in

Wisata Dan Kuliner Kulon Progo

Wisata Kulon Progo – Jika bicara Jogja, pastinya sudah ada banyak sekali tempat wisata dan kulinernya yang khas. Selain itu, salah satu daerah Jogja yang memiliki tempat wisata yang indah dan pastinya seru adalah Kulon Progo. Apakah kamu pernah mendengar daerah Kulon Progo? 

 

Bagi seseorang yang jarang ke Jogja, mungkin wilayah itu terdengar asing, tapi tenang, kamu bisa mengetahui beberapa tempat wisata di Kulon Progo melalui artikel ini. Tidak hanya tempat wisata saja, tetapi di artikel ini juga akan dibahas seputar kuliner Kulon Progo. Nah, untuk mengetahui akan hal itu, maka kamu bisa simak ulasan ini sampai selesai, ya. 

 

Wisata Kulon Progo

https://jadesta.kemenparekraf.go.id/

 

Kulon Progo memiliki tempat wisata yang unik dan cerita tersendiri yang membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung. Bahkan, wisatawan yang berdatangan bukan hanya warga lokal, bahkan sampai mancanegara. Nah, Grameds apakah sudah tahu tempat wisata Kulon Progo yang tidak boleh dilewatkan? Jawabannya ada di bawah sini, ya. 

 

1. Pantai Glagah dan Kebun Bunga Matahari di Pantai Glagah Indah

 

Pantai Glagah Indah memiliki pemandangan yang memuaskan mata yang membebaskan kita berfoto dan juga menikmati keindahan kebun bunga mataharinya, lho! Fungsinya sebagai pemecah ombak supaya tidak masuk ke dalam bibir pantai lebih jauh. 

 

Di tengah jajaran tetrapod tersebut dibangun jalan setapak panjang dari beton yang mengarah ke tengah laut. Jalan setapak ini juga memiliki fungsi sebagai akses menuju dermaga. Jika Anda dan keluarga ingin berlibur sembari foto-foto cantik yang kekinian, maka datang ke pantai ini di waktu pagi hari disaat bunga mataharinya masih segar. 

 

Pecinta senja juga akan terpesona saat matahari terbenam, karena keindahannya tanpa ada halangan apapun. Lokasinya berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

2. Kalibiru

 

Jika berlibur ke Yogyakarta, maka jangan lupa untuk mampir ke Kalibiru, sebuah wisata seru yang terletak di wisata Kulon Progo. Tepat lokasinya berada di Dusun Kalibiru, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Bagi Anda yang eksis di sosial media, maka Kalibiru sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Salah satu wisata Kulon Progo ini dilengkapi banyak spot foto yang instagramable untuk para pengunjung. Spot paling favorit yang harus dan wajib dicoba adalah anjungan dengan latar Waduk Sermo di belakangnya.

 

Akan tetapi, untuk mendapatkan foto yang cantik diperlukan sedikit usaha untuk mencapai anjungan yang terletak di pohon ini. Anda harus memanjat tangga supaya tiba di atas pohon, dan bisa berfoto cantik. Anda tidak perlu khawatir soal keamanan, karena sebelum naik, Anda akan dipasangkan sabuk pengaman terlebih dahulu oleh petugasnya. Jadi, sudah pasti aman ya!

 

3. Wisata Kebun Teh di Desa Wisata Nglinggo

 

Selain pantai, Kulon Progo memiliki wisata kebun teh yang wajib Anda kunjungi bersama teman, kekasih maupun keluarga. Jika ingin mencari suasana yang tenang dan asri, maka tempat inilah yang tepat. Setelah penat dari pekerjaan, otak Anda akan kembali fresh setelah pulang dari kebun teh ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

 

Letak wisata ini berada di Desa Wisata Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski tidak memiliki luas yang terlalu besar, tetapi kebun teh ini memiliki kontur yang berundak-undak seperti bukit dan memiliki sawah terasering. Selain itu, karena letaknya berada di perbukitan, Anda bisa menikmati pemandangan hamparan lembah serta bukit dari kejauhan.

 

4. Ayunan Langit di Pule Payung

 

Jika Anda menyukai spot foto dari ketinggian, maka ayunan langit di Pule Payung menjadi destinasi yang harus Anda kunjungi. Wisata satu ini dinamakan ayunan langit, karena ayunan yang terletak di ketinggian lebih dari 500 mdpl.

 

Bagi pengunjung yang berkunjung akan duduk di sebuah ayunan yang tergantung di bibir tebing kemudian akan diayunkan beberapa kali oleh petugas. Anda tidak perlu takut, karena sebelum duduk, para wisatawan akan dipakaikan sabuk pengaman yang akan menjaga keselamatan kita supaya tidak jatuh. Tetapi jika Anda memiliki riwayat penyakit yang membahayakan, sebaiknya jangan memaksakan yaa!

 

Selain ayunan langit, ada pula wahana lain seperti flying fox, sepeda langit, jembatan surga, dan masih banyak wahana lainnya. Jika Anda tertarik dengan wisata satu ini, lokasinya berada di Pule Payung: Dusun Soropati Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

5. Puncak Widosari

 

Pecinta sunset dan sunrise bisa Anda saksikan di Puncak Widosari. Tidak seperti yang ada di bayangan kita, puncak ini bukanlah sebuah pegunungan, melainkan bongkahan batu raksasa dan tinggi yang mirip seperti menara. Lokasinya berada di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Untuk mencapai tempat wisata Kulon Progo ini, Anda memerlukan sedikit perjuangan yaitu harus berjalan kaki melewati deretan anak tangga yang lumayan curam serta mengular. Meskipun memacu adrenaline, Anda juga bisa menyaksikan sunrise dan sunset serta indahnya Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan pesisir pantai selatan Yogyakarta.

 

6. Air Terjun Kembang Soka

 

Saat Anda berkunjung ke air terjun Kembang Soka akan disambut dengan derasnya aliran air dan udara yang sejuk. Jalur air terjun ini juga memiliki beberapa tingkatan, sehingga saat air jatuh akan menjadi nilai lebih tentang  keindahan tersendiri.

 

Disana juga disediakan ayunan bagi Anda yang ingin duduk dan berfoto dengan pemandangan air terjun. Jika Anda dan keluarga tidak membawa makanan, tenang saja, disana lengkap dengan warung makan yang tersedia berbagai makanan termasuk gudeg khas dari Yogyakarta. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi air terjun kembang soka di Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

7. Goa Kebon

 

Tempat wisata kali ini berada di kawasan kebun atau pekarangan yang rimbun dengan aneka tanaman dan pepohonan sehingga tidak banyak orang yang tahu. Lokasi lengkapnya berada di Krembangan, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut dengan anak tangga yang menurun dan tentunya Anda harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai ke mulut Goa Kebon. Sesampainya di mulut goa, Anda akan disuguhi dengan gemericik air dari aliran air terjun yang jernih dan segar.

 

Selain itu, yang menarik dari Goa Kebon bukan hanya pemandangannya yang cantik, tetapi juga sumber air di air terjunnya di klaim tidak pernah mengering meskipun memasuki musim kemarau. Terdapat batu stalaktit dan stalakmit yang bisa menjadi latar belakang pengunjung untuk berfoto-foto. Wah seru sekali ya.

 

8. Wildlife Rescue Center

 

Wisata satu ini sedikit berbeda. Jika Anda penyuka binatang atau ingin mengenalkan binatang ke anak, maka Wildlife Rescue Center jawabannya. Di sana, Anda bisa bertemu dengan berbagai macam hewan liar maupun hewan yang langka. Tempat ini juga dijadikan sebagai tempat perawatan hewan-hewan liar, makanya tidak heran jika berbagai hewan terdapat disini.

 

Tempat ini sangat bagus, dimana organisasi disana akan merawat hewan-hewan liar yang hampir punah. Anda juga akan diberikan edukasi tentang binatang liar. Tertarik? Alamat lengkapnya berada di Jl. Pengasih-Nanggulan, Derwolo, Sendangsari, Kec. Pengasih, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

9. Rafting Kalibawang

 

Jika Anda termasuk penyuka tantangan dan wahana air yang ekstrim, maka jangan melewatkan wisata Kulon Progo ini. Anda bisa menikmati berbagai keseruan untuk meningkatkan adrenalin. Sambil bermain air, Anda juga bisa menikmati keindahan tebing-tebing yang mengelilingi sekitaran sungai.

 

Selama mengarungi derasnya aliran sungai ini, akan ada pemandu yang menemani Anda di bagian depan dan belakang kapal. Anda tidak perlu khawatir, karena sungai Progo juga sudah melalui beberapa uji tes kelayakan untuk wisata arung jeram. Lokasi lengkapnya berada di Kisik Kreo, Banjararum, Kec. Kalibawang, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

 

Kuliner Kulon Progo

kompasiana.com/Gabby Indrawati

 

Nama Kulon Progo berarti sebelah barat di Sungai Progo. Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah Timur Yogyakarta. Tidak hanya terkenal dengan kulinernya, tetapi juga tempat wisatanya yang patut untuk Anda kunjungi.

 

Selain wisatanya, kuliner atau makanan rakyat yang populer dan yang biasa dikonsumsi oleh warga Kabupaten Kulon Progo, khususnya bagi penduduk lokal yang sering disebut Jajan pasar, seperti:

1. Geblek

 

Jajanan satu ini hanya dijual secara eksklusif dalam wilayah Kabupaten Kulon Progo saja.

 

Makanan satu ini terbuat dari pati singkong, tepung tapioka basah, atau tepung kanji. Cara membuatnya pun terbilang membutuhkan ketelatenan yang ekstra, hal inilah yang menjadi alasan banyaknya orang yang memilih untuk membeli ketimbang membuat.

 

Geblek memiliki citarasa khas, yang kenyal dan berwarna putih. Bentuk geblek sekilas mirip seperti angka 8. Ketahanan geblek mencapai 4-5 hari. Hal inilah yang membuat makanan geblek menjadi salah satu oleh-oleh favorit khas Kulon Progo. 

 

Rasa geblek ini gurih dan ditambahkan tekstur yang unik untuk memberikan sensasi rasa tersendiri. Geblek sangat cocok disajikan saat butuh kehangatan dan ditemani dengan secangkir kopi maupun teh hangat.

 

2. Growol

 

Growol berbahan dasar dari singkong yang memiliki kandungan karbohidrat yang dapat mengenyangkan. Pada zaman dahulu, makanan tradisional ini menjadi makanan andalan bagi masyarakat desa di Kulon Progo untuk menghilangkan rasa lapar, khususnya bagi para petani.

 

Growol dijadikan sebagai pengganti nasi saat petani memanen padi di sawah atau saat terjadi musim paceklik atau krisis pangan. Makanan yang satu ini dibuat dari ketela, sehingga memiliki rasa yang sedikit asam. Tekstur singkong atau ketela yang keras, tentunya mempengaruhi kualitas dari growol ini. 

 

3. Tempe Benguk

 

Tempe benguk ini sangat populer di wilayah Kulonprogo dan Magelang saat Indonesia mengalami krisis tempe, pada tahun 1965. Bahan utama tempe benguk adalah kacang koro yang bentuk kacangnya lebih besar dibandingkan kedelai. Dalam pembuatannya, tempe benguk ini hampir sama saat akan membuat tempe seperti biasanya.

 

Akan tetapi, tempe benguk membutuhkan waktu yang lama dan juga memerlukan kehati-hatian. Dalam proses pembuatannya, yang pertama, tempe harus direndam terlebih dahulu selama sekitar dua hari. Hal ini dilakukan supaya dapat menghilangkan bau apek pada kacang benguk dan juga dapat membuat kacang lebih lunak. Selanjutnya, kacang direbus sampai matang dan didinginkan.

 

Kemudian kacang tersebut dicampur dengan ragi dan dibungkus menggunakan daun sampai tempe benar-benar jadi. Anda bisa menyantap tempe benguk dengan cara digoreng terlebih dahulu dengan bumbu atau digoreng dengan tepung seperti tempe mendoan. 

 

4. Peyek Undur-Undur

 

Peyek merupakan makanan sejenis kerupuk yang bisa dijumpai di mana saja, tetapi peyek khas Kulon Progo biasa dijumpai di pesisir pantai. Bahan utama peyek ini adalah undur-undur laut. 

 

Dalam hal ini, daun jeruk berfungsi untuk menghilangkan bau amis. Makanan khas pesisir pantai ini dipercaya memiliki khasiat dapat menjaga kesehatan, menurunkan gula darah dan mampu mengobati beberapa penyakit seperti Diabetes Melitus dan stroke.

 

Demikian pembahasan seputar tempat wisata dan juga kuliner. Semoga semua pembahasan di atas memudahkan kamu dalam memilih tempat wisata ketika berkunjung ke Kulon Progo. 

 

Jika ingin mencari buku seputar Jogja, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/wisata-kulon-progo
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kulon_Progo
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/30/growol-khas-kulon-progo-alternatif-makanan-pokok-yang-baik-untuk-kesehatan
  • https://www.inews.id/amp/travel/kuliner/mengenal-kuliner-legendaris-khas-kulonprogo-ada-tempe-benguk-yang-langka
  • https://explorekulonprogo.wordpress.com/2019/01/02/tentang-kulon-progo/
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/30/growol-khas-kulon-progo-alternatif-makanan-pokok-yang-baik-untuk-kesehatan
  • http://kekenyangan.blogspot.com/2012/06/peyek-undur-undur.html
  • https://www.sonora.id/read/423087016/9-rekomendasi-wisata-kulon-progo-yang-wajib-anda-kunjungi-bersama-keluarga?page=all

 

Rekomendasi Buku Terkait

Ngelencer Ke Yogyakarta

 

Buku Ngelencer ke Yogyakarta bersama Chef Vindex Tengker ini merupakan buku yang memberikan sajian tema hidangan khas dari daerah Yogyakarta. Karena seperti kita ketahui, Yogyakarta memiliki daya pikat yang begitu besar termasuk di dalamnya yakni Kuliner khas daerah tersebut. 

 

Chef Vindex Tengker berusaha mengajak para pembaca untuk turut melestarikan kuliner khas daerah Yogya, karena hidangan Yogyakarta memiliki kontribusi besar terhadap kekayaan bangsa, maka dari itu, kita wajib untuk menjaganya.

 

Kuliner Yogyakarta – Pantas Dikenang Sepanjang Masa

Cerita tentang Yogyakarta selalu unik dan menarik, dipenuhi dengan sejarah masa lalu, masyarakat yang masih berbudaya, tradisi yang masih terjaga, serta kuliner eksotis dan nikmat yang selalu meninggalkan kenangan bagi siapapun yang datang ke daerah Istimewa ini.

 

Buku yang disusun oleh Prof. Murdijati Gardjito dan tim dari Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM ini terdiri beberapa bab, seperti

  • Pola makan tradisional masyarakat Yogyakarta yang masih terjaga, pasar tradisional sebagai pusat perekonomian masyarakat, tempat bersosialisasi, tempat wisata, dan mempertahankan eksistensi makanan tradisional.
  • Sesaji, selamatan, kenduri, dan kelengkapannya.
  • Lebih dari 500 resep khas Yogyakarta, terdiri dari kuliner sehari-hari masyarakat Yogyakarta yang dibagi menjadi makanan rumahan dan makanan yang biasa dijual di warung-warung dan masing-masing terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, kudapan, dan minuman.

 

Travel Easy, Travel Happy

Traveling atau bepergian kini lebih dari sekadar hobi, seringnya digunakan orang-orang sebagai sarana untuk melepas penat akibat stres karena pekerjaan, bisnis, gaya hidup, dan lain sebagainya. 

 

Buku kecil ini mudah dibawa ke mana saja sehingga mampu menemani kamu di setiap rencana perjalanan. Dapatkan segera bukunya di gramedia.com.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean