in

Atap Bitumen: Pengertian, Jenis, Harga, Kelebihan, dan Kekurangan

Atap Bitumen – Atap merupakan salah satu bagian fondasi terpenting dari bangunan, termasuk rumah. Salah satunya yaitu atap bitumen. Atap bitumen merupakan jenis genteng yang mulai diminati oleh banyak orang karena tampilannya yang terkesan mewah dan modern. Penggunaan atas aspal ini banyak ditemukan di kota-kota besar.

Atap bitumen mempunyai komposisi yang serupa namun tak sama dengan atap bergenteng tanah liat. Karena, atap bitumen dibentuk dari berbagai material alami dengan kekuatan penting sebagai bangunan kokoh

Pengertian Atap Bitumen

Bitumen sendiri yaitu cairan aspal hasil persenyawaan hidrogen dan hidrokarbon dengan sedikit campuran sulfur, klor serta oksigen. Aspal tampak padat saat di suhu ruang, padahal ia mempunyai cairan yang sangat kental. Pengaplikasiannya beragam salah satunya pada genteng bitumen.

Atap bitumen jenis atap yang komposisi pembentuk utamanya yaitu aspal atau bitumen yang disempurnakan dengan berbagai bahan yang sangat kuat. Seperti alga coating, fiberglass, alga coating, dan pasir batu.

Struktur bahan dasar bitumen diproses dengan teknik penekanan serta pemanasan yang tinggi. Sehingga atap jenis ini lebih fleksibel, kuat serta tidak mudah patah. Atap bitumen disebut juga genteng aspal atau atap aspal

[algolia_carousel]

Sejarah Pembuatan Atap Bitumen

Atap bitumen sudah ada sejak puluhan tahun kebelakang, atap bitumen dikembangkan dari tahun 1893. Kemudian pada tahun 1900-an mengalami penyebaran dinegara Amerika Serikat. Sehingga terjadi peningkatan produksi pada tahun 1939 hingga mencapai 11 juta penggunaan genteng.

Akan tetapi, pada tahun 1939 atap bitumen belum memiliki perekat yang utuh. Oleh sebab itu, tahun 1950 produksi atap mulai merealisasikan perekat antar genteng.

Setelah 10 tahun kemudian proses produksi atap terus berkembang dengan berbagai macam bahan seperti fiberglass. Oleh karena itu, penghuni rumah sudah dapat memilih jenis dari bitumen.

Jenis Atap Bitumen

Atap Bitumen
Builder.id

Ada beberapa jenis dan bentuk atap bitumen yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bangunan, antara lain :

1. Atap bitumen gelombang

Atap bitumen gelombang mempunyai pola mengombang dan cocok digunakan untuk atap rumah. Jenis bahan atap ini yaitu serat selulosa sehingga akan tahan korosi dan tahan karat

2. Genteng bitumen tile

Jenis genteng bitumen tile mempunyai bentuk kotak seperti ubin. Material pembuat tile atap bitumen yaitu campuran dari berbagai bahan seperti aspal, granual, pasir batu, fiberglass dan alga coating. Atap ini cocok untuk atap yang sederhana dan kuat

3. Atap shingles flat

Atap shingles flat berbentuk datar. Material atap ini terdiri dari fiberglass, aspal, pasir batu dan alga coating. Kekuatan atap ini juga terjamin dan tidak mudah rusak.

Tipe-Tipe Atap Bitumen di Pasaran

Jenis yang dapat ditemukan di pasar antara lain :

1. Tipe Shingles GAF

Roofle.com

Tipe ini diambil dari nama perusahaan manufaktur atap yang terbesar di Amerika Serikat. Jenis atap ini mempunyai ketahanan dari perubahan musim serta dapat dipakai semua bentuk atap karena tidak datar dan bergelombang.

Atap shingles GAF ini baik untuk semua bentuk atap, baik perisai maupun pelana. Jika ingin dibentuk dome atau kerucut tidak ada pilihan lain selain menggunakan genteng yang mempunyai elastisitas serta mampu menjaga kebocoran, sehingga akan mendapatkan hasil desain atap yang maksimal.

2. Tipe Shingles Cana

Patterntoprogress.org

Tipe shingles cana mempunyai kelebihan presisi serta menghasilkan pemasangan lebih rapi dibandingkan jenis lain. Jenis atap ini bersifatself-adhesive pada seluruh bagian atap karena mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Selain itu, atap ini mempunyai berbagai pilihan model atap aspal yang dapat menyesuaikan berbagai jenis atap rumah serta mampu bertahan disegala cuaca. Atap shingles cana ini memiliki ukuran yang sangat presisi sehingga hasil pemasangan akan terlihat jauh lebih rapih dan memiliki beberapa macam pilihan warna yang lebih menarik.

3. Tipe Ondura

Digitalocean.com

Atap ondura merupakan lembaran atap bitumen bergelombang yang dikembangkan untuk meghasilkan atap yang tahan terhadap cuaca. Atap ini terbuat dari lapisan tunggal serat organik yang dicampur dengan bitumen, dengan proses pemanasan serta penekanan yang tinggi.

Bentuk ondura bergelombang. Tujuannya agar tetap tahan di segala cuaca. Selain itu sistem pewarnaan atap menerapkan pigmentasi yang baik sehingga akan tahan sinar ultraviolet.

4. Tipe Shingles CTI

Atap Bitumen
Eroofing.com.my

Shingles CTI memproduksi atap aspal menurut EN544, standar Eropa. Atap ini akan terus mengkaji serta menghasilkan Shingles yang akan membuat kontribusi yang besar bagi dunia serta Korea di bidang produk atap.

Atap ini merupakan produk yang kuat, tidak mudah sobek maupun pecah. Karena atap bitumen CTI mengandung bahan aspal dan serat selulosa sehingga kekuatannya akan terjamin.

Selain itu, atap ini memiliki struktur yang bergelombang, tahan terhadap air memiliki saluran udara yang berfungsi untuk mengurangi pengembunan. Jadi, tidak perlu khawatir menggunakan atap bitumen CTI ini untuk menambah kesan elegan pada rumah.

5. Tipe Onduline

Atap Bitumen
Digitalocean.com

Atap onduline merupakan produk atap yang bergelombang dan material penutup dinding yang atraktif, kuat serta ringan. Genteng bitumen jenis ini mempunyai sepuluh gelombang serta paling banyak peminat sehingga banyak di pakai oleh masyarakat umum. Material dari bahan ini terdiri dari serat organik yang dicampur dengan bitumen.

Setelah melalui proses pemanasan dan pengepresan yang tinggi genteng bitumen jenis ini menghasilkan atap ringan yang kokoh. Pigmentasi warnanya baik sehingga atap mempunyai ketahanan terhadap sinar ultraviolet

Atap onduline membutuhkan waktu lebih dari 50 tahun untuk mengembangkan produknya, sehingga terciptalah produk atap bitumen yang mempunyai ketahanan terhadap segala macam cuaca.

Untuk proses pewarnaan, atap ini menerapkan sistem yang terbaik sehingga berhasil menciptakan lembaran atap bitumen yang mampu menahan sinar UV. Atap ini merupakan produk yang unik, memiliki bobot yang kuat dan ringan sehingga membuatnya cocok untuk diaplikasikan pada setiap atap rumah.

6. Tipe Onduvilla

Atap Bitumen
Insinyurbangunan.com

Onduvilla merupakan material atap ringan dan mempunyai tekstur atap yang sama dengan atap onduline. Materialnya terbuat dari fiber selulosa, bitumen serta resin yang tahan terhadap tekanan dan panas.

Tekstur jenis ini mempunyai kemiripan seperti genteng yang terbuat dari tanah liat. Kelebihan genteng ini kuat menghadapi air, cuaca panas hingga cuaca ekstrem. Kompisi atap onduvilla indentik dengan atap onduline yang berasal dari teknologi tinggi serta memenuhi strandar European Norm EN 534.

Oleh sebab itu, atap onduvilla mempunyai ketahanan terhadap air dan dapat melindungi bangunan dari suhu tinggi atau panas serta cuaca yang sangat ekstrim sekalipun.

[algolia_carousel page=2]

7. Tipe Guttapral

Atap Bitumen
Geomall.cz

Atap guttapral merupakan atap bergelombang yang terbuat dari bitumen selulosa atau aspal, resin serta mineral aditif lainnya yang menjadikan produk ini memiliki stabilitas dimensional tinggi, mudah dibentuk dan dipasang, lentur serta tidak mudah pecah.

Atap guttapral dikenal sebagai atap gutta yang mempunyai lembaran 10 gelombang yang dapat diaplikasikan sebagai penutup atap yang ringan, tahan lama, kuat dan ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang digunakan alami serta ramah lingkungan. Mempunyai warna-warna yang natural seperti merah, cokelat, hijau, biru dan hitam. Tipe atap ini fleksibel sehingga dapat diaplikasikan pada atap yang melengkung

Ukuran Atap Bitumen

Atap Bitumen
Tiengtrung.cn

Beberapa ukuran atap bitumen yang dapat diaplikasikan untuk hunian yaitu sebagai berikut :

  1. Jenis atap bitumen gelombang mempunyai lebar 95 cm, panjang 200 cm, tebal 03 cm, berat 6,5 kg, tinggi gelombang 4 cm dan jumlah gelombang 10 cm
  2. Atap bitumen datar mempunyai panjang 100 cm, lebar 33 cm, exprosure 13,4 cm, jumlah budle 21 dan berat 11 kg/ m2

Sementara untuk jenis tile pada umumnya ukuran atap bitumen berukuran 28 cm x 100 cm dan 30 x 100 cm dengan ketebalah 2 hingga 3 mm

Kelebihan Atap Bitumen

Berikut ini beberapa kelebihan atap bitumen antara lain :

1. Mempunyai daya tahan yang baik dan kuat

Atap bitumen mempunyai daya tahan yang kuat sehingga dapat menghadang serangan air, api serta angina kencang. Dari sisi operasional juga menguntungkan, apalagi meski di Indonesia beriklim tropis namun sering menghadapi cuaca yang ekstrim

2. Memiliki garansi yang awet

Pada umumnya ketika membeli sebuah hunian, pasti akan mendapatkan garansi pemakaian. Atap bitumen mempunyai ketahanan 20 hingga 30 tahun sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang.

Tidak mengherankan apabila bangunan dengan spesifikasi tinggi menggunakan jenis genteng ini akan memberikan rasa aman dan nyaman.

3. Bobot yang sangat ringan namun tahan banting

Atap ini dianalogikan dengan konstruksi rumah dengan baja ringan yang berkualitas dibandingkan dengan genteng bahan keramik ataupun beton. Dalam satu meter persegi, beratnya mencapai 13kg. Sedangkan atap keramik atau beton mencapai 50 kg hingga 60 kg.

Meskipun ringan, genteng ini tahan banting dan lebih kokoh karena proses pembuatannya panjang serta melalui pemanasan yang tinggi. Sehingga cocok untuk diaplikasikan pada bangunan rumah.

Biasanya, aplikasi jenis ini di sebuah rumah selalu dikombinasikan dengan aplikasi atap baja ringan sehingga sangat padu.

4. Jenis dan variasi yang berbagai macam

Apabila sudah cocok terhadap sisi detailnya, maka jenis atap ini layak untuk dipilih. Sebab, atap bitumen mempunyai variasi serta berbagai macam warna yang tergolong sangat banyak sesuai dengan perkembangan tren saat ini. Variasi warna yang banyak tersebut dapat menyesuaikan desain eksterior rumah sehingga akan terlihat senada.

5. Meski sederhana, tetapi tetap tampil estetis

Secara kasat mata desain atap ini terlihat sederhana, tetapi apabila dilihat lebih mendalam akan sangat berbeda.

Atap jenis ini sangat estetis dengan bentuk ukiran-ukiran tegas yang berbentuk lurus minimalis. Untuk melihat sisi estetika atap ini dapat mengetahui saat melewati rumah-rumah minimalis bertingkat.

6. Mampu menyesuaikan berbagai jenis atap rumah dan inspirasinya

Secara umum sering dijadikan sebagai inspirasi rumah-rumah minimalis, tetapi atap bitumen mampu menyesuaikan berbagai jenis rumah.

Atap ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis rumah tua maupun rumah klasik yang estetis. Selain itu, juga dapat digunakan apabila menginginkan rumah bernuansa etnik yang menghasilkan suasana penuh emosional.

7. Kedap suara dan nyaman

Dalam kondisi tertentu, suara hujan dapat mengganggu apabila jika tidak cepat mereda. Namun pemakaian genteng bitumen ini sangat tepat untuk meredam kebisingan suara hujan dan angin dari luar. Selain hujan dan angina, atap jenis ini juga mempunyai kemampuan untuk meredam suara yang berasal dar luar.

8. Lentur dan mudah dibentuk

Apabila kita menggunakan genteng keramik ataupun genteng beton maka akan susah mengaplikasikannya ke bentuk-bentuk atap dengan sudut kemiringan yang extreme atau tidak umum.

Berbeda dengan genteng aspal, genteng ini mempunyai sifat lentur dan mudah mengikuti bentuk atap yang ada. Jadi, bangunan yang mempunyai sudut curam sekalipun, genteng aspal bitumen akan mudah menyesuaikan bentuknya.

Atap Bitumen
Mycreativeshop.com

Kekurangan Atap Bitumen

Selain kelebihan, genteng bitumen juga mempunyai beberapa kekurangan. Berikut kekurangan dari genteng bitumen :

1. Harga yang tidak murah

Harga genteng bitumen cenderung mahal, karena mempunyai kualitas yang sangat baik dan bahan baku yang berbeda dibandingkan dengan genteng lain. Sehingga dapat difungsikan untuk jangka panjang.

2. Proses pemasangan butuh penyesuaian

Dalam pemasangan jenis atap ini mempunyai tantangan tersendiri, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pasalnya, tidak semua tukang bangunan mempunyai kecakapan untuk memasang atap secara rapi agar mempunyai usia pakai yang panjang.

3. Proses perawatan yang membutuhkan biaya cukup tinggi

Proses perawatan bisa dikatakan tergolong tidak murah, maka perlu diperhatikan karena cukup memakan ongkos dan menyita waktu. Apabila terjadi kerusakan atap rumah harus ditanganin oleh tukang dengan keahlian khusus.

Oleh sebab itu, disarankan untuk memasang atap dengan tukang yang sudah andal serta telatih dalam instalasi atap.

Sebelum menggunakan atap dari bitumen di rumah, maka perlu menyesuaikan ukuran serta spesifikasi yang tepat.

4. Membutuhkan perlengkapan instalasi yang tidak sedikit

Pemasangan atap tidak serta merta “pluh and play”, akan tetapi membutuhkan sedikit perubahan konstruksi atap.

Agar mempermudah pemasangan instalasi, sebaiknya disiapkan multipleks baru dengan bahan khusus yang sesuai dengan bitumen.

Cara Merawat Atap Bitumen

Langkah-langkah merawat atap bitumen sebagai berikut :

1. Membersihkan atap secara berkala

Perawatan ini dilakukan agar atap seperti sampah, lumut dan kotoran lainnya tidak mengendap di permukaan atap.

2. Membersihkan ventilasi

Lubang ventilasi di atap perlu diperhatikan dan dibersihkan agar tidak ada sampah yang menyumbat serta mengeluarkan bau yang tidak sedap.

3. Pemeriksaan plafon

Pada saat membersihkan dan merawat atap, maka perlu dilihat kondisi plafon rumah. Hal ini untuk mengecek apakah plafon tersebut bocor atau tidak.

Atap Bitumen
Typerumahidaman.com

Perkiraan Harga per Lembar Atap Aspal atau Genteng Bitumen

  1. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Onduline = Rp. 125.000 – Rp. 240.000
  2. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Onduvilla = Rp. 40.000 – Rp. 190.000
  3. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Guttapral = Rp. 140.000 – Rp. 150.000
  4. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Ondura = Rp. 120.000 – Rp. 150.000
  5. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Shingles CTI = Rp. 115.000 – Rp. 150.000
  6. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Shingles GAF = Rp. 190.000 – Rp. 480.000
  7. Atap aspal atau genteng bitumen tipe Shingles Cana = Rp. 135.000 – Rp. 140.000

Nah, itulah penjelasan tentang Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Atap Bitumen. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Atap Bitumen maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di https://www.gramedia.com/

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda