in

Pengertian Galvanis dan Manfaatnya Pada Bangunan

industrialmetalsupply.com

Pengertian Galvanis dan Galvalisasi

Galvanis merupakan material seng dengan tingkat konsentrasi kemurnian tinggi yaitu 99,7%. Material ini digunakan untuk melapisi besi, baja ringan dan baja murni sehingga akan terlindungi adanya korosi maupun berkarat.

Pelapisan baja dan besi dengan lapis seng diproses dengan kondisi bebas oksidasi sehingga akan menghasilkan baja atau besi lapis seng dengan kualitas yang handal

Material ini cocok digunakan di lingkungan outdoor. Karena dapat bertahan dalam berbagai kondisi dan lingkungan sekitar.

Karena termasuk jenis yang awet sehingga sering dipakai untuk sistem saluram. Pipa besi ini juga menjadi lebih hemat serta perawatannya yang tidak sulit.

Kemudian digunakan untuk pagar chain link, dikarenakan bahan yang awet dan tahan terhadap kelembaban air. Sangat cocok dipakai di tempat publik.

Selain itu juga digunakan dalam pemasangan tiang listrik, pipa ini dapat meminimalisir gangguan aliran.

Pada dasarnya termasuk bahan yang memiliki daya tahan lama, sehingga material ini sering digunakan dalam konstruksi rumah.

Sedangkan galvalisasi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melindungi logam dari korosi. Ini sebut bagian dari pengaplikasian lapisan tipis seng pada logam dasar yang lebih tebal, serta membantu melindungi dari lingkungan yang dapat menimbulkan karat.

Contohnya seperti rambu jalan dan tiang lampu yang mempunyai warna terang silver. Warna tersebut merupakan lapisan yang dilapisi seng.

Galvanis mempunyai tingkat ketebalan beragam. Mulai dari 1 micron atau seperseribu millimeter sampai 9 micron bahkan lebih.

Ketebalan 1 micron biasanya produsen memberi jaminan 3 tahun anti karat serta ketebalan 7 micron produsen memberi jaminan hingga 30 tahun.

Proses Pembuatan Galvanis

Galvanis
sumber: galvanizeit.org

Galvanisasi merupakan pelapisan baja dan besi dengan seng untuk mencegah korosi. Seng adalah logam yang relatif tahan karat dengan berbagai kondisi dimana besi dan baja berada.

Seng bekerja sebagai proteksi katodik yang elindungi baja, apavila logam galvanis tergores gigga baja terekspos udara maka baja akan tetap terlindungi dari karat.

Pada saat baja atau besi direndam dengan cairan seng maka akan terjadi reaksi metalurgi yaitu pencampuran secara kimiawi berdasarkan proses keilmuan tentang baja dan besi.

Reaksi ini proses pengaliran, sehingga bentuk pelapis akan menjadi seragam dan merata pada permukaan baja dan besi.

Beberapa cara proses galvanisasi dalam melindungi logam, antara lain :

  • Menciptakan lapisan pelindung yang dapat melindungi logam dari lingkungan sekitarnya
  • Lapisan seng dapat mencegah air serta kelembaban dan elemen lain di udara dari korosi baja di bawahnya.
  • Apabila lapisan seng tergores cukup dalam, maka logam akan menjadi terbuka dan rentan terhadap korosi.

Galvanisasi juga melindungi logam melalui proses yang dinamakan korosi galvanik. Korosi tersebut terjadi apabila dua logam dari susunan elektrokimia yang berbda ditempatkan saling kontak dengan eketrolit yang ada, misalnya air asin.

Selain itu juga tergantung pada struktur atom dari dua logam. Satu logam disebut anoda dan yang lainnya adalah katoda.

Anoda terkorosi lebih cepat dan katoda berkarat pada kecepatan yang lebih lambat.

Galvanis
pbeulich.co.za

Seng sering digunakan dalam galvanisasi karena mempunyai afinitas menjadi anoda ketika bersentuhan dengan berbagai jenis logam. Karena lapisan seng yang bersentuhan dengan logam mulia biasanya merupakan anoda, ia memperlambat korosi logam dasar atau kanoda.

Metode Galvanisasi

Galvanisasi merupakan metode yang digunakan dalam proses pelapisan logam dengan galvalis, sehingga logam tersebut mempunyai sifat yang anti karat.

Saat logam direndam dengan cairan seng akan terjadi reaksi metalurgi di mana kondisi permukaan dan temperature cairan seng akan mempengaruhi ketebalan hasil galvalis.

Reaksi ini proses terjadinya difusi ataupun pengaliran sehingga akan membentuk pelapis yang seragam dan merata pada permukaan besi atau baja.

Galvanis

Metode galvanisasi cukup beragam, yaitu sebagai berikut :

1. Hot-Dip Galvanizing (HDG)

Metode ini dilakukan dengan mencelupkan logam dasar ke dalam kolam seng. Sebelum dilakukan logam dasar harus dibersihkan terlebih dahulu secara kimiawi, mekanis maupun keduanya.

Tujuannya yaitu untuk memastikan ikatan kualitas dapat dibuat antara logam dasar dan lapisan seng.

Logam yang sudah dibersihkan kemudian dilakukan proses pencelupan atau galvanizing. Selama proses berlangsung, logam akan dilapisi cairan seng yang terbentuk lapisan yang berupa unsur seng pada permukaan terluarnya. Larutan cairan seng minimal 98 % murni unsur seng.

Tahap pencelupan dilakukan pada suhu 440C – 460C untuk menghilangkan sisa oksida yang mungkin tersisa setelah proses pembersihan. Waktu pencelupan kurang lebih 1,5 menit.

Selanjutnya logam yang telah dilapisi galvanis dicelupkan ke dalam larutan sodium cromote dalam keadaan suhu ruangan atau menggunakan air. Proses ini untuk mencegah timbulnya karat putih atau white rust.

Kemudian menghaluskan permukaan pipa logam yang runcing. Dikatakan runcing karena mengeringnya cairan seng yang hendak menetes sehingga terbentuk butiran-butiran runcing pada permukaan pipa logam.

Kelebihan metode hot-dip galvanizing yaitu :

  • Harga terjangkau atau ekonomis
  • Dapat dilakukan dengan cepat
  • Dapat dibentuk sekompleks dengan mempunyai kekuatan dan estetika yang tinggi

Proses pelapisan dengan menggunakan metode Hot Dip Galvanizing dapat dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu :

1) Tahap persiapan atau pre treatment

Fungsi tahap persiapan yaitu untuk menghilangkan basa atau asam yang merupakan bahan pengotor yang menempel pada spesimen. Hal ini agar didapatkan kondisi permukaan yang bersih serta didapatkan hasil lapisan yang baik.

Proses pembersihan permukaan dapat dilakukan sesuai dengan jenis pengotor yang menempel pada permukaan specimen. Proses pembersihan sendiri juga dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Proses pembersihan secara fisik atau mekanik. Pembersihan ini berupa pengamplasan dengan menggunakan mesin gerinda, yang dapat menghaluskan permukaan tidak rata dan penghilang goresan-goresan serta beram-beram yang menempel pada permukaan specimen
  2. Proses pembersihan secara kimiawi. Proses ini merupakan proses pembersihan pengotor yang menempel pada permukaan specimen dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Proses pembersihan ini meliputi banyak tahapan, seperti :
    • Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, lemak, minyak, cat dan kotoran padat lainnya yang menempel pada permukaan spesimen. Dengan menggunakan larutan NaOh dengan konsentrasi 5% – 10% selama kurang lebih 10 menit.
    • Rising I. proses ini bertujuan membersihkan soda kaustik pada proses degreasing yang masih menempel pada permukaan spesimen dengan menggunakan air bersih pada temperature kamar.
    • Bertujuan untyuk menghilangkan karat yang melekat pada permukaan spesimen dengan dicelupkan ke dalam larutan HCI dengan konsentrasi 10%-15% selama 15-20 menit.
    • Rising II. Proses ini bertujuan untuk membersihkan larutan HCI atau H2SO4 yang menempel pada spisemien saat proses pickling dengan menggunakan air besih pada temperature kamar.
    • Merupakan proses pelapisan awal menggunakan Zinc Amonium Cloride dengan konsentrasi 20% – 30% selama 5-8 menit. Tujuan proses fluxing adalah :
      • Sebagai lapisan dasar untuk memperkuat lapisan seng saat dilakukan proses pelapisan
      • Sebagai katalisator reaksi terjadinya pelapisan Fe-Zn
      • Untuk menghindari terjadinya oksidasi sebelum galvanizing dilakukan.
    • Merupakan proses pengeringan dan pemanasan awal dengan menggunakan gas panas pada suhu kurang lebih 150Oc. Tujuannya adalah untuk menghilangkan cairan yang mungkin terdapat pada permukaan spesimen yang menyebabkan terjadinya ledakan uap saat proses galvanizing berlangsung.

2) Tahap pencelupan

Selama proses beralngsung cairan seng akan melapisi baja dengan membentuk lapisan baja seng. Kemudian ternbentuk lapisan yang berupa unsur seng pada permukaan terluar baja, larutan yang digunakan minimal 98% murni unsur seng.

Ketebalan lapisan ini akan dipengaruhi oleh kondisi permukaan, lamanya pencelupan dan temperature pencelupan.

Galvanis

3) Tahap pendinginan dan tahap akhir

  1. Tahap pendinginan atau quenching. Adalah tahapan yang dilakukan dengan mencelupkan spesimen ke dalam larutan sodium cromate dengan konsentrasi 0,015% pada suhu kamar maupun dengan menggunakan air. Proses ini bertujuan untuk mencegah terjadinya white rust.
  2. Tahap akhir atau finishing. Proses pelapisan berupa menghaluskan permukaan yang runcing disebabkan oleh cairan seng yang hendak menetes, tetapi telah mongering terlebih dahulu.

2. Pra Galvanisasi

Metode ini dilakukan di pabrik baja pada lembaran logam bergulir. Logam dibersihkan seperti pada proses galvanisasi hot-dip.

Kemudian logam tersebut melewati kolam larutan seng cair yang panas. Apabila sudah dilakukan logam tersebut ditarik kembali.

Kelebihan metode ini yaitu proses yang cepat di mana gulungan besar lembaran baja tersebut dapat digalvanisasi dengan lapisan yang seragam

Kekurangannya adalah apabila fabrikasi logam pra-galvanis dimulai permukaan logam akan terlapisi oleh seng, namun ketika gulungan panjang lembaran dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil, tepi logam dipotong dan dibiarkan terbuka.

3. Elektro-galvanisasi

Metode ini menggunakan arus listrik dalam larutan elektrolit untuk mentransfer ion seng ke logam dasar

Proses ini akan melibatkan pengurangan ion-ion seng yang bermuatan positif menjadi logam seng. Setelah itu logam seng diendapkan pada material bermuatan positif

Tahapan penyulingan biji-bijian seng dapat dilakukan untuk memastikan lapisan seng yang dihasilkan dalam kondisi halus pada baja.

Kelebihan metode elektro-galvanisasi yaitu :

  1. Membutuhkan bahan baku lebih sedikit dibandingkan dengan metode lain
  2. Lapisan yang didapatkan seragam
  3. Ketebalan lapisan akan lebih hemat namun performa antikarat lebih kuat
  4. Mampu mencover lapisan anti karat lebih banyak dengan waktu pekerjaan lebih singkat
  5. Lebih estetika serta lebih terang

Salah satu jenis besi yang sering melalui proses galvanisasi yaitu besi wiremesh.

Galvanis
indiamart.com

Keunggulan dan Kelemahan Galvanisasi

Secara umum banyak yang membeli produk besi yang telah di galvanisasikan karena, besi atau baja yang sudah di galvanisasi akan cenderung menjadi lebih awet serta tahan karat.

Besi tersebut telah dilapisi dengan bahan anti karet. Sehingga mmebuat besi galvanis digunakan dalam dunia konstruksi.

Besi jenis galvanis digunakan sebagai bahan untuk membuat gerbang bangunan, pagar, railing balkon dan lain sebagainya.

Keunggulan lain yaitu :

  1. Material yang awet
    Pada material ini besi dapat dibandingkan ketahanan pakai yang sangat panjang dengan jenis besi lainnya. Ketika besi yang berukuran sekitar 25 tahun maka bangunan tersebut ada di daerah perkotaan.
    Sedangkan apabila digunakan dalam pedesaan maka usianya dua lebih kali lebih lama sekitar 50 tahun.
    Ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya pengaruh dari alam dan sekitarnya seperti, adanya polusi dan iklim cuaca yang ada pada daerahnya, pipa tersebut merupakan jenis besi dengan perawatan yang mudah serta murah. Sehingga akan menguntungkan dalam operasional
  2. Tahan karat
    Besi yang dilapisi menggunakan bahan pelapis pipa menjadi tidak mudah berkarat. Sehingga akan menambah serta menjadikan nilai plus dari material konstruksi suatu pembangunan.
    Tidak heran secara umum banyak yang memanfaatkan serta menjadikan bahan ini sebagai pagar rumah, konstruksi rumah, pemasangan tiang listrik hingga untuk sistem saluran.
  3. Kuat
    Karena berasal dari bahan baku berupa besi maka jenis pipa ini terkenal dengan kekuatan serta termasuk ke dalam golongan bahan konstruksi yang kuat.
    Hal ini karena pipa galvanius merupakan bahan yang tahan banting dan sulit dipecahkan. Tidak perlu dragukan lagi karena bahan ini tidak termauk mudah rusak.
  4. Harganya terjangkau
    Harga besi galvanis sangat terjangkau. Untuk kisaran harga akan mendapatkan dari proses pembuatannya. Karena tidak dilakukan suatu tambahan manual, harganya akan lebih murah.
    Pemakaian pipa dalam waktu yang lama menjadikan harga pipa galvalis sebanding dengan masa pemakaian.
  5. Anti tikus
    Pipa besi galvanis mempunyai material besi yang kuat, maka pipa ini tidak disukai oleh tikus dan binatang pengerat lainnya yang dikenal menjadi hama di rumah
  6. Menghantarkan listrik
    Pipa besi ini bersifat menghantarkan listrik sehingga cukup sensitif saat digunakan. Hal ini dianjurkan dalam pemasangan pipa besi dijauhkan dari berbagai kabel dengan muatan listrik yang sangat berpengaruh.

Sedangkan untuk kelemahan pada pipa ini sebagai berikut :

  1. Proses pemasangan yang rumit
    Pemasangan pada pipa ini cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Maka diperlukan Tenaha yang mempunyai pengalaman untuk mengurangi resiko yang berakibat tidak kokohnya pipa besi saat sudah terpasang.
  2. Cenderung lebih cepat panas
    Tidak hanya menghantarkan listik, pipa besi galvanis juga mempunyai tekstur yang cenderung cepat panas. Saat terpapar sinar matahari langsung dalam kondisi terik pipa ini akan cepat panas dan berpengaruh terhadap suhu lainnya.

Galvanis

Ukuran Pipa Besi Galvanis

Pipa besi ini banyak digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ada berbagai macam jenis ukuran sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pembangunan.

Adapun ukuran dan bentuk besinya bermacam-macam. Mulai dari kecil, menengah bahkan hingga ukuran besar.

Ukuran mulai dari 15 x 30 x 0,60 mm hingga 20 x 20 x 0,60 mm. Semakin tebal dan besar ukurannya maka harga besi galvanis semakin lebih mahal.

Untuk satuan ukurannya adalah inci dengan ketebalan millimeter yang terdapat dalam satuan panjang per meter. Maka, semakin besar ukuran pipanya semakin bertambah juga ketebalannya.

Apabila digunakan dalam outdoor maka disarankan menggunakan pipa yang berukuran besar dan tebal. Tujuannya yaitu agar peredaran pipa jauh lebih lancar serta tidak mudah berkarat maupun bocor.

Dengan seperti itu pipa dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya.

Nah, itulah penjelasan tentang Pengertian Galvanis dan Manfaatnya dalam kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Pengertian Galvanis dan Manfaatnya Pada Bangunan maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com

BACA JUGA:

  1. Desain Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan 
  2. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya 
  3. Inspirasi Desain Pagar Tembok Minimalis 
  4. Buku Desain Rumah Kreatif & Minimalis Best Seller 
  5. Daftar Buku Desain Interior 2022 di Gramedia 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda