in

10+ Model Kanopi Minimalis Terbaru yang Cocok Untuk Rumah Idaman

 

Setiap orang yang sudah memiliki rumah pasti ingin sekali kalau rumahnya penuh dengan rasa nyaman. Tidak hanya nyaman, tetapi rumah dengan dekorasi yang cantik menjadi idaman bagi para pemilik rumah. Saat ini, hampir setiap model rumah dari kelas menengah biasanya memiliki model yang minimalis. Biarpun model rumah minimalis, tetapi ketika dilihat secara langsung akan tetap terlihat elegan.

Terlebih lagi, rumah dengan model minimalis yang dicari oleh banyak orang adalah rumah yang setiap ruangannya dapat berfungsi dengan maksimal, mulai dari di luar rumah hingga di dalam rumah. Oleh sebab itu, kita sering sekali menemukan rumah model minimalis yang memiliki garasi mobil yang bisa ditempati mobil dan motor serta dijadikan sebagai halaman depan rumah.

Ketika sebuah mobil dan motor diparkir di halaman rumah pasti membutuhkan yang namanya atap untuk melindungi dari panasnya matahari dan turunnya hujan. Atap yang digunakan di halaman rumah minimalis biasanya menggunakan kanopi. Selain bentuknya yang sederhana, kanopi bisa membuat rumah terlihat lebih elegan. Dengan adanya kanopi penghuni rumah bisa berteduh saat siang hari atau pada saat turun hujan.

Model kanopi yang ada saat ini sangat banyak, sehingga pemilik rumah bisa menyesuaikannya dengan model rumah. Bahkan, seiring dengan perkembangan zaman, kanopi bukan hanya digunakan pada rumah saja, tetapi biasanya digunakan pada kantor, ruko, hingga café atau restoran yang sering menjadi tempat tongkrongan anak muda.

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali bahan yang bisa digunakan untuk membuat kanopi. Akan tetapi, perkembangan zaman pada bidang properti, kanopi sering dibuat dengan menggunakan bahan material dari baja ringan sebagai tiang penyangganya. Kanopi yang dibuat dengan baja ringan memiliki efektif dan efisiensi pengerjaan, sehingga pemasangan atau pembuatan kanopi dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu, harga kanopi berbahan baja ringan memiliki harga yang ramah dikantong pemilik rumah.

[algolia_carousel]

Bagi kamu yang ingin membuat kanopi tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini. Siapa tahu saja kamu menjadi memiliki inspirasi dalam membuat kanopi.

Bahan Baku Kanopi

Jika tiang dari kanopi lebih sering menggunakan baja ringan, maka atap kanopi itu sendiri bisa menggunakan beberapa bahan. Bahan baku untuk membuat kanopi sebagai berikut.

1. Spandek

Kanopi yang terbuat dari bahan spandek terdiri dari seng dan alumunium. Bahkan, supaya sedikit lentur terkadang diberikan tambahan berupa silikon. Pada umumnya, kanopi dari bahan spandek ini digunakan sebagai atap ruko, pabrik, gudang, dan lain-lain. Selain itu, warna kanopi spandek memiliki berbagai macam warna. Namun, sayangnya kanopi ini ketika diinjak akan mudah melengkung.

2. Akrilik

Bahan kanopi berikutnya adalah akrilik yang biasa digunakan pada rumah-rumah minimalis. Namun, harga kanopi berbahan akrilik cukup mahal, sehingga hanya sebagian rumah saja yang menggunakan kanopi ini. Meskipun harganya yang cukup mahal, tetapi soal kekuatan tak perlu diragukan lagi karena kanopi akrilik lebih kuat bila dibandingkan dengan kanopi berbahan kaca. Kanopi akrilik ini sangat mudah buram ketika kena cahaya matahari dan mudah tergores

3. Kaca

Kanopi yang terbuat dari bahan kaca merupakan kanopi yang bisa membuat cahaya matahari masuk dengan maksimal, sehingga dengan pencahayaan matahari ini, halaman rumah tidak mudah lembab dan rumah menjadi terlihat lebih elegan. Sama halnya dengan kanopi berbahan akrilik, kanopi berbahan kaca mudah tergores.

4. Polikarbonat

Apabila kamu memiliki rumah dengan konsep yang lebih modern, maka kamu bisa menggunakan kanopi berbahan polikarbonat. Bahan polikarbonat ini merupakan bahan plastic yang di mana terdapat beberapa rongga. Rongga yang ada pada polikarbonat bisa menyerap panas matahari, sehingga ketika berada dibawahnya udara akan terasa adem.

5. PVC

Atap PVC (Polyvinyl Chloride) adalah atap bermaterial plastik yang sedikit dikeraskan namun sifat lenturnya masih tersisa. Atap PVC sangat kuat dan tahan lama, sangat versatil.

Cara Memasang Kanopi

Berikut ini langkah-langkah memasang kanopi yang perlu kamu tahu.

1. Buat Tiang-Tiang Penyangga

Kanopi tidak akan berdiri tanpa adanya tiang-tiang penyangga. Oleh karena itu, ketika memasang kanopi, kamu harus membuat tiang-tiang penyangga terlebih dahulu. Tinggi dari tiang penyangga harus diperhatikan dengan teliti dan cermat. Selain itu, kemiringan dari tiang penyangga juga harus diperhatikan agar air bisa mengalir dengan baik.

2. Memasang Kasau

Setelah tiang-tiang penyangga sudah terpasang, langkah berikutnya untuk memasang kanopi adalah memasang kasau. Dalam pemasangan kasau, sebaiknya antara kasau yang satu dengan kasau yang lainnya diberi jarak 120 cm. kemudian pasang baut dengan bor listrik dan pastikan pasang semua baut hingga kasau terpasang semua.

3. Memasang Reng dan Atap

Kasau yang sudah terpasang, kemudian kamu perlu memasang reng dan atap. Ketika memasang reng, kamu perlu memerhatikan panjang atap yang ingin dipasang supaya bisa mempercantik kanopi. Apabila reng sudah terpasang dengan baik dan benar, maka kamu bisa memasang atap dengan menggunakan baut khusus.

Itulah beberapa langkah untuk memasang kanopi dengan baik. Akan tetapi, lebih baik lagi kalau pemasangan kanopi dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli supaya ketinggian dan kemiringan penyangga tidak salah.

Cara Memilih Kanopi yang Baik dan Bagus

Supaya kanopi yang kita pasang awet dan tahan lama, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara agar mendapatkan kanopi yang baik  sekaligus sesuai dengan bangunan. Berikut ini cara memilih kanopi yang baik.

1. Kualitas Kanopi

Kualitas kanopi sangat perlu untuk diperhatikan agar bisa tahan lama. Namun, kualitas kanopi yang bagus, maka harganya akan mahal, sehingga sulit untuk dimiliki. Apabila kamu hanya memiliki biaya yang tidak begitu banyak, sebaiknya pilihlah kualitas kanopi yang tidak terlalu jelek dan tidak terlalu bagus.

2. Bahan Kanopi

Dalam memilih bahan kanopi, sebaiknya disesuaikan dengan model rumah atau bangunan agar bisa memberikan kesan elegan sekaligus memberikan kenyamanan. Selain itu, bahan kanopi ini menentukan biaya yang harus dikeluarkan, semakin mahal harga kanopi, maka semakin bagus bahannya.

3. Merk Kanopi

Merk kanopi akan memengaruhi kualitas dari kanopi itu sendiri. Dua merek yang cukup terkenal di Indonesia adalah kanopi merk PVC dan kanopi merk Alderon.

10+ Model Kanopi yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Model kanopi dari zaman ke zaman akan terus berubah yang didasari dengan perkembangan zaman yang sedang terjadi. Oleh karena itu, kamu harus sanggup untuk mengikuti trend perubahan model kanopi agar bisa menemukan kanopi yang tepat untuk rumah idaman.

1. Kanopi Dengan Tiang Penyangga Berbentuk V

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Jika bosan dengan bentuk tiang penyangga kanopi yang hanya lurus-lurus saja, maka kamu bisa membangun kanopi yang di mana tiang penyangganya berbentuk V. Halaman rumah dan garasi akan terasa teduh karena terhindar dari matahari. Kanopi model ini bisa meningkatkan kesan lebih mewah.

2. Kanopi Baja Ringan

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Rumah-rumah minimalis yang semakin banyak saat ini umumnya halaman rumahnya dipasang kanopi baja ringan. Terlebih lagi warna baja ringan bisa dipadukan dengan berbagai macam model rumah. Lebih pentingnya lagi, harga kanopi baja ringan cukup ramah di kantong, sehingga banyak orang yang menggunakannya. Desain kanopi baja ringan sangatlah beragam, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan model rumah.

3. Kanopi Kayu

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Jika kamu sangat suka dengan model rumah bernuansa alami, maka pemasangan kanopi kayu pada halaman rumah sangat pas. Meskipun hanya berbahan kayu, tetapi kanopi tetap bisa memberikan nilai estetika dan kesan elegan. Kanopi kayu akan lebih menarik lagi, jika dipadukan dengan baja ringan, sehingga kesan minimalis akan terlihat juga. Alangkah baiknya, pemasangan kanopi kayu diberikan tanaman merambat agar terkesan lebih alami.

[algolia_carousel page=2]

4. Kanopi Kaca

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Jika kamu memiliki biaya lebih untuk membangun kanopi, maka kanopi dengan bahan kaca sangat pas karena kanopi kaca dianggap sebagai kanopi yang cocok untuk model rumah modern. Bahkan, dengan pemasangan kanopi kaca, rumah akan terlihat lebih elegan dan mewah. Tiang penyangga yang ada pada kanopi kaca ada yang berbahan baja ringan dan ada juga yang berbahan besi.

Cahaya matahari akan mudah masuk, sehingga kelembapan pada halaman rumah akan terus berkurang. Nilai estetika pada halaman rumah akan terlihat cukup jelas, sehingga akan enak dilihat dengan mata secara langsung.

5. Kanopi Spandek

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Model kanopi yang pas dibuat pada rumah-rumah modern dan minimalis selanjutnya adalah kanopi spandek. Kanopi dengan bahan spandek akan menjadi lebih terlihat elegan ketika disatupadukan dengan baja ringan sebagai tiang-tiang penyangganya. Kelebihan lainnya dari kanopi ini adalah cahaya matahari sulit masuk, sehingga halaman rumah akan terasa sedikit lebih sejuk dan nyaman.

Dengan harga yang cukup murah, sehingga banyak orang yang lebih memilih membangun kanopi spandek. Oleh karena itu, kanopi ini memiliki pangsa pasar ekonomi menengah ke bawah. Jadi, ketika kamu suka dengan model rumah modern minimalis, maka sangat disarankan untuk membangun kanopi spandek dan rumah kamu akan lebih terasa teduh dan lebih enak untuk dilihat.

6. Kanopi Polikarbonat

Model kanopi terbaru
bukalapak.com

Kanopi  polikarbonat  merupakan kanopi yang bisa membuat bagian luar rumah terasa sejuk walaupun panas menghampiri. Hal ini dikarenakan, bahan polikarbonat memiliki beberapa rongga yang bisa mengembalikan panas. Dengan bahan kanopi ini, kamu bisa meluangkan waktu dari kesibukan di halaman rumah tanpa harus memikirkan gerah karena cahaya matahari. Dikarenakan kanopi polikarbonat bisa membuat suhu di halaman rumah menurun, maka kanopi ini sering digunakan pada rumah-rumah minimalis.

7. Kanopi Tanpa Tiang Penyangga

Model kanopi terbaru
rumarumi.com

Ternyata dalam beberapa bangunan rumah, kanopinya tidak memiliki tiang penyangga. Model kanopi ini merupakan trend kanopi saat ini. Meskipun tanpa tiang penyangga, tetapi kanopi model ini tetap kuat dan kokoh. Kanopi tanpa tiang penyangga akan memberikan kesan elegan terhadap desain rumah. Ketika sudah yakin untuk membangun kanopi ini, kamu harus bisa menyesuaikannya dengan model bangunan rumah apalagi kalau kamu suka model rumah modern.

8. Kanopi Model Atap Melengkung

Model kanopi terbaru
pinterest.com

Kanopi dengan model atap melengkung biasanya menggunakan besi sebagai tiang penyangganya. Pada umumnya, kanopi model ini menggunakan warna merah emas pada besi yang dipadukan dengan warna kuning emas pada kanopi. Terlebih lagi kesan mewah akan tampak ketika kanopi diberikan beberapa aksesoris pelengkap. Namun, dalam memilih aksesoris, sebaiknya harus sesuai dengan desain rumah.

Namun, besi pada kanopi model atap melengkung gampang sekali karatan, sehingga akan mudah keropos yang membuat keindahan kanopi menjadi menurun. Tidak hanya itu, desain kanopi melengkung bisa dibilang sebagai model kanopi lama. Meskipun begitu, masih banyak orang yang menyukai model kanopi ini.

9. Kanopi Galvalum

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Ketika membanngun kanopi pasti sudah banyak orang yang menginginkan kalau kanopi bisa awet dan tahan lama. Salah satu material kanopi yang bisa awet adalah galvalum. Kanopi galvalum diyakini mampu bertahan sampai puluhan tahun. Jadi, kamu bisa menjadikan kanopi galvalum sebagai atap pada halaman rumah. Selain itu, kanopi ini sangat pas jika dibangun di model rumah minimalis.

Meskipun begitu, kanopi galvalume memiliki beberapa kekurangan dan kekurangan itu akan dirasakan pada saat turun  hujan Halaman rumah akan terasa berisik, sehingga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, ketika memilih kanopi galvalum, sebaiknya pastikan dulu kalau peredam suara di dalam rumah bekerja dengan baik.

10. Kanopi Tanaman Merambat

Model kanopi terbaru
ilmubudidaya.com

Bosan dengan model kanopi yang itu-itu saja? Nah, kamu bisa membuat kanopi dengan tanaman merambat. Dengan model kanopi ini, halaman rumah akan tetap bisa dimasuki oleh matahari, tetapi suhunya tetap sejuk. Hal ini dikarenakan panas matahari diserap oleh tumbuh-tumbuhan agar bisa berfotosintesis. Tanaman merambat bisa berupa tanaman yang tidak berbuah dan tanaman yang berbuah, seperti anggur.

Bagian eksterior rumah akan terlihat dan terasa seperti lebih alami karena banyak sekali tumbuhan-tumbuhan hijau. Lebih bagus lagi kalau halaman dengan kanopi tanaman merambat diberikan beberapa meja dan kursi taman, sehingga bisa menghabiskan waktu yang ditemani the atau kopi.

11. Kanopi Asbes

Model kanopi terbaru
rumarumi.com

Jika ketika kamu hanya memiliki biaya yang sedikit dalam membangun kanopi, sebaiknya pilihlah kanopi dengan bahan asbes karena kanopi ini memiliki harga relatif murah. Harganya memang murah, tetapi kualitas bisa dijamin dan dekorasi rumah bisa semakin menarik. Selain itu, dalam pemasangan model kanopi ini bisa dibilang cukup mudah.

Namun, dibalik harga yang murah dan model yang cukup menarik, ternyata kanopi asbes bisa dibilang cukup panas. Oleh karena itu, biasanya kanopi asbes dipasang dua lapis agar udara akan terasa lebih sejuk, sehingga betah berlama-lama di bawah kanopi. Jadi, kanopi asbes kurang pas digunakan di wilayah yang memiliki cuaca panas tinggi.

12. Kanopi dengan Tiang Miring

Kanopi model terbaru
jasarenovasiproperty.blogspot.com

Setiap desain kanopi sangat beragam semakin menarik desain kanopi, maka rumah akan terlihat semakin cantik. Jika, biasanya kanopi memiliki desai lurus dengan kemiringan standar (agar air mengalir) dan membuat kamu bosan, maka kamu bisa mencoba desain kanopi dengan tiang miring. Pada desain ini, tiang penyangga akan diletakan di sisi kanan dan sisi kiri kanopi. Meskipun tiang penyangga desain kanopi ini cukup miring, tetapi halaman rumah tetap tidak kena matahari dan air hujan.

Supaya bisa membuat rumah semakin menarik, maka kamu perlu mencari warna kanopi dan tiang penyangga yang sesuai dengan bangunan rumah. Jika, tidak menemukan warna yang sama, sebaiknya menggunakan warna yang mendekati warna rumah.

13. Kanopi Besi dan Kayu

Model kanopi terbaru
ruangarsitek.id

Pada umumnya, kanopi terbuat dari satu bahan saja, sehingga kita jarang menemukan perpaduan bahan kanopi. Salah satu perpaduan bahan kanopi yang yang bisa membuat rumah atau bangunan menjadi terlihat elegan adalah kanopi berbahan kayu dan besi. Perpaduan besi yang modern dan kayu yang tradisional menjadi satu kesatuan yang indah dan elegan. Bahkan, dengan perpaduan kanopi ini, rumah akan terlihat lebih modern.

Perpaduan kanopi kayu dan besi biasanya besi sebagai tiang penyangga dan kanopinya berbahan kayu. Model kanopi ini akan lebih menarik lagi apabila bangunan rumah memiliki banyak sekali ornamen kayu. Jadi, jangan pernah ragu untuk melakukan perpaduan antara besi dan kayu dalam membuat kanopi.

Demikianlah pembahasan tentang model kanopi terbaru dan sering digunakan pada rumah-rumah modern dan minimalis. Meskipun beberapa kanopi memiliki keawetan hingga puluhan tahun, tetapi jika tidak dilakukan perawatan, maka kanopi akan mudah rusak juga.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu