in

Kata Permohonan Maaf Menjelang Nisfu Syaban 

Permohonan maaf menjelang nisfu sya ban – Malam Nisfu Sya’ban memiliki makna yang sangat penting bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Tepat pada malam Selasa, 7 Maret 2023, umat Muslim merayakan malam Nisfu Syaban dengan berbagai kegiatan, di antaranya adalah memohon maaf atas kesalahan yang telah dilakukan.

Hal ini dikarenakan malam Nisfu Syaban dianggap sebagai malam penuh ampunan dari Allah SWT. Namun, ampunan Allah tidak akan diberikan kepada orang yang masih belum meminta maaf kepada sesamanya atas kesalahan yang telah dilakukan.

Oleh karena itu, pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim diimbau agar saling meminta maaf satu sama lain. Grameds bisa menggunakan kata-kata maaf atau ucapan permohonan maaf pada malam Nisfu Syaban yang tertera dalam artikel ini sebagai panduan.

 

Apa Itu Nisfu Syaban? 

Sumber: Pixabay.com/kirill_sobolev

 

Menjelang bulan Ramadhan, ada sebuah malam istimewa yang disebut malam Nisfu Syaban. Malam ini dirayakan setiap tanggal 15 bulan Sya’ban oleh umat Muslim. Umat Muslim dianjurkan untuk memanfaatkan malam tersebut dengan melakukan amalan ibadah yang banyak. Beberapa amalan ibadah yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban adalah tadarus Alquran, sholat sunnah, dzikir, dan qiyamul lail.

Malam Nisfu Syaban dimulai setelah sholat Magrib atau Isya dan memiliki banyak keutamaan. Nisfu Syaban merujuk pada malam ke-15 di bulan Syaban dalam penanggalan Hijriah. Umat Muslim dianjurkan untuk memanfaatkan malam ini dengan berbagai amalan shalih.

Para ulama menyebutkan bahwa menghidupkan malam Nisfu Syaban adalah bagian dari sunnah. Menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin, tindakan ini sama pentingnya seperti memperbanyak ilmu agama.

Imam al-Ghazali mengungkapkan bahwa pada malam ke-13 bulan Syaban, Allah memberikan sepertiga dari seluruh syafaat-Nya kepada manusia. Kemudian, pada malam ke-14, Allah memberikan seluruh syafaat-Nya. Oleh sebab itu, pada malam ke-15, umat Muslim dianjurkan memperbanyak ibadah.

Catatan amal kebaikan tersebut akan disampaikan oleh Malaikat Raqib dan Atid kepada Allah SWT. Selain itu, pada malam ini pula catatan amal setiap orang juga akan diganti.

Lalu, bagaimana sejarah atau awal mula malam nisfu syaban ini? Dikutip dari laman mediaindonesia, berikut penjelasan sejarah malam nisfu syaban.

Khalid bin Ma’dan dan Makhul, yang merupakan tabi’in asal tanah Syam, sangat rajin beribadah pada malam Nisfu Syaban. Kedua tokoh ini menjadi awal mula populerisasi perayaan malam tersebut di kalangan umat Islam.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kabar-kabar atau cerita dari ahli kitab, Yahudi, dan Nasrani yang masuk Islam pun turut memperkuat kepercayaan akan keistimewaan malam tersebut. Namun, pandangan umat Islam terbagi, ada yang menerima dan ada yang menolak perayaan tersebut.

Sebagian besar ulama Hijaz, termasuk Atha’ dan Ibnu Abi Malikah, menolak perayaan malam Nisfu Syaban. Abdurrahman bin Zaid bin Aslam, seorang fuqaha’ dari Madinah, menganggap bahwa perayaan tersebut adalah bid’ah, dan pendapat ini juga dipegang oleh kelompok Ashab Maliki dan ulama lainnya.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peringatan malam Nisfu Syaban tidak dilakukan pada zaman Nabi Muhammad dan para sahabatnya, tetapi baru dimulai pada zaman Tabi’in.

Sekarang, peringatan malam Nisfu Syaban yang dilakukan oleh umat Muslim didasarkan pada praktik dari ulama Tabi’in di wilayah Suriah saat ini. Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama Syam mengenai bentuk dan teknis peringatan malam Nisfu Syaban.

Ishaq bin Rahawaih menyetujui apa yang dilakukan oleh ulama Tabi’in di daerah Syam dalam menghidupkan malam Nisfu Syaban. Ia juga menyatakan bahwa menghidupkan malam Nisfu Syaban secara berjamaah di masjid-masjid bukanlah bid’ah menurut pendapat Ishaq bin Rahawaih yang dikutip dalam kitab Masa’ilnya oleh Harb Al-Karmani.

Namun, ada perbedaan pendapat dari ulama Syam mengenai bentuk teknis pelaksanaannya. Ada ulama yang menyatakan bahwa disunahkan untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban secara berjamaah di masjid dan ada ulama yang memakruhkannya.

Pendapat Imam Al-Auza’i adalah memakruhkan berkumpul di dalam masjid untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan shalat, berdoa, dan kisah teladan, tetapi tidak memakruhkan shalat sendiri untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban.

Intinya, terdapat perbedaan pendapat ulama mengenai teknis pelaksanaan menghidupkan malam Nisfu Syaban. Meski begitu, pelaksanaannya sendiri tidak dianggap makruh.

Saat ini amalan-amalan yang dilakukan pada malam nisfu syaban dianggap sebagai pembuka untuk menyambut bulan Ramadhan. Ada banyak keistimewaan pada bulan Ramadhan.

Apa saja keistimewaan pada bulan Ramadhan? Pelajari sisi lain dari bulan Ramadhan dan peristiwa apa saja yang terjadi selama bulan Ramadhan dengan membaca buku “Ramadhan Bersama Nabi” beli bukunya di gramedia.com ya!

 

Permohonan Maaf Menjelang Nisfu Syaban

sumber: Pixabay.com/marsjo

 

Nisfu syaban adalah malam di mana amalan-amalan diberikan pada Allah dan setiap manusia mendapatkan “buku” baru untuk catatan amalannya. Setiap umat manusia yang meminta pengampunan pada Allah akan diberi ampunan, kecuali orang-orang yang masih bertengkar atau memiliki masalah pada orang lain.

Dikutip melalui Aceh Tribunnews, Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa semua yang beribadah pada malam nisfu syaban akan mendapatkan ampunan Allah, kecuali orang yang menyekutukan Allah serta orang-orang yang belum berdamai.

Sehingga, bagi Grameds yang sedang bertengkar, memiliki masalah dengan orang lain segeralah meminta maaf sebelum jatuhnya malam nisfu syaban. Untuk meminta maaf, Grameds bisa menggunakan kalimat permohonan maaf berikut ini.

  1. Mohon maaf atas segala kesalahan baik dalam perkataan maupun perbuatan yang pernah menyakiti hati.
  2. Marilah kita memperbanyak amalan dan ibadah seperti yang telah dianjurkan, agar kita semua mendapatkan pahala yang dijanjikan.
  3. Saya memohon maaf atas segala kesalahan baik lisan maupun perbuatan yang pernah terjadi  pada malam Nisfu Syaban kali ini.
  4. Mari kita tetap bersaudara dan saling memaafkan sebagai saudara seiman dan se-Islam. Selamat memperingati Nisfu Syaban.
  5. Mari kita manfaatkan malam Nisfu Syaban ini untuk memohon maaf dan berusaha memperbaiki diri, karena terkadang satu kebaikan sulit untuk diingat, sementara satu kesalahan terlalu sulit untuk dilupakan.
  6. Dari hati yang paling dalam, kami sekeluarga memohon maaf lahir dan batin. Selamat menyambut malam Nisfu Syaban.
  7. Dengan hati yang ikhlas dan penuh harapan, kami memohon maaf atas segala kesalahan di malam Nisfu Syaban ini.
  8. Semoga kita bertemu lagi di bulan Ramadhan yang suci. Tidak ada kesempurnaan selain milik Allah SWT, dan manusia pasti melakukan kesalahan. Mari memohon maaf sebesar-besarnya di malam Nisfu Syaban.
  9. Kadang satu kebaikan sulit diingat, sedangkan satu kesalahan terlalu sulit dilupakan. Mari memohon maaf lahir dan batin di malam Nisfu Syaban.
  10. Izinkan saya memohon maaf atas kesalahan baik di masa lalu maupun yang akan datang. Semoga niat baik ini dapat menjadi sarana persaudaraan kita atas kelalaian yang telah terjadi. Selamat malam Nisfu Syaban!
  11. Mohon dimaafkan segala kesalahan atas ucapan yang tajam, hati yang kotor, perilaku yang menyinggung, dan sikap yang tidak sopan dalam doa di malam Nisfu Syaban ini.
  12. Malam ini adalah malam pengampunan, di mana segala perbuatan manusia sepanjang tahun akan ditunjukkan dan diberi ganjaran. Mari jaga amalan dan panjatkan doa di malam yang indah ini. Sempatkan meminta maaf atas semua kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Selamat Nisfu Syaban!
  13. Di malam penuh berkah ini, mari memohon maaf atas perbuatan di masa lalu dan akan datang. Ya Allah, ampunilah kami. Selamat Nisfu Syaban! Selamat menyambut malam penuh pengampunan, Nisfu Syaban.!
  14. Saudaraku, mari saling memaafkan untuk mendapat karunia Allah SWT. Mohon maaf atas kesalahan ucapan yang tajam. Selamat Nisfu Syaban!
  15. Selamat Nisfu Syaban 2023! Selamat menyambut malam mulia. Dan jangan lupa, mohon maaf lahir dan batin.
  16. Selamat menyambut Nisfu Syaban tahun 2023. Marilah kita berdoa agar terjaga dari perbuatan buruk yang dapat merugikan diri kita.
  17. Selamat malam Nisfu Syaban 2023. Kepada sahabat-sahabatku, saya memohon maaf jika dalam kata-kata atau tindakan saya terdapat kesalahan yang menyakitkan hati kalian.
  18. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini saya pernah melakukan kesalahan terhadap kalian.
  19. Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 2023, saya ingin menyampaikan permohonan maaf. Saya sadar bahwa saya tidaklah sempurna dan mungkin pernah melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Saya memohon maaf atas kesalahan tersebut.
  20. Di malam Nisfu Syaban 2023 ini, saya ingin memohon maaf yang tulus jika selama ini saya pernah membuat kalian merasa tersinggung atau tidak nyaman dengan sikap atau ucapanku.
  21. Saya sadar bahwa tidak mungkin bisa memuaskan semua orang. Namun, jika selama ini saya telah membuat Anda tidak bahagia, saya mohon maaf yang tulus di malam Nisfu Syaban 2023 ini.
  22. Semoga malam Nisfu Syaban 2023 ini menjadi awal dari lembaran baru yang lebih baik, di mana kita saling memaafkan dan tidak lagi membawa dendam atau kebencian di dalam hati kita.
  23. Dengan rendah hati, saya memohon maaf jika selama ini saya telah meremehkan atau tidak menghargai Anda. Saya bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih menghargai Anda di masa depan.
  24. Jika selama ini saya telah melakukan kesalahan yang merusak hubungan kita, saya dengan tulus meminta maaf. Kita sambut bulan Ramadhan 2023 dengan penuh keikhlasan dan kebersihan hati.
  25. Saya mengakui bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk saya dan Anda. Jika selama ini saya pernah menunjukkan ketidaksabaran atau kurang sabar terhadap kekurangan Anda, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.
  26. Semoga di malam Nisfu Syaban 2023 ini, kita dapat saling memaafkan dan kembali bersatu sebagai saudara seiman yang memiliki kerja sama yang baik. Saya memohon maaf atas semua kesalahan yang pernah saya lakukan.
  27. Selamat malam Nisfu Syaban 2023! Semoga keluarga kita semua diberkahi oleh Allah SWT.
  28. Selamat malam Nisfu Syaban 2023! Lakukanlah perbuatan baik untuk memperoleh bimbingan dan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.
  29. Malam Nisfu Syaban merupakan malam yang penuh ampunan. Tingkatkan ibadahmu dan mohonlah ampunan dari Allah SWT!
  30. Manusia tidaklah sempurna, gunakanlah malam ini untuk bertaubat. Selamat malam Nisfu Syaban 2023.
  31. Selamat malam Nisfu Syaban 2023, marilah kita saling memaafkan demi kebahagiaan bersama di hadapan Allah SWT.
  32. Saya dengan rendah hati memohon ampunan terbesar kepada Allah SWT untuk meringankan dosa dan menjaga persahabatan. Selamat malam Nisfu Syaban 2023.
  33. Di malam Nisfu Syaban, mari kita perbanyak ibadah, bertaubat, dan berdoa agar Allah senantiasa meridhai kita. Selamat malam Nisfu Syaban!
  34. Marilah kita bersama-sama berdoa dan memohon ampunan dari Allah SWT di malam Nisfu Syaban ini!
  35. Saya memohon maaf atas kesalahan perkataan dan perilaku yang menyakiti hati Anda. Selamat malam Nisfu Syaban tahun 1444 H.
  36. Selamat malam Nisfu Syaban tahun 1444 H. Mari tingkatkan amalan dan ibadah kita sesuai anjuran, sehingga kita semua dapat meraih pahala yang besar.
  37. Mohon maaf atas segala kesalahan yang telah dilakukan, baik lisan maupun perbuatan. Selamat malam Nisfu Syaban.
  38. Selamat malam Nisfu Syaban tahun 1444 H! Kami dengan tulus memohon maaf. Semoga kita dapat bertemu lagi di bulan suci Ramadhan.
  39. Tidak ada manusia yang sempurna dan tanpa cela. Pada malam Nisfu Syaban tahun 2023/1444 H, saya memohon maaf atas segala kesalahan.
  40. Kesempurnaan hanya dimiliki oleh Allah SWT, sedangkan kesalahan ada pada manusia. Selamat malam Nisfu Syaban.
  41. Selamat Nisfu Syaban 2023. Marilah kita memperbanyak sholat agar kita semua mendapat ampunan dari Allah SWT.
  42. Selamat Nisfu Syaban 2023! Mohon ampun atas dosa-dosa kami, Ya Allah…
  43. Selamat Nisfu Syaban 2023. Mari kita berdoa agar terhindar dari perbuatan maksiat.
  44. Selamat Nisfu Syaban 2023! Marilah kita saling memaafkan dan membersihkan hati kita sebelum memasuki bulan Ramadhan.
  45. Di malam yang mulia ini, marilah kita tingkatkan ibadah dan memohon ampunan dari Allah SWT bersama-sama.
  46. Selamat datang di Nisfu Syaban 2023. Meskipun jarak memisahkan, mari kita saling memaafkan dengan hati yang suci menjelang Ramadhan.
  47. Mata, telinga, mulut, dan pikiran kita dapat melakukan kesalahan. Meski begitu, semoga kita tetap dapat bersaudara dengan saling memaafkan. Selamat malam Nisfu Syaban 1444 H.
  48. Izinkan saya memohon maaf atas semua kesalahan di masa lalu dan masa depan. Semoga niat baik ini menjadi obat bagi persaudaraan kita dan mengatasi kelalaian. Selamat Nisfu Syaban 1444 H!
  49. Malam yang indah ini merupakan saat yang tepat untuk saling memaafkan. Mari kita tingkatkan persaudaraan dan kebaikan di malam Nisfu Syaban 2023.

Demikianlah ucapan permohonan maaf menjelang nisfu syaban yang bisa Grameds sebarkan pada orang-orang terdekat.

Untuk meningkatkan keimanan pada bulan Ramadhan, Grameds bisa membaca buku-buku tentang Ramadhan seperti “Ramadhan, Maaf Kami Masih Sibuk (Limited Edition)” yang berisi tentang renungan di bulan Ramadhan.

 

Grameds juga bisa membaca buku “Doa Harian di Bulan Ramadhan” yang berisi kumpulan doa untuk menambah pahala dan meningkatkan ketakwaan di bulan Ramadhan.

 

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com tentu menyediakan buku-buku seputar Ramadhan untuk Grameds. Jangan ragu dan beli bukunya sekarang juga! Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Khansa

 

Rujukan:

  • https://mediaindonesia.com/humaniora/563443/hari-ini-malam-nisfu-syaban-bagaimana-asal-muasalnya
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/nisfu-syaban-pengertian-keutamaan-dan-amalan-amalan-yang-dianjurkan-1zxgZHSLrpE
  • https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/05/163000565/40-ucapan-dan-twibbon-nisfu-syakban-2023
  • https://aceh.tribunnews.com/2021/03/28/nanti-malam-nisfu-syaban-1442-h-ada-2-orang-yang-tak-diampuni-dosanya-ini-penjelasan-ustaz-somad
  • https://www.mengerti.id/ragam/6647845697/kata-kata-maaf-menyambut-malam-nisfu-syaban-2023?page=2 https://katadata.co.id/agung/lifestyle/6405b4f802155/36-contoh-ucapan-malam-nisfu-syaban


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy