in

Macam-macam Beatbox: Sejarah dan Manfaat Beatbox

Macam-macam Beatbox – Beatbox merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dunia musik. Terdapat banyak sekali macam-macam beatbox yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Di dalam dunia seni musik, istilah beatbox bisa diartikan sebagai suatu genre musik. Musik yang satu ini lebih berfokus pada bunyi-bunyi ritmis yang dihasilkan oleh mulut. Oleh karena itu, ada beberapa tips dan juga trik khusus untuk memainkan musik beatbox.

Sebagai salah satu genre musik, beatbox terbagi ke dalam beberapa subgenre atau aliran. Salah satu aliran yang ada di dalam musik beatbox yaitu Btk, yaitu aliran dasar dalam musik beatbox. Selain itu, ada pula beberapa macam musik beatbox lain. Nah, pada artikel kali ini, secara khusus kita akan membahas mengenai macam-macam beatbox yang ada. Yuk simak artikelnya sampai selesai.

Apa Itu Beatbox?

Beatbox merupakan genre atau aliran musik yang lebih fokus untuk menghasilkan musik ritmis dan juga dentuman menggunakan mulut. Kehadiran aliran musik yang satu ini memberikan warna tersendiri di dalam dunia musik. Di dalam buku 21st Century Innovation in Music Education yang ditulis oleh Kun Setyaning Astuti, beatbox merupakan musik perkusi vokal yang berasal dari aliran musik hip-hop tahun 1980-an dan sangat berkaitan erat dengan budaya hip-hop. Aliran musik yang satu ini melibatkan imitasi vokal seperti mesin drum dan juga alat musik perkusi lainnya.

Tapi, sebenarnya sejak kapan sih musik beatbox itu ada? Jika ditelisik lebih lanjut mengenai sejarahnya, beatbox pertama kali muncul pada tahun 1980-an. Darren Robinson of The Fat Boys musisi yang membaca genre musik beatbox ke ranah nasional. Kemudian menurut Tok Thompson di dalam bukunya yang berjudul Posthuman Folklore, Doug E. Fresh (Doug E. Davis) merupakan orang yang pertama kali mengaku menjadi penemu dari musik beatbox ini.

Hingga saat ini, beatbox sudah menjadi salah satu genre musik tersendiri walaupun belum bisa terlepas dari budaya hip-hop secara keseluruhan. Sekarang, beatbox banyak dicampurkan dengan genre musik lainnya, yaitu seperti R&B, Pop, dan lain sebagainya. Para pemain beatbox pada umumnya akan menampilkan segala bentuk bunyi-bunyian melalui mulut mereka, kemudian dikombinasikan dengan genre musik lainnya. Beatbox akan selalu dihubungkan dengan vokal perkusi ataupun dengan multivokalisme.

Saat ini, beatbox sudah menjadi aliran musik yang menghasilkan bunyi-bunyi yang berasal dari alat musik ritmis dan juga ketukan drum, instrumen musik, ataupun tiruan dari bunyi-bunyian lain, khususnya suara turntable, melalui berbagai macam alat ucap manusia seperti mulut, bibir, lidah, dan juga rongga ucap lainnya.

365 Renungan Dari Dunia Musik Single Edition

Sejarah Beatbox

Imitasi suara sudah dikenal oleh masyarakat dunia sejak dulu kala. Walaupun tidak ada kaitannya langsung dengan budaya Hip Hop, seni vokal perkusi seperti halnya musik Bol di India, Kouji yang ada di China, ataupun teknik vokal perkusi yang ada di Afrika juga turut menjadi landasan munculnya teknik beatboxing. Di Indonesia sendiri, ada tari kecak yang latar musiknya berasal dari paduan bunyi-bunyi dari kosakata tertentu.

Kemudian, beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal di tahun 1980-an. Kata “beat box” sendiri secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama. Oleh karena itu, para beatboxer di era tersebut sering dijuluki sebagai “Human Beat Box”. Musisi yang menjadi pelopor genre musik ini antara lain Doug E. Fresh, Darren “Buffy” Robinson yang berasal dari grup The Fatboys, dan juga Leonardo “Wise” Roman yang berasal dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan juga gaya yang berbeda-beda serta menginspirasi generasi beatboxer selanjutnya. Selain bisa menghasilkan suara ketukan dan juga ritme, di era ini para musisi Biz Markie juga memperkenalkan teknik MCing dan juga menyanyi yang dipadukan dengan suara perkusi.

Pada dekade 1990-an, musisi beatbox mulai banyak bermunculan dan juga berkontribusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia. Beatboxer yang cukup tersohor yakni seperti Vaughan Chadderton, Rahzel, Kenny Muhammad, Babeli, Eklips, Joseph Poolpo, Alem, dan juga Matisyahu. Adanya perkembangan internet yang cukup pesat juga memberikan dampak positif pada perkembangan beatbox di seluruh dunia.

Di tahun 2005, untuk pertama kalinya, dilaksanakan kejuaraan beatboxing sedunia di Leipzig, Jerman. Kejuaraan yang satu ini diikuti oleh beatboxer yang berasal dari seluruh dunia seperti Joel Turner dan Tom Thumb dari Australia, White Noise dari Irlandia, Roxorloops dari Belgiua), Poizunus dari Kanada, serta Faith SFX dari Inggris. Sementara itu, di akhir kejuaraan, Joel Turner asal Australia dinobatkan sebagai pemenang pertamanya. Sedangkan posisi runner-up diberikan kepada Roxorloop yang berasal dari Belgia.

Pada tahun 2009, kejuaraan beatbox dunia yang ke-2 dilaksanakan oleh Bee Low yakni petinggi beatbox battle di Berlin, Jerman. Diikuti oleh banyak beatboxer terbaik dari seluruh dunia seperti Krnfx dari Kanada, Dharni dari Singapura, Skiller dari Bulgaria, Vahtang dari Rusia, dan juga Zede dari Swiss. Kemudian pada babak final, Zede melawan Vahtang dan pada akhirnya kejuaraan beatbox dunia yang ke-2 ini dimenangkan oleh Zede yang berasal dari Swiss.

Pada tanggal 31 Maret 2021, kejuaraan beatbox dunia yang ke-3 dilaksanakan kembali oleh Beatbox Battle di Berlin, Jerman. Untuk pertama kalinya, Indonesia mulai ikut berpartisipasi di kejuaraan beatbox dunia yang mana diikuti oleh Billy BdaBX. Melalui audisi online wildcard juga banyak beatboxer asal Indonesia yang mencoba ikut audisi, seperti Lazuandi yang berasal dari Depok, Jawa Barat. Pada babak final kejuaraan beatbox dunia yang ke-3 ini, Skiller yang berasal dari Belgia melawan Alem yang berasal dari Perancis. Kemudian hasil akhirnya, beatbox battle dunia yang ke-3 ini dimenangkan oleh Skiller dan Alem berada di posisi runner up. Walaupun Billy BdaB yang berasal dari Indonesia belum bisa memenangkan kejuaraan ini, namun hal itu tetap menjadi langkah awal yang bagus untuk Indonesia.

Music Record Indie Label Single Edition

Macam-macam Beatbox

Beatbox adalah salah satu genre musik yang mempunyai hubungan dengan budaya dan musik hip hop. Walaupun begitu, pada praktiknya, beatbox juga diterapkan untuk genre musik lain seperti Pop, Rock, R&b, dan lain sebagainya. Di sisi lain, beatbox terdiri dari beberapa macam berdasarkan teknik yang digunakan. Berikut ini adalah macam-macam beatbox dan penjelasan lengkapnya.

1. BTK

BTK merupakan aliran beatbox yang menggunakan teknik dasar beatbox secara sekaligus. Itu artinya, beatbox yang satu ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni B-T-K yang mana merupakan singkatan dari B (Bass Drum), T (Hit-Hat), dan K (Snare).

2. Snare Pft

Snare Pft adalah salah satu jenis beatbox yang menghasilkan suara snare drum yang dibentuk dari huruf P. Sebagai salah satu teknik dasar, setelah menyembunyikan huruf P, maka akan segera disambung dengan bunyi F. Sehingga akan terjadi bunyi “Pf” atau “Puff” dengan meminimalisasi bunyi huruf U.

3. Hit-Hat

Hit-Hat merupakan bagian dari musik beatbox yang menghasilkan bunyi seperti alat musik hit-hat. Dimana hit-hat adalah salah satu alat musik yang berasal dari bagian drum set, yang mana terbuat dari lempengan logam yang berjumlah 2 buah, ditumpuk menjadi satu dan dimainkan secara kombinasi dengan kaki kiri ketika dipukul.

4. Zipper

Zipper sound merupakan suara yang hampir serupa dengan ritsleting yang ada di pakaian kita. Biasanya, zipper digunakan di dalam beatbox dengan fast beat.

5. Sega Sound

Sega sound atau suara sega merupakan suara cepat seperti resleting yang terdengar seperti suara video game klasik yang mungkin saja berasal dari game Sega Genesis.

6. Cricket Sound

Cricket sound merupakan salah satu jenis beatbox yang menghasilkan suara seperti jangkrik dengan cara menggetarkan tenggorokan ataupun bagian lidah. Biasanya, jenis beatbox yang satu ini kerap dikombinasikan dengan bunyi lainnya supaya terdengar lebih menarik.

7. Lip Roll

Lip Roll adalah jenis beatbox yang akan menghasilkan suara serbaguna yang dibuat dengan cara menggulung bibir yang bisa dipakai dalam berbagai variasi.

8. Outward Click Roll

Outward Click Roll merupakan jenis beatbox yang berasal dari rangkaian yang menghasilkan bunyi seperti alat musik perkusi yang cepat dan dilakukan dengan menggunakan langit-langit mulut dan di dekat bagian atas gigi.

9. Spit Snare

Spit snare atau yang juga dikenal dengan nama BMG, Dome, atau trap snare merupakan suara yang mirip seperti snare yang dicirikan oleh suara yang pendek, kencang, dan juga renyah yang kerap terdengar dalam musik trap.

10. Inward Bass

Inward bass berarti yang kuat yang bisa disuarakan. Hal ini juga termasuk ke dalam suara yang sangat efektif. Caranya yaitu dengan menghirup udara sedalam-dalamnya ketika melakukannya.

Blood Music Single Edition

Cara Latihan Beatbox

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan musik beatbox. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan beatbox, antara lain:

1. Memahami dan Berlatih Teknik Dasar pada Beatbox

Teknik dasar dari genre beatbox yaitu menghasilkan suara BTK, yaitu B (bass drum), T (hit-hat), dan juga K (snare). Tujuan dari memahami dan juga melatih teknik dasar ini adalah untuk melatih kemampuan beatbox. Sehingga kita akan menjadi lebih mahir dalam menghasilkan bunyi ritmis.

2. Mendengarkan Musik Beatbox

Cara yang kedua adalah memperbanyak aktivitas mendengarkan musik beatbox. Hal tersebut bertujuan agar semakin familiar dengan musik beatbox, teknik yang dipakai, dan juga bunyi-bunyian yang dikombinasikan dalam sebuah karya musik.

3. Amati dan Tiru

Cara berikutnya yaitu dengan banyak mengamati dan meniru teknik-teknik yang dipakai oleh musisi yang mahir dalam beatbox. Hal tersebut bisa membuat seseorang yang masih pemula menjadi semakin bertambah wawasan mengenai bunyi apa saja yang dapat dihasilkan melalui mulut.

4. Menjaga Kesehatan Alat Ucap

Cara lain yang harus dilakukan ketika berlatih beatbox yaitu dengan menjaga kesehatan alat ucap, seperti mulut, bibir, lidah, pita suara, dan lain sebagainya. Dengan demikian, suara yang akan dihasilkan lebih stabil dan tidak akan mengganggu latihan beatbox.

Manfaat Jika Mahir Beatbox

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia beatbox, berikut ini adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh jika sudah mahir beatbox, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Seorang peneliti yang bernama H. Steven Sims asal University of Illinois di Chicago mengatakan bahwa beatboxing bisa memberikan perlakukan lebih lembut pada pita suara.

2. Lebih Mudah Berekspresi

Dengan mahir beatbox, maka kamu akan lebih bisa berekspresi melalui ketukan suara menggunakan mulut. Dimana saat orang lain sedang merasa stress, kamu bisa hadir untuk menghidupkan suasana. Selain itu, rasa percaya diri juga akan bertambah jika kamu mahir beatbox. Jadi, tidak perlu bersikap malu-malu lagi.

3. Menghibur Diri Sendiri

Dengan beatbox, kamu tidak hanya bisa menghibur orang lain saja, tapi juga bisa untuk menghibur diri sendiri. Jika sedang merasa bosan, kamu bisa berlatih beatbox untuk memperbaiki suasana hati.

4. Bisa Menghasilkan Uang

Di zaman sekarang ini, hampir semua bakat bisa menghasilkan uang, termasuk juga bakat beatbox. Dengan adanya perkembangan di dunia seni hiburan, maka kamu juga memanfaatkan kemampuan beatbox untuk memperoleh pundi-pundi rupiah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai macam-macam beatbox, sejarah, dan juga cara melatih beatbox untuk para pemula. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berlatih beatbox?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah