Desain

Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya

desain rumah jepang minimalis
Written by Rafi Wijaya

Ide Desain Rumah Jepang Minimalis – Konsep Rumah Jepang memiliki sebuah konsep gaya desain interior yang menggunakan penampilan yang serba minimalis. Bentuk arsitektur rumah ini akan terlihat khas serta berkarakter.

Hal yang akan menjadi sebuah bentuk kekhasan pada bagian konsep desain rumah ini yaitu pada penggunaan jenis material yang konsisten serta bentuknya yang terbilang sederhana.

Desain konsep interior yang diaplikasikan pada rumah Jepang yaitu mempertahankan bentuk tradisi, ketertiban, nilai, serta keseimbangan yang menyatu pada alam. Dengan memanfaatkan berbagai level sudut, lantai, serta kontras pada ruang terbuka serta sudut yang nyaman, bentuk rumah ini cenderung memiliki ukuran yang kecil serta sangat mengutamakan privasi. Pencahayaan yang alami menjadi dasar estetika pada interior Jepang menegaskan bahwa desain ini sangat terkait erat dengan alam bebas.

Ide Konsep Rumah Nuansa Jepang

Kita yang ingin memberikan nuansa dan suasana bentuk interior ala Jepang di dalam rumah, kita dapat memulainya dari pintu gerbang. Lebih dari sebuah pintu biasa, gerbang atap yang bergaya rumah ini umumnya menjadi sebuah pemisah antara jalan serta tempat tinggal. Gerbang ini akan memberikan nuansa yang lebih tenang, privat, serta nyaman.

Sebuah bentuk konsep karya Christopher Robertson pada Concrete Box Boston menggunakan konsep desain rumah Jepang minimalis. Ia menghadirkan dengan pagar beton yang tinggi serta sebuah gerbang tanpa atap model pivot door.

[algolia_carousel]

Pintu gerbang pada model ini merupakan sebuah adaptasi dari konsep desain hunian Jepang, yakni gagasan desain yang memberikan unsur garis vertikal ataupun horizontal pada sebagian besar desain pintu gerbangnya.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Bahasa & Budaya Jepang Untuk Pemula Edisi Traveling
karya GENGOYA

Bahasa & Budaya Jepang Untuk Pemula Edisi Traveling

Bahasa & Budaya Jepang Untuk Pemula Edisi Traveling

beli sekarang

 

Warna Cat Rumah Jepang

Bentuk kelompok palet warna yang digunakan pada bentuk hunian ini biasanya mengadaptasi dari elemen kayu serta batu. Sedikit sentuhan bentuk warna coklat serta bentuk paduan warna putih, hitam, abu-abu, serta sedikit merah, menunjukkan visualisasi yang sangat manis serta minimalis.

Konsep interior rumah Jepang identik sekali dengan sesuatu yang terang. Bentuk putih menjadi sebuah dasar pilihan warna yang banyak sekali digunakan.

Putih merupakan sebuah salah satu warna yang menunjukkan ketenangan dalam rumah bernuansa Jepang. Berpadu dengan pilihan warna maupun sentuhan natural kayu, ia akan melahirkan kenyamanan yang amat sempurna.

Furniture Rumah Jepang

Terkait dengan bentuk gagasan minimalisnya, furniture yang memiliki ukuran kecil menjadi sebuah standar yang biasa digunakan dalam konsep rumah Jepang. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan nuansa kelegaan di dalam ruangan, karena pada filosofi desain Jepang sangat amat memperhatikan sirkulasi ruangan.

Bentuk konsep lesehan untuk ruang duduk adalah sebuah hal yang paling umum serta banyak ditemui. Alas tatami serta beberapa bantal merupakan perabot serta aksesori khas yang akan selalu digunakan.

Dengan alokasi satu meja besar yang berketinggian rendah sebagai pusat untuk berkumpul, interior ruang tamu maupun ruang keluarga rumah Jepang sangat amat nyaman untuk seluruh anggota keluarga. Siapa pun yang akan mengunjungi rumah bernuansa Jepang akan merasa nyaman serta betah.

Pencahayaan dan Dekorasi

Untuk bagian bentuk instalasi pencahayaan, rumah ini terfokus pada bagian tipe pencahayaan yang terkonsentrasi atau disebut dengan task lighting. Jenis pencahayaan ini sering kali ditemui serta berfungsi sebagai general lighting. Lampu dekoratif seperti lampu lampion juga akan menguatkan nuansa Jepang.

Dengan elemen dekoratif lainnya, panel pada dinding menjadi sebuah pembatas antara ruang maupun room divider yang juga sudah biasa ada. Pada materialnya yang berupa kombinasi kayu antara vertikal-horizontal tanpa ornamen apadan pun memberikan ruangan yang terasa lebih unik tidak berlebihan.

Unsur Alam

Desain bentuk rumah Jepang memiliki nilai utama yang berupa kedekatan serta keterikatan dengan alam. Maka dari itu , bukan hal yang aneh bila konsep rumah ini banyak sekali menghadirkan unsur alam di dalam ruangan.

Air merupakan salah satu elemen yang penting untuk ditonjolkan. Sebuah kolam ikan di area taman dalam ruangan akan cukup menunjukkan nuansa elemen alam yang kuat.

Selain itu, pada unsur alam di dalam interior juga akan memperlihatkan dalam bentuk interior dekorasi tanaman. Tanaman yang biasanya dipajang merupakan jenis tanaman bonsai yang mana, lebih mudah dirawat. Kehadiran tanaman pada jenis dekorasi ini akan dianggap mewakili sebuah prinsip alami, kesederhanaan, dan hijau.

Jendela dan Ruang Terbuka

Konsep rumah Jepang juga banyak dikenal dengan bentuk ukuran jendelanya yang besar serta ruang terbuka. Kita dapat dengan mudah melihat pemandangan dari ke berbagai penjuru dengan adanya sebuah jendela ini.

Pintu geser yang berukuran besar juga akan menjadi sebuah ciri khas, terutama pada konsep rumah-rumah Jepang tradisional.

Bentuk rumah ruang terbuka memang amat identik dengan sebuah prinsip hunian Jepang yang minimalis. Konsep ini memiliki tujuan agar bisa mendapatkan pencahayaan serta udara yang alami segar maksimal. Jendela yang besar serta bukaan langit-langit seperti skylight merupakan sebuah jurus ampuh untuk bisa mendapatkannya.

Hal yang dapat dibilang jarang atau bahkan tidak ada pada dalam konsep rumah Jepang adalah gorden atau screen tebal. Pada elemen ini meningkatkan bisa menghalangi jalan untuk masuk cahaya alami.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Inspirasi Desain Pengembangan Rumah Tipe 21,36,45
karya Adnan Tojoeng

Inspirasi Desain Pengembangan Rumah Tipe 21,36,45

Inspirasi Desain Pengembangan Rumah Tipe 21,36,45

beli sekarang

 

7 Karakter Rumah Modern Jepang yang Nyaman & Menenangkan

Rumah Jepang terkenal dengan prinsip desainnya yang fokus kepada bentuk simpel serta ketenangan. Ciri khas ini akan sesuai dengan filosofi Zen, kehidupan Jepang yang memiliki tujuan untuk membawa fokus serta damai dalam interior modern.

Konsep rumah Jepang dengan bentuk desain modern sangat mengutamakan pada kehidupan yang bersih, sederhana, mempertahankan keseimbangan, bebas dari kekacauan, serta dekat dengan alam.

Meskipun telah menggunakan konsep modern, konsep rumah Jepang tetap tidak akan pernah lepas dari unsur tradisionalnya. Bagaimanapun, konsep rumah Jepang sukses akan menyebarkan pengaruh ke seluruh dunia. Simak ciri serta inspirasinya ini.

[algolia_carousel page=2]

 

1. Adanya Elemen Wabi Sabi

Pernah sesekali mendengar istilah filosofi wabi sabi dari Jepang? Sempurna serta bahagia walau di dalam ketidaksempurnaan menjadi makna dari istilah tersebut. Filosofi hidup yang berasal Jepang ini sudah umum banyak diketahui. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, dalam sebuah prinsip ini pun tercermin dalam sebuah bentuk serta konsep bangunan.

Rumah konsep ala Jepang sudah terkenal akan kesederhanaannya. Walaupun sederhana serta terkesan minimalis, konsep rumah Jepang sudah tetap bisa membuat penghuninya nyaman serta terasa homey. Konsep rumah Jepang cenderung mengarah pada konsep kesederhanaan di dalam kehidupan sehari-hari pada bentuk bangunan yang nyaman.

 

2. Area Genkan yang Dipertahankan

Hal ini menjadi salah satu sebuah ciri khas yang harus pada konsep rumah Jepang. Tak mengenal sebuah tipe bangunan, di dalam apartemen sekalipun pasti area genkan akan tetap dipertahankan.

Genkan merupakan sebuah area transisi antara sebuah bagian luar serta dalam rumah. Area ini dipakai untuk menerima para pengunjung serta tempat mengganti sepatu dengan menggunakan sandal rumah yang telah dilepas sebelum menginjak bagian lantai tatami.

Dengan fungsi genkan yang mirip foyer, genkan umumnya dilengkapi dengan kabinet maupun rak yang disebut dengan getabako untuk menyimpan sepatu serta benda dekoratif yang lainnya.

 

3. Beratap Lebar

Dengan bentuk konstruksi bagian atap pada konsep rumah Jepang juga akan diperhatikan secara baik. Bentuk pada atap rumah secara umum dirancang untuk dapat mengalirkan derasnya air hujan dari bagian atap rumah. Bentuk pada bagian atap yang dibuat luas dengan bentuk kantilever yang lebar, sehingga memungkinkan penghuni rumah pada saat membuka pintu akan tetap mencegah air hujan yang masuk ke dalam rumah.

 

4. Berandanya Luas

Bentuk karakteristik lain dari konsep rumah Jepang merupakan sebuah keberadaan beranda yang memiliki ukuran besar. Selain berfungsi sebagai penghubung antara setiap ruang, beranda yang biasa berupa lorong lebar serta panjang akan menjadi pembatas ruang dalam serta luar.

Beranda menjadi tempat untuk tempat bersantai untuk menikmati udara segar. Keberadaan beranda juga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk, karena berfungsi sebagai tempat sirkulasi udara serta masuknya cahaya masuk ke dalam rumah.

 

5. Kental akan Unsur Alam

Budaya Jepang sangat menunjukkan kecintaan serta penghargaan terhadap alam. Maka dari itu, sehingga unsur di dalam rumah juga akan sangat kental akan alam. Mulai dari furniture serta pada material bangunan yang menggunakan bahan – bahan dari alam seperti kayu maupaun bambu, sehingga memasukkan unsur tanaman serta air ke dalam rumah. Air menjadi salah satu elemen paling kuat untuk menonjolkan ciri khas sebuah arsitektur rumah Jepang. Kita juga dapat menambahkan kolam ikan pada rumah.

Unsur alam dalam konsep rumah Jepang juga bisa dicapai dengan menambahkan jendela yang luas serta besar yang dapat pemandangan alam dari luar masuk ke dalam rumah

 

6. Menggunakan Tangga Tansu

Konsep rumah di wilayah perkotaan Jepang secara umum memiliki luas yang terbatas. Untuk memaksimalkan bagian luas ini, konsep rumah Jepang ini hadir dalam bentuk tangga tansu. Tansu merupakan sebuah tangga sekaligus kabinet yang dapat dipindah dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dari para penghuninya.

Tangga tansu juga fleksibel dalam penggunaannya untuk berbagai jenis hunian, dari rumah konvensional bahkan untuk hunian modern seperti apartemen. Biasanya bentuk tansu ini memiliki palet warna yang berbentuk minimalis cantik serta mudah digabungkan dengan berbagai bentuk macam furniture lainnya di dalam rumah.

 

7. Berkonsep Ruangan Terbuka Engawa

Gaya bentuk bagian rumah Jepang terbilang ideal untuk dapat diterapkan dengan berbagai macam bentuk rumah, baik itu rumah dengan skala besar maupun dalam bentuk yang kecil. Salah satu dari unsur yang sangat terlihat pada bentuk rumah modern ala Jepang ini adalah dengan meminimalisir dinding maupun sekat yang disebut dengan engawa.

Istilah ini mengarah pada ruang kosong pada area luar ruangan dengan dalam ruangan. Selain membuat ruangan lebih luas, cara ini juga dapat memenuhi pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan. Bagian rumah pun akan terasa luas, terang, serta juga bagian yang lebih nyaman.

 

Kamu bisa mempelajari tentang Inspirasi Desain Interior Modern
karya Andie A. Wicaksono, Dimas Kharisma Y., & Suparno Sastra M

Inspirasi Desain Interior Modern

Inspirasi Desain Interior Modern

beli sekarang

 

8 Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis Mungil. 

Jepang merupakan sebuah negeri sejuta pesona dengan daya tarik luar biasa yang tidak lagi perlu diragukan kembali. Selain sudah terkenal dengan budayanya yang terbilang unik, negeri sakura ini juga sudah dikenal dengan konsep desain rumahnya yang cukup unik. Rumah dengan desain Jepang minimalis menjadi salah satu desain yang banyak disebut mampu untuk menggabungkan tampilan tradisional dan modern dengan sangat baik.

Jika tertarik untuk ingin memiliki rumah gaya Jepang minimalis yang memukau, dibawah ini adalah beberapa desain yang bisa dipilih sebagai inspirasi.

Inspirasi Desain Rumah Jepang Minimalis

  1. Module Grid House, Rumah Minimalis Jepang 2 Lantai

Bentuk konsep rumah minimalis Jepang 2 lantai ini, memakai sistem metrik tradisional yang mengakibatkan tampilannya akan terlihat lebih mencolok dibanding dengan rumah yang ada di sekitarnya atu pada lingkungannya.

Selain itu konsep desain dari rumah Jepang minimalis ini juga mamakai material yang prefabricated, sehingga ukurannya sudah disesuaikan dengan bagian modulnya.

Metode inilah yang menjadi perpaduan antara gaya kontemporer serta tradisional akan terlihat lebih efisien.

 

  1. Rumah di Minamimachi, Hunian Berkulit Beton

Meskipun terlihat dan terkesan sederhana, bila kita perhatikan dengan baik, fasad dari sebuah rumah ini memiliki sebuah tekstur unik yang akan membuat tampilannya terlihat berbeda.

Dengan bagian tampilan yang terlihat modern, tempat hunian ini juga tidak mengaplikasikan bentuk dinding rumah Jepang yang umumnya dibuat dari kertas khusus.

Walaupun begitu, kita masih dapat merasakan kenyamanan dari bentuk rumah Jepang yang berdasarkan pemilihan bahan kayu dominan.

 

  1. Rumah di Midorigaoka, Tampil Mencolok dengan Suasana Berbeda

Konsep rumah gaya Jepang minimalis yang satu ini akan terlihat kontras bila dibandingkan dengan hunian yang ada di sekitarnya.

Kesederhanaan merupakan sebuah kunci utama untuk menampilkan desain kontemporer yang diharapkan dari konsep hunian ini.

Selain itu pun juga, pemilihan dari material yang cermat akan membuat konsep rumah ini terkesan nyaman untuk dihuni.

 

  1. Rumah Concrete Box, Hunian Impian Berbahan Beton

Terinspirasi dari karya-karyanya Tadao Andi, seorang pasangan dari Houston, Texas membangun bentuk rumah beton impian mereka. Perpaduan antara desain tradisional serta modern dapat dilihat dari rasio bahan yang dibuat dari kayu dan juga beton.

Meskipun terlihat seperti sebuah rumah masa kini, kita pasti masih dapat melihat bentuk sentuhan Jepang pada hunian ini.

 

  1. Slice of the City, Hunian dengan Privasi Maksimum

Saat membentuk desain rumah ini, arsitek perlu membangun rumah gaya Jepang yang dapat memaksimalkan cahaya, namun privasi masih tetap terjaga.

Hal tersebut dilakukan dengan cara membangun sebuah blok besar yang terbagi oleh void vertikal, sehingga cahaya dapat masuk ke dalam rumah.

 

  1. Light Grain, Keseimbangan Cahaya, Ventilasi, dan Privasi

Light Grain merupakan sebuah rumah yang didesain khusus untuk menyeimbangkan antara privasi, pencahayaan, dan ventilasi.

Dengan konsep desain seperti ini, cahaya dapat masuk melewati jendela serta dinding berlubang pada bagian depan rumah.

Dinding serta lubang-lubang kecil yang berbahan metal ini, selain bermanfaat untuk pencahayaan serta ventilasi, bisa mempercantik tampilan bangunannya secara keseluruhan.

 

  1. Relation, Rumah Minimalis Jepang 2 Lantai yang Sederhana namun Unik

Konsep rumah yang satu ini memfokuskan pada penggunaan struktur beton yang sebagai “cangkang” dari fasad hunian ini.

Untuk bentuk interiornya sendiri, rumah ini mengaplikasikan desain mezzanine untuk bisa membuat ruangan ekstra di bagian dalamnya.

Pengambilan bagian keputusan ini tentunya bisa menghasilkan sebuah bentuk rumah minimalis Jepang yang dapat mengakali ruangan terbatas bahkan mengedepankan privasi penghuninya.

 

  1. Gandare House, Rumah Mungil dengan Desain yang Mencolok

Meskipun terlihat tak selebar dengan rumah yang di sampingnya, Gandara House akan terlihat lebih mencolok dengan tampilan fasad yang mengagumkan.

Meskipun konsep tampilan luarnya terlihat modern, penggunaan material kayu yang sangat kental dengan bentuk gaya Jepang bisa ditemukan di bagian interior.

Selain itu, aspek yang dapat membuat rumah ini terlihat nyaman untuk dihuni adalah pada  pencahayaan alami yang sempurna pada dalam ruangan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien