. Dari teori inilah, Daltop mempercayai alasan mengapa air dapat menyerap gas dalam ukuran yang berbeda.

Setelah itu Dalton mulai memberi usulan mengenai jumlah unsur kimia, menurutnya setiap unsur kimia yang ada terdiri dari sejenis saja atom yang unik. Dalton paham bahwa unsur tersebut tidak akan bisa diubah atau dimusnahkan sekalipun dengan cara kimia. Namun mereka secara alaminya akan bergabung dan dapat membentuk senyawa.

Dalton mendapatkan teori tersebut melalui eksperimen dan pemeriksaan hasil yang benar-benar ia lalui secara empiris, dengan begitu ia menganggap bahwa teori pertamanya yang ia buat mengenai atom adalah teori yang murni ilmiah.

Bunyi Teori Atom Dalton

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah dari teori atom yang dikemukakan oleh John Dalton, pasti Grameds penasaran dengan bunyi dan inti dari teori tersebut. berikut ini bunyi dan inti dari teori atom Dalton untuk Grameds.

1. Semua materi yang ada di dunia terbentuk dari kumpulan atom dan atom sudah tidak bisa diuraikan lagi
2. Masing-masing atom yang dihasilkan dari suatu senyawa tertentu memiliki sifat, karakteristik, serta massa yang berbeda tergantung pada senyawanya.
3. Setiap senyawa memiliki atom yang berbeda-beda.
4. Adanya kedua atom dapat membentuk menjadi sebuah senyawa bahkan molekul.
5. Atom yang tidak sejenis juga dapat bergabung dan membentuk senyawa tapi atom-atom tersebut harus memperhatikan perbandingannya dan menggunakan perbandingan yang sederhana.
4. Partikel yang menyusun atom memiliki zat yang selaras.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa teori atom Dalton adalah teori pertama yang mengangkat topik tentang atom. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tentu tetaplah ada perubahan mengenai atom. Sama seperti manusia, atom juga berevolusi.

Kelemahan Teori Atom Dalton

A. Seiring dengan perkembangan zaman, jelas atom juga akan mengalami perkembangan. Didapati fakta bahwa atom dapat berubah menjadi atom unsur lainnya apabila atom tersebut mendapatkan reaksi nuklir. Ini tentu sangat bertentangan dengan pendapat Dalton dalam teorinya.

B. lagi-lagi pendapat Dalton disalahkan karena dengan adanya isotop dapat membuat setiap atom tidaklah benar-benar sama. Isotop membuktikan pada dunia bahwa atom hanya memiliki kesamaan pada nomor atomnya saja, tidak dengan massa dari atom tersebut.

C. semasa perkembangan atom sendiri telah ditemukan banyak sekali senyawa yang memiliki perbandingan bilangan yang sedikit merepotkan dimana dengan perbandingan bilangan yang tidak mudah, tidak bulat dan tidak begitu sederhana. Dengan ini, lagi-lagi dapat dengan mudah menyalahkan teori Dalton dimana beliau mengatakan bahwa perbandingan antara senyawa merupakan perbandingan yang bulat.

Kelebihan Teori Atom Dalton

Untuk kelebihannya, teori Dalton memiliki bentuk model yang mungkin membuat para ilmuan memiliki potensi dan kesempatan untuk melakukan pengembangan terhadap teori atom Dalton. Para ilmuwan akan memiliki potensi untuk memperbaiki pendapat Dalton menjadi lebih logis dari segi ilmu pengetahuan.

Selain itu, teori atom Dalton juga dapat menjadi motivasi untuk terciptanya bibit atom baru guna menutupi segala kekurangan dari model atom milik Dalton.

Teori atom terus berkembang hingga sekarang, bahkan setelah teori atom milik Dalton masih ada lagi teori atom milik Thomson, Rutherford, sera Bohr. Teori-teori tersebut membantu, mengembangkan, serta menjadi bentuk pembetulan dari teori-teori atom sebelumnya.

Nah itu dia Grameds, semua informasi mengenai teori atom milik John Dalton yang dapat kami sampaikan. Teori John Dalton memanglah masih banyak kekurangan didalamnya. Namun, teori tersebut yang menjadi awal dari semua teori yang ada pada masa ini. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan yang lebih banyak untuk Grameds, ya!

Rekomendasi Buku & Artikel

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien