in

Rekomendasi Tempat Wisata Bogor

 

Tempat wisata di Bogor – Awal tahun pastinya dibuka dengan semua pekerjaan yang begitu memusingkan kepala. Salah satu alternatif untuk kamu melepaskan rasa lelah tersebut adalah liburan atau staycation di tempat yang membuatmu merasa tenang.

Saat ini juga sedang populer tentang work from cafe (WFC), tetapi memang tidak semua kantor masih mengizinkan kamu untuk work from home (WFH), yang membuat kamu bisa pergi ke cafe untuk bekerja.

Untuk menyejukkan pikiran kamu dari kepusingan pekerjaan, kamu tak harus pergi yang jauh-jauh loh. Hanya di daerah sekitar JABODETABEK saja kamu bisa merasa lebih baik. Salah satu tempat yang pastinya sudah tak asing lagi untuk wisata adalah kota Bogor.

Sebelum masuk membahas tempat wisata, tempat staycation, dan cafe yang ada di Bogor, terdapat beberapa alasan mengapa Bogor menjadi salah satu tempat wisata yang menyenangkan. Alasan yang pertama adalah karena jaraknya yang terbilang cukup dekat dengan daerah ibu kota.

Perjalanan cukup ditempuh dengan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam, menggunakan kendaraan darat tentunya. Tak hanya itu, Bogor juga memiliki tempat wisata yang begitu menarik. Mulai dari alam sampai ke tempat-tempat nongkrongnya juga.

Banyak sekali pilihan yang bisa kamu tuju saat menuju Bogor, dari yang suasananya sangat alam sampai kepada lokasi yang lebih modern.

Alasan lain mengapa Bogor menjadi kota yang banyak dikunjungi lainnya adalah karena kuliner khasnya yang juga banyak diminati oleh para wisatawan.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi di kota Bogor, untuk melepaskan penat dan healing dari padatnya aktivitas di ibu kota.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Bogor

sendywulandh/Pixabay.com

1. Taman Safari Bogor

Siapa yang tak kenal dengan tempat ini? Salah satu tempat wisata dan tempat edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Taman Safari yang ada di Bogor memiliki luas kurang lebih 168 hektar, dengan jenis satwa yang begitu beragam.

Tak hanya menikmati keanekaragaman jenis satwa yang ada di sana, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Taman Safari.

Ada fasilitas untuk menikmati keindahan malam Taman Safari (Safari malam) dan memberikan makan ditemani oleh petugas, atau bisa juga dengan menikmati fasilitas tempat makan yang ada di sana.

Taman safari sendiri biasanya menjadi tempat rekomendasi yang asik untuk liburan bersama keluarga. Namun, tak jarang para pasangan muda pun kerap kali mengunjungi Taman Safari untuk menikmati liburannya bersama orang yang terkasih.

Oh ya, harga tiket masuk di sini juga terbilang cukup affordable loh. Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau mau mengunjungi tempat wisata yang satu ini.  Keunikan yang ada pada Taman Safari Bogor, salah satunya adalah wisata malamnya yang biasa disebut dengan Safari Malam.

Pada umumnya, waktu yang tepat untuk mengunjungi kebun binatang adalah pagi hingga sore hari, wisata Safari Malam ini akan menantang adrenalin kamu dengan melihat aktivitas hewan-hewan nokturnal di malam hari.

Menjelajahi Indonesia, rasanya akan semakin lengkap apabila kita sudah mengetahui tempat wisata yang akan dituju. Namun, tak sedikit orang yang sudah mengetahui rekomendasi tempat wisata Indonesia. Tenang, dalam buku Jelajah Wisata Nusantara, pembaca akan mengetahui rekomendasi tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan.

 

Kamu bisa melihat bagaimana harimau, binturong, dan hewan-hewan nokturnal lainnya melakukan aktivitasnya pada malam hari. Biasanya, suasana akan terasa menyenangkan saat melihat aktivitas hewan-hewan tersebut.

Namun, lain hal ketika kamu melihatnya pada malam hari. Suasana yang lebih dingin, terasa semakin mencekam dan mengerikan. Jika kamu memiliki jiwa adrenalin yang tinggi, mungkin kamu akan senang saat mengunjungi Safari Malam.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu fasilitas unik dari Taman Safari ini?

 

2. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Siapa yang saat ini bermimpi bisa melihat keindahan bunga sakura yang bermekaran? Tak perlu khawatir dan pergi jauh-jauh ke negara Jepang hanya untuk melihat keindahan pohon dengan bunga yang satu ini. Ternyata Indonesia memiliki tempat untuk menyaksikan keindahannya loh.

Kalian pasti bingung dan bertanya-tanya tentang hal ini. Bagaimana bisa bunga sakura bermekaran di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim? Sementara bunga sakura biasa tumbuh dan bersemi di negara yang memiliki 4 musim, seperti Jepang.

Yap, salah satu tempat yang berhasil membuat pohon bunga sakura bermekaran dengan indah adalah di Kebun Raya Cibodas. Kamu bisa menyaksikan keindahan bunga ini pada bulan Januari, Februari, Juli, dan Agustus.

Keempat bulan ini adalah pilihan waktu yang sangat cocok sebagai pilihan waktu liburan di taman Sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas. Aktivitas rekomendasi yang bisa kamu lakukan saat berada di Taman Sakura tersebut adalah piknik.

Jika sering menonton drama Korea atau Jepang dan berandai-andai ingin menikmati keindahan sakura sambil mengobrol santai dengan orang terkasih, maka kamu bisa mencobanya di Taman Sakura ini.

Hal yang bikin penasaran tentang Taman Sakura ini adalah jam operasional dan juga tarif masuknya.

Taman Sakura ini buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB dengan tarif masuknya sebesar Rp.10.000,- per orangnya. Jadi, apakah kamu siap untuk menikmati suasana keindahan bunga sakura seperti di Jepang?

 

3. Rafting di Sungai Cisadane

Siapa yang suka dengan tantangan? Mungkin kegiatan ini adalah aktivitas yang sangat cocok untuk kamu! Yap, rafting. Bagi sebagian orang, cara untuk melepaskan penat dan kebisingan ibu kota adalah dengan melakukan adventure.

Bogor sendiri tak hanya dipenuhi dengan berbagai wisata air terjun (curug) yang begitu indah, tetapi juga wisata outbond yang menyenangkan. Rafting di sungai Cisadane ini memang cukup menantang. Pasalnya, keelokan dan jeram-jeram dari sungai Cisadane ini akan menguras habis tenaga kamu tanpa tersisa sedikitpun.

Saat menantang adrenalis dalam lintasan rafting sungai ini, kamu tak hanya disuguhkan dengan kerasnya dan rumitnya area perjalanan. Namun, kamu juga akan disuguhkan oleh pemandangan sekitar yang begitu menyejukkan pikiran dan suasana hati.

Tempatnya begitu damai, yang membuat siapapun yang mengunjunginya akan terpikat dan terbuai dengan alamnya. Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan beberapa satwa liar yang sedang melakukan aktivitas di pinggir sungai loh. Kapan lagi menyaksikan hewan liar secara langsungkan?

Buat kamu yang tertarik dengan liburan di tempat wisata yang satu ini, kamu bisa mengunjungi desa Ciadeg di Kecamatan Cigombong ya. Dengan biaya Rp.150.000,- sampai Rp.250.000,- (tergantung jarak tempuh dari rafting yang diinginkan), kamu sudah bisa melepaskan penat dan bersenang-senang bersama kawan-kawan terkasihmu.

Jadi, jangan lupa untuk dicoba ya!

Beberapa tempat wisata yang ada di Indonesia merupakan tempat bersejarah dan biasanya berupa bangunan lama. Namun, apakah kamu sudah mengetahui tempat wisata Nusantara dengan bangunan lama yang sampai saat ini masih populer? Untuk mengetahui hal itu, maka kamu bisa mendapatkannya pada buku 12 Wisata Pusaka Budaya Nusantara.

3. Paragliding oleh Fly Indonesia, Puncak Bogor

Undangan kembali tersebar untuk kamu yang senang dengan aktivitas yang menantang. pada pembahasan kali ini akan disuguhkan dengan Paragliding yang dilaksanakan di Bukit Paralayang, Bogor.

Aktivitas ini didukung dan dilayani oleh Fly Indonesia yang akan membantu kamu saat ingin melakukan paragliding. Paragliding adalah aktivitas olahraga bebas yang menggunakan parasut untuk lepas landas yang dibantu oleh kaki.

Mungkin kamu lebih mengenal aktivitas olahraga ini dengan sebutan paralayang. Terbang di awan sambil menikmati indahnya alam. Terdengar sangat menyenangkan, bukan? Tarif untuk memasuki tempat ini hanya sebesar Rp.13.000,- saja loh.

Namun, untuk melakukan aktivitas lain dengan layanan tertentu, kamu bisa dikenakan biaya tambahan yang sesuai dengan layanan yang kamu pilih ya. Untuk jam operasional dari bukit Paralayang ini adalah pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Buat kamu yang mungkin takut dengan aktivitas menegangkan seperti paragliding, di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan sawah, danau, dan pemukiman warga dari ketinggian bukit loh. Jadi, ini wisata ini dapat dinikmati oleh segala kalangan.

Kapan lagi menikmati keindahan danau dan persawahan dari tempat yang tinggi dengan suasana sejuk yang menenangkan hati? Wisatawan dari ibukota pasti menyukai berada di tempat ini. Jadi, jangan lupa untuk di kunjungi ya!

 

4. The Lake House, Puncak – Bogor

Jika tadi sudah banyak wisata dengan tema alam. Maka kali ini akan membahas tentang cafe yang memiliki suasana nyaman dan indah untuk bekerja atau sekedar berbincang hangat dengan kerabat.

Salah satu tempat unik yang ada di Bogor untuk nongkrong adalah The Lake House. Dinamakan sebagai The Lake House karena konsep dari tempat makan ini sangat unik, dimana kamu seakan-akan sedang berada di sekitar sungai.

Keunikan dari tempat makan ini adalah lingkungan outdoor yang begitu memikat. Area tersebut berada tepat di tengah sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Oh ya, kamu tak perlu khawatir akan merasa kepanasan dan terkena terik matahari.

Hal ini dikarenakan tempat outdoor tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan asri, sehingga suasana di tempat itu sangat menyejukkan. Jika kamu ingin pergi dengan outfit terbaik, mungkin ini adalah salah satu tempat yang cocok.

Bagi kamu yang khawatir tidak dapat tempat di outdoor, The Lake House ini juga memiliki tempat indoor sampai dua lantai loh. Jadi, pasti kebagian tempat duduknya.

Menu makanan yang disajikan oleh The Lake House ini juga sangat beragam, mulai dari western, asian hingga menu lokal lain yang menjadi ciri khas kota Bogor.

Tertarik untuk datang dan melihat langsung indahnya tempat makan ini? Yuk, datang ke wisata tempat makan The Lake House, di Bogor.

 

4. De’ Kendor Hambalang

Rekomendasi cafe lain yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah De’ Kendor Hambalang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang pergi dengan tujuan healing, menghilangkan kepenatan pekerjaan dengan melihat suasana yang indah. Pasalnya, ketika datang ke tempat ini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu romantis dan menenangkan.

Lokasi dari De’ Kendor Hambalang ini berada di rooftop yang langsung disuguhkan dengan indahnya pemandangan gunung dan pepohonan hijau yang membentang lingkungan sekitarnya.  Waktu terbaik saat duduk di tempat ini adalah sore hari.

Dimana kamu bisa dengan jelas menyaksikan keindahan matahari tenggelam di antara gunung dan pepohonan yang lebat. Tempat ini berlokasi di Hambalang, Citeureup, Bogor dengan jam operasional 09.00 sampai 21.00 WIB, hari Senin sampai Jumat, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

De’ Kendor Hambalang ini sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin healing bersama dengan pasangan. Bayangkan kamu bisa menikmati matahari terbenam yang dihiasi langit senja, dengan suasana sejuk dan tenang? Sangat romantis sekali.

Tiket masuk ke De’ Kendor memiliki kisaran harga Rp.10.000,- sampai Rp.30.000,-. Yuk, datang ke De’ Kendor, dijamin bakal susah move on!

5. Pasar Ah Poong, Bogor

Sehabis jalan-jalan menghilangkan penat, sudah waktunya untuk kembali ke dunia nyata, dimana harus pulang dan bekerja. Sebelum kembali melaksanakan semua aktivitas padat di ibukota. Alangkah lebih baik jika kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Tempat rekomendasi terakhir yang menjadi penutup perjalanan healing kamu, yaitu Pasar Ah Poong. Pasar apung sendiri berlokasi di Sentul, Bogor yang menyediakan wisata kuliner dengan konsep yang menarik.

Tak hanya wisata kuliner, wisatawan yang mengunjungi tempat ini juga bisa berbelanja kepada para penjual yang menggunakan perahu. Bahkan, kamu juga bisa belanja dan keliling menggunakan perahu loh.

Pada Pasar Ah Poong, kuliner yang disediakan juga beraneka ragam. Tentunya, yang tak boleh terlewatkan adalah kuliner nusantara yang khas. Makanan tradisional daerah Sunda yang masih autentik banyak ditemui di pasar ini.

Selain tempat kuliner dan berbelanja, ternyata pasar Ah Poong ini menjadi salah satu tempat yang bisa membuat kamu membawa banyak sekali oleh-oleh foto. Lokasi dan suasana jembatan gantung yang ada di sana pastinya akan menghipnotis para wisatawan untuk berhenti dan berfoto ria.

Siapa yang tertarik untuk berbelanja dan menikmati wisata unik yang satu ini?

Yap, demikianlah 5 rekomendasi tempat wisata yang ada di Bogor. Di daerah Bogor, kamu bisa mendapatkan banyak hal, salah satunya adalah tempat berwisata.

Ingin pergi wisata dengan tema olahraga dengan pemandangan yang luar biasa, tentu saja kamu bisa langsung rafting dan paralayang. Jika kamu ingin healing atau work from cafe, kamu bisa pergi ke The Lake House dan juga De’ Kendor Hambalang.

Ingin pergi wisata unik dan berbelanja, tentu saja di Pasar Ah Poong. Jadi, jangan lupa pilih tempat wisata terbaik kamu di Bogor ya. Selain penuh dengan keanekaragaman wisatanya, ternyata bogor memiliki makanan khas yang wajib untuk kamu coba.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan yang wajib kamu coba.

  • Baso bening yang ada di tempat kuliner Surya Kencana.
  • Bir Kocok khas Bogor.
  • Batapong.
  • Ngo Hiang Gang Aut.
  • Doclang.
  • Cungkring khas Bogor.
  • Dan lain-lainnya.

Indonesia, memang dikenal dengan makanan pokoknya, yaitu beras. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali makanan yang cocok sebagai pendamping beras, apa saja itu? Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui banyak resep Nusantara pendamping beras, maka bisa dengan membaca buku 550 Pesona Kuliner Nusantara Pendamping Beras.

 

Jadi, saat kamu berkunjung ke Kota Hujan alias Bogor, jangan lupa juga kunjungi wisata kulinernya ya. Banyak sekali makanan khas Bogor yang enak dan bikin ketagihan loh. Selain bisa dinikmati langsung di Kota Bogornya, kamu juga bisa menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa untuk kerabat di rumahmu.

Untuk mengetahui informasi tentang kuliner khas Bogor, kamu bisa membaca artikelnya di sini ya.

Jangan lupa juga untuk kunjungi laman dari Gramedia.com dan dapatkan banyak informasi tentang wisata dari kita-kota lain di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat pergi liburan dan healing.

Selain itu, di Gramedia.com tersedia banyak sekali rekomendasi buku menarik, yang membuat kamu semakin luas wawasannya. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan rekomendasi di atas dapat membantu kamu dalam memilih wisata yang ingin kamu kunjungi.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Mega

Rujukan:

  • Tempat Wisata di Bogor: 31 Paling Hits & Unik Tahun Ini (anekatempatwisata.com)
  • 20 Cafe Tempat Nongkrong di Bogor, Hits dan Instagramable (idntimes.com)


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean