in

Kontraktor: Pengertian, Tugas, dan Perusahaan Kontraktor Terbaik

Pixabay.com

Kontraktor merupakan salah satu profesi yang penting. Pengerjaan pembangunan untuk sebuah hunian, gedung perusahaan, dan lain sebagainya bukanlah sesuatu yang mudah dan tidak boleh sembarangan. Selain harus selektif, kita juga harus memikirkan hinggal hal-hal detail jika hendak merencanakan pembangunan. Pihak yang akan hadir untuk membantu kita dalam proyek pembangunan ialah kontraktor.

Meskipun untuk menggunakan jasa kontraktor diperlukan budget tambahan, pengerjaan proyek pembangunan dapat dikerjakan dengan lebih terstruktur dan hasilnya lebih memuaskan. Hasil yang lebih memuaskan tersebut ialah karena dalam mengerjakan tugasnya, para kontraktor akan menyelesaikannya proyek pembangunan dengan terspesialisasi.

Di negara Indonesia ini sendiri, kontraktor merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam pembangunan infrastruktur di jalanan. Beberapa insfrastruktur tersebut merupakan salah satu aspek penting yang mendukung kemudahan hidup masyarakat. Tidak heran jika profesi kontraktor sehari-harinya menghabiskan waktu di di lapangan.

Untuk lebih jelas dalam memahami berbagai hal tentang kontraktor, simak penjelasan mengenai pengertian kontraktor, tugas dan tanggung jawabnya, jenis-jenis, hingga contoh perusahaan-perusahaan kontraktor terbaik yang ada di Indonesia berikut ini.

Pengertian Kontraktor

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kontraktor diartikan sebagai seorang pemborong atau anemer. Secara umum, kontraktor memiliki definisi umum sebagai pihak yang bertanggung jawab melaksanakan semua atau beberapa bagian pekerjaan konstruksi. Seorang kontraktor memiliki tanggung jawab dalam menyediakan berbagai material, peralatan, tenaga kerja, hingga segala hal yang diperlukan dalam masalah pembangunan proyek. Biasanya, seorang kontraktor bangunan juga turut hadir dalam mengawasi pembangunan bangunan-bangunan dan proyeknya.

[algolia_carousel]

Kontraktor

Kontraktor itu sendiri berasal dari ‘kontrak’ yang berarti perjanjian secara tertulis antara dua pihak dalam perdagangan, sewa-menyewa, dan lain sebagainya. Hal itu juga berhubungan bahwa seorang kontraktor bertugas memberikan keterampilan dan layanan kepada perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang kontraktor juga dibatasi dengan waktu penyelesaian, biaya, hingga berbagai hal terkait kontrak yang sudah disepakati.

Seorang kontraktor biasanya mendapatkan proyek pekerjaannya dengan dua cara. Pertama, seorang kontraktor bisa saja ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk mengerjakan pembangunan, cara kedua ialah melalui lelang yang biasanya diselenggarakan oleh sang pemilik proyek. Kontraktor yang memenuhi kriteria pemilik proyek, serta mengajukan harga terbaik dengan produk berkualitas tersebut nantinya dapat memenangkan lelang.

Dalam dunia kontraktor, terdapat beberapa istilah seperti general kontraktor atau kontraktor umum yang sering hadir, namun tidak sedikit orang yang masih bingung. Secara harfiah, general kontraktor dan kontraktor umum merupakan dua hal yang sama. General kontraktor atau kontraktor umum merupakan kontraktor yang ditunjuk langsung oleh pemilik proyek untuk berpartisipasi dalam membangun bangunan. Singkatnya, seorang general kontraktor akan mendapatkan mandate langsung dari sang pemilik proyek bangunan. Dapat dikatakan bahwa general kontraktor merupakan kontraktor utama proyek atau yang juga biasa disebut sebagai main contractor project.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

Seorang kontraktor tentunya memiliki beberapa tugas serta tanggung jawab utama yang harus ditekuni. Secara umum, tugas seorang kontraktor ialah menyelesaikan pembangunan dari pemilik kerjaan, sesuai dnegan mutu, waktu, serta biaya yang sejak awal telah disepakati bersama dengan sang pemilik proyek.

Pemilik proyek yang menggunakan jasa perusahaan kontruktor tentunya bisa berupa pribadi perorangan, badan hukum, bahkan dalam skala negara tergantung seberapa besar proyek pembangunan tersebut.

Tugas dan tanggung jawab setiap kontraktor mungkin akan berbeda bergantung pada proyek yang dijalankan. Namun, secara umum berikut adalah peran dan tanggung jawab kontraktor yang hampir selalu ada dalam setiap proyek yang dijalankan:

  • Terlebih dahulu merencanakan pengembangan dan implementasi proyek-proyek besar
  • Menentukan kemudian mengestimasi berbagai aspek proyek, dari mulai bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  • Mengantisipasi berbagai kemungkinan dalam perubahan proyek
  • Memastikan spesifikasi kesehatan dan keselamatan pekerja kontraktor
  • Menkoordinasikan semua pihak terkait dalam konstruksi sebagai klien dan subkontraktor
  • Mengatur permasalahan syarat izin, hukum, dan berbagai peraturan lainnya.

Cakupan Jasa Kontraktor

Ketika hendak menggunakan jasa kontraktor, tentunya kita harus selektif dalam memilih dan memutuskan siapa yang akan mengerjakan proyek terkait. Selain memperhatikan refrensi-refrensi mengenai reputasi seorang kontraktor, kamu juga dapat memahami beberapa layanan yang dikerjakan seorang kontraktor untuk penilaian lebih lanjut, cakupan jasa dalam layanan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Jasa Desain

Layanan pertama yang disediakan kontraktor adalah jasa desain. Sebelum memberikan jasa desain, seorang kontraktor akan berdiskusi terlebih dahulu dengan pemilik proyek serta melakukan survei lahan, setelah selesai, kontraktur baru dapat memilai desain secara detail. Desain tersebut dimulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain yang dibuat nantinya akan disesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, dan budget pemilik proyek.

2. Bangunan dan Material

Dalam tahapan mengenai bangunan dan material, seorang kontraktor akan bertanggung jawab terhadap masalah pembersihan laha, penggalian tanah untuk pondasi, dan pembuatan sumur resapan. Pada bagian ini, kontraktor akan membutuhkan banyak alat berat demi kelancaran sebuah proyek.

3. Renovasi dan Remodeling

Pada tahap renovasi dan remodeling, seorang kontraktor akan melakukan pembongkaran demi perbaikan. Perombakan tersebut bisa menjadi besar, bergantung pada keinginan klien atau seberapa besar kerusakan. Dalam perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior, dan fasilitas rumah atau gedung.

Kontraktor

Jenis-Jenis Kontraktor

Bidang profesi kontraktor tidak hanya terkait pembangunan rumah dan gedung-gedung bertingkat, namun lebih dari pada itu. Beberapa bidang usaha dan jenis kontraktor adalah sebagai berikut.

1. Kontraktor bidang arsitektural

Kontraktor di bidang arsitektural merupakan salah satu profesi kontraktor yang jasanya ramai digunakan di masyarakat umum. Ranah pekerjaan kontraktor bidang arsitektural ini dapat meliputi bangunan berteknologi sederhana, teknologi menengah, hingga tinggi, serta arsitektur interior, lanskap, dan perawatannya.

2. Kontraktor bidang pekerjaan sipil

Kontraktor di bidang pekerjaan sipil biasanya meliputi banyak pekerjaan, di antaranya ialah pembuatan jembatan, jalan, jalur kereta api, landasan pesawat, jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, jaringan pengairan, hingga saluran drainase. Tidak hanya itu, beberapa tugas jasa kontraktor di bidang pekerjaan sipil juga dapat meliputi pembuatan Pelabuhan, struktur bangunan gedung, konstruksi pabrik, tambang beserta perawatannya, hingga penghancuran bangunan.

3. Kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan

Sesuai dengan namanya, kontraktor di bidang pekerjaan tata lingkungan akan mengurusi masalah-masalah yang berhubungan dengan rencana penataan perkotaan, seperti analisis dampak lingkungan, Teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, serta pengolahan limbah. Hal-hal lainnya ialah pengembangan wilayah, perpipaan lembah beserta perawatannya akan diperhatikan kontraktor bidang tata lingkungan.

4. Kontraktor bidang elektrikal

Jasa kontraktor di bidang elektrikal meliputi masalah-masalah kelistrikan. Beberapa tanggung jawab kontraktor di bidang ini di antaranya ialah instalasi pembangkit, instalasi listrik, jaringan transmisi dan distribusi, sinyal, dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut, penangkal petir, serta bangunan untuk pemancar radio.

5. Kontraktor bidang mekanikal

Kontraktor di bidang mekanikal akan bertanggung jawab mengenai hal-hal yang berhunungan dengan mekanik. Beberapa pekerjaan kontraktor di bidang ini di antaranya ialah instalasi AC, instalasi industri, instalasi minyak atau gas, konstruksi lift dan eskalator, dan perpipaan termasuk perawatannya.

Tips Memilih Kontraktor yang Baik

Bagi beberapa penggiat bisnis properti, mencari kontraktor yang jujur dan baik merupakan hal yang penting. Saat ini, jasa kontraktor sudah tersedia di mana-mana, namun tidak semua bisa menjadikan pekerjaan menjadi efektif. Beberapa hal berikut akan membantumu dalam mempertimbangkan kontraktor yang akan dipilih.

1. Memiliki identitas yang jelas

Hal pertama yang harus diperhatikan saat memilih kontraktor ialah memilih mereka yang memiliki identitas yang jelas. Karena sebuah perusahaan kontraktor professional sudah pasti memiliki identitas yang jelas. Identitas tersebut juga dapat meliputi legalitas perusahaan, kontak yang jelas dan mudah dihubungi, serta alamat kantor dan perusahaan yang mudah diakses. Sedangkan beberapa perusahaan kontraktor yang tidak memiliki identitas yang jelas sebaiknya dipertimbangkan kembali untuk diperkerjakan dalam sebuah proyek.

2. Memiliki rekam jejak dan portofolio yang terpercaya

Selain identitas, sebuah perusahaan kontraktor dapat diketahui profesional dari segi rekam jejak dan protofolionya. Pasalnya, rekam jejak dan portofolio sebuah perusahaan kontraktor tersebut merupakan cerminan dari hasil kerjanya dan klien yang pernah menggunakan jasa-jasanya. Jika banyak klien yang puas, maka suatu perusahaan kontraktor tersebut layak dijadikan pilihan dan dipertimbangkan lebih jauh.

3. Memiliki perhitungan budget yang transparan

Cara ketiga untuk menemukan kontraktor yang baik ialah dengan melihat transparansi dari segi budget-nya. Penawaran harga dari perusahaan kontraktor merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan, kamu tidak boleh tergiur dengan harga yang murah. Pertama-tama, pastikan untuk meminta detail harga yang ditawarkan sebelum menggunakan jasa suatu kontraktor. Pilihlah kontraktor dengan harga layanan jasa yang sesuai dengan kualitas yang mereka tawarkan. Jika harga dan kualitas dirasa masuk akal, kamu baru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa kontraktor suatu perusahaan tersebut.

[algolia_carousel page=2]

4. Memprioritaskan keselamatan kerja

Hal terakhir yang harus kamu ketahui ialah apakah perusahaan kontraktor tersebut memprioritaskan keselamatan pekerjanya. Hal tersebut tidak boleh dianggap sebelah mata, pasalnya kontraktor yang profesional tentu saja akan memprioritaskan keselamatan pekerjanya di lokasi proyek. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat melihat dari segi cara layanan perusahaan kontraktor tersebut menyediakan perlengkapan kerja, fasilitas tempat tinggal yang layak, makanan dan minuman yang cukup, serta lingkungan kerja yang aman.

Gaji Kisaran bekerja di Perusahaan Kontraktor

Sama seperti bekerja di bidang-bidang perusahaan lainnya, gaji merupakan salah satu pertimbangan seseorang dalam menjalankan profesinya. Secara umum, gaji pekerja kontraktor berbeda-beda, bergantung pada jenis pekerjaan dan bidangnya. Karena setiap proyek yang diambil tentunya berbeda-beda pula. Namun, gaji kisaran pekerja perusahaan kontraktor dimulai dari seseorang yang baru lulus atau fresh graduate biasanya berkisar di antara 4-6 juta perbulan.

Tentu saja gaji seorang kontraktor dapat lebih besar dibandingkan dengan yang sudah disebutkan di atas jika seseorang telah mengalami kenaikan level. Beberapa faktor dalam kenaikan level tersebut di antaranya dalam hal keahlian, sertifikasi dan pengalaman yang terus bertambah. Jika sudah mengetahui kisaran gaji bekerja di perusahaan kontraktor ini, kamu mungkin dapat mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan konstruksi.

Kontraktor

Perusahaan Kontraktor Terbaik di Indonesia

Di Indonesia itu sendiri, ada beberapa perusahaan kontraktor yang sudah terkenal namanya. Beberapa perusahaan kontraktor berikut dikenal karena memiliki sepak terjang dan pengalaman yang baik, serta sudah dipercaya dalam banyak menangani berbagai macam proyek. Beberapa perusahaan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Perusahaan kontraktor pertama berikut adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Perusahaan kontraktor milik pemerintah ini dibangun pada tahun 1960, pada tahun 1974 status perusahaan tersebut berubah menjadi Perseroan Terbatas, dan di tahun 2004 barulah menjadi perusahaan konstruksi pertama yang terdaftar di BFI (Bursa Efek Indonesia).

2. PT PP (Persero) Tbk.

PT PP (Persero) Tbk. Didirikan oada tahun 1953 dengan nama awal N.V Pembangunan Perumahan. Pada saat itu, masih sulit untuk percaya bahwa perusahaan oni dapat membangun rumah bagi para petugas PT Semen Gresik Tbk. Setelah itu, perusahaan ini membangun berbagai proyek seperti Hotel Indonesia, Ambarrukumo Palace Hotel, dan Samudra Beach Hotel. Pada tahun 1971, nama perusahaan ini berubah menjadi PT PP dan telah melakukan berbagai inovasi sehingga dapat memiliki anak perusahaan.

3. PT Hutama Karya (Persero)

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang berdiri di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Peraturan Pemerintah RI np.61 tahun 1961. Perusahaan konstruksi ini berhasil menunjukkan karyanya dengan konstruksi bangunan bernilai sejarah seperti Gedung MPR RI dan Monumen Patung Dirgantara di Jakarta. Hingga saat ini, perusahaan ini telah membangun infrastruktur dengan konstruksi yang berteknologi tinggi seperti jembatan Ampera yang berada di Palembang.

4. PT Total Bangunan Persada Tbk.

Perusahaan konstruksi ini diresmikan pada tahun 1970. Setelah 11 tahun berlalu, perusahaan ini kemudian berubah menjadi PT Total Bangunan Persada Tbk. Beberapa hasil karya perusahaan ini yang terkenal di antaranya ialah JIExpo Convention and Theatre, ICE BSD, Menara Astra, Menara Kompas, dan BRI BSD Tower.

5. PT Indonesia Pondasi Raya (Indopora) Tbk

Perusahaan konstruksi ini didirikan pada tahun 1977 dan memiliki fokus utama pada masalah pembuatan pondasi dinding penahan tanah dan perbaikan tanah. Pada tahun 2018, perusahaan ini berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Most Admired Companies (IMACO) Award untuk kategori construction

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai penjelasan lengkap terkait kontraktor, dapat disimpulkan bahwa profesi sebagai seorang kontraktor tidak ringan. Masih banyak bidang-bidang pekerjaan khusus dalam profesi kontraktor yang dapat diketahui. Kamu juga dapat mendapatkan ilmu-ilmu penting tentang bagaimana cara memilih kontraktor yang baik untuk dipekerjakan dalam sebuah proyek.

Melalui penjelasan di atas seperti pengertian kontraktor, cakupan jasa kontraktor, jenis-jenis kontraktor, hingga perusahaan-perusahaan kontraktor terbaik di Indonesia, kamu dapat memiliki pandanganmu sendiri terkait dunia kontraktor. Kita dapat mengetahui dengan jelas cakupan tanggung jawab setiap kontraktor di bidangnya masing-masing.

Jadi, seperti itulah penjelasan lengkap mengenai dunia kontraktor yang dapat kamu ketahui. Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa mencari tahu lebih dalam mengenai dunia kontraktor dengan mencarinya melalui beberapa refrensi, salah satunya melalui buku-buku yang tersedia di website www.gramedia.com yang tentunya bervariatif. Jangan lupa kunjungi websitenya dan temukan berbagai rekomendasi menarik terkait dunia kontraktor.

Nama Penulis: Alya Madani

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda