in

7 Daftar Negara Afrika dengan Wilayah Terbesar dan Keunikannya!

Sumber: www.gramedia.com

Negara Afrika – Dunia ini dibagi menjadi beberapa bagian besar yang disebut dengan istilah benua. Salah satu benua yang memiliki negara-negara dengan ukuran terluas adalah Benua Afrika.
Bicara tentang Benua Arika tentunya Anda juga tak asing. Sebab, ajang olahraga sepak bola terbesar yaitu Piala Dunia 2010 diadakan di negara Afrika Selatan yang juga merupakan negara bagian dari Benua Afrika.

Selain negara Afrika bagian selatan, Benua Afrika juga memiliki beberapa negara luas lainnya. Nah, jika Anda belum tahu apa saja daftar negara terluas di Benua Afrika, maka penjelasan dalam artikel ini bisa membantu. Jadi, simak ulasan pada artikel ini sampai habis, Grameds.

Daftar Negara Terbesar di Benua Afrika

Algeria (Aljazair), 2.381.741 km2

negara afrika
Sumber: en.wikipedia.org

Negara terluas di Benua Afrika yang pertama adalah negara Algeria atau yang bisa juga dikenal sebagai Demokratik Rakyat Aljazair. Negara Algeria memiliki arti kepulauan yang mengacu pada empat pulau yang tak jauh letaknya dari ibu kota Aljir.

Selain berada di dekat dengan Laut Tengah, Afrika Utara. Algeria juga berbatasan langsung dengan beberapa negara lainnya, seperti pada bagian timur akan berbatasan dengan negara Libya. Lalu, pada bagian barat berbatasan dengan Negara Maroko.

Selanjutnya, pada bagian barat daya berbatasan dengan negara Sahara Barat, Mali, dan Mauritania. Sedangkan di bagian tenggara berbatasan dengan negara Niger dan bagian utara berbatasan dengan Laut Tengah.

Sumber perekonomian utama dari negara Algeria adalah dengan mengandalkan sumber daya minyak bumi yang telah menjadi perusahaan minyak terbesar di Afrika. Berikutnya adalah tentang sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Algeria adalah sistem Republik semi presidensial dengan kepala negaranya dipimpin oleh seorang presiden dan perdana menteri yang menjabat sebagai kepala pemerintahan.

Dalam kehidupan sehari-hari, bahasa resmi yang digunakan dalam negara Algeria adalah Arab dan Berber.

Makanan Khas Negara Algeria

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi negara Algeria tentunya tak boleh melewatkan wisata kulinernya. Sama seperti negara lain pada umumnya, negara Algeria juga memiliki makanan khas yang tentunya tak boleh Anda lewatkan. Beberapa makanan khas dari negara Algeria adalah sebagai berikut.

  1. Couscous
  2. Tajin Zitoun
  3. Kesra
  4. Mhajeb
  5. Dolma
  6. Rechta
  7. Chorba Frik
  8. Harira
  9. Chtitha Batata
  10. Borek

Destinasi Wisata Populer di Negara Algeria

Tak hanya kaya akan wisata kulinernya saja, negara Algeria juga kaya akan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berada di negara Algeria. Lantas apa saja daftar wisata populer di negara Algeria? Berikut daftar destinasi wisata populer di negara Algeria.

  1. Ghardaia
  2. Atakor
  3. Algiers
  4. Oran
  5. Annaba

Republik Demokratik Kongo, 2.344.858 km2

negara afrika
Sumber: wikiwand.com

Sebelum menjadi Republik Demokratik Kongo, negara tersebut memiliki nama Zaire pada tahun 1971 hingga 1977. Republik Demokratik Kongo juga menjadi salah satu negara terluas yang ada di Benua Afrika lebih tepatnya di Afrika Tengah.

Republik Demokratik Kongo juga berbatasan langsung dengan beberapa negara lainnya. Di sebelah utara berbatasan langsung dengan negara Sudan Selatan dan Republik Afrika Tengah. Lalu, pada bagian selatan berbatasan langsung dengan negara Angola dan Zambia. Di sebelah barat berbatasan langsung dengan Republik Kongo dan di sebelah timur berbatasan langsung dengan negara Uganda, Rwanda, Burundi, dan Tanzania.

Kinshasa adalah ibu kota dari negara Republik Demokratik Kongo. Sedangkan untuk bahasa nasional yang digunakan pada negara Republik Demokratik Kongo adalah Kongo, Lingala, Swahili, Tshiluba dan bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Prancis.

Sumber daya alam Republik Demokratik Kongo terbilang cukup berlimpah. Mulai dari emas, koltas, uranium, berlian, kobalt dan minyak bumi. Saat ini, kobalt kerap digunakan sebagai bahan pembuatan baterai berteknologi tinggi pada ponsel seperti iphone hingga mobil listrik milik Tesla.

Makanan Khas Republik Demokratik Kongo

Setelah mengetahui gambaran umum dari Republik Demokratik Kongo, berikutnya kita akan mempelajari bersama apa saja makanan khas dari Republik Demokratik Kongo. Informasi ini begitu penting sekali bagi Anda ketika ingin berkunjung ke Republik Demokratik Kongo. Berikut adalah penjelasan akan makanan khas dari Republik Demokratik Kongo.

  1. Maboké Fish Stew (Cat Fish)
  2. Saka Saka atau Pondu
  3. Moambe Chicken ( mossaka)

Destinasi Wisata Populer Republik Demokratik Kongo

Tak hanya memiliki makanan khas saja, tetapi Republik Demokratik Kongo juga memiliki beberapa destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke negara tersebut. Dalam poin ini sudah tersedia 10 destinasi wisata Republik Demokratik Kongo yang bisa Anda kunjungi.

  1. Kinshasa
  2. Lola Ya Bonobo
  3. Taman Nasional Kahuzi Biega
  4. Gunung Api Nyiragongo
  5. Taman Nasional Virunga
  6. Danau Kivu
  7. Taman Nasional Garamba
  8. Taman Nasional Salonga
  9. Suaka Margasatwa Okapi
  10. Maiko

Sudan, 1.861.484 km2

negara afrika
Sumber: id.wikipedia.org

Selanjutnya, ada negara Sudan yang berada di bagian timur laut Benua Afrika. Sudan juga termasuk ke dalam salah satu negara terluas di Benua Afrika. Negara Sudan memiliki ibu kota di Khartoum, yang mana juga menggunakan sistem pemerintahan presidensial.

Pada bagian timur, Sudan berbatasan dengan negara Eritrea. Lalu untuk bagian tenggara, Sudan berbatasan dengan negara Ethiopia. Sedangkan pada bagian barat daya, Sudah berbatasan dengan negara Afrika Tengah.

Bagian barat, Sudan berbatasan dengan negara Chad. Bagian barat laut, negara Sudan berbatasan langsung dengan negara Libya. Di bagian utara berbatasan dengan negara Mesir dan di bagian timur laut berbatasan dengan Laut Merah.

Negara Sudan juga dilewati oleh Sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil. Hal ini tak lain karena negara Sudah bersebelahan dengan Negara Mesir. Hal yang menjadikan negara Sudan menarik adalah adanya banyak piramida di negara tersebut.

Ada sekitar 220 piramida atau setara dengan dua kali jumlah piramida di Mesir. Sudan juga lebih banyak dikenal sebagai penghasil Gum Arabic terbesar di dunia yaitu sekitar 70 persen berasal dari negara tersebut. Perlu diketahui jika Gum Arabic atau Acacia Gum memiliki banyak manfaat di dalamnya seperti bisa digunakan untuk obat-obatan, kosmetik, semir sepatu hingga emulsifier pada minuman ringan di seluruh dunia.

 

Makanan Khas Negara Sudan

Sama seperti negara lainnya, negara Sudan memiliki makanan khas yang tentunya bisa Anda coba ketika sedang berada di negara tersebut. Bahkan, beberapa rekomendasi makanan yang ada di bawah ini juga begitu cocok disantap ketika berbuka puasa. Apa saja itu makanan khas negara Sudan? Berikut adalah daftar lengkapnya.

  1. Asida
  2. Syurbah
  3. Nuaimiah
  4. Ful Medames
  5. Salatah Tomatim Bel Daqua

Destinasi Wisata Populer Negara Sudan

Berkunjung ke negara Sudan rasanya tak lengkap jika Anda tak menjelajahi berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan negara tersebut. Ada beberapa daftar rekomendasi wisata negara Sudan yang bisa Anda kunjungi ketika berada di negara tersebut. Apa saja daftar destinasi wisata populer di negara Sudan? Destinasi wisata populer di negara Sudah, antara lain.

  1. Meroe
  2. Kassala
  3. Taman Nasional Dinder
  4. Jebel Marra
  5. Taman Nasional Sanganeb
  6. Taman Nasional Boma
  7. Cadangan Game Kidepo
  8. Taman Nasional Nimule
  9. Taman Nasional Radom
  10. Ez Zeraf Game Reserve

Libya, 1.759.540 km2

negara afrika
Sumber: id.wikipedia.org

Negara terluas di Benua Afrika yang berikutnya adalah negara Libya. Libya sendiri beribukota di kota Tripoli. Saat ini, Libya terbagi menjadi dua bagian yaitu sisi bagian barat dengan dukungan PBB yang berada di ibu kota Tripoli dan untuk pada bagian timur berada di Benghazi yang dipimpin oleh Jenderal Khalifa Haftar seorang tentara loyal Khadafi. Ia juga membentuk Tentara Nasional Libya atau LNA yang berhasil menguasai sepertiga negara Libya termasuk pada area lahan minyak bumi.

Pada bagian timur, negara Libya berbatasan langsung dengan negara Mesir. Lalu pada bagian tenggara, berbatasan langsung dengan negara Sudan. Sedangkan bagian selatan dari negara Libya berbatasan langsung dengan negara Chad dan Niger.

Sisi barat, Libya berbatasan dengan negara Tunisia dan Aljazair atau Algeria. Kemudian, pada bagian utara, negara Libya berbatasan dengan Laut Tengah.

 

Makanan Khas Negara Libya

Berkunjung ke negara Libya tentunya tak boleh melewatkan makanan khasnya. Namun tak semua orang tahu apa saja makanan khas dari negara Libya. Tak perlu bingung jika Anda belum tahu apa saja makanan khas dari negara Libya.

Sebab dalam poin ini akan dijelaskan daftar makanan khas negara Libya. Lalu apa saja makanan khas negara Libya? Berikut beberapa makanan khas negara Libya.

  1. Kufta Bil Batinjal
  2. Shakshouka
  3. Bazin
  4. Hasa Adas
  5. Basbousa Bil Tamr
  6. Salata Mashwiya

Destinasi Wisata Populer Negara Libya

Negara Libya tak hanya memiliki makanan khas yang bisa Anda cicipi ketika berada di negara tersebut. Namun, negara Libya juga memiliki destinasi wisata populer yang tentunya tak boleh Anda lewatkan. Berikut adalah destinasi wisata negara Libya yang bisa Anda kunjungi.

  1. Tripoli
  2. Leptis Magna
  3. Benghazi
  4. Cyrene
  5. Ghadames
  6. Ghat
  7. Sabratha
  8. Sirte
  9. Tobruk
  10. Misrata
  11. Waw an Namus
  12. Msallata
  13. Al Jawf
  14. Waddan
  15. Sabha

Chad, 1.284.000 km2

negara afrika
Sumber: id.wikipedia.org

Chad juga menjadi salah satu negara terbesar di Benua Afrika. Chad sendiri berada di negara Afrika Tengah yang terkurung oleh daratan. Dikarenakan negara Chad berada di tengah serta sebagian besar wilayahnya memiliki iklim gurun, maka negara tersebut diberi julukan “Jantung Mati Afrika”.
Negara Chad memiliki ibu kota N’Djamena. Di masa lalu, negara Chad pernah dijajah oleh negara Prancis. Meski begitu, Chad juga merupakan negara dengan kondisi 75 persen penduduknya hidup berada di bawah garis kemiskinan.

Meskipun begitu, negara Chad tetap terus bangkit dari kondisi kemiskinan. Hal ini ditunjukkan dari keberhasilan negara Chad dalam proses ekspor minyak menggunakan pipa ke Pantai Atlantik Kamerun pada tahun 2004 lalu.

 

 

Makanan Khas Negara Chad

Negara Chad juga memiliki makanan khas yang tentunya bisa Anda coba ketika berada di negara tersebut. Setiap makanan dari negara Chad memiliki ciri khas dan citra rasa tersendiri. Tentunya akan jadi pengalaman tersendiri ketika Anda mengunjungi negara Chad serta mencoba mencicipi makanan khas dari negara tersebut. Agar Anda semakin tahu apa saja makanan khas dari negara Chad, berikut adalah makanan khas negara Chad.

  1. Zuchini kacang
  2. Ayam panggang
  3. Jus buah

Destinasi Wisata Populer Di Negara Chad

Berada di negara Chad rasanya tak lengkap jika belum bisa mengunjungi berbagai macam destinasi wisata yang ditawarkan oleh negara ini. Pasalnya, negara Chad memiliki beberapa wisata populer yang tak boleh dilewatkan. Apa saja destinasi wisata di negara Chad? Berikut adalah daftar lengkapnya.

  1. Jangan Djena
  2. Sarh
  3. Faya-Largeau
  4. Taman Nasional Zakouma
  5. Am Timan
  6. Bol
  7. Ennedi
  8. Danau Ouianga
  9. Pegunungan Tibesti
  10. Moundou
  11. Douguia
  12. Abeche
  13. Taman Nasional Aouk
  14. Goz Beida

Niger, 1.267.000 km2

negara afrika
Sumber: id.wikipedia.org

Bukan hanya negara Chad saja yang dikelilingi oleh daratan, negara Niger adalah salah satu negara yang juga dikelilingi oleh daratan. Selain itu, negara Niger juga berada di bagian barat negara Afrika.
Bagian utara dari negara Niger berbatasan langsung dengan negara Libya. Lalu untuk bagian selatan, negara Niger berbatasan dengan negara Benin. Sedangkan untuk bagian barat berbatasan dengan negara Mali dan Burkina Faso. Untuk bagian timur, negara Niger berbatasan dengan negara Chad.

Jika negara lain hanya memiliki bahasa nasional di bawah 10 bahasa. Lain halnya dengan negara Niger yang memiliki 10 bahasa nasional. Oleh karena itu, negara Niger terlihat begitu menarik dan lain daripada yang lainya.

10 bahasa nasional yang ada di negara Niger adalah seperti Arab, Gourmanchéma, Fulfulde, Buduma, Hausa, Kanuri, Tamasheq, Tassawaq, Tebu, dan Zarma–Songhai. Lalu untuk agama yang paling banyak dianut oleh masyarakat negara Niger adalah agama Islam yaitu sekitar 99 persen dan sisanya menganut agama Kristen dan Animisme.

 

Angola, 1.246.700 km2

negara afrika
Sumber: en.wikipedia.org

Berikutnya, ada negara Angola yang terletak di Afrika bagian barat daya. Negara Angola juga terkenal sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia selain menghasilkan biji besi dan tembaga serta intan. Negara Angola memiliki ibu kota di Luanda. Lalu, untuk bahasa resmi yang digunakan oleh negara Angola adalah bahasa Portugis.

Secara geografis, negara Angola berbatasan dengan negara Zambia di bagian selatan. Lalu pada bagian timur laut, negara Angola berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo. Di bagian selatan, negara Angola berbatasan dengan negara Namibia dan di bagian barat, negara Angola berbatasan langsung dengan Laut Atlantik Selatan.

Negara Angola juga memiliki fakta menarik di ibu kotanya yaitu Luanda yang merupakan kota termahal di dunia dan mengalahkan Moskow dan Tokyo. Karena hal tersebut, maka menjadikan kota Luanda mendapatkan julukan sebagai “Paris of Afrika”. Selain itu, kota Luanda memiliki budaya yang begitu kaya.

Makanan Khas Negara Angola

Sama seperti negara pada umumnya, negara Angola juga memiliki makanan khas tersendiri. Tentunya jika Anda berkunjung ke negara Angola tak boleh melewatkan setiap makanan khas yang dimiliki oleh negara tersebut. Lantas apa saja makanan khas dari negara Angola?

  1. Chikwanga
  2. Kizaka
  3. Leite azedo
  4. Catatos
  5. Cocada amarela
  6. Chicken muamba
  7. Calulu
  8. Piri-piri sauce
  9. Funje
  10. Cabidela

Destinasi Wisata Populer Negara Angola

Negara Angola juga memiliki beberapa destinasi wisata populer yang di mana Anda bisa mengunjungi setiap destinasi wisata yang ada di negara Angola. Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja destinasi wisata negara Angola, maka daftar destinasi wisata negara Angola yang ada di bawah ini bisa membantu.

  1. Luanda
  2. Kissama
  3. Tunda Vala Fissure
  4. Danau Dilolo
  5. Air Terjun Dala
  6. Benguela
  7. Hutan Maiombe
  8. Lobito
  9. The Arch Lagoon
  10. Taman Nasional Iona

Meskipun beberapa negara Afrika yang telah disebutkan di atas memiliki wilayah yang cukup besar atau luas, tetapi beberapa negara masih mengalami angka kemiskinan yang cukup tinggi. Bukan hanya angka kemiskinan saja, benua Afrika sangat dikenal dengan suhunya yang sangat panas, sehingga mengalami sering kekeringan. Salah satu negara yang mengalami angka kemiskinan dan kekeringan yang cukup tinggi adalah negara Niger.

Mempelajari benua Afrika sebenarnya bisa dari mana saja, tetapi jika kamu ingin mempelajari tentang Afrika melalui buku, maka bisa menemukan bukunya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi